Author Topic: Jangan terpedaya pinjaman on line yang mencekik leher  (Read 336 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 25, 2019, 08:00:06 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 589
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4680159/puluhan-warga-laporkan-teror-dan-ancaman-pinjaman-online-ke-polda-jatim

https://finance.detik.com/fintech/d-4643901/korban-pinjol-ngadu-ke-lbh-utang-rp-5-juta-bengkak-jadi-rp-75-juta

QUOTED :
Tony mencontohkan jika pinjaman klien rata-rata hanya Rp 1,5 juta dan mereka hanya mendapatkan Rp 800 ribu. Itupun dengan bunga yang mencekik dan jatuh tempo yang singkat. Akibatnya bunganya naik hingga puluhan juta.

===================================================================

Jika kepepet butuh uang cash janganlah kita coba2 menerima tawaran pinjaman on line yang sangat kejam.

Lebih baik buat kartu kredit saja. Kartu kredit juga bisa ditarik tunai dr mesin ATM dgn charge 4%, atau kita bisa tarik uang cash lewat outlet2 yg menyediakan jasa gesek tunai, tentunya tdk 100% krn akan dipotong fee outlet tsb.

Lebih baik berurusan dgn bunga pihak bank meskipun tinggi juga, pernah ada artis yang bunuh diri krn hutang kartu kredit 40 jutaan dalam 2 tahun berbunga menjadi 300 jutaan. Jadi tetap meskipun dengan bank kita hrs segera melunasinya atau kita akan mati konyol juga dikejar Debt Collector bank yg cuma sedikit kurang brutal drpd pinjol.
https://kumparan.com/james-gotaro/cara-tarik-tunai-kartu-kredit

Atau jika ada yang punya kebutuhan mendesak yg masih agak bisa ditunda spt perbaikan rumah sederhana, bantuan untuk biaya berobat, sekolah, kursus dll. sedangkan situasi ekonomi tdk memungkinkan krn keterbatasan kemampuan maka ini adalah opsi terakhir yakni cobalah menhubungi yayasan umat seberang.

Perlu diketahui Yayasan tsb. tidak memiliki uang sama sekali, semua bantuan berasal dari para donatur yg berkorban demi kepentingan semua umat tanpa pamrih. Mereka membuat bazaar2, menjual mie vegan, katering vegan, mengumpulkan sampah2 utk didaur ulang, membuat kerajinan2 dr barang2 sisa utk dijual, membangun RS mewah yg keuntungan utk membantu masarakat, jadi sejogjanya jika tidak terdesak sekali, jangan memanfaatkan jerih payah mereka jika kita masih bisa bertahan agar saudara2 yg lebih membutuhkan bisa dibantu dan jangan mengharapkan bantuan jutaan rupiah sebab setiap bulan ada masarakat baru yg memohon bantuan ditambah yg sdh lama sehingga beban mereka semakin sarat. Pemohon bantuan akan disurvei ke rumah dan diberi pertanyaan yg mendetail, jgn harap bisa menipu mereka. Banyak saudara2 kita yg hidup di rumah2 kumuh bahkan di bedeng pinggir jalan yg lebih patut dibantu !!!

Tetapi Yayasan tsb. bukan lembaga keuangan yg bisa mengambil alih hutang anda jadi permintaan utk melunasi hutang yg telah dibuat tdk akan dilayani.

Saya menuliskan hal ini krn banyak sekali masyarakat yg menjadi korban pinjol, meminjam 1,5 juta, cuma diberikan 800 rb dgn bunga mencekik dan ancaman2 tdk senonoh, dan saya tdk akan menyarankan orang utk datang minta bantuan ke tempat ibadah. 

Saya menulis hal ini sptnya tdk pada sub forum yang benar, ya memang, krn kita bukan hidup hanya utk koar2 FT tanpa memahami problematika hidup masyarakat agar bisa mencari solusi bersama, kita sudah kebanyakan goyang2 di mimbar, joget2 diiringi lampu sorot, membuat layar screen besar utk menonton sobat2 yg super koar2 kasih Tuhan di panggung, bergaya memakai jas dan dasi didepan pintu masuk gereja, sementara ada pemulung yg lewat tdk pernah menyapa mereka atau menanyakan "apakah kamu sdh makan ?" atau sekedar memberi air minum buat mereka atau menyediakan "rumah Tuhan" utk mereka beristirahat, tdk ada Lazarus2 miskin yg dihibur di pangkuan Abraham di dalam gereja, kebanyakan koar2  belaka, yg lebih parah adalah banyak yg hanya membagi penghujatan diluar tempat ibadah.



Tidak ada orang2 berjas dan berdasi yang datang menjenguk, hanya memamerkan puji2an sbg kesaksian yg hidup, hanya menawarkan khotbah2 tanpa kasih dgn kertak gigi.
http://www.tzuchi.or.id/read-berita/mendorong-semangat-lewat-gerobak-cinta-kasih/8584


September 25, 2019, 11:48:27 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 660
sebisa mungkin jangan berhutang

andaikan terpaksa berhutang, berhutanglah kepada pihak yang tidak memberatkan
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)