Author Topic: Apa maksud dari kosakata "dosa" ? Satu meaning ? ataukah lebih dari satu ?  (Read 1137 times)

0 Members and 4 Guests are viewing this topic.

November 09, 2019, 09:44:26 AM
Reply #70
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
pertanyaan yang luar biasa broh..

sebelum dan sesudah manusia berdosa, Tuhan tidak berubah bro, Tuhan tetap adalah Kasih.
sebelum dosa, Tuhan bermurah hati, memberikan satu taman yang indah kepada Nenek Moyang kita, di dalamnya ada lengkap dan cukup makanan, kedamaian, alam bersahabat, binatang binatang tidak buas, semuanya bersahabat dan harmonis.
Hal hal seperti itu tidak bisa dikatakan [bermurah hati], sima.

Quote
bahkan kepada Adam diberikan Hawa sebagai Pendamping,
bukankah itu adalah bentuk kemurahan Tuhan bro.. ??
Bukan sima.
Ortu membuat kamar indah, nyaman untuk bayinya dan memberikan cukup makanan ke bayinya ---> TIDAK bisa dikatakan [ortu bermurah hati kepada bayinya].

Kosakata bahasa Inggris ayat terkait adalah MERCY, sima. Mengampuni.
For God has bound everyone over to disobedience so that he may have mercy on them all

Quote
setelah kejatuhan manusia dalam dosa, manusia terkurung dalam dosa. Tuhan yang murah hati itu tidak berubah, Dia tetaplah murah hati.
Nope. Mengampuni adalah Kehendak. Dengan demikian tidak bisa dikatakan TETAP.  Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.

Quote
dengan cara membuka kurungan manusia yang terkurung itu Tuhan Allah menunjukkan kemurahan-Nya.
That's the point. Kurungan tsb ya Tuhan sendiri yang membuatnya ---> mengurung semua orang dalam ketidaktaatan ---> akibat : suatu ketika AdamHawa pasti pernah tidak taat. SUPAYA Akibat selanjutnya : Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya kepada AdamHawa. So, kalimat tsb ada didalam pengertian "supaya Ia dapat mengampuni".

Quote
sekarang pertanyaan saya bro..
apakah bro @odading percaya bahwa Allah adalah Kasih dan Murah hati sebelum dan sesudah manusia berdosa ?
Yang saya percaya Kasih Allah ada batasnya dengan demikian Pengampunan Allah ada batasnya.
Tidak ada itu perihal SEBELUM AdamHawa berdosa, sima.

Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan
Supaya
Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya


detail kronologikanya ada sisipan, sima. Sbb :

Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan
Supaya

SETELAH orang tidak taat
Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya
ke orang terkait

So ... sekali lagi, tidak ada itu perihal SEBELUM tidak taat, sima.



Kembali ke pertanyaan semula, begimana itu kok sima kekeuh bilang :
mungkin aja ada orang yang selama hidupnya tidak pernah berdosa
mungkin pula ada orang yang selama hidupnya pernah berdosa


« Last Edit: November 09, 2019, 09:59:19 AM by odading »
November 11, 2019, 09:57:30 AM
Reply #71
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Hal hal seperti itu tidak bisa dikatakan [bermurah hati], sima.

bisa dong bro..

Quote
Bukan sima.
Ortu membuat kamar indah, nyaman untuk bayinya dan memberikan cukup makanan ke bayinya ---> TIDAK bisa dikatakan [ortu bermurah hati kepada bayinya].

Kosakata bahasa Inggris ayat terkait adalah MERCY, sima. Mengampuni.
For God has bound everyone over to disobedience so that he may have mercy on them all
 Nope. Mengampuni adalah Kehendak. Dengan demikian tidak bisa dikatakan TETAP.  Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.

hampir pasti, orang yang bermurah hati adalah orang yang punya Kasih di dalam hatinya.

Quote
Kurungan tsb ya Tuhan sendiri yang membuatnya ---> mengurung semua orang dalam ketidaktaatan

kata yang cocok untuk itu adalah:
Menyerahkan..
dalam versi Bahasa Indonesia sehari hari disebut:
Sebab Allah sudah membiarkan seluruh umat manusia dikuasai ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semuanya.

artinya adalah: bukan Tuhan yang mengurung, tapi membiarkan manusia mengurung dirinya sendiri dalam ketidaktaatan.

Quote
Yang saya percaya Kasih Allah ada batasnya dengan demikian Pengampunan Allah ada batasnya.

yang saya percaya, Kasih Allah dan Pengampunan Allah tidak ada Batasnya..
kalaupun suatu saat manusia ada yang binasa karena dosanya, itu bukan karena Kasih Allah terbatas. tapi karena manusia itu bebal, tidak menerima Kasih Allah yang tidak terbatas itu.

Quote
Kembali ke pertanyaan semula, begimana itu kok sima kekeuh bilang :
mungkin aja ada orang yang selama hidupnya tidak pernah berdosa
mungkin pula ada orang yang selama hidupnya pernah berdosa


sorry bro, aku sudah lupa kalau ada kalimat yang kuucapkan seperti ini..
seingatku tidak kutulis seperti itu.

yang kutulis itu seingatku seperti ini:
Kecuali Tuhan Yesus Kristus, semua orang sudah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
November 11, 2019, 11:31:30 AM
Reply #72
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
1. hampir pasti,
2. orang yang bermurah hati
3. adalah orang yang punya Kasih di dalam hatinya.
Kurang komplit kalimatnya, sima.

1. hampir pasti
2a. orang yang mau bermurah hati
2b. kepada mr.X
3. adalah orang punya Kasih didalam hatinya

4. hampir pasti
5a. orang yang TIDAK mau bermurah hati
5b. kepada mr.X
6. adalah orang TIDAK punya Kasih didalam hatinya

Nah... begimana menurut sima thdp 1 s/d 3 dan 4 s/d 6 ?


Quote
kata yang cocok untuk itu adalah:
Menyerahkan..
dalam versi Bahasa Indonesia sehari hari disebut:
Sebab Allah sudah membiarkan seluruh umat manusia dikuasai ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semuanya.
PENYEBAB Allah membiarkan seluruh manusia dikuasai ketidaktaatan adalah KARENA Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan.

APABILA
tidak ada [karena Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan]

MAKA
Kalimat dikuasai ketidaktaatan adalah kalimat pasif.
Kalimat aktifnya ketidaktaatan menguasai.
Akibatnya menimbulkan kronologika sbb :
Sebelum Hawa makan buah, ketidaktaatan telah eksis di Eden
Blakangan ketidaktaatan menguasai Hawa
Akibatnya Hawa tidak taat


Nah... sekarang pertanyaannya :
SIAPA yang menaruh ketidaktaatan tsb di Eden ?

Quote
artinya adalah:
bukan Tuhan yang mengurung, tapi membiarkan manusia mengurung dirinya sendiri dalam ketidaktaatan.
Jangan bermain kata kata donk, sima. Kalimat di quote atas menunjukkan [ketidaktaatan PASIF, manusia AKTIF]. Sementara kalimat ungu sima di quote sebelumnya menunjukkan [ketidaktaatan AKTIF, manusia PASIF].

Quote
yang saya percaya, Kasih Allah dan Pengampunan Allah tidak ada Batasnya..
kalaupun suatu saat manusia ada yang binasa karena dosanya, itu bukan karena Kasih Allah terbatas. tapi karena manusia itu bebal, tidak menerima Kasih Allah yang tidak terbatas itu.
Dengan demikian, Kasih Allah dan Pengampunan Allah ADA BATAS nya.
Begimana pula kok sima bilang [Kasih Allah dan Pengampunan Allah tidak ada Batasnya] ?

Ini hari Allah mengampuni mr.X atas dosanya
besok mr.X berbuat dosa, diampuni lagi
lusa mr.X berbuat dosa, diampuni lagi
3 hari kemdian mr.X berbuat dosa, diampuni lagi
dst dst dst idem.

sima :
KARENA
Kasih dan Pengampunan Allah thdp mr.X tidak ada batasnya

MAKA
sejak ijo sampai mr.X mati, setiap kali mr.X berbuat dosa lagi, Tuhan akan terus menerus mengampuni mr.X

Quote
Quote
mungkin aja ada orang yang selama hidupnya tidak pernah berdosa
mungkin pula ada orang yang selama hidupnya pernah berdosa
sorry bro, aku sudah lupa kalau ada kalimat yang kuucapkan seperti ini..
seingatku tidak kutulis seperti itu.
Kalau begitu bahkan sima sendiri sama sekali TIDAK MENGERTI dengan jawaban yang sima bikin sendiri :

Quote
possible atau impossible kah selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa ?
Sangat Possible, Kejadian 1:27


Saya ulang lagi pertanyaan saya, ini kali parafrase pakai bahasa Indonesia :
MUNGKIN kah selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa ?

sima jawab :
sangat MUNGKIN selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa

penjelasan saya thdp jawaban sima :
Jawaban sima itu menunjukkan suatu keadaan yang bisa terjadi dalam dua opsi :
A. Hawa selama hidupnya tidak pernah berdosa
B. Hawa selama hidupnya pernah berdosa

Jawaban saya thdp pertanyaan tsb adalah :
adalah TIDAK MUNGKIN selama hidupnya Hawa tidak pernah berdosa
Yang A itu TIDAK MUNGKIN terjadi.

Jawaban sima thdp pertanyaan tsb adalah :
adalah sangat MUNGKIN selama hidupnya Hawa tidak pernah berdosa
yang A itu sangat MUNGKIN terjadi

Saya kasih kesempatan satu kali lagi, siapa tau sima berubah pikiran :
MUNGKIN kah selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa, sima ?
MUNGKIN kah selama hidupnya orang TIDAK PERNAH berdosa, sima ?


Hawa sedang mengandung :
MUNGKIN kah orang yang akan Hawa lahirkan tsb selama hidupnya tidak pernah berdosa?

oda:
Apabila yang akan Hawa lahirkan dalam keadaan tidak ada gangguan, hidup normal s/d setidaknya umur 17 tahun, maka TIDAK MUNGKIN orang yang Hawa lahirkan tsb selama hidupnya tidak pernah berdosa.
« Last Edit: November 11, 2019, 11:50:03 AM by odading »
November 11, 2019, 05:18:57 PM
Reply #73
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Kurang komplit kalimatnya, sima.

1. hampir pasti
2a. orang yang mau bermurah hati
2b. kepada mr.X
3. adalah orang punya Kasih didalam hatinya

4. hampir pasti
5a. orang yang TIDAK mau bermurah hati
5b. kepada mr.X
6. adalah orang TIDAK punya Kasih didalam hatinya

hampir benar,,
yang benar adalah:
Allah adalah Kasih, Allah yang Mahakasih itu Penuh dengan kemurahan, Dia bermurah hati bagi segala makhluk..

Quote
PENYEBAB Allah membiarkan seluruh manusia dikuasai ketidaktaatan adalah KARENA Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan.

itu bukan dalam bentuk kurungan secara harfiah ya,, versi Alkitab terjemahan sehari hari lebih tepat berkata:
Roma 11:32
Sebab Allah sudah membiarkan seluruh umat manusia dikuasai ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semuanya.

lebih tepatnya itu adalah "Membiarkan, Mengijinkan" manusia dalam ketidaktaatan.

Quote
Nah... sekarang pertanyaannya :
SIAPA yang menaruh ketidaktaatan tsb di Eden ?

Manusia tidak taat adalah karena ketidaktaatan manusia itu sendiri, tidak patut mempersalahkan Tuhan dalam ketidaktaatan manusia.
manusia tidak taat, jangan dipersalahkan Tuhan.

Quote
Dengan demikian, Kasih Allah dan Pengampunan Allah ADA BATAS nya.
Begimana pula kok sima bilang [Kasih Allah dan Pengampunan Allah tidak ada Batasnya] ?

Kasih Allah tidak ada batasnya bro..
Bil 14:18   
TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran,   tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan   yang ketiga dan keempat.

perhatikan ayat diatas !!!
Ia mengampuni Kesalahan dan Pelanggaran. artinya adalah: apapun jenis pelanggaran dan kesalahan yang diperbuat manusia, Tuhan ampuni, tidak ada yang tidak bisa diampuni TUhan.

namun apabila kelak manusia bertahan dalam kesalahannya maka, si yang bersalah yang tidak mau minta ampun dan tidak meninggalkan kesalahannya itu akan terhukum akibat kesalahnnya sendiri.

Quote
Ini hari Allah mengampuni mr.X atas dosanya
besok mr.X berbuat dosa, diampuni lagi
lusa mr.X berbuat dosa, diampuni lagi
3 hari kemdian mr.X berbuat dosa, diampuni lagi
dst dst dst idem.

ops jangan salah paham bro..
bukan seperti ini Pengampunan yang diajarkan oleh Firman Allah.
syarat pengampunan adalah:

1Yoh 1:9   
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa   kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Roma 6:1
Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan?  Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah  kasih karunia itu?

Ibrani 10:26
Sebab jika kita sengaja berbuat dosa,  sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran,   maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.

jadi Syarat Pengampunan di dalam Alkitab adalah:
1. Pertama si Pendosa menyadari dan mengaku dosanya: kalau tidak sadar dan tidak minta ampun tidak ada pengampunan dosa.
2. Bertobat kalau berat pertobatan itu, Berjuanglah untuk bertobat sekalipun berat.

untuk orang orang seperti inilah pengampunan itu diberikan. pengampunan tidak diberikan kepada orang yang anggap enteng dosa dosanya.

Quote
sima :
KARENA
Kasih dan Pengampunan Allah thdp mr.X tidak ada batasnya

MAKA
sejak ijo sampai mr.X mati, setiap kali mr.X berbuat dosa lagi, Tuhan akan terus menerus mengampuni mr.X

selama masih ada niat untuk bertobat bagi si pendosa, bahkan sampai diambang mautpun masih terbuka pintu pengampunan.

Quote
Saya ulang lagi pertanyaan saya, ini kali parafrase pakai bahasa Indonesia :
MUNGKIN kah selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa ?
sima jawab :
sangat MUNGKIN selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa

Yes..  :afro: :afro: :afro:

Quote
Saya kasih kesempatan satu kali lagi, siapa tau sima berubah pikiran :
MUNGKIN kah selama hidupnya Hawa TIDAK PERNAH berdosa, sima ?

Sangat Mungkin..  :afro: :afro: :afro:

Quote
MUNGKIN kah selama hidupnya orang TIDAK PERNAH berdosa, sima ?[/i]

selain Tuhan Yesus Kristus, manusia setelah jatuh dalam dosa, TIDAK MUNGKIN TIDAK PERNAH berdosa, sebab semua manusia setelah manusia jatuh dalam dosa adalah Pendosa, apabila ada yang mengaku tidak pernah berbuat dosa, maka yang mengaku itu adalah seorang pembohong.

salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
November 12, 2019, 03:03:18 AM
Reply #74
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
hampir benar,,
yang benar adalah:
Allah adalah Kasih, Allah yang Mahakasih itu Penuh dengan kemurahan, Dia bermurah hati bagi segala makhluk.
Makanya saya tanya, Mr.X yang setelah Dia kasih pengampunan pada hari ini, besok2nya setiap hari sampai mati Mr.X berdosa lagi dan minta ampun lagi, Allah akan terus mengampuni lagi dan lagi tidak ada batasnya ato kagak, sima ?

Quote
itu bukan dalam bentuk kurungan secara harfiah ya,, versi Alkitab terjemahan sehari hari lebih tepat berkata:
Roma 11:32
Sebab Allah sudah membiarkan seluruh umat manusia dikuasai ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya kepada mereka semuanya.

lebih tepatnya itu adalah "Membiarkan, Mengijinkan" manusia dalam ketidaktaatan.
Yang saya tanya, ketidaktaatan itu datengnya dari mana sebelum Hawa berdosa, sima ?

Quote
Manusia tidak taat adalah karena ketidaktaatan manusia itu sendiri, tidak patut mempersalahkan Tuhan dalam ketidaktaatan manusia.
Nggak ada yang mempersalahkan Tuhan, sima.

Tuhan berdaulat, sah sah aja Dia mengurung semua orang termasuk AdamHawa dalam ketidaktaatan.

Sima tidak menerima bahwa Tuhan berdaulat.
Akibatnya sima playing-words, mengubah-ubah dari [mengurung] menjadi [membiarkan].

Quote
manusia tidak taat, jangan dipersalahkan Tuhan.
Manusia tidak taat laen cerita, sima. Itu mao-nya si manusia sendiri.

Quote
manusia tidak taat, jangan dipersalahkan Tuhan.
Gak ada hubungannya.

Quote
Kasih Allah tidak ada batasnya bro..
Tidak Alkitabiah, sima.


Quote
Bil 14:18   
TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran,   tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman
Coba itu plototin kosakata "TETAPI", sima. So, sepanjang-panjangnya kesabaran Tuhan ... dgn adanya kosakata "tetapi" ---> itu artinya kesabaran Tuhan ADA BATASnya, sima.

Quote
Ia mengampuni Kesalahan dan Pelanggaran. artinya adalah: apapun jenis pelanggaran dan kesalahan yang diperbuat manusia, Tuhan ampuni, tidak ada yang tidak bisa diampuni TUhan.

namun apabila kelak manusia bertahan dalam kesalahannya
Coba itu plototin kosakata "NAMUN", sima. So, sepanjang-panjangnya kesabaran Tuhan ... dgn adanya kosakata "namun" ---> itu artinya kesabaran Tuhan ADA BATASnya, sima.

Plototin juga itu yang merah, sima. IF ... ini dengan sendirinya adalah BATAS.

Quote
maka, si yang bersalah yang tidak mau minta ampun
Kok jadi tidak mau minta ampun ? Ilustrasi Mr.X itu pada hari ini SUDAH minta ampun dan Tuhan ampuni, sima.

Besoknya dia berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan ampuni lagi.
2 hari kemudia dia berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan ampuni lagi.
3 hari kemudia dia berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan ampuni lagi.
Dst dst dst IDEM.

Nah, sima bilang [Pengampunan Tuhan TIDAK ADA batasnya].
Dengan demikian, Tuhan akan terus mengampuni Mr.X, sima.

Saya bilang [Pengampunan Tuhan ADA batasnya].
Tuhan tidak akan terus menerus mengampuni Mr.X kalo/apabila/IF .....

Quote
akan terhukum akibat kesalahannya sendiri.
sima demen banget ih playing-words  :D.

Kemarin dan dulu2 sebelumnya, Mr.X berdosa.
Nah... ini atas kesalahannya siapa ?
Kesalahannya sendiri ? atokah kesalahan Tuhan ?

oda jawab:
So pasti itu kesalahannya Mr.X sendiri.

sima jawab apa ?

Ini hari Mr.X minta ampun kepada Tuhan.
Tuhan ampuni.
Nah... setelahnya itu Mr.X akan DIhukum oleh Tuhan ato kagak, sima ?

Quote
ops jangan salah paham bro..
bukan seperti ini Pengampunan yang diajarkan oleh Firman Allah.
Saya ngajuin berdasarkan ajaran sima yang tidak Alkitabiah : Pengampunan Tuhan TIDAK ADA batasnya  :wink:.


Quote
syarat pengampunan adalah:
1Yoh 1:9   
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Sudah sejuta kali saya bilang, [Mr.X hari ini sudah mengaku dosa dan minta ampun], sima.

Saya bilang :
Pengampunan Tuhan ADA batasnya
So, suatu ketika Tuhan TIDAK AKAN LAGI mengampuni Mr.X, kalo/apabila/if Mr.X .....

sima bilang :
Pengampunan Tuhan TIDAK ADA batasnya
konsekwensi logis pemikiran sima yang nggak Alkitabiah tsb adalah :
Tuhan tidak akan pernah berhenti mengampuni Mr.X --->  Tuhan AKAN LAGI dan LAGI terus menerus tanpa batas mengampuni Mr.X, kalo/apabila/if Mr.X .....

bersambung
« Last Edit: November 12, 2019, 03:08:07 AM by odading »
November 12, 2019, 03:03:53 AM
Reply #75
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Quote
jadi Syarat Pengampunan di dalam Alkitab adalah:
1. Pertama si Pendosa menyadari dan mengaku dosanya: kalau tidak sadar dan tidak minta ampun tidak ada pengampunan dosa[/color]
Jangan suka playing-words lah sima  :coolsmiley:.

Hari ini Mr.X sudah mengaku dosanya dan minta ampun kepada Tuhan, sima.
Hari ini Tuhan ampuni Mr.X

1 hari kemudian Mr.X berdosa lagi,
mengaku dosa dan minta ampun kepada Tuhan lagi,
Tuhan ampuni lagi.
2 hari kemudian Mr.X berdosa lagi,
mengaku dosa dan minta ampun kepada Tuhan lagi,
Tuhan ampuni lagi.
dst dst dst IDEM.

saya bilang:
KARENA Pengampunan Tuhan itu ADA batasnya
MAKA suatu ketika Tuhan TIDAK AKAN LAGI mengampuni Mr.X, kalo/apabila/if Mr.X ..... [/i]


Quote
untuk orang orang seperti inilah pengampunan itu diberikan.
pengampunan tidak diberikan kepada orang yang anggap enteng dosa dosanya.
1 hari kemudian tsb Mr.X tidak anggap enteng dosa-nya di 1 hari kemudian tsb, sima. Oleh karena itu dia mengaku dosa dan minta ampun kepada Tuhan lagi, dan Tuhan ampuni lagi. 2 hari kemudian tsb Mr.X tidak anggap enteng dosa-nya di 2 hari kemudian tsb, sima. Oleh karena itu dia mengaku dosa dan minta ampun kepada Tuhan lagi, dan Tuhan ampuni lagi.

Pengampunan Tuhan itu ADA batasnya, sima.
Kalo/apabila/if Mr.X kayak begitu terus menerus,  maka suatu ketika Tuhan TIDAK AKAN LAGI mengampuni Mr.X

Jangan sesat, sima.
Tuhan bisa HABIS kesabaran - Tuhan bisa marah, sima.


Quote
selama masih ada niat untuk bertobat bagi si pendosa, bahkan sampai diambang mautpun masih terbuka pintu pengampunan.
Ya itu ajaran sesat sima ---> Kalo/apabila/if Mr.X kayak begitu terus menerus, bahkan sampai diambang mautpun pintu pengampunan Allah buka lagi dan lagi terus menerus tidak ada batasnya untuk Mr.X.

Quote
Sangat Mungkin..  :afro: :afro: :afro:
Itu sesat sima.
Hawa selama hidupnya tidak pernah berdosa

Silahkan jawab pertanyaan sbb ini :
Begimana Allah menunjukkan pengampunanNya kepada Hawa ?

Quote
1. manusia setelah jatuh dalam dosa,
2. TIDAK MUNGKIN TIDAK PERNAH berdosa
Ya iyalaaah... wong jelas2 point-1 itu sendiri saja = sudah pernah berdosa.

sesat sima :
Setelah Mr.X makan tokek, tidak mungkin Mr.X tidak pernah makan tokek.
Setelah istri sima beranak, tidak mungkin istri sima tidak pernah beranak.

Quote
sebab semua manusia setelah manusia jatuh dalam dosa adalah Pendosa
Ya iyalaaaaaah  ;D.
Setelah Mr.X mencuri, Mr.X adalah Pencuri. Sesat banget deh sima ini  :char11:.
November 15, 2019, 11:05:45 AM
Reply #76
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2766
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Makanya saya tanya, Mr.X yang setelah Dia kasih pengampunan pada hari ini, besok2nya setiap hari sampai mati Mr.X berdosa lagi dan minta ampun lagi, Allah akan terus mengampuni lagi dan lagi tidak ada batasnya ato kagak, sima ?

Yes, Betul Sekali..
selama ada niat untuk minta ampun dan tobat dari si Pendosa, Pintu Pengampunan selalu terbuka, bahkan sampai di ambang maut sekalipun..
dan alangkah indahnya apabila si Pendosa bukan hanya punya niat bertobat dan minta ampun namun betul betulan bertobat, maka sudah pasti dan sangat yakin pengampunan akan menjadi bagian si Pendosa.

Quote
Yang saya tanya, ketidaktaatan itu datengnya dari mana sebelum Hawa berdosa, sima ?

karena di goda, dibujuk dan ditipu Setan bro.

Quote
Tuhan berdaulat, [/color].

bethul sekali broh,, dan Tuhan Yang Berdaulat itu juga memberi manusia  kedaulatan.
dan kedaulatan yang diberikan kepada manusia itu tidak dapat di intervensi oleh siapapun.

Tuhan Allah sendiri tidak dapat memaksa manusia jadi Tobat, hidup Benar, Saleh, Kudus dan Mengasihi.

dan iblispun tidak dapat memaksa hati manusia menjadi bebal, berontak, melanggar hukum, tidak taat, dan menjadi jahat.

Tuhan Allah dapat menasehati, menegor, membujuk, tapi Tidak dapat mengubah hati yang tidak mau diubah.

iblis dapat menggoda, merayu, menipu, mengancam, bahkan kadang kadang berkuasa atas fisik manusia (kasus Ayub), tapi iblis tidak berkuasa untuk menyesatkan Jiwa yang tidak mau disesatkan.

Quote
Sima tidak menerima bahwa Tuhan berdaulat.

sangat menerima Kedaulatan Tuhan. Tuhan hanya berdaulat di hati yang mau RELA MENERIMA KEDAULATAN-NYA.,
seperti kata Firman Tuhan :
Why 3:20   
Lihat, Aku berdiri di muka pintu   dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku  dan membukakan pintu,   Aku akan masuk   mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Perhatikan !!!
bahwa Allah berdiri dimuka Pinta, dan mengetuk ngetuk..
adalah kedaulatan pemilik rumah untuk membuka pintu hatinya atau tetap berada terkurung didalam kebebalannya.

Quote
Besoknya dia berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan ampuni lagi.
2 hari kemudia dia berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan ampuni lagi.
3 hari kemudia dia berdosa lagi, minta ampun lagi, Tuhan ampuni lagi.
Dst dst dst IDEM.

Nah, sima bilang [Pengampunan Tuhan TIDAK ADA batasnya].
Dengan demikian, Tuhan akan terus mengampuni Mr.X, sima.

Betul Sekali bro,, selama si pendosa mau bertobat dan minta ampun, dengan menyesal datang ke Kaki Salib, menyadari akibat ulahnya yang penuh dosa itulah membuat Yesus Terselaib, lalu dengan penyesalan datang minta ampun di Kaki Salib, PINTU MAAF dan PINTU AMPUN SELALU TERBUKA.. bukan hanya Pintu Ampun yang dibuka Tuhan, bahkan Janji untuk memperoleh Hati yang baru pun diberikan cuma cuma bagi yang percaya dan mau.

Quote
Kemarin dan dulu2 sebelumnya, Mr.X berdosa.
Nah... ini atas kesalahannya siapa ?

pertanyaan yang bagus..
setelah manusia jatuh dalam dosa, maka manusia yang jatuh dalam dosa tersebut disebut sebagai manusia berdosa. manusia berdosa ini ketika berketurunan, maka keturunannya adalah anak orang berdosa. semua manusia setelah kejatuhan adalah orang berdosa.
Mzm 51:5   
Sesungguhnya, dalam kesalahan   aku diperanakkan,  dalam dosa aku dikandung ibuku.

Quote
Ini hari Mr.X minta ampun kepada Tuhan.
Tuhan ampuni.

AMIN !!!!

Quote
Nah... setelahnya itu Mr.X akan DIhukum oleh Tuhan ato kagak, sima ?

si Pendosa bebas dari Hukuman Tuhan bro, tapi belum tentu dari bebas dari hukuman manusia,  :D :D..
si Pendosa oleh iman kepada Kurban Yesus Kristus dan dengan pertobatan yang sungguh sungguh akan diampuni dosanya, dan bebas dari Hukuman TUhan.

Quote
sima bilang :
Pengampunan Tuhan TIDAK ADA batasnya
konsekwensi logis pemikiran sima yang nggak Alkitabiah tsb adalah :
Tuhan tidak akan pernah berhenti mengampuni Mr.X --->  Tuhan AKAN LAGI dan LAGI terus menerus tanpa batas mengampuni Mr.X,

itulah sifat Tuhan yang diajarkan oleh Injil.


salam
TYM
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)