Author Topic: Burung Berkicau - Anthony De Mello SJ  (Read 50955 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 19, 2009, 03:52:42 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 715
  • BROTHERHOOD IN JESUS CHRIST - - - (1Kor 12:27)
Jesus Kristus berkata bahwa Ia belum pernah menyaksikan pertandingan sepakbola. Maka kami, aku dan teman-temanku, mengajakNya menonton. Sebuah pertandingan sengit berlangsung antara kesebelasan Protestan dan kesebelasan Katolik.

Kesebelasan Katolik memasukkan bola terlebih dahulu. Jesus bersorak gembira dan melemparkan topinya tinggi-tinggi. Lalu ganti kesebelasan Protestan yang mencetak goal. Dan Jesus bersorak gembira serta melemparkan topinya tinggi-tinggi lagi.

Hal ini rupanya membingungkan orang yang duduk di belakang kami. Orang itu menepuk pundak Jesus dan bertanya: 'Saudara berteriak untuk pihak yang mana?'

'Saya?' jawab Jesus, yang rupanya saat itu sedang terpesona oleh permainan itu. 'Oh, saya tidak bersorak bagi salah satu pihak, Saya hanya senang menikmati permainan ini.'

Penanya itu berpaling kepada temannya dan mencemooh Jesus: 'Ateis!'

Sewaktu pulang, Jesus kami beritahu tentang situasi agama di dunia dewasa ini. 'Orang-orang beragama itu aneh, Tuhan,' kata kami. 'Mereka selalu mengira, bahwa Allah ada di pihak mereka dan melawan orang-orang yang ada di pihak lain.'

Jesus mengangguk setuju. 'Itulah sebabnya Aku tidak mendukung agama; Aku mendukung orang-orangnya,' katanya. 'Orang lebih penting daripada agama. Manusia lebih penting daripada hari Sabat.'

'Tuhan, berhati-hatilah dengan kata-kataMu,' kata salah seorang di antara kami dengan was-was. 'Engkau pernah disalibkan karena mengucapkan kata-kata serupa itu.' 'Ya --dan justru hal itu dilakukan oleh orang-orang beragama,' kata Jesus sambil tersenyum kecewa.

(Burung Berkicau, Anthony de Mello SJ, Yayasan Cipta Loka Caraka, Cetakan 7, 1994)
 

 


 

« Last Edit: May 19, 2009, 07:40:55 PM by sin »
@ RT Anthony de Mello =
“These things will destroy the human race:
politics without principle, progress without compassion, wealth without work, learning without silence, religion without fearlessness and worship without awareness.”
May 19, 2009, 04:01:29 PM
Reply #31
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6553
  • Gender: Female
  • I have the simplest taste
apakah arti dari artikel ini tidak apa-apa jika menjadi atheis?? :scared0015:
Dear God, please lead me to Your path, not my path. My path is fun, but it's suffering. Your path is abstract, but it's safe.
May 19, 2009, 04:17:14 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 715
  • BROTHERHOOD IN JESUS CHRIST - - - (1Kor 12:27)
apakah arti dari artikel ini tidak apa-apa jika menjadi atheis?? :scared0015:
A-theis = tidak beragama.
Karena agama tidak menyelamatkanmu, yang menyelamatkanmu cuma YESUS.
@ RT Anthony de Mello =
“These things will destroy the human race:
politics without principle, progress without compassion, wealth without work, learning without silence, religion without fearlessness and worship without awareness.”
May 19, 2009, 04:34:45 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2052
mencemooh artinya apa?
kafir apa?
fasik apa?
farisi apa?

coba tolong dijelaskan satu per satu artinya?
dan tambahan apabila ada bahasa2 Alkitab yang tidak dimengerti bole di jelaskan artinya.
May 22, 2009, 05:48:27 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 715
  • BROTHERHOOD IN JESUS CHRIST - - - (1Kor 12:27)
Inilah cerita yang sangat disukai oleh Guru Sufi Sa'di dari Shiraz:

Salah seorang sahabatku senang sekali karena isterinya mengandung. Ia ingin sekali mendapatkan anak laki-laki. Tak henti-hentinya ia berdoa kepada Tuhan dan menjanjikan berbagai kaul dengan ujud itu.

Maka terjadilah, bahwa isterinya melahirkan seorang anak laki-laki. Sahabatku bergembira sekali dan mengundang seluruh penduduk kampung untuk merayakan pesta syukur. Bertahun-tahun kemudian, sekembaliku dari Mekah, aku melewati kampung sahabatku itu. Aku diberitahu bahwa ia dipenjara.

'Mengapa? Apa kesalahannya?' tanyaku.


Tetangganya berkata: 'Anaknya mabuk, membunuh orang, kemudian melarikan diri. Maka ayahnya lalu ditangkap dan dipenjarakan.'

Meminta kepada Tuhan dengan tekun apa yang kita inginkan merupakan perbuatan yang patut dipuji. Tetapi doa seperti itu juga amat berbahaya.


Anthony De Mello SJ
@ RT Anthony de Mello =
“These things will destroy the human race:
politics without principle, progress without compassion, wealth without work, learning without silence, religion without fearlessness and worship without awareness.”
May 22, 2009, 06:23:16 PM
Reply #35
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 18
hukum dateng dari mane tuh....
muasaakkkk anaknya yang salah ehhh malah bapaknya yang kena hukum
wah bener2 ngarang nih....
dari mana asalnya doa tu berbahaya???kan ga mengandung boraks dan formalin ataupun melamin???
yang salah en berbahaya tu bukan doanya tapi ortunya, kali2 aja tu ortu ga ngajari anaknya spy pergi sekolah minggu, rajin gereja, doa, baca firman akhirnya gedenya jadi penjahat gitu dehhh....
May 23, 2009, 05:38:37 PM
Reply #36
  • Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12112
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
pelajaran yang chrisma dapatkan dari THREAD RENUNGAN kali ini:
Inilah cerita yang sangat disukai oleh Guru Sufi Sa'di dari Shiraz:
yaitu............
tidak semua apa yang kita inginkan itu sudah sesuai dengan kehendak Tuhan
kadangkala Tuhan mengijinkan kita untuk akhirnya mendapatkan apa yang kita inginkan tapi.......semuanya akan ada risikonya tentunya risiko itu tidak enak rasanya
itulah manusia.....selalu tidak puas, selalu ingin ini ingin itu
pada akhirnya sesal tiada guna
"there's no way to turn back the time"
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
May 23, 2009, 11:28:23 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 715
  • BROTHERHOOD IN JESUS CHRIST - - - (1Kor 12:27)
pada akhirnya sesal tiada guna
"there's no way to turn back the time"

Yup... benar sekali....
Sama ketika Abraham yang memaksakan kehendaknya sendiri dengan mendapatkan Ismail melalui budaknya Hagar, dari pada menunggu Janji Tuhan.
Akibatnya sampai ribuan tahun setelah jaman Abraham, sampai saat ini semua keturunan "Anak Perjanjian" mengalami "kesukaran" yang disebabkan oleh kaum keturunan Ismael.
There is no way to turn back the time.
@ RT Anthony de Mello =
“These things will destroy the human race:
politics without principle, progress without compassion, wealth without work, learning without silence, religion without fearlessness and worship without awareness.”
May 25, 2009, 10:18:48 AM
Reply #38
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 22
  • Gender: Male
  • HELP ME GOD!!!
sejak kecil gw di besarkan di katolik...
sampai gw kelas 1 smp gw dan sekeluarga pindah tempat tinggal...
di tempat tinggal gw yang baru ngga ada gereja katolik...
yang ada hanya gereja protestan...

sejak saat itu gw sering ke gereja, tapi bukan ke gereja katolik, tapi protestan.
lama gw lalui itu...
sampai suatu waktu, waktu SMA teman gw nanya kalau gw sebenarnya beragama apa?
dan gw jelasin, semua...
trus teman gw nanya kalau gw pilih protestan atau katolik...
jawaban gw adalah dua-duanya...
waktu gw blang kalau dua-duanya dengan keras temen gw bilang...
"wah dasar pe'ak(pendek akal)"

dan gw cuma bisa senyum dan mikir...
"emangnya TUHaN YESUS yang di sembah orang katolik dan protestan berbeda??"
emangnya ALKITAB dan KITAB SUCI itu berbeda??
memangnya salib yang di gunakan untuk menyalibkan TUHAN YESUS berbeda antara salib protestan dan katolik???

gw rasa semua bakal bilang sama kok...

tapi kenapa terlalu banyak yang mempersalahkn perbedaan antara agama katolik dan protestan???

mungkin cara beribadah berbeda...
tapi tujuannya sama kan!!??
dan menurut gw katolik=protestan dan protestan=katolik
seperti ALLAH = YESUS dan YESUS = ALLAH

dan tentunya pandangan kita semua ngga sama...

tapi mungkin hal utama yang di tuliskan artikel di atas adalah...

supaya kita tidak perlu mempermasalahkan antara agama yang kita anut, tetapi lihatlah apa yang kita sembah... Lihatlah apa yang kita percaya. dan gw rasa jawaban kita sama YESUS SANG JURU SELAMAT

o iy, sampai sekarang teman2 atau orang2 yang nanya gw agama apa, selalu gw ceritain hal yang gw alami di atas...dan setiap akhir cerita, selalu gw balik nanya,,,
"jadi menurut kamu agama gw apa??"
May 26, 2009, 11:47:28 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 715
  • BROTHERHOOD IN JESUS CHRIST - - - (1Kor 12:27)
o iy, sampai sekarang teman2 atau orang2 yang nanya gw agama apa, selalu gw ceritain hal yang gw alami di atas...dan setiap akhir cerita, selalu gw balik nanya,,,
"jadi menurut kamu agama gw apa??"
Jhend, Kisahmu serupa dengan saya.
Ingatlah..Kristen bukan agama.....tetapi pengikut YESUS KRISTUS, menjadi contoh bagi dunia dengan cara hidup (the way of life).

Quote
tapi mungkin hal utama yang di tuliskan artikel di atas adalah...
supaya kita tidak perlu mempermasalahkan antara agama yang kita anut, tetapi lihatlah apa yang kita sembah... Lihatlah apa yang kita percaya. dan gw rasa jawaban kita sama YESUS SANG JURU SELAMAT
Yup...., karena KRISTUS datang bukan menciptakan agama.
Dia justru mati karena "TAURAT" dan "KARENA BESAR KASIHNYA KEPADA MANUSIA".
MANUSIA LEBIH PENTING DARI TAURAT.
Karenanya Kekristenan bukanlah inclusive (ke dalam) tetapi eksclusive (ke luar).
PenebusanNYA bukan untuk sebagian orang....tetapi untuk semua orang.

 :wink:
@ RT Anthony de Mello =
“These things will destroy the human race:
politics without principle, progress without compassion, wealth without work, learning without silence, religion without fearlessness and worship without awareness.”
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)