Author Topic: Pengajuan denom SolaScriptura pada 2 Timothy 3:15-16  (Read 8990 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 29, 2019, 10:51:58 AM
Reply #400
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1793
  • Gender: Male
  • Damai Di Bumi, Damai di FK
  • Denominasi: Lutheran
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Ayat diatas salah satu ayat andalan SS, dimana kira2 yg diajukan kayak gini :
tuh.... kalimat Paulus saat itu ngasih tau  bhw : setidaknya tentu buat Timothy Scripture SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan. Dengan demikian Paulus adalah penganut SS.

Sikon saat itu ---> Scripture = PL.
Dengan demikian :
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan

Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?

Nah... satu aja dulu itu  :wink:

sependek pengeahuan saya yg luteran, tidak pernah ada pernyataan  resmi gereja bhw paulus menganut SS



buat kesimpulan sendiri ( seolah2 itu benar), lalu mempertanyakan kesimpulan tsbt.

oda.. oda ...oda ini aya..aya wae :char11:

salam
REV 3:11 Behold, I come quickly: hold that fast which thou hast, that no man take thy crown.
July 29, 2019, 01:21:34 PM
Reply #401
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2496
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
tulisan karangan imajinasi cucoklogimu di atas tetep aja TIDAK BISA MENJELASKAN
bahwa "ajaran solascriptura versi gituan" itu BENERAN FIRMAN ASLI dari TUHAN
Yes! Tidak bisa!
Sebab firman Allah itu hidup
Kebenaran tidak mati pd text Kitab
Maka kukatakan logos hrs menjadi rhema

Sbb:

Secara fisik, Tuhan Yesus Kristus tidak menulis, tidak meninggalkan, tidak mengirimkan, tidak mendiktekan untuk dicatat sebagai Scriptura.
Yes!
Tak ada hard copy dr Yesus, semuanya soft, fibrasi-Nya abadi
Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna.
Perkataan2 yg Kukatakan kpd-mu adalah roh dan hidup.[Yoh 6:63]

Kata Yesus, dunia tidak dpt menerima Roh Kebenaran,
sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. [Yoh 14:17]
Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dlm kamu.

Dia akan memimpin kamu ke dlm seluruh kebenaran;
sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri,
tetapi segala sesuatu yg didengar-Nya itulah yg akan dikatakan-Nya
dan Dia akan memberitakan kpd-mu hal2 yg akan datang. [Yoh 16:13]

Mungkin karena itu Dia istimewa:
Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni,
tetapi hujat terhadap ROH KUDUS tidak akan diampuni. [Mat 12:31] 

Dr situ muncul keyakinanku sbb:
The word, logos dan rhema
Ke-duanya sama2 firman Allah

Yg mempelajari logos semata, itu akan menambakan pengetahuan
Yg menghidupkan logos menjadi rhema, ia akan menumbuhkan iman

Banyak teori yg membedakannya
Perlu waktu utk pemahamannya
Agar, “Yes”, firman Allah hidup

Pembedaanku sementara ini:
Logos itu ibarat beras yg turun dari atas
Rhema ibarat nasi yg digodog di bawah
Menjadi energi rohani yg menghidupkan

Yesus menjawab: [Mat 4:4]
"Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja,
tetapi dari setiap firman yg keluar dr mulut Allah."

Logos adalah kata yg didorong oleh Roh kpd
Manusia sehingga dikatakan dan dituliskan
Ini ibarat “on-line” dan teleprinting Alkitab
Prinsip kerja saksi, pengkhotbah, penulis

Rhema adalah kata yg digodog oleh roh dlm Tuhan
Sehingga hidup dlm diri, mengalami energi firman
Ini ibarat aksi “on-line”, remote controle Firman
Prinsip kerja setiap aksi nabi2, raja2, rasul2

Ini yg kata@123 "menurut pengalamanku Firman itu:"
Itu sebab kita dimungkinkan utk mengalami Yesus
Bahakan dimungkinkan memindahkan gunung

Aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yg hidup,
melainkan Kristus yg hidup di dlm aku. [Gal 2:20]
Dan hidupku yg kuhidupi sekarang di dlm daging,
adalah hidup oleh iman dlm Anak Allah yg telah
mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya utk aku.


Pembuatan Alkitab (Scriptura), seperti sudah kugubris di depan, menurut pendapatku, bukan seperti penulisan sripsi, atau tesis, atau disertasi yang dilakukan secara sinambung sejak memulai sampai menyelesaikan. Alkitab (Scriptura) itu ditulis secara 'tersendat-sendat' mungkin satu ayat satu hari, mungkin bahkan tidak ada, sementara di hari lain lebih dari tiga ayat.
Yes! Itu tadi:
Logos adalah kata yg didorong oleh Roh kpd
Manusia sehingga dikatakan dan dituliskan
Ini ibarat “on-line” dan "teleprinting" Alkitab
Prinsip kerja saksi, pengkhotbah, penulis
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
July 29, 2019, 03:50:52 PM
Reply #402
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4030
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Pengibaratan kepada "online" itu, apakah sudah berhenti?

Jika sudah berhenti karena "online" hanya (sola) dari Tuhan kepada rasul, artinya, orang-orang yang hidup setelah rasul-rasul mati, tidak dituntun kepada kebenaran. Sejarah kelompok pengikut sejati Kristus, memperlihatkan bahwa pengibaratan pada 'online" seperti itu  berkelanjutan sampai kepada akhir zaman.

Di sisi lain, rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. Pertanyaannya, apa guna rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, jika "online" itu hanya berlaku kepada rasul, dan tidak berlaku kepada penerus rasul?

Faktanya, Scriptura tidak bertambah setelah dikanon abad IV, dan di abad XVI ada upaya pengurangan Scriptura dengan membuat catatan bahwa beberapa kitab ditandai sebagi spokrifa.
Fakta juga bahwa sejak sebelum kanonisasi Scriptura, Tradisi Gereja dilaksanakan senantiasa. Para rasul diberi kewenangan mengajar, dan rasul mempunyai penerus, yang meneruskan kewenangan mengajar, dan akan diteruskan sampai kepada akhir zaman.

Dari fakta itu menuntun pada kesimpulan, bahwa orang yang hidup setelah rasul mati juga dituntun kepada segala kebenaran, dan penerus rasul menggunakan kewenangan mengajar, memperlihatkan bahwa Scriptura, Tradisi Gereja, dan Magisterium tetap eksis bersinergi melayani Sabda Tuhan, dan menuntun jemaat kepada segala kebenaran. Sola Scriptura hanya hasrat menggeser ajaran Yesus Kristus yang diajarkan secara lisan menjadi sola tertulis. Scriptura sendiri dikanon pada abad IV, mustahil melaksanakan Sola Scriptura sejak abad I sampai kanonisasi Scriptura.

Damai tanpa pentung.
« Last Edit: July 29, 2019, 10:54:54 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
July 29, 2019, 05:22:14 PM
Reply #403
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2496
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Pengibaratan kepada "online" itu, apakah sudah berhenti?

Utk logos: Yes!
Yesus sudah memberitahukan segala sesuatu ttg maksud pengutusan-Nya ke dunia ini
[Yoh15:15] Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku
[Yoh17:4] Aku telah menyelesaikan segala pekerjaan yg Engkau berikan kpd-Ku utk Ku-lakukan
[Yoh17:8] Segala firman yg Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka
"Yesus tidak menulis, tidak mendiktekan, tidak membuat atau tidak membawa-bawa Kitab"

Sebab itu ROH KUDUS lah yg mengajarkan segala ajaran Yesus
ROH KUDUS yg mengingatkan semua yg telah dikatakan-Nya
ROH KUDUS yg memimpin manusia kpd seluruh kebenaran
"Yesus tidak menulis, tidak mendiktekan, tidak menjilid, dll."

Logos adalah kata yg didorong oleh Roh kpd
Manusia sehingga dikatakan dan dituliskan
Ini ibarat “on-line” dan teleprinting Alkitab
Prinsip kerja saksi, pengkhotbah, penulis

Utk rhema: No!
Aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yg hidup,
melainkan Kristus yg hidup di dlm aku. [Gal 2:20]
Dan hidupku yg kuhidupi sekarang di dlm daging,
adalah hidup oleh iman dlm Anak Allah yg telah
mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya utk aku.

Rhema adalah kata yg digodog oleh roh dlm Tuhan
Sehingga hidup dlm diri, mengalami energi firman
Ini ibarat aksi “on-line”, remote controle Firman

Ini prinsip kerja tiap aksi nabi2, raja2, rasul2
Penerus rasul ydskaz, gembala2 yg dipercaya
Dan kita2 sbg anggota tubuh Kristus hrs sikron

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dgn segala sukacita dan damai sejahtera
dlm iman kamu, spy oleh kekuatan ROH KUDUS kamu ber-limpah2 dlm pengharapan. [Rm 15:13]

Salam Damai!

« Last Edit: July 29, 2019, 05:45:47 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
July 29, 2019, 11:01:02 PM
Reply #404
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4030
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Karena Tuhan Yesus Kristus tidak menulis, tidak mendiktekan, tidak mengirimkan, tidak memerintah rasul menulis Scriptura, maka prinsip Sola (hanya) Scriptura yang tidak tercatat di Scriptura itu patut diduga sebagai upaya pemelencengan ajaran Yesus Kristus yang senatiasa diajarkan rasul secara lisan dan tertulis sampai kepada akhir zaman.

Damai tanpa pentung.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
July 30, 2019, 05:58:22 PM
Reply #405
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2496
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Kurasa,
Yg beriman banyak itu yg patut utk diduga
Demikian juga dgn yg beriman kpd Kitab2

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 07, 2019, 07:08:28 AM
Reply #406
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4030
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Apa yang hendak disampaikan?

Menulis: Yang beriman banyak itu yang patut untuk diduga. -->diduga apanya?
Menulis: Demikian juga dengan yang beriman kepada Kitab-kitab-->diduga apanya?

Kuduga, jika bahasan ini diteruskan, akan semakin jauh dari judul trit. Maka kuusulkan, ditutup saja trit ini.

Damai tanpa pentung.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
August 07, 2019, 10:54:37 AM
Reply #407
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2496
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Itu usul yg baik kpd oda
Sebab oda, pengaju trit sudah tiada komen setelah tanggapan yg ini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=64769.msg1255018#msg1255018

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
August 09, 2019, 12:36:39 AM
Reply #408
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12957
    • fossil coral cantik
konteksnya
PL dan PB
sama-sama kitab suci
analogi yg tepat
sama-sama cabe
Sama sama cabe, sama sama Kitab Suci.

Tapi orang yang pake otak TAU bhw cabe itu BUKAN BUATAN manusia, sedangkan KS itu BUATAN MANUSIA.

Quote
adalah absurd salah satunya bukan cabe
sama-sama pedes
Kenyataan realita-nya nggak idem dgn analogi-nya.
Cabe tidak dibuat manusia, tidak pula DI"nobat"kan oleh manusia mengenai rasa-nya kayak apa. Rasanya demikian, orang sebut pedes. Sekalipun kosakata pedes berbeda-beda di setiap bahasa, tetep aja setiap orang akan mengakui bhw memang demikianlah rasanya.

KS itu dibuat manusia dan di"nobat"kan oleh manusia "rasa"nya kayak apa.

Quote
pas banget dgn pernyataan berikut
Quote from: odading
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan

Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?
Ya. PAS banget ilustrasi cabe dgn pernyataan ungu.
Makanya udah tak kasi tau, diri kalian pasti akan seneng dapet analogi cabe dari saya.

Sekarang tinggal dijawab :
Dengan adanya "cabe ijo" aja udah bisa menuntun kepada keselamatan manusia,
begimana pula itu ceritanya manusia BIKIN LAGI "cabe merah" ?

Binimu masak.
"Pakai cabe supaya laki gue kepedesan", kata bini elu.
Cabe yang bini elu punyai saat itu di rumah, sekilo cabe ijo.

YET,
bini elu ke supermarket, beli lagi sekilo cabe merah.
Balik rumah, maka masaklah binimu dengan sekilo cabe ijo PLUS sekilo cabe merah.

oda :
Loh, katanya cabe udah cukup untuk bikin dirimu kepedesan.
Dirumahmu tuh ada cabe sekilo.
So, sekilo cabe itu kan udah cukup untuk bikin dirimu kepedesan.

Sekarang dijawab :
KENAPA binimu beli cabe sekilo lagi ke supermarket buat nanti masak ?
Bukankah cabe sekilo yg dirumahmu udah cukup untuk bikin dirimu kepedesan ?
« Last Edit: August 09, 2019, 01:34:33 AM by odading »
August 09, 2019, 01:24:06 AM
Reply #409
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12957
    • fossil coral cantik
Makanya jangan sok sembarangan nyamber ngebelain Sotar
Tidak ada gue nge-bela-bela-in si sotar, kecuali sotar ada kasi duit ke gue, baru dah gue bela. Tapi gak mungkin sotar kasi gue duit utk bela-in dia. Wong dia udah bisa menang sendiri kok.

Quote
begitu saya tanya elu malah gelagepan
Nah itu. Otak elu udah busuk penuh kelaknatan iblis.
Jelas2 gue duluan yang nanya duluan, dan jelas2an diri elu yang gelagepan gak bisa njawab, malah silat lidah memutar balikan fakta.

Sekarang gini aja, pernyataan elu yg berupa : saya percaya semua ajaran rasul sudah dikanon ---> ini konsisten ato kagak ? Apabila konsisten, mao itu si sotar kek, mao itu nenek grandong kek, kepada siapapun pernyataan elu itu tetep berlaku.

Dengan kata laen, didepan nenek grandong elu juga akan menyatakan spt ungu.
Didepan gue, elu juga akan menyatakan spt ungu.

Begimana pula elu ngikutin ajaran iblis yg nyuruh elu ber-alesan :
"bilang ke si oda kayak gini : itu kan pembicaraan gue aja ke si sotar. ngapain elu kepo nyamber2 pembicaraan gue dgn si sotar ?".

Well, sekarang gue ambil pertanyaan alternatif laen aja yang nggak ada hubungannya dengan pembicaraan antara elu dgn sotar,  kayak gini pertanyaannya :
Leph, elu percaya nggak bahwa semua ajaran rasul sudah dikanon ?

Silahkan elu jawab, tanpa bersilat lidah gara2 ngikutin bisikan iblis piaraan elu

Quote
Nah, kalau 'Semua ajaran rasul sudah dikanon', saya sudah jelaskan dasarnya adalah sejarah gereja dan sejarah kanonisasi.
Dengan demikian, yang diri elu percayai itu dasarnya BUKAN SCRIPTURA.

Quote
Kalau elu percaya selain TULISAN ada juga ajaran LISAN dengan basis 2 Tim 3:14-17, maka sejak Paulus nulis ke Timotius itu ajaran-ajaran rasul tidak pernah ditulis?
Gile ya. Diri elu nggak bisa ngliat bahwa tulisan Paulus itu sendiri sudah menunjukkan bahwa saat itu selain ajaran TULISAN ada juga ajaran LISAN.

Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.

Sampe biji mata elo mencelot, selama elu terus ngedengerin bisikan iblis, elu gak akan ngeh bahwa kosakata "orang" jelas2 itu makhluk hidup. Kalimat tsb tidak bilang BUKU TEBEL benda mati berisi TULISAN2 yang telah mengajarkan Timothy.

Quote
Kok sampai sekarang elu percaya ada ajaran rasul yang lisan?
Gue gak ada ngomongin ajaran orang berjulukan Rasul ! Point-nya adalah : pokok saat itu ada ORANG(makhluk hidup) bukan BUKU TEBEL (benda mati) yang ngajarin Timothy. Otomatis ini LISAN, ajaran lisan.

Quote
Padahal rasul-rasul sudah tidak ada.
Sekali lagi gue gak ada ngomongin ajaran orang yg dijuluki Rasul ! Elu terus2an bawa2 orang dijuluki Rasul, gue akan bawa2 orang dijuluki Nabi ---> Padahal nabi-nabi sudah tidak ada.

Quote
Coba dipikir pelan-pelan, dicerna baik-baik.
Nggak perlu.
Otak goblock gue otak jernih, nggak kayak elu, berotak pinter tapi busuk penuh laknat iblis.
« Last Edit: August 09, 2019, 01:29:56 AM by odading »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)