Author Topic: Pengajuan denom SolaScriptura pada 2 Timothy 3:15-16  (Read 7587 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 22, 2019, 10:42:46 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You
Lah, memang amanat agung di atas gak berlaku buat gue, bray.

Kan, di ayat itu, Yesus Kristus ngomongnya kepada para rasul.  :coolsmiley:
Atau jangan-jangan elo menganggap diri elo sama dengan para rasul?
So, bangsa-bangsa mana saja yang sudah elo jadikan murid-murid Yesus Kristus?

Betewe, elo udah pernah ngebaptis, bray?
Di gereja gue, gak sembarang jemaat loh bisa ngebaptis.
Bahkan diaken, Pdp atau Pdm sekalipun, belon tentu bisa ngebaptis.

Nah karena menurut anda amanat agung sudah tidak berlaku maka ajaran Kekristenan maupun baptisan sudah tidak berlaku lagi sekarang ini.

Atau elo mau gue bedah tuh ayat berdasarkan naskah aslinya ?
lah, lalu buat apalagi anda melakukan bedah2 ayat naskah asli bila pengajaran Kekristenan sudah tidak berlaku lagi ?


Udah ah jangan pura-pura beg0, entar beg0 beneran loh.

Atau gini deh, kalo elo beneran tahu kitab suci apa saja yang dibaca oleh Santo Timotius dari kecil, yang dimaksud oleh Rasul Paulus, sebut az dimari. Gampang kan.

Gue yakin seorang sola scripurist sejati (artinya ada yang gak sejati, kayak gue  :coolsmiley:) pasti bisa menjawab pertanyaan ini.

Gimana? Bisa gak?
Nah, makin kelihatan beg0-nya kan..

Bukannya pengajaran Kekristenan sudah tidak berlaku lagi menurut anda sekarang ini ?

Anda tidak sedang berpura-pura beg0 bukan ?

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 22, 2019, 04:35:51 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You

Sikon saat itu ---> Scripture = PL.

Dengan demikian :
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan
Ok.. Bagaimana pula pada sikon saat itu anda menafsirkan bahwa paulus sedang menyatakan bahwa scripture adalah Kitab2 PL ?

Apakah karena paulus sudah mengetahui adanya kitab2 PB, makanya paulus melabeli scripture itu adalah kitab2 PL ?

Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?

Nah... satu aja dulu itu  :wink:
Nah.. itu saja dulu ya  :D

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 22, 2019, 08:18:41 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3930
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Jika dicermati ayat sebelumnya, 2 Tim 3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu, menurut pendapatku, justru bukan Sola Scriptura lagi.
Nah, ini sebenernya rencananya saya utk setelah "satu aja dulu itu", sotar. Tapi ya udah keduluan sotar deh jadinya  :D.

Scripture interpret Scripture = porakporanda.
Kalo nggak porakporanda, maka orang cukup di amprokin itu buku tebel sambil bilang "tuh baca sendiri ! semuanya ada disitu. Nggak ngerti di satu ayat, pengertiannya ada di ayat laen kok".  :D

Dengan adanya ayat 14, bisa disimpulkan bhw Timothy berangkat dari dua sumber :
1. Lisan
2. Tulisan

Makanya ayat 14 di"rendem" oleh pihak SS shg ayat 14 nggak dipakai senjata andalan SS,
karena kalo ayat 14 di-ikut-sertakan, maka nggak masuk itu SS ajukan [Paulus kasih tau Timothy bahwa CUKUP TULISAN SAJA utk menuntun Timothy kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus]
Waddhuhh...
Mohon maafkan saya atas sudah saya kaitkan dengan 2 Tim 3:14, @odading.
Tapi, pun kalo bukan karena ayat 14 itu, dengan logika sederhana saja, mengingat Yesus Kristus tidak menulis Scriptura, tidak menetapkan Scriptura sebagai bahan ajar rasul, juga tidak mengirimkan Scriptura kepada para rasul, maka pikiran yang mengatakan pengikut Kristus adalah penganut Sola Scriptura merupakan hal yang aneh, tidak sinkron kepada sikap Yesus Kristus yang terus terang. Kalo benar Yesus Kristus menginginkan jemaat-Nya menganut Sola Scriptura, tentu Dia sudah menetapkan atau mengirimkan Scriptura yang akan dijadikan para rasul sebagai bahan ajar kepada jemaat Kristus.
Faktanya, Yesus Kristus tidak menulis, tidak menetapkan, dan tidak mengirimkan Scriptura kepada para rasul, maka mustahil Yesus Kristus menganjurkan pengikutnya menganut Sola Scriptura. Mustahil Yesus Kristus rela mati di kayu salib, tetapi menganjurkan pengikut-Nya menganut Sola Scriptura tanpa menetapkan dan atau mengirimkan Scriptura kepada para rasul. Justru Yesus Kristus memberikan kepada rasul kewenangan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan-Nya, dengan penyertaan senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Mustahil setelah 15 abad, kemudian Yesus Kristus mengajarkan kepada pemrotes agar mengajarkan Sola Scriptura, padahal Dia tidak meninggalkan atau mengirimkan Scriptura bagi para rasul.
Sayangnya, para penganut Sola Scriptura menganut Sola Scriptura tanpa menggunakan nalar normal. 

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
June 23, 2019, 01:13:44 AM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Ok.. Bagaimana pula pada sikon saat itu anda menafsirkan bahwa paulus sedang menyatakan bahwa scripture adalah Kitab2 PL ?
Gak perlu ditafsir, so pasti Kitab PL walopun gak jelas apa apa aja itu isinya. Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci.

Kalimat "PL" yg saya gunakan, maksudnya adalah sebutan - bukan judul. 
"PL" mksdnya PRA kitab yg judulnya PB yg ada dijual di toko2.
So, penggunaan kalimat "kitab PL" gak sedang ngomongin buku tebel dgn judul PL (apalagi judul PB) yang ada dijual di toko2. Makanya saya bilang "gak jelas apa apa aja itu isinya"

Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yg tidak ada judulnya ---> baik itu berjudul PL spt yg ada dijual di toko2 online, APALAGI yg berjudul PB spt yg ada dijual di toko2 online
« Last Edit: June 23, 2019, 01:46:52 AM by odading »
June 23, 2019, 01:35:41 AM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You
Kalimat "PL" yg saya gunakan, maksudnya adalah sebutan
Lha iya..

Bagaimana pula pada sikon saat itu anda menyebutkan bahwa paulus sedang menyatakan bahwa scripture adalah Kitab2 PL ?

Apakah karena paulus sudah mengetahui adanya kitab2 PB, makanya paulus menyebut scripture itu adalah kitab2 PL ?

ini saja dulu.. :D

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 23, 2019, 02:09:42 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Lha iya..

Bagaimana pula pada sikon saat itu anda menyebutkan bahwa paulus sedang menyatakan bahwa scripture adalah Kitab2 PL ?
yg bold seolah olah dirimu nangkep yg sudah saya jelaskan.

However, kalimat pertanyaanmu selanjutnya menunjukkan BAHWA
"ternyata dirimu gak nangkep yg saya jelaskan".



Saya rinci lebih detail lagi deh....

sikon saat itu :
1. Timothy kecil
2. Ada BUKU TEBEL yang nggak jelas isinya apa aja, pokok buku ini disebut Scripture
3. Buku tebel di point-2 ini BUKAN spt buku tebel berjudul PL yg ada dijual di toko2 online APALAGI spt buku tebel berjudul PB yg ada dijual di toko2 online.
4. Buku tebel di point-2 adalah PRA ungu dan PRA ijo.


Hari ini, orang beli ungu, langsung bisa define apa apa aja itu isinya. Sebut saja isinya dag dig dug.
Kalimat oranye maksudnya adalah : Buku tebel di point-2 tidak bisa diketahui isinya dag dig dug ato kagak. So.... MUNGKIN isinya dag dig dug, mungkin pula isinya dag dig dug der, mungkin juga yg laennya.

However, spt yg saya tulis buat pak Kahlil, berdasarkan bbrp masukan pada thread saya yg satu lagi, saya simpulkan : Timothy kecil baca buku tebel yg isinya MIRIP dgn yang dag dig dug der.

Jangan cupek kayak cNc, zhu.
Baca lagi jutaan kali kalo sebelumnya dirimu telah baca namun gak ngudeng juga :
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci.

Setelah baca jutaan kali baca kalimat diatas, posisikan dirimu adalah Timothy kecil.

Selanjutnya saya tanya:
Scripture APA yang dirimu kenal, hai Timothy kecil ?

Apabila dirimu njawab :
PL ---> seperti buku tebel berjudul PL yg ada dijual di toko2 online

maka oda:
dirimu NGACO

Apabila dirimu njawab :
PB ---> seperti buku tebel berjudul PB yg ada dijual di toko2 online

maka oda:
dirimu LEBIH NGACO lagi.

Apabila dirimu njawab :
PL ---> seperti buku tebel berjudul PL yg ada dijual di toko2 online
DAN
PB ---> seperti buku tebel berjudul PB yg ada dijual di toko2 online

maka oda:
dirimu sakit jiwa  :char11:

So... sewaktu saya tulis "Kitab PL" ---> ini tidak sedang saya maksudkan ungu.
Yg saya maksudkan adalah : BUKU TEBEL yang tidak ada judul "PL", dan masih gak jelas buat saya (makanya saya ajukan pertanyaan ke pak Kahlil) isinya apa apa aja BUKU TEBEL yg dibaca Timothy kecil.

Kalo sampe sini dirimu masih ngulang lagi ngajuin pertanyaan yg sama, maka oda :
maap, saya tidak melayani orang yang lamban nangkep dimana kemungkinan besar TIDAK AKAN NYAMPE itu point "nangkep" :wink:
« Last Edit: June 23, 2019, 02:27:03 AM by odading »
June 23, 2019, 02:40:36 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You

So... sewaktu saya tulis "Kitab PL" ---> ini tidak sedang saya maksudkan ungu.
Yg saya maksudkan adalah : BUKU TEBEL yang tidak ada judul "PL",

dan masih gak jelas buat saya (makanya saya ajukan pertanyaan ke pak Kahlil) isinya apa apa aja BUKU TEBEL yg dibaca Timothy kecil.

lalu buat apa bawa2 frasa "PL" ?

Ujung2nya kan saya timbul bertanya dan anda jadi repot sendiri.

 ;D

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 23, 2019, 11:14:51 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1256
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci

Buta apa matamu itu gak ngerti kalimat merah ?  :rolleye0014:
dri struktur kata TIDAK ADA frame waktu
kloupun merujuk pada kitab suci
bentuknya kata SIFAT dan kata BENDA
Quote
Sesuai dgn peluru SS bhw [ayat terkait menunjukkan bhw Scriptura SAJA sudah cukup],
maka Scriptura yang dipakai Timothy sewaktu masih kecil itu sudah cukup dalam memberi hikmat kepada Timothy dan menuntun Timothy kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Bener nggak ungu menurut SS ?

dirimu jawab : Mao disensor ato gak di sensor (spt ungu diatas yg sekarang gak saya sensor) dirimu njawab YA.
Maka TETEP aja jadinya kembali ke pertanyaan awal :

Lalu begimana pula itu orang bikin Scripture BARU (PB), sementara padahal Scripture LAMA (PL) yg dipakai Timothy sewaktu kecil udah cukup utk menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus ?
Berdasarkan struktur kata tsb di atas maka yg berlaku adalah kitab sucinya tentang
nubuat/tipologi (PL)
dan
penggenapan (PB), yg ditulis kemudian
June 23, 2019, 11:27:25 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1256
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Jangan cupek kayak cNc, zhu.
Baca lagi jutaan kali kalo sebelumnya dirimu telah baca namun gak ngudeng juga :
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci.
apo = from, struk. kata > Preposition
brephous = childhood, struk. kata > Noun -GNS

tidak ditemukan bentuk tense (waktu) pd kalimat (baca : merah)
kesimpulan....
tafsir yg anda buat tidak berdasar alias asbun (ASAL BUNYI SAJA)
June 23, 2019, 04:50:20 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1072
  • There is none like You
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Ayat diatas salah satu ayat andalan SS, dimana kira2 yg diajukan kayak gini :
tuh.... kalimat Paulus saat itu ngasih tau  bhw : setidaknya tentu buat Timothy Scripture SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan. Dengan demikian Paulus adalah penganut SS.

Ok.


Sikon saat itu ---> Scripture = PL.


Bila mau jujur,

Sikon saat itu --> Scripture PB belum selesai ditulis --> maka orang2 tidak mengenal apa itu Scripture PL.

Sikon saat itu ---> hanya ada Scripture ( 39 kitab ) dan orang2 hanya mengenal scripture (39 kitab)

Sikon saat itu --> tidak mengenal apa itu "Perjanjian Lama" dan apa itu "Perjanjian Baru".

Sikon saat itu --> hanya mengenal "Perjanjian"

Dengan demikian :
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan

maka kalimat jujurnya menjadi :

Dengan demikian :
Scripture (39 kitab) udah cukup utk menuntun kepada keselamatan

Saya jawab : Ya kalimat ini tepat dari pengajuan prinsip SS.

lalu ada yg menggugat SS dengan mengajukan :

Bila 39 sudah cukup lalu gimana bertambah menjadi 66 kitab, ini-kan berarti belum cukup ?

tentu saja tidak begitu,

Kronologikanya begini :

Didalam 39 Kitab itu mengandung perjanjian (Covenant) Allah dengan manusia mengenai sosok MESIAS.

Perjanjian (Covenant) pasti dan harus digenapi.

2 Timotius 3:15 (TB)
... ... ... menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Lalu Yesus Kristus (Mesias) lahir di dunia sekaligus merupakan kegenapan dari (Kitab 39).

Sampai disini, prinsip Sola Scriptura stand pada Paulus dan Timotius.

Lalu Yesus Kristus sebagai Allah yg melakukan Perjanjian (Covenant) merombak hukumNya dan melakukan Perjanjian yg baru dengan manusia.

Lukas 22:20 (TB)
Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Mengenai perjanjian (covenant)

http://www.sarapanpagi.org/janji-perjanjian-vt2654.html

http://www.sarapanpagi.org/apa-itu-covenant-partnership-dengan-tuhan-vt9291.html

http://www.sarapanpagi.org/perjanjian-lama-dan-perjanjian-baru-ibrani-8-6-13-vt125.html

Yesus Kristus merekrut para rasul kemudian para rasul menuliskan ajaranNya ke dalam 27 kitab.

Maka sekarang Scripture totalnya 66 kitab.

39 Kitab sudah cukup (sikon saat itu)?
Yes, Karena dari 39 kitab akan menuntun menuju 39 kitab+27 kitab (sikon saat ini).

"Sola Scripture" tetap stand.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)