Author Topic: Persatuan Katolik-Protestan : Gereja Sudah Terlanjur Terbagi dan Terserak-serak  (Read 1223 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 08, 2019, 04:59:49 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Gereja yg disebut berhaluan 'Protestan' itu sangat banyak sekali denominasinya (maksud saya denominasi seperti : karismatik/modern, Pentakosta, hkbp, baptist, reformed, anglikan, methodist, presbiterian, advent, gereja2 yg masih sangat tradisional/kedaerahan pun ada, dll gak tau lagi karna masih banyak lagi jenis yg lain). Kalau Katolik tidak ada istilah denominasi. Gereja Katolik Roma itu sendiri satu2nya denominasi tunggal dalam Katolik (harap koreksi jika salah).

Soal Denominasi2 dalam agama protestan, kalau disuruh bersatu seluruhnya sudah tidak mungkin terjadi lagi, karena masing2 ada sejarahnya, ada perbedaan, kehendak bebas dan preferensi yg harus dihormati. Semuanya berdiri karena latar belakang tertentu dan demi manfaat penyebaran Injil juga. Kalau dipaksakan semuanya bersatu di bawah payung misalnya "Gereja Protestan Universal" (contoh aja sih) malah akan berantem semuanya. Itu sudah sulit sekali. Gak tau deh siapa yg mau mengalah untuk ajarannya ditiadakan demi persatuan gereja protestan universal yg cuma dalam mimpi itu.

Itu di dalam tubuh Protestan aja uda cukup beranekaragam, ada yg hampir2 sama tapi ada juga yg saling berbeda sekali. Nah gimana lagi perbedaan dengan Katolik? Perbedaan Katolik Roma dengan Protestan lebih banyak lagi, walau sama2 percaya Tuhan Yesus. Oleh karena itu persatuan Katolik dengan Protestan jauh lebih tidak mungkin terjadi. Siapakah yg mau 'mengalah', kayaknya gak mungkin ada Kristen yg netral (tidak Katolik, tidak Protestan).

Jadi sekali lagi perbedaan itu terjadi karena latar belakang tertentu seperti sejarah, kehendak bebas (terutama dalam menafsir), manfaat dalam penyebaran Injil, dan juga karena ego masing2 utk keluar dan memecahkan diri dari induknya. Kita ambil hikmahnya aja.
« Last Edit: August 09, 2019, 08:39:58 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 09, 2019, 06:44:25 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1070
  • There is none like You
Kelihatannya memang enggak mungkin lagi Gereja Roma Khatolik bersatu dengan Gereja Perdana ( tertulis : KPR ) dikarenakan freewill ego keluar dan memecahkan diri sehingga kalaupun coba disatukan malah akan baku hantam karena entah siapa yang mau mengalah dengan ajarannya yang mau ditiadakan demi persatuan gereja yang cuma dalam mimpi itu.

 :D ambil hikmahnya saja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
August 09, 2019, 08:56:03 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
tak perlu jadi satu secara organisasi juga, gak perlu dan gak efisien

step awal menyadari kalau smua sama2 mencari Kristus walaupun tata cara ibadahnya dan mgkn doktrinnya ada perbedaan yang gak prinsipil

asal itu aja udah bisa, we already make a new generation
August 09, 2019, 09:25:17 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Kelihatannya memang enggak mungkin lagi Gereja Roma Khatolik bersatu dengan Gereja Perdana ( tertulis : KPR ) dikarenakan freewill ego keluar dan memecahkan diri sehingga kalaupun coba disatukan malah akan baku hantam karena entah siapa yang mau mengalah dengan ajarannya yang mau ditiadakan demi persatuan gereja yang cuma dalam mimpi itu.

 :D ambil hikmahnya saja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
berarti GRK itu memecahkan diri dari gereja perdana ya. ada benarnya juga sih. GRK memang bukan yg pertama. yg pertama itu adalah gereja para rasul (dan para penerusnya) sampai skitar akhir abad ke-4 (atau awal abad ke-5). kita gak pernah tau gereja yg pertama itu mirip katolik yg sekarang atau tidak.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 09, 2019, 02:36:49 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1070
  • There is none like You
berarti GRK itu memecahkan diri dari gereja perdana ya. ada benarnya juga sih. GRK memang bukan yg pertama. yg pertama itu adalah gereja para rasul (dan para penerusnya) sampai skitar akhir abad ke-4 (atau awal abad ke-5). kita gak pernah tau gereja yg pertama itu mirip katolik yg sekarang atau tidak.
Jika memang memiliki kesadaran untuk bersatu seharusnya bermuaranya di Gereja Perdana ( tertulis di KPR ) dan bukannya menjadikan dirinya sebagai muara.

Coba baca surat paulus ini..

Efesus 2:19-21 (TB)
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.

Dimana adanya dasar para rasul dan para nabi dapat ditemukan ? jawabannya : ya hanya di Alkitab.

Itulah sebabnya Gerakan Protestan mengusung prinsip sola scriptura karena sebagaimana tertulis di Efesus 2:19-21 bahwa keluarga Allah seharusnya dibangun di atas dasar para rasul dan nabi.

Lalu bagaimana kenyataannya ?

Ajaran Gereja Khatolik Roma sudah banyak yang menyimpang dari dasar para rasul dan nabi dimana secara jelas para rasul yang adalah sebagai gembalanya Gereja Perdana.

Maka tercetuslah Gerakan Protestan yang dengan gagah berani berunjuk gigi dengan resiko mati martir pada masa itu.

Namun Gerakan Protestan ini pun ditolak mentah-mentah dan malah dilabeli sebagai bidat sesat oleh Gereja Khatolik Roma.

jadi sekali lagi silahkan diambil hikmahnya saja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
August 09, 2019, 08:21:58 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2064
  • Gender: Male
  • oohh bulan, indah sekali
  • Denominasi: Katolik
Kelihatannya memang enggak mungkin lagi Gereja Roma Khatolik bersatu dengan Gereja Perdana ( tertulis : KPR ) dikarenakan freewill ego keluar dan memecahkan diri sehingga kalaupun coba disatukan malah akan baku hantam karena entah siapa yang mau mengalah dengan ajarannya yang mau ditiadakan demi persatuan gereja yang cuma dalam mimpi itu.

 :D ambil hikmahnya saja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
sekarang gereja perdana dimana bro?
begadang jangan begadang
August 09, 2019, 08:35:56 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2064
  • Gender: Male
  • oohh bulan, indah sekali
  • Denominasi: Katolik
kalau memang ngga bisa bersatu, paling tidak tolong informasikan ke pendeta, kalo kotbah ngga usah bawa bawa ajaran katolik (masalahnye pemahaman die kaga beres, gue dengernye geli :-) )

kesannye biar umat die tau , ajaran katolik salah, jadi kotbahnye paling top. haaaadeeeehhh .....
begadang jangan begadang
August 09, 2019, 09:51:10 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1070
  • There is none like You
sekarang gereja perdana dimana bro?
Menurut anda Yesus mendirikan jemaatNya dimana ?

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
August 09, 2019, 10:44:47 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1070
  • There is none like You
kalau memang ngga bisa bersatu, paling tidak tolong informasikan ke pendeta, kalo kotbah ngga usah bawa bawa ajaran katolik (masalahnye pemahaman die kaga beres, gue dengernye geli :-) )

kesannye biar umat die tau , ajaran katolik salah, jadi kotbahnye paling top. haaaadeeeehhh .....
Wah.. klo jemaat digereja saya sih rata2 sudah pada tahu sejarahnya dan GRK itu ajarannya menyimpang..

Sudah bukan rahasia umum lagi kok..  :D

Malah ada tuh ex jemaat GRK yang sekarang beribadah di gereja saya karena mengalami baptisan ROH KUDUS setelah manifestasi pelepasan roh jahat dari lembah karmel yang telah merasuk tubuhnya.

Ah.. sudahlah.. anda kan alergi dengar yang beginian.. :D

Ps : Bagi saya pribadi, makin ajaran gereja saya dibawa2 maka saya akan makin senang.. entah itu yang bawa2 adalah gereja setan sekalipun..

karena saya percaya ada kuasa ROH KUDUS yang bekerja..

Lukas 8:16-17 (TB)
"Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya.
Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
August 10, 2019, 07:30:18 AM
Reply #9
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9761
  • ForumKristen.com
sekarang gereja perdana dimana bro?

Saya bantu jawab ya. Yang pasti bukan gereja Protestan :)

Salam.
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)