Author Topic: Pengajuan denom SolaScriptura pada 2 Timothy 3:15-16  (Read 7710 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 21, 2019, 02:58:51 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Menurut tradisi GK, Santo Timotius diyakini lahir sekitar 17M.
Menurut tradisi GK, Injil Matius ditulis sekitar tahun 60 - 65M.
Matius 28:19 (TB)
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,

Bila tafsiran anda begitu maka frasa "semua bangsa" adalah semua manusia yg masih ada dan hidup pada masa itu (time frame).

sekarang sudah 2000th+ berlalu (time frame) dan semua manusia yg hidup dan ada pada masa itu sudah meninggal dunia maka berarti amanat ini bagi anda sudah tidak berlaku.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 21, 2019, 09:50:14 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9612
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
yang jelas "kitab suci" tersebut gak mungkin termasuk kitab Wahyu
karena itu ditulis paling belakangan, tahun 90an
June 21, 2019, 10:12:24 AM
Reply #12
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9767
  • ForumKristen.com
tuh.... kalimat Paulus saat itu ngasih tau  bhw : setidaknya tentu buat Timothy Scripture SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan.
Ayatnya jangan dipotong begitu dong.
Yang lengkap begini:
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Perjanjian Lama berisi nubuat, tipologi, dan gambaran mengenai Kristus yang akan datang di Perjanjian Baru.
Perjanjian Baru berisi karya Kristus yang sudah datang, menggenapi nubuatan dan tipologi Perjanjian Lama.
Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?

Nah... satu aja dulu itu  :wink:
PB mendokumentasikan keselamatan yang dinubuatkan dalam PL.

Salam
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
June 21, 2019, 01:16:15 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3944
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Ayat diatas salah satu ayat andalan SS, dimana kira2 yg diajukan kayak gini :
tuh.... kalimat Paulus saat itu ngasih tau  bhw : setidaknya tentu buat Timothy Scripture SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan. Dengan demikian Paulus adalah penganut SS.
Sikon saat itu ---> Scripture = PL.
Dengan demikian :
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan
Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?
Nah... satu aja dulu itu  :wink:
Wow, Sola Scriptura lagi.
Menurut pendapatku, itu ajaran manusia abad XVI tanpa lajur kerasulan, karena si penggagas melarikan diri dari pengisolasian karena diekskomunikasi dan membentuk jemaat yang dinamakan jemaat Kristus, padahal Yesus Kristus sudah mendirikan jemaat-Nya dan alam maut tidak akan menguasai jemaat bentukan Yesus Kristus itu.
Yang ini khusus berkisar pada 2 Timothy 3:15-16, sotar.
Dengan kata laen,
taroh kata ada 100 ayat andalan SS dimana salah satu dari 100 ini adalah 2 Timothy 3:15-16,
maka 2 Timothy 3:15-16 ini gak masuk utk dipake sbg ayat andalan SS. Terbukti, salah satu anggota SS gak bisa jawab, malah ngajuin pertanyaan bongol :char11:.
Q : Sisanya yg 99 ?
oda : Ogut belon pikirin  :ashamed0002:
Entah salah menangkap tehadap penjelasan-penjelasan penganut Sola Scriptura atau bagaimana, memang kutangkap kecondongan pikiran penganut Sola Scriptura memandang Scriptura adalah sola PL. Maka, ketika diajukan ayat PB, tidak akan dibahas, atau jika dibahas, ada upaya pemelencengan.

Tentang 2 Tim 3:15-16, kutangkap seperti tangkapan @odading, bahwa yang dimaksud dengan Kitab Suci di ayat itu adalah PL. Sebab, yang patut diduga, PL ketika itu sudah terjilid menjadi sebuah kitab. Maka, yang dimaksud dengan Kitab Suci (Scriptura) di ayat itu adalah PL. Jadi, kepada pembaca surat tersebut yang semula seperti nama kitabnya hanya kepada Timotius, diminta memegang kebenaran Scriptura.

Jika dicermati ayat sebelumnya, 2 Tim 3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu, menurut pendapatku, justru bukan Sola Scriptura lagi. Ayat 14 itu meminta agar pembaca Kitab Suci (Scriptura) selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya. Dengan demikian, diperintahkan agar pembaca Kitab Suci (Scriptura) ditambah dengan selalu mengingat pengajarnya. Bukan Sola Scriptura bukan sola pengajar, tetapi membaca Scriptura sambil tetap mengingat pengajarnya.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
June 21, 2019, 01:22:21 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1256
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Menurut tradisi GK, Santo Timotius diyakini lahir sekitar 17M.
Menurut tradisi GK, Injil Matius ditulis sekitar tahun 60 - 65M.
pertama
Timotius lahir di tahun Masehi, PB

kedua
apo = from, struk. kata > Preposition
brephous = childhood, struk. kata > Noun -GNS
tak kutemukan tense (waktu)

jika dihubungkan dgn frame time PL menurut logika tafsir penulis ts
maka kesimpulannya
yg dibuat penulis ts absurd

ketiga
penulis ts copaste kitab Timotius dri scriptura
kesimpulan...
June 21, 2019, 11:43:51 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
nah yg kedua...
buktikan dri struktur kata/kalimat 2 ayat tsb di atas merujuk frame time PL ?
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci

Buta apa matamu itu gak ngerti kalimat merah ?  :rolleye0014:

Sesuai dgn peluru SS bhw [ayat terkait menunjukkan bhw Scriptura SAJA sudah cukup],
maka Scriptura yang dipakai Timothy sewaktu masih kecil itu sudah cukup dalam memberi hikmat kepada Timothy dan menuntun Timothy kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Bener nggak ungu menurut SS ?

dirimu jawab :
ya apabila kalimat berikut jangan disensor
... oleh iman kepada Kristus Yesus.
Mao disensor ato gak di sensor (spt ungu diatas yg sekarang gak saya sensor) dirimu njawab YA.
Maka TETEP aja jadinya kembali ke pertanyaan awal :

Lalu begimana pula itu orang bikin Scripture BARU (PB), sementara padahal Scripture LAMA (PL) yg dipakai Timothy sewaktu kecil udah cukup utk menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus ?
« Last Edit: June 22, 2019, 12:46:18 AM by odading »
June 22, 2019, 12:23:38 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Ayatnya jangan dipotong begitu dong.
Yang lengkap begini:
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
Seperti post saya buat cNc diatas, kalimatnya saya potong ato gak dipotong... kalo ngikutin peluru SS bhw ayat terkait menunjukkan bhw Paulus ngasih tau ke Timothy bahwa Scriptura yang dipakai Timothy sewaktu masih kecil itu sudah cukup dalam memberi hikmat kepada Timothy dan menuntun Timothy kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus, maka larinya tetep kembali lagi ke pertanyaan semula saya, pak Kahlil.


Quote
Perjanjian Lama berisi nubuat, tipologi, dan gambaran mengenai Kristus yang akan datang di Perjanjian Baru.
Perjanjian Baru berisi karya Kristus yang sudah datang, menggenapi nubuatan dan tipologi Perjanjian Lama. PB mendokumentasikan keselamatan yang dinubuatkan dalam PL.
Ngerti saya, pak. Namun kembali lagi ke perihal Scriptura yang dipakai Timothy sewaktu kecil. Pertanyaan senada, namun saya ajukan bukan secara statement :

Jadi, Scripture yg dipakai Timothy sewaktu kecil ---> Scriptura ini udah cukup itu SAJA atokah tidak cukup utk menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus ?

Olahan logika saya sendiri pribadi, mengingat blakangan ada lagi Scriptura laen, maka jawaban saya thdp pertanyaan ungu: tidak cukup

However, jawaban saya diatas gak akan di"amini" pihak SS, mengingat SS menggunakan ayat ini sebagai salah satu senjata utk menunjukkan bhw ayat ini mengajarkan bhw Scriptura SAJA cukup utk menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Dengan demikian, apabila SS konsisten, maka jawaban thdp pertanyaan ungu : sudah cukup itu SAJA.



Di awal thread saya sempet bilang : "satu aja dulu itu"

Sekarang saya keluarin yg kedua deh ya... :D :

Scriptura yang dipakai orang2 jaman tsb (so, termasuk yg Timothy pakai sejak kecil) ---> ini Scriptura yg mana ? LXX ? ataukah Masoretik ?

Terkait dgn thread saya di link http://forumkristen.com/index.php?topic=64139.0,
berangkat dari respond2 di thread pada link tsb, kesimpulan saya jawaban pertanyaan ijo adl :
yg dipakai orang2 di jaman tsb adalah Scriptura LXX

However, kalo saya aplikasikan kembali ke perihal SS, maka saya "itung2" jawaban saya tsb salah, karena sepanjang pengetahuan saya baca2 internet, SS menolak LXX karena di LXX ada kitab2 yang gak ada di Masoretik.

Dengan kata lain, apabila SS yg menjawab pertanyaan ijo saya, maka jawaban dari pihak SS : yg dipakai orang2 di jaman tsb adalah Scriptura Masoretik ---> apapun jawabannya dari pihak SS, ya kembali lagi ke pertanyaan ungu saya diatas, pak.

 :D
June 22, 2019, 12:42:21 AM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12925
    • fossil coral cantik
Jika dicermati ayat sebelumnya, 2 Tim 3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu, menurut pendapatku, justru bukan Sola Scriptura lagi.
Nah, ini sebenernya rencananya saya utk setelah "satu aja dulu itu", sotar. Tapi ya udah keduluan sotar deh jadinya  :D.

Scripture interpret Scripture = porakporanda.
Kalo nggak porakporanda, maka orang cukup di amprokin itu buku tebel sambil bilang "tuh baca sendiri ! semuanya ada disitu. Nggak ngerti di satu ayat, pengertiannya ada di ayat laen kok".  :D

Dengan adanya ayat 14, bisa disimpulkan bhw Timothy berangkat dari dua sumber :
1. Lisan
2. Tulisan

Makanya ayat 14 di"rendem" oleh pihak SS shg ayat 14 nggak dipakai senjata andalan SS,
karena kalo ayat 14 di-ikut-sertakan, maka nggak masuk itu SS ajukan [Paulus kasih tau Timothy bahwa CUKUP TULISAN SAJA utk menuntun Timothy kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus]
« Last Edit: June 22, 2019, 01:25:36 AM by odading »
June 22, 2019, 05:48:07 AM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 957
  • Denominasi: Protestan
Matius 28:19 (TB)
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,

Bila tafsiran anda begitu maka frasa "semua bangsa" adalah semua manusia yg masih ada dan hidup pada masa itu (time frame).

sekarang sudah 2000th+ berlalu (time frame) dan semua manusia yg hidup dan ada pada masa itu sudah meninggal dunia maka berarti amanat ini bagi anda sudah tidak berlaku.
Lah, memang amanat agung di atas gak berlaku buat gue, bray.

Kan, di ayat itu, Yesus Kristus ngomongnya kepada para rasul.  :coolsmiley:
Atau jangan-jangan elo menganggap diri elo sama dengan para rasul?
So, bangsa-bangsa mana saja yang sudah elo jadikan murid-murid Yesus Kristus?

Betewe, elo udah pernah ngebaptis, bray?
Di gereja gue, gak sembarang jemaat loh bisa ngebaptis.
Bahkan diaken, Pdp atau Pdm sekalipun, belon tentu bisa ngebaptis.

Atau elo mau gue bedah tuh ayat berdasarkan naskah aslinya ?


Udah ah jangan pura-pura beg0, entar beg0 beneran loh.


Atau gini deh, kalo elo beneran tahu kitab suci apa saja yang dibaca oleh Santo Timotius dari kecil, yang dimaksud oleh Rasul Paulus, sebut az dimari. Gampang kan.

Gue yakin seorang sola scripurist sejati (artinya ada yang gak sejati, kayak gue  :coolsmiley:) pasti bisa menjawab pertanyaan ini.

Gimana? Bisa gak?
« Last Edit: June 22, 2019, 05:58:52 AM by viruskasih »
June 22, 2019, 06:07:34 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 957
  • Denominasi: Protestan
pertama
Timotius lahir di tahun Masehi, PB
...
Lah iya, pertanyaannya sekarang adalah apakah dari kecil Santo Timotius sudah membaca Injil Matius ?

Atau gini, nurut elo, kira-kira sejak umur berapa Santo Timotius membaca Injil Matius ?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)