Author Topic: Pengajuan denom SolaScriptura pada 2 Timothy 3:15-16  (Read 9760 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 09, 2019, 02:04:37 AM
Reply #410
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
Hence, nyambung dengan pertanyaannya mas Odad di awal yang mungkin kurang lebih maksudnya "apakah bener bahwa TUHAN SENDIRI yang MENGAJARKAN PRINSIP SOLASCRIPTURA versi GITU"??
Betul, dang  :happy0062:.

Dengan kata laen, pertanyaannya :
apakah SCRIPTURA Paulus ke Timothy di ayat yg saya ajukan mengajarkan SOLA-SCRIPTURA ?

Pertanyaan diatas nongol karena berangkat dari seringnya saya temui informasi2 di internet bahwa SCRIPTURA Paulus ke Timothy di ayat yg saya ajukan menunjukkan bahwa SCRIPTURA mengajarkan SOLA-SCRIPTURA.

Setelah saya baca ayatnya, kenyataannya jawaban pertanyaan diatas adalah TIDAK. SCRIPTURA Paulus ke Timothy di ayat yg saya ajukan TIDAK mengajarkan SOLA-SCRIPTURA.  :D
August 09, 2019, 02:18:55 AM
Reply #411
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12959
    • fossil coral cantik
buat kesimpulan sendiri ( seolah2 itu benar), lalu mempertanyakan kesimpulan tsbt.
Kalo gitu wilef mungkin kurang baca2.

Saya TIDAK BUAT KESIMPULAN, wilef.
Ayat yg saya bawa itu ADA di link sbb : http://www.bible.ca/sola-scriptura-proof-texts.htm

Nih tak kopas sekelumit kalimat di link tsb :
Quote
Introduction:
Sola Scriptura is taught in scripture


Quote
sependek pengeahuan saya yg luteran, tidak pernah ada pernyataan resmi gereja bhw paulus menganut SS
Mao itu resmi ato kagak, pokok kalimat merah itu BUKAN KESIMPULAN BUATAN SAYA, wilef.

Aneh, apabila wilef bilang kayak gini :
oda setelah membaca kalimat merah MENYIMPULKAN SENDIRI Scriptura Paulus ke Timothy pada ayat yg saya ajukan di thread ini mengajarkan Sola Scriptura ke Timothy.

Dimana anehnya ?
Ya karena kalimat ungu saya itu BUKAN KESIMPULAN, melainkan "relay" dari saya berangkat dari kalimat merah, dimana kalimat ungu itu IDEM dgn kalimat merah. Bedanya, yang merah kalimat pasif, yg ungu kalimat aktif.

tanya:
Nah, sekarang jadi SIAPA YANG MENYIMPULKAN bahwa Sola Scriptura is taught in scripture, wilef ?

jawab:
Ya manusia2 SolaScripturist lah yang MENYIMPULKAN bahwa Sola Scriptura is taught in scripture.

So, terkait ayat yg saya ajukan .... begimana pula wilef bilang :
si oda MENYIMPULKAN SENDIRI seperti merah/ungu, lalu mempertanyakan kesimpulannya sendiri ?

Sementara padahal yang ada adalah :
Si oda membaca sebuah KESIMPULAN orang laen (yg warna merah atopun ungu), lalu mempertanyakan kesimpulan orang laen tsb.



Anyway,
buat kesimpulan sendiri ( seolah2 itu benar), lalu mempertanyakan kesimpulan tsbt.
Berangkat dari kalimat bold wilef diatas, maka bisa DIKETAHUI (bukan disimpulkan) bahwa di pov wilef sendiri sebagai Lutheran adalah :  KESIMPULAN bahwa Sola Scriptura is taught in scripture itu TIDAK BENAR.

selanjutnya kesimpulan saya sendiri :
karena di pov wilef sendiri sudah duluan berupa [KESIMPULAN bahwa Sola Scriptura is taught in scripture itu TIDAK BENAR.], maka wilef jadi tidak mempertanyakannya. Ngapain juga mempertanyakan kesimpulan yg tidak benar ?

However,
oleh saya, KESIMPULAN orang laen yg spt merah tsb saya anggap seolah2 itu benar, oleh karena itu saya mempertanyakannya  :D.
« Last Edit: August 09, 2019, 02:43:49 AM by odading »
August 20, 2019, 07:05:18 AM
Reply #412
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 574
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Ayat diatas salah satu ayat andalan SS, dimana kira2 yg diajukan kayak gini :
tuh.... kalimat Paulus saat itu ngasih tau  bhw : setidaknya tentu buat Timothy Scripture SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan. Dengan demikian Paulus adalah penganut SS.

Sikon saat itu ---> Scripture = PL.
Dengan demikian :
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan

Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?

Nah... satu aja dulu itu  :wink:

Sebenarnya tidak akan timbul permasalahan, jika Oda mengutip mulai dari 2 Tim 3:10.. pada ayat itu, Paulus mengatakan ..Engkau telah mengikuti .. cara hidup ku .. Nah, “cara hidup” itu adalah “kebiasaan” atau “tradisi”, sehingga diyakini.. bahwa kehidupan Jemaat  Gereja Awal, tidak hanya bersandar pada Alkitab, tetapi juga “cara hidup” atau tradisi suci yg diwariskan para rasul.
September 22, 2019, 04:31:43 AM
Reply #413
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1093
  • Denominasi: Protestan
Tentunya setelah kenaikan Tuhan Yesus ke Surga sudah ada baik tradisi maupun tulisan mengenai ajaran Yesus,karena tanpa PB maka Gereja tidak akan dapat memahami PL dengan benar seperti orang Israel itu contohnya.
September 23, 2019, 10:37:46 AM
Reply #414
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2757
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Org Israel merasa cukup dgn mengembangkan hukum Musa
Mereka hampir tidak pernah mau mengajarkan Yesaya 53
Mungkin itu satu sebab Kristen tetap minoritas di sana

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 23, 2019, 11:10:54 AM
Reply #415
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3421
Akan ada sisa bangsa Israel ( remnant) yang akan bertobat kepada Kristus kelak :

Roma 9:27 Dan Yesaya berseru tentang Israel: "Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan.

September 24, 2019, 08:09:11 AM
Reply #416
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2757
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Ya!
Mungkin itu sejalan dgn hentakan khotbah Petrus sesaat setelah Pentakosta: “ ...Akan terjadi pd hari2 terakhir -- demikianlah firman Allah -- bw Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak2-mu laki2 dan perempuan akan bernubuat, dan teruna2-mu akan mendapat penglihatan2, dan org2-mu yg tua akan mendapat mimpi. [Kis 2:17] 

Itu sejalan juga dgn nobuatan nabi Zakaria 500an thn sebelumnya: ... Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kpd dia yg telah mereka tikam, dan akan meratapi dia spt org meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dgn pedih spt org menangisi anak sulung. [Zak 12:10]

Salam Damai!
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 24, 2019, 08:16:49 AM
Reply #417
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 713
  • Denominasi: Protestan
(15) Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

(16) Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Ayat diatas salah satu ayat andalan SS, dimana kira2 yg diajukan kayak gini :
tuh.... kalimat Paulus saat itu ngasih tau  bhw : setidaknya tentu buat Timothy Scripture SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan. Dengan demikian Paulus adalah penganut SS.

Sikon saat itu ---> Scripture = PL.
Dengan demikian :
PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan

Pertanyaanya :
Lalu begimana pula itu orang bikin PB - sementara padahal PL  SAJA udah cukup utk menuntun kepada keselamatan ?

Nah... satu aja dulu itu  :wink:

Selain PL maka para Rasul juga mengajarkan ajaran Yesus yg sudah mereka terima secara lisan krn Hukum Taurat tidak menyelamatkan.
Ecclesia Semper Reformanda Est
September 24, 2019, 08:18:59 AM
Reply #418
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 713
  • Denominasi: Protestan
Wow, Sola Scriptura lagi.

Menurut pendapatku, itu ajaran manusia abad XVI tanpa lajur kerasulan, karena si penggagas melarikan diri dari pengisolasian karena diekskomunikasi dan membentuk jemaat yang dinamakan jemaat Kristus, padahal Yesus Kristus sudah mendirikan jemaat-Nya dan alam maut tidak akan menguasai jemaat bentukan Yesus Kristus itu..

Salam damai.

Yg paling jauh meninggalkan ajaran kerasulan adalah tradisi GRK
Ecclesia Semper Reformanda Est
September 24, 2019, 08:24:13 AM
Reply #419
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 713
  • Denominasi: Protestan
Pengibaratan kepada "online" itu, apakah sudah berhenti?

Jika sudah berhenti karena "online" hanya (sola) dari Tuhan kepada rasul, artinya, orang-orang yang hidup setelah rasul-rasul mati, tidak dituntun kepada kebenaran. Sejarah kelompok pengikut sejati Kristus, memperlihatkan bahwa pengibaratan pada 'online" seperti itu  berkelanjutan sampai kepada akhir zaman.

Di sisi lain, rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. Pertanyaannya, apa guna rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, jika "online" itu hanya berlaku kepada rasul, dan tidak berlaku kepada penerus rasul?

Faktanya, Scriptura tidak bertambah setelah dikanon abad IV, dan di abad XVI ada upaya pengurangan Scriptura dengan membuat catatan bahwa beberapa kitab ditandai sebagi spokrifa.
Fakta juga bahwa sejak sebelum kanonisasi Scriptura, Tradisi Gereja dilaksanakan senantiasa. Para rasul diberi kewenangan mengajar, dan rasul mempunyai penerus, yang meneruskan kewenangan mengajar, dan akan diteruskan sampai kepada akhir zaman.

Dari fakta itu menuntun pada kesimpulan, bahwa orang yang hidup setelah rasul mati juga dituntun kepada segala kebenaran, dan penerus rasul menggunakan kewenangan mengajar, memperlihatkan bahwa Scriptura, Tradisi Gereja, dan Magisterium tetap eksis bersinergi melayani Sabda Tuhan, dan menuntun jemaat kepada segala kebenaran. Sola Scriptura hanya hasrat menggeser ajaran Yesus Kristus yang diajarkan secara lisan menjadi sola tertulis. Scriptura sendiri dikanon pada abad IV, mustahil melaksanakan Sola Scriptura sejak abad I sampai kanonisasi Scriptura.

Damai tanpa pentung.

Tradisi bikinan GRK itu sama sekali bukan ajaran para Rasul krn sudah jauh menyimpang dari Scriptura,GRK sudah mengkhianati ajaran Rasul.
Ecclesia Semper Reformanda Est
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)