Author Topic: Kasih perpuluhan atau ikut Yesus bilang: Jual seluruh harta, bagi ke org miskin?  (Read 505 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 16, 2019, 08:43:02 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
di thread lain aku pernah claim begini :
Quote
Bukti di jaman Musa uda ada uang (emas, perak) :
Exodus 35:4-5 And Moses spake unto all the congregation of the children of Israel, saying, This is the thing which the LORD commanded, saying, Take ye from among you an offering unto the LORD: whosoever is of a willing heart, let him bring it, an offering of the LORD; gold, and silver, and brass,

di cerita ini rupanya pembiayaan bait suci/tabernakel atas dasar sukarela dari siapa2 saja yg bisa/tergerak memberi uang (emas, perak dan kuningan)

Persepuluhan adalah persembahan makanan.
CASE CLOSED!
itu ayat yg menyatakan pengurusan kemah suci jaman Musa itu dibiayai atas dasar sukarela, dari uang emas/perak/kuningan yg mereka punyai. gak ada minimum 10%. waktu itu sudah ada uang. dan perpuluhan tidak dalam bentuk uang melainkan makanan.

di ayat lain:


    Jesus looked at him and loved him. “One thing you lack,” he said. “Go, sell everything you have and give to the poor, and you will have treasure in heaven. Then come, follow me.”

    At this the man’s face fell. He went away sad, because he had great wealth.

    Jesus looked around and said to his disciples, “How hard it is for the rich to enter the kingdom of God!” (Mark 10:21-23)



berarti menurut logika ini. lebih baik memberi kepada orang yg (benar2) sangat miskin daripada memberi terlalu banyak di gereja, kecuali kalo gereja menyalurkan langsung utk orang2 miskin juga.

cuma memberi keseluruhan itu memang sangat ekstrim, di jaman dulu kalo tinggal di Israel kita tidak akan terlalu menderita kalo cuma punya baju, soalnya Israel kuno biasanya punya rasa persaudaraan, pasti dikasih tempat menumpang. kalo jaman sekarang susah.

Mungkin blum ada yg mampu memberikan seluruh harta langsung ke orang miskin.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 16, 2019, 08:58:45 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
ada beberapa point juga yg perlu dipikirkan:
1. masalah lain muncul kalo dipikir2 murid2 yesus adalah juga kumpulan orang2 miskin berhubung mereka uda meninggalkan keluarga dan rumah, mereka sering berkumpul dan mungkin saja mereka juga menerima sedekah dari orang2 sekitar. mereka dapat disebut sebuah gereja. jadi, memberi ke gereja juga ada baiknya. tapi menurutku tidak ada itu perpuluhan (menurut aku ya, kalo anda gak setuju ya terserah, perpuluhan itu adalah tradisi yahudi dalam bentuk makanan)

2. yesus bilang : GO, SELL EVERYTHING YOU HAVE, artinya pergilah atau bertindaklah dengan cara menjual apapun yg kau punya, bukan "berilah uangmu", berarti ada indikasi utk kita meng-uang-kan harta kita kemudian dikasihkan ke orang miskin. mungkin itu berupa mobil atau tanah dijual, trus kasihkan ke orang miskin. pokoknya apapun yg berlebihan (kita masih punya yg lain).

saya rasa ini tafsiran yg masuk di akal juga, kenapa Yesus kasih tau satu jalan dengan cara "menjual", kenapa enggak "kasihkan lah uangmu? kan lebih praktis, di jaman Yesus kan uda ada uang juga.", pertanda mungkin (sekali lagi ya, mungkin) Yesus mau mengatakan utk mengusahakan sesuatu utk orang miskin, bisa dengan cara meng-uang-kan harta kita yg berlebihan.

mari kita mengandai2, jika orang di ayat tersebut adalah orang kaya. anggap saja begini :
dia memiliki :
1) 1.000 ekor sapi, dijual 40jt/ekor, total = 40M
2) 10.000 ekor kambing, 2jt/ekor, total = 20M
3) Tanah 100 hektar (1.000.000m2), 200rb/m2, total = 200M

berarti dia memiliki aset yg bisa dicairkan menjadi 260M. Nah itulah yg dikasihkan dan didistribusikan ke orang2 miskin atau dikasihkan ke gereja yg akan membagi2kan ke orang miskin (yg benar2 miskin, bukan yg pura2 miskin).

pertanyaan muncul, bagaimana dengan uangnya sendiri (uang cash yg sudah ada di kantongnya, di luar hasil penjualan aset). nah berhubung karena Yesus tidak mengatakan utk memberikan uang, ya berarti terserah uangnya itu mau diapain, boleh dikasihkan juga sebagian dan sebagian lagi utk bertahan hidup selama mengikut Yesus. Jadi aku rasa di sini Yesus memberi tahu salah satu cara utk memberikan ke orang miskin adalah dengan cara menjual harta dan memberikannya ke orang miskin.
« Last Edit: August 16, 2019, 09:49:44 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 16, 2019, 09:19:04 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
intinya dari Firman itu sebenarnya : 100% milik kita itu punya Tuhan, ini smua gereja gak akan bisa bantah, pasti mengaminkan

10% aja gak mau ngasih boro2 mau ke 100%, ini juga semua gereja gak bisa bantah, kenyataan sudah
Abraham kalo gak ngasih 10% gak bakalan bisa sampai menyerahkan Ishak

Dan ini bukan masalah lebih baik ngasih ke orang miskin juga
jaman skrg ngasih ke orang miskin eh orang miskinnya malah punya gaji lebih gede dari manager kejadian juga
salah satu in ti dari persembahan itu orang yang melayani Tuhan jadi bisa fokus melayani Tuhan, dia hidup dari persembahan jemaatnya, gak tertutup kemungkinan juga sisanya diberikan kepada orang miskin

cerdik seperti ular, tulus seperti merpati

gak mau ngasih gpp, itu urusan masing2 sama Tuhan
tapi menghalangi orang yang mau ngasih itu sama saja melawan Firman Tuhan
sebab Firman Tuhan itu jelas menyuruh kita memberi
August 16, 2019, 09:29:53 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
intinya dari Firman itu sebenarnya : 100% milik kita itu punya Tuhan, ini smua gereja gak akan bisa bantah, pasti mengaminkan

10% aja gak mau ngasih boro2 mau ke 100%, ini juga semua gereja gak bisa bantah, kenyataan sudah
Abraham kalo gak ngasih 10% gak bakalan bisa sampai menyerahkan Ishak

Dan ini bukan masalah lebih baik ngasih ke orang miskin juga
jaman skrg ngasih ke orang miskin eh orang miskinnya malah punya gaji lebih gede dari manager kejadian juga
salah satu in ti dari persembahan itu orang yang melayani Tuhan jadi bisa fokus melayani Tuhan, dia hidup dari persembahan jemaatnya, gak tertutup kemungkinan juga sisanya diberikan kepada orang miskin

cerdik seperti ular, tulus seperti merpati

gak mau ngasih gpp, itu urusan masing2 sama Tuhan
tapi menghalangi orang yang mau ngasih itu sama saja melawan Firman Tuhan
sebab Firman Tuhan itu jelas menyuruh kita memberi
aku ngerti om, cuma kan perpuluhan itu sebenarnya adalah tradisi yahudi dan berbentuk makanan yg salah satu prakteknya diambil dari setiap nomor ke sepuluh dari ternak.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 16, 2019, 09:38:45 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
aku sih gak mengajarkan utk tidak memberi, makanya kalo yg gak setuju aku uda tulis di atas, ya gak apa2 kalo gak setuju dengan cara ku.. kalo mau kasih yg namanya perpuluhan 10% ya kasihlah daripada dia merasa gak enak kalo gak memberi 10% penghasilan. aku cuma berprinsip bahwa sebetulnya kita bebas memberi. ya kalo kurang setuju ya gak apa sih.

aku sendiri setiap ke gereja ya kasih uang biasa aja, aku gak pernah menulis ini adalah perpuluhan, karna perpuluhan itu ya tradisi yahudi dalam bentuk hewan ternak dan/atau tumbuhan. kadang juga aku ada kasih uang utk orang2 cacat atau sakit parah, tapi itu gak seberapa sih.
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 16, 2019, 10:18:57 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
gak smua tradisi perpuluhan Yahudi itu makanan, uang juga ada
lha wong zaman Yesus aja ada kok kotak persembahan di bait suci

yang lengkap bacanya

lagipula yang bilang perpuluhan jaman now itu ngikutin tradisi Yahudi itu siapa? itu pasti keluar dari orang yang tidak mempelajari Alkitab secara utuh!!

kalau mau ngikutin perpuluhan tradisi Yahudi, besarnya 23,33%, bukan 10%

boleh baca2 penjelasan sini biar jelas

http://manusia-biasa-saja.blogspot.com/2016/01/persepuluhan.html
« Last Edit: August 16, 2019, 10:21:56 AM by HenHen »
August 16, 2019, 11:14:29 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
gak smua tradisi perpuluhan Yahudi itu makanan, uang juga ada
lha wong zaman Yesus aja ada kok kotak persembahan di bait suci
coba tunjukkan dong ayatnya yg menyatakan dengan pasti bahwa persepuluhan adalah uang. coba tunjukkan ada gak persepuluhan itu diberikan berupa uang.

ini aku quote kan lagi yg pernah aku tulis:
Quote
Bukti di jaman Musa uda ada uang (emas, perak) :
Exodus 35:4-5 And Moses spake unto all the congregation of the children of Israel, saying, This is the thing which the LORD commanded, saying, Take ye from among you an offering unto the LORD: whosoever is of a willing heart, let him bring it, an offering of the LORD; gold, and silver, and brass,

di cerita ini rupanya pembiayaan bait suci/tabernakel atas dasar sukarela dari siapa2 saja yg bisa/tergerak memberi uang (emas, perak dan kuningan)

Persepuluhan adalah persembahan makanan.
CASE CLOSED!

kalo memang Tuhan minta uang, kenapa gak dibilang Tuhan minta uang saja sepersepuluh? Kan waktu itu uda ada uang juga?

kalo yg aku baca sih hasil ternak (setiap nomor ke sepuluh) dan hasil panen.

gak ada bukti tertulis Abraham kasih uangnya sendiri.

aku bukan mengajarkan utk gak memberi, aku cuma bilang memberi itu gak harus memberi persepuluhan, tapi memberi dengan kerelaan hati.. persepuluhan kalo diartikan adalah sekian persen dari hasil panen dan ternak.

hukum taurat itu banyak, gak bisa diikuti, misalnya yah kurban, persepuluhan, sunat, dll. kalo mau pake istilah persepuluhan ya berarti mau ikutin taurat, berarti ya kalo bisa ada juga lah sistem kurban juga dijalankan, jangan cuma persepuluhan, juga harus ada sunat, ada hari raya roti tidak beragi, ada ruang kudus, maha kudus, dll
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 16, 2019, 11:31:22 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 550
  • Gender: Male
  • Denominasi: Agama Kristen Protestan
Mungkin maksud om hen yg ini yah?:
aku kasih komentar yah
14:22   "Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.

14:23   Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu. --> sepertinya ini jenis per10an yg lain, ada per10an yg dikasih ke Lewi, tapi jenis yg ini untuk dinikmati bersama.

14:24   Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu, --> persepuluhan memberatkan perjalanan?? apa?? jelas sekali persepuluhan adalah hewan ternak dan/atau panen, BUKAN UANG.

14:25   maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, --> Ehm ok, ini memang pengecualian, juga terbukti di sini, UDA ADA UANG TAPI UANG BUKAN UTK DIJADIKAN SISTEM PERSEPULUHAN.

14:26   dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu. --> nah loh, uang dikonversi balik lagi ke hewan ternak, dll.

14:27   Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau.

14:28   Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu;

14:29   maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu."

oh ya sepertinya memang ada dua jenis persepuluhan, yg satu utk kaum lewi, satu lagi utk dinikmati bersama.
« Last Edit: August 16, 2019, 11:39:29 AM by revoltzer »
Life is only a matter of accepting your destiny wholeheartedly
August 16, 2019, 11:39:07 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9606
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • Living Testimony (LiTe)
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
di link atas yang saya kasih itu sudah dijelaskan, silahkan dibaca, ayatnya ada juga disitu

kalau orang mempelajari perpuluhan dengan benar, membaca ayat-ayat yang ada dengan baik

orang itu pasti akan menemukan kalau uang juga boleh untuk perpuluhan, sesuai tradisi/hukum yang ada saat itu

dan yang pasti perpuluhan jaman itu sama sekarang jauh beda, meskipun namanya sama
hanya prinsipnya saja yang sama : yaitu memberi, supaya ada makanan di rumah Tuhan

----

ayat yang anda copas itu dari link yang saya kasih itu, itu bicara soal perpuluhan
perikopnya aja perpuluhan
dari situ jelas pada jaman itu pun diperbolehkan untuk membawa perpuluhan dalam bentuk uang, sama sekali gak ada larangannya, makanya di bait suci disamping menerima makanan, dan korban2, tersedia juga kotak persembahan untuk orang yang mau memberikan uang, tak dilarang

Yesus jaman itu pun memperhatikan kotak persembahan, makanya ada kisah janda nyumbang 2 peser perak kan, orang yang kala itu ngasih perpuluhan berupa bentuknya uang juga gak dilarang sama Yesus kok

tapi sekali lagi, perpuluhan taurat sm sekarang ya beda, kalau ada orang mau nyama2in bearti harusnya dia ngasih sebesar 23.33%, bukan 10%
« Last Edit: August 16, 2019, 11:42:51 AM by HenHen »
September 09, 2019, 08:32:04 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 668
di link atas yang saya kasih itu sudah dijelaskan, silahkan dibaca, ayatnya ada juga disitu

kalau orang mempelajari perpuluhan dengan benar, membaca ayat-ayat yang ada dengan baik

orang itu pasti akan menemukan kalau uang juga boleh untuk perpuluhan, sesuai tradisi/hukum yang ada saat itu

dan yang pasti perpuluhan jaman itu sama sekarang jauh beda, meskipun namanya sama
hanya prinsipnya saja yang sama : yaitu memberi, supaya ada makanan di rumah Tuhan

----

ayat yang anda copas itu dari link yang saya kasih itu, itu bicara soal perpuluhan
perikopnya aja perpuluhan
dari situ jelas pada jaman itu pun diperbolehkan untuk membawa perpuluhan dalam bentuk uang, sama sekali gak ada larangannya, makanya di bait suci disamping menerima makanan, dan korban2, tersedia juga kotak persembahan untuk orang yang mau memberikan uang, tak dilarang

Yesus jaman itu pun memperhatikan kotak persembahan, makanya ada kisah janda nyumbang 2 peser perak kan, orang yang kala itu ngasih perpuluhan berupa bentuknya uang juga gak dilarang sama Yesus kok

tapi sekali lagi, perpuluhan taurat sm sekarang ya beda, kalau ada orang mau nyama2in bearti harusnya dia ngasih sebesar 23.33%, bukan 10%


yang bodoh ini ajaran kristennya atau gara-gara pendetanya yang mata duitan hingga harus maksa 10% hingga 23.33 persen atau bahkan kalo bisa semuanya kasik ke pendeta, atau ada jemaatnya yang gob*** diakali mau saja?... kuaya kuaya pendeta pendeta yang mewajibkan perpuluhan jauh lebih kaya dari pengemis penipu atau orang minta sumbangan penipu umumnya.... ini pekerjaan yang paling enak, jemaat dikritik-kritik pake khotbah mengatas namakan Tuhan kalo gak ngasik duit ke dia atau grupnya kemudian uangnya digunakan untuk hidup nyaman mewah mewahan mantap

orang kurang ajar akan mendapat hukuman demikian orang bodoh juga dihukum Tuhan atas kebodohannya
« Last Edit: September 09, 2019, 07:35:21 PM by andre765 »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)