Author Topic: Pengajuan denom SolaScriptura pada 2 Timothy 3:15-16  (Read 9790 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 04, 2019, 09:00:51 PM
Reply #340
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4221
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Yg ini butuh @sotar perjelas..
Quote from: Sotardugur Parreva on July 04, 2019, 02:27:32 PM
@alephtav menuding bahwa keselamatan hanya ada di Gereja bertentangan dengan Scriptura, menunjukkan bahwa @alephtav memisahkan Gereja dengan Kepala Gereja. Ajaran dari mana itu memisahkan Kepala Gereja dengan Gereja (Tubuh Kristus)?
Menyedihkan.
Apa hubungannya Kepala Gereja terpisah dari Gereja atau tidak dengan petunjuk anda ?
Duh, belum kurang-kurang juga kejeblokanmu, @ZheZhu.

Jemaat atau Gereja itu adalah Tubuh Kristus.  Berterima di nalarmu? Itu tercatat di Scriptura.
Yesus Kristus adalah Kepala Gereja.  Berterima di nalarmu? Itu tercatat di Scriptura.
Jika berterima, artinya dapat situ tangkap bahwa Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja tidak pernah terpisah dari Tubuh Kristus (Jemaat=Gereja).  Berterima di nalarmu?
Jika ketiga poin itu tidak berterima di nalarmu, tandanya situ salah masuk forum.

Maka, Kristus tidak pernah terpisah dari Tubuh Kristus yang adalah Jemaat (Gereja). Ada di Gereja berarti ada di Kristus. Ada di Kristus berarti ada di Gereja. Maka, keselamatan hanya ada pada Kristus, sama artinya dengan keselamatan hanya ada di Gereja.
Bisa situ tangkap?
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
July 04, 2019, 09:01:31 PM
Reply #341
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4221
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Apakah pembela prinsip Sola Scriptura di forum ato trit ini orang menganut faham Lutheran?
sdh bukan rahasia umum lagi > 600 taong Protestan dan Katolik Roma berdebat soalan Scriptura/SolaScriptura tanpa ada titik temu, sekarang ada upaya rekonsiliasi dua pandangan yg berbeda itu. Mari dukung gerakan itu. Toch untuk netralnya dri latar denom Protestan, saya copaste dri sumber katolik sendiri
disini saya hanya mengkaunter pemikiran liar HANYA PL SAJA UDAH CUKUP
Salam damai
Apa yang hendak @cNc kaunter, itu urusanmu. @Sotardugur Parreva tidak ikut-ikut. :D

Menurut pendapatku, setiap orang yang berniat baik memang patut menggalang rekonsiliasi mengumpulkan bersama Kristus. Mat 12:30 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.
Tentang situs yang @cNc ajukan, menurut penangkapanku, tidak membicarakan tentang beda pandang antara Katolik dan Lutheran terhadap Sola Scriptura. Di sana dibahas tentang “justifikasi”. Syukurlah kalo itu dipandang sebagai upaya rekonsiliasi. Namun, situs itu tidak menyentuh akar masalah, yaitu sdh bukan rahasia umum lagi > 600 taong Protestan dan Katolik Roma berdebat soalan Scriptura/SolaScriptura tanpa ada titik temu(kusalin dari tulisan @cNc). Rekonsiliasi tidak akan tercapai jika sudut pandang terhadap Sola Scriptura belum diberesi, dalam arti kedua belah pihak mempunyai pandangan yang sama terhadap hal yang sama.

Salam damai.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
July 04, 2019, 09:03:47 PM
Reply #342
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1087
  • There is none like You
Magisterium, Tradisi Gereja/Suci, dan Scriptura memang setara,
Jangan ngibul..

siapa yg mensetarakannya ?

mana dasar Alkitabnya ?

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
July 04, 2019, 09:31:04 PM
Reply #343
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4221
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Magisterium, Tradisi Gereja/Suci, dan Scriptura memang setara, bersinergi menjadi pelayan Sabda Allah.
Jangan ngibul..
siapa yg mensetarakannya ?
mana dasar Alkitabnya ?
Weh, @Sotardugur Parreva tidak dididik untuk ngibul. Mungkin situ suka ngibul sehingga menuding pihak lain suka ngibul seperti dirimu, ya? :D
Yang mensetarakannya ialah Magisterium di jemaat yang didirikan Tuhan Yesus Kristus.
Ayat Scriptura secara langsung, tidak ada.
Secara tidak langsung, berdasar Mat 28:20, para rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman diberi kewenangan memuridkan segala bangsa, dan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus. Para pengajar di kelompok yang didirikan Yesus Kristus itu yang mensetarakan Tradisi Gereja/Suci, Magisterium, dan Scriptura.

Ah, tapi nalar situ tidak akan nyampe. Jangan memaksakan diri.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
July 04, 2019, 09:56:33 PM
Reply #344
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1087
  • There is none like You
Yang mensetarakannya ialah Magisterium di jemaat yang didirikan Tuhan Yesus Kristus.
Ya siapa yg mensetarakannya ?

Ayat Scriptura secara langsung, tidak ada.
Secara tidak langsung, berdasar Mat 28:20, para rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman diberi kewenangan memuridkan segala bangsa, dan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus. Para pengajar di kelompok yang didirikan Yesus Kristus itu yang mensetarakan Tradisi Gereja/Suci, Magisterium, dan Scriptura.
Jadi maksud anda "kewenangan memuridkan" ini setara dengan "Kitab Suci" ? bila demikian, hal ini kan yg harus anda jelaskan ? berikut dasar Alkitabnya ?

Para pengajar di kelompok yang didirikan Yesus Kristus itu yang mensetarakan Tradisi Gereja/Suci, Magisterium, dan Scriptura.
Siapa ? atas dasar apa mensetarakannya ?

Ah, tapi nalar situ tidak akan nyampe. Jangan memaksakan diri.
Jangan nafsu mengatakan nalar seseorang enggak akan nyampe.. tunjukan saja bahwa anda tidak ngibul belaka disini.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
July 04, 2019, 10:42:52 PM
Reply #345
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4221
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Yang mensetarakannya ialah Magisterium di jemaat yang didirikan Tuhan Yesus Kristus.
Ya siapa yg mensetarakannya ?
Tuh, kan?
Nalar sakit situ tidak nyampe.
Silahkan bersemedi lagi, menyehatkan dan mengasah nalarmu.

Sudah kutulis dan situ quote pula, Yang mensetarakannya ialah Magisterium, tapi masih situ tanyakan lagi, menandakan bahwa nalar situ memang tidak nyampe.

Ayat Scriptura secara langsung, tidak ada.
Secara tidak langsung, berdasar Mat 28:20, para rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman diberi kewenangan memuridkan segala bangsa, dan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus. Para pengajar di kelompok yang didirikan Yesus Kristus itu yang mensetarakan Tradisi Gereja/Suci, Magisterium, dan Scriptura.
Jadi maksud anda "kewenangan memuridkan" ini setara dengan "Kitab Suci" ? bila demikian, hal ini kan yg harus anda jelaskan ? berikut dasar Alkitabnya ?
Jeblok.
Yang setara itu ialah Tradisi Gereja/Suci, Magisterium, dan Scriptura, ketiganya bersinergi menjadi pelayan Sabda Allah.
Kenapa situ artikan "kewenangan memuridkan" ini setara dengan "Kitab Suci"?

Situ istirahat saja. “Merenung” yang penah situ usulkan kepada pihak yang tidak situ jelaskan itu, cocok situ lakukan sendiri.

Para pengajar di kelompok yang didirikan Yesus Kristus itu yang mensetarakan Tradisi Gereja/Suci, Magisterium, dan Scriptura.
Siapa ? atas dasar apa mensetarakannya ?
Jeblok lagi.
Berdasar kewenangan yang diberikan Yesus Kristus, disertai janji penyertaan yang senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Ah, tapi nalar situ tidak akan nyampe. Jangan memaksakan diri.
Jangan nafsu mengatakan nalar seseorang enggak akan nyampe.. tunjukan saja bahwa anda tidak ngibul belaka disini.
Menuliskan fakta, bukan nafsu. Kujelaskan berulang-ulang sampai jariku gempor ngetik, tidak akan tertangkap oleh nalar sakit. Maka kuusulkan, istirahat saja situ lebih dahulu untuk menyehatkan nalarmu.
Kalau sudah mengerti, baru masuk lagi untuk berkontribusi.
« Last Edit: July 04, 2019, 10:49:11 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
July 04, 2019, 11:04:15 PM
Reply #346
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1256
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Ucapanmu tidak sesuai dengan apa yg dirimu ketahui.

Dirimu tau bhw ini belon klir,
YET karena dirimu sendiri tidak bisa menjawab pertanyaan yg diajukan,
MAKA dirimu meng-kondisi-kan seolah-olah pertanyaan yg diajukan sudah dijawab. Sudah klir.

statement:
Paulus tidak sedang mengajarkan SOLA-Scriptura ke Timothy di 2 Tim 3:14-17

Q:
Di pov pihak SolaScripturist, kalimat merah itu YA bener ato TIDAK, tidak bener ?

Jika ya, hendaklah kamu katakan: YA,
jika tidak, hendaklah kamu katakan: TIDAK

Ya dan ya dan ya
HANYA Melelui Kitab Suci dapat memberi hikmat dan menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
Bukan
hanya PL SAJA UDAH CUKUP
July 04, 2019, 11:19:12 PM
Reply #347
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
Lu itu ada otaknya gak sih??
Ga ada. Dan cicing model dirimu punya otak busuk.

Quote
Elu bisa ngikutin diskusi gak sih?
Terbalik terus. Dirimu lah yg seharusnya ngikutin thread ini.

Quote
Elu yang tiba-tiba nyamber pernyataan gw ke Sotar
Saya memang nyamber. Setelah itu tak lempar balik ke dirimu tanpa ada sangkut pautnya dgn sang penggembira di thread ini.

Quote
Elu sok ngebelain Sotar
Nggak tuh. Si sotar udah menang, gak perlu dibela belain.

Quote
dengan bilang ajaran yang belum diajarkan Yesus yang dimaksud di Yoh 16:12 itu Purgatori.
APAPUN itu nama ajarannya, itu ajaran LISAN. So, hanya orang kerasukan setan yang minta bukti dimana ajaran Scriptura/TULISAN-nya.

Quote
Maka saya nanya kenapa rasul-rasul tidak dapat menanggung ajaran purgatori
Tanyakan pada sotar. Saya gak sedang urus perihal dapat nanggung ato kagak ajaran LISAN.

Yang saya sedang bicarakan adalah statement-mu :
Quote
saya percaya semua ajaran rasul sudah dikanon

dan dirimu bilang ke sotar:
Quote
elu percaya masih ada ajaran-ajaran yang belum diajarkan dan akan diajarkan oleh penerus dari penerus rasul

Oranye diatas itu SALAH SATU dari apa yang sotar percayai.

So, karena ayat yg dibahas disini 2 Tim 3:14-17, maka saya revisi dgn mengambil perihal laen yang sotar percayai yg ada kaitannya dgn 2 Tim 3:14-17.

Quote
(SESUAI KONTEKS Yoh 16 !!!)
Itu urusan dirimu dgn sotar.
Yang saya ajukan SESUAI dgn ayat yg diajukan di thread ini.

Sekarang lupakan sotar sang penggembira. RESET.

aleph:
saya percaya semua ajaran rasul sudah dikanon

oda :
saya percaya bahwa selain TULISAN ada juga ajaran LISAN dan basis Scripturanya dari yang saya percayai tsb adalah kalimat kalimat di 2 Tim 3:14-17. Nah, apa basis Scriptura-mu thdp apa yg dirimu percayai tsb ?

Quote
Sungguh amat sangat gob*** sih lu.
Gpp saya amat sangat goblock ga punya otak, daripada dirimu punya otak, otak busuk - penuh dgn kelaknatan iblis.  :cheesy:
« Last Edit: July 05, 2019, 12:29:08 AM by odading »
July 04, 2019, 11:31:26 PM
Reply #348
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1256
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
sdh bukan rahasia umum lagi > 600 taong Protestan dan Katolik Roma berdebat soalan Scriptura/SolaScriptura tanpa ada titik temu, sekarang ada upaya rekonsiliasi dua pandangan yg berbeda itu. Mari dukung gerakan itu. Toch untuk netralnya dri latar denom Protestan, saya copaste dri sumber katolik sendiri
disini saya hanya mengkaunter pemikiran liar HANYA PL SAJA UDAH CUKUP
Salam damaiApa yang hendak @cNc kaunter, itu urusanmu. @Sotardugur Parreva tidak ikut-ikut. :D

Menurut pendapatku, setiap orang yang berniat baik memang patut menggalang rekonsiliasi mengumpulkan bersama Kristus. Mat 12:30 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.
Tentang situs yang @cNc ajukan, menurut penangkapanku, tidak membicarakan tentang beda pandang antara Katolik dan Lutheran terhadap Sola Scriptura. Di sana dibahas tentang “justifikasi”. Syukurlah kalo itu dipandang sebagai upaya rekonsiliasi. Namun, situs itu tidak menyentuh akar masalah, yaitu sdh bukan rahasia umum lagi > 600 taong Protestan dan Katolik Roma berdebat soalan Scriptura/SolaScriptura tanpa ada titik temu(kusalin dari tulisan @cNc). Rekonsiliasi tidak akan tercapai jika sudut pandang terhadap Sola Scriptura belum diberesi, dalam arti kedua belah pihak mempunyai pandangan yang sama terhadap hal yang sama.

Salam damai.
supaya anda dan saya tidak terjebak dgn yg biru
mari anda dan saya memulai pada pemikiran baru ttg pembenaran (hanya oleh iman)
dijamin sampai ke akar2nya tersentuh
July 04, 2019, 11:35:36 PM
Reply #349
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
lha iya
sola-nya
ke...
ttg Scriptura...
Sekali lagi saya tanya :
2 Tim 3:14-17, Paulus sedang mengajarkan SOLA-Scriptura ke Timothy ato kagak ?
Jika ya, hendaklah kamu katakan: YA, jika tidak, hendaklah kamu katakan: TIDAK

Quote
itu toch Yg bikin definisi hanya PL SAJA udah cukup kan ANDA sendiri
sesembahanmu sendiri ngajarin bhw di 2 Tim 3:14-17 yg Paulus bicarakan itu Scriptura yg Timothy kecil kenal.

Quote
hanya KITAB SUCI (PL + PB) yaitu segala tulisan yg diilhamkan Allah
parach ni cNc kerasukannya.
PL = Scriptura.
PB = Scriptura.

Ayat terkait bunyinya:
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus

Sekarang gini aja deh biar gampang buatmu, tak ajuin pertanyaan :
Scriptura yg Timothy kecil kenal itu dapat memberi hikmat kepada Timothy dan menuntun Timothy kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus ato kagak ? Jika ya, hendaklah kamu katakan: YA dapat, jika tidak, hendaklah kamu katakan: TIDAK dapat
« Last Edit: July 04, 2019, 11:39:31 PM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)