Author Topic: Gereja seharusnya menjadi rumah singgah lintas agama.  (Read 968 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 11, 2019, 01:20:58 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 720
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Bukankah Bapak disurga menceritakan REALITA yg terus menerus terjadi di dunia dimana orang miskin yg duduk tdk berdaya di depan rumah orang kaya sehingga ia mati ?

Mengapa kita tidak melihat bukankah realita ini yg tengah terjadi ? Kita melihat kaum marjinal 'dibersihkan' dari kota2 besar agar tampak manusiawi.


Tidak ada orang2 berjas dan berdasi yg mendatangi anak ini atau menyapanya ketika ia lewat di depan gereja sekedar bertanya sudah makan atau belum, apalagi mengijinkannya beristirahat sejenak didalam gereja apalagi memberikan dia air minum atau pun makanan.

Berapa banyak yg mereka hrs kumpulkan sebelum mereka bisa makan ?
Oh ada orang lapar ya ? Mana bisa merasakan kalau dgn perut kenyang koar2 di mimbar.

Mengapa gereja2 menutup pintunya, bukankah seharusnya gereja bisa menjadi rumah singgah utk Lazarus2 ini ? Bukankah Tuhan berkata orang miskin selalu beserta gereja Nya ?
Matius 26:11 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu,  tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.

Yah Tuhan yg terjadi adalah anjing2 menjilat luka Lazarus (menista kemiskinan)
https://bps-gerejatoraja.org/artikel/single/pelajaran-dari-seorang-gelandangan/88

Di negeri ini ada ribuan gereja, jika satu menampung 5 saja ada puluhan ribu yg bisa dihiburkan di pangkuan Abraham2. Tetapi yg ada adalah mereka berkumpul di tempat ibadah umat seberang yg mengijinkan mereka disana. Sebab apa mereka tdk ke gereja2 ? Sebab tdk ada ceritanya mereka diberi ijin, walau sekedar uang receh oleh orang2 berjas dan berdasi disana.


Gereja ada yg berharta sampai trilyunan tetapi makanan utk orang2 yg berjuang utk makan saja tdk ada gereja yg membantu :
https://www.youtube.com/watch?v=uiYR9lskL3U
https://majalah.tempo.co/read/142094/bara-sengketa-petinggi-bethany&user=register

Lazarus2 tdk pernah mencari orang2 berjas dan berdasi sebab tdk membuka pintu spt umat seberang.


TENGOKLAH GEREJA2 INI YG MEMBUAT TEMPATNYA SBG RUMAH SINGGAH UTK LAZARUS2 YG MISKIN.
MEREKA BISA MENDENGARKAN Firman Tuhan DAN MERASAKAN KASIH TUHAN. INILAH PENGINJILAN SEKALIGUS MEMBAGI KASIH TUHAN YG SEJATI.


BAGAIMANA CARANYA MEREKA BISA DENGAR2 Firman Tuhan, KENAPA KHOTBAH KE ITU2 SAJA.


Ini adalah contoh salah satu jaringan gereja yg dirubah menjadi rumah singgah, relawan2 dari gereja2 bergotong royong membantu disini, memasak, menyediakan pakaian2 bekas dll. utk menolong mereka yg biasa tinggal di emperan2 dan kuburan2.
https://www.edinburghnews.scotsman.com/news/edinburgh-kirk-provide-shelter-homeless-548492


AGAR PENGINJILAN MENJAMAH SEMUA ORANG DAN AMANAT TUHAN TERPENUHI.
AGAR BANGSA2 GEMBIRA DAN MEMUJI TUHAN.
Mat 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”
   
« Last Edit: November 12, 2019, 11:45:02 AM by Ashes to Ashes »
November 11, 2019, 01:25:30 PM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 720
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Tugas gereja adalah memberikan kasih Tuhan menolong Lazarus2.
Soal mereka bertobat atau tidak itu adalah urusan ROH KUDUS yg membuka hati.
Bagaimana mereka membuka hati jika tdk ada kasih ? Tidak pernah membuka pintu utk memberikan pertolongan spt yayasan umat seberang ?

Dengan menjadikan gereja sbg rumah singgah maka akan memenuhi amanat Tuhan menolong Lazarus2 yg tdk berdaya dan juga mempercepat tugas gereja menyebarkan Injil kpd bangsa2.

Ketimbang memakai cara2 provokatif yg tidak berguna dan hanya memancing keributan, sudah ditolak bukannya langsung pergi masih sempat2nya layani tarik urat.
https://www.youtube.com/watch?v=80LDXLD3cFQ

Bagilah kasih, jangan cuma koar2 spt burung beo yg cuma menimbulkan antipati dan kebencian bangsa2.
Orang asing ini tdk mengerti ke Bhinneka an dan toleransi. Anda mau perang spt di Suriah ?
Penginjilan jalanan di Russia sdh dilarang keras dan akan ditangkap krn ulah orang2 spt ini.
https://www.youtube.com/watch?v=RpSBJx0Rq50

Yesus Kristus mengirimkan 70 orang utusan dengan karunia kesembuhan dan bukan asal koar2,
Lukas 10 (3) Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
(9) dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

JADI YESUS BERKATA SEMBUHKAN ORANG DAHULU BARU BER KATA2.

jika tdk bisa mendptkan karunia kesembuhan bawalah bansos medik.
Dan Yesus mengirimkan 70 orang itu kepada bangsa Yahudi bukan Goyim, jangan coba2 meniru mereka, jadinya malah cuma koar2 di jalanan spt ember bocor yg menimbulkan kebencian, datang dengan bendera gereja dan khotbah saja tdk akan diterima.
https://www.youtube.com/watch?v=EtGZn0iDImk

Itulah sebabnya pendeta2 dgn mukjizat2 palsu di panggung sandiwara  tdk pernah turun ke jalan2 krn mereka akan digebuki disana ibarat tukang obat penipu.

Para rasul melakukan penginjilan di tempat2 umum dengan mengadakan mukjizat2 yg luar biasa bukan sekedar ember bocor yg menimbulkan kebencian. Kalau tdk bisa spt mereka pakailah hikmat akal budi dgn membagikan kasih dahulu. contohlah yayasan umat seberang yg membagikan kasih tanpa pamrih tanpa koar2 agama. Setiap hari orang mencari bantuan datang kpd mereka, kenapa anda malah teriak2 di jalan2 ???, Jika anda berbuat baik orang akan memuliakan Tuhan. Mengapa mereka tdk pernah mencari anda ?

Mat 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” PERBUATAN BAIK ITU BUKAN SEKEDAR KOAR2 DI JALAN RAYA.

Mat 10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu CERDIK seperti ular dan tulus seperti merpati.

Jadilah CERDIK jgn spt video2 diatas.
« Last Edit: November 19, 2019, 07:14:50 PM by Ashes to Ashes »
November 11, 2019, 09:07:52 PM
Reply #2
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9800
  • ForumKristen.com
Gereja seharusnya menjadi rumah singgah
Teorinya gampang. Faktanya tidak semudah itu.
Pertama, dari segi fasilitas. Tidak semua gedung gereja memiliki fasilitas yang memadai, bahkan untuk fungsi ibadah hanya ala kadarnya.
Kedua, seputar perizinan dan isu kristenisasi. Apabila gereja menjadi rumah singgah, tentu ada pihak tertentu yang tergelitik untuk mempermasalahkan perizinan gereja. Misalnya perizinan gereja hanya untuk ibadah kalangan sendiri, bukan menampung orang luar. Ini bisa lebih parah kalau ada yang memanasi dengan isu kristenisasi.
Ketiga, ada gereja yang fasilitasnya memadai, tetapi fokus utamanya bukan untuk itu. Tujuan pembangunan gereja hanya untuk mencari keuntungan, membangun kerajaan duniawi. Menyediakan rumah singgah tentu tidak menguntungkan.
Nah, saran yang Anda sampaikan itu saya pikir lebih cocok bila ditujukan ke gereja yang saya maksud di poin ketiga.

Salam
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
November 11, 2019, 09:09:59 PM
Reply #3
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9800
  • ForumKristen.com
Saya lihat denominasi Anda adalah protestan, sementara nampaknya gereja-gereja yang menjadi rumah singgah di foto yang Anda tampilkan itu bukan gereja protestan. Saya menduga itu gereja Katolik. Bagaimana pandangan Anda mengenai hal ini?

Salam
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
November 12, 2019, 11:43:54 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 720
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
dari segi fasilitas. Tidak semua gedung gereja memiliki fasilitas yang memadai, bahkan untuk fungsi ibadah hanya ala kadarnya.
Kedua, seputar perizinan dan isu kristenisasi.

Salam

Benar Bro. tdk bisa mengharapkan semuanya tapi masa tidak punya satu juga ???

Kesediaan utk menampungnya itu yg tdk ada, kalau kita lihat tempat ibadah umat seberang ini cuma punya kesediaan menampung (tdk mengusir) mereka, minim fasilitas. Cuma mengandalkan sumbangan umat mereka yg datang dan memberi langsung kpd mereka entah uang atau nasi bungkus.


Perijinan dan isu2 :
Kalau kita lihat web yayasan Atmabrata disana menyebutkan DINSOS kota Tegal sdh kewalahan menampung lansia yg hidup di jalanan dan ingin mengirimkan mereka ke Atma, ini adalah masalah sosial yg harus ditanggung kita bersama dan bukan penyebaran agama gaya koboi jalanan. Gereja sejogjanya membantu program pemerintah membantu fakir miskin sesuai amanat UUD 45.

Membangun gedung2 khusus utk warga pra sejahtera itu memerlukan biaya yg besar jadi mengapa tdk menggunakan tempat yg sdh ada. Gereja sbg rumah singgah ini akan banyak manfaatnya untuk membantu menghadapi MASA2 SULIT SEBUAH NEGERI AGAR MEREKA TDK TURUN KE JALANAN YG TDK KONDUSIF.


Quote
Ketiga, ada gereja yang fasilitasnya memadai, tetapi fokus utamanya bukan untuk itu. Tujuan pembangunan gereja hanya untuk mencari keuntungan, membangun kerajaan duniawi. Menyediakan rumah singgah tentu tidak menguntungkan.
Inilah yg paling berat Bro. sebab warga pra sejahtera ini tdk bisa dioplos doktrin2 perpuluhan.

« Last Edit: November 12, 2019, 01:22:17 PM by Ashes to Ashes »
November 12, 2019, 12:22:22 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 720
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Saya lihat denominasi Anda adalah protestan, sementara nampaknya gereja-gereja yang menjadi rumah singgah di foto yang Anda tampilkan itu bukan gereja protestan. Saya menduga itu gereja Katolik. Bagaimana pandangan Anda mengenai hal ini?

Salam

Yesus menceritakan kisah orang Samaria yg baik hati dan imam2 serta pelayan2 suku Lewi yg tdk perduli dan pura2 tdk melihat orang sengsara di jalanan, imho bicara tentang perbuatan baik apapun latar belakang kita tetap dihitung oleh Tuhan.   

Lazarus2 yg miskin ini bisa bermetamorfosis menjadi gelandangan, pengemis, pengamen, dan anak jalanan. Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”.

Sejogjanya kita sbg tubuh Kristus di bumi bisa berperan aktif membantu pemerintah membantu warga2 pra sejahtera sbg masalah kita bersama, terlebih "Lazarus2" ini adalah titipan Tuhan.

Bukankah hal ini telah dirintis oleh ibu Theresa di Calcutta ?


Ketika perbuatan baik ini saya post kan di forum Kristen Amerika umat protestan ber tubi2 membalas dgn komentar2 yg sarat perbedaan DENOM. Gagal melihat kasih itu tdk dibatasi oleh DENOM, apalagi baru bisa koar2 padahal tdk ada orang2 berjas dan berdasi di gang2 Calcutta.

Tuhan ampunilah kami dan ketidak perdulian ini, jangan lemparkan kami kedalam api neraka jika Engkau kelak datang menghakimi semua.
November 12, 2019, 01:04:06 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 720
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan

Kerusuhan mudah terjadi krn provokasi, mengapa masarakat sangat gampang terprovokasi dan berbuat kejam ? Karena minimnya kasih dalam kehidupan sehari2, dalam dunia yg penuh persaingan yg keras yg kuat yg menang yg lemah tersingkir dalam lingkaran pra sejahtera yg tdk diperdulikan oleh yg kaya raya dan berkecukupan namun minim berbagi dan minim merangkul mereka. Ironisnya mereka menyumbang kpd tempat ibadah ada yg sampai Trilyunan rupiah namun pengabdiannya NOL besar.

Sejogjanya tangan2 kasih yg mampu bekerja tanpa pamrih membangun dunia ini bersama2, mengajarkan kasih dan membagi kasih kpd mereka, kpd kita semua.

Dengan ikut aktif memerangi kemiskinan dan kebodohan bersama2, mau perduli menyisihkan lengan baju mengucurkan keringat, spt membangun dan mengelola sekolah2 utk warga pra sejahtera ini :


Gereja jangan hanya membangun sekolah2 utk keluarga2 yg kaya raya dgn spp jutaan rupiah yg hanya bisa dibayar orang2 kaya dan menjadi jurang pemisah dgn anak2 yg kurang mampu. Perlombaan utk menjadi pintar meraih masa depan tanpa kepedulian, tanpa kasih kpd anak2 dari keluarga2 pra sejahtera.

Umat gereja jangan hanya membangun rumah2 tinggal yg mewah, seakan2 sebuah keluarga sejahtera yg diberkati berlimpah oleh Tuhan krn rajin dioplos perpuluhannya, tdk ada yg ingat membangun utk saudara2 kita yg tinggal di bantaran kali melainkan yayasan umat seberang.


https://www.youtube.com/watch?v=6Qf_Que4QfI

Warga gereja yg kaya raya sanggup berobat ke luar negeri habiskan ratusan juta bahkan milyaran adakah yg ingat membantu pengobatan utk warga pra sejahtera saudara2 kita ?


Rumah warga sdh mau tenggelam adakah gereja yg membantu ? Tdk pernah ada ceritanya warga pra sejahtera minta bantuan ke gereja. Cuma ada orang koar2 kah ?


Kasih apa yg diajarkan dgn hanya membangun gedung2 gereja seharga puluhan bahkan seratus milyar utk pamerkan kekayaan dan berkah Tuhan bagi denomnya yg turun dari oplosan perpuluhan.

Lebih baik bicara kenyataan yg pahit drpd bermanis ria ber basa basi.
« Last Edit: November 12, 2019, 01:14:47 PM by Ashes to Ashes »
November 12, 2019, 06:59:12 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 720
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Rumah warga sdh mau tenggelam adakah gereja yg membantu ? Tdk pernah ada ceritanya warga pra sejahtera minta bantuan ke gereja. Cuma ada orang koar2 kah ?



Lukas 11 (46) Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Banyak gereja yg telah menjadi ahli2 Taurat, menghidupkan kembali ajaran perpuluhan, yg mana Tuhan telah sobek2 tirai di ruang Maha Suci. Mengubah perpuluhan yg sejatinya hasil ternak dan hasil panen untuk suku Lewi menjadi uang utk perutnya sendiri.

Mengklaim perpuluhan sbg milik Tuhan yg hrs dikembalikan kpd gereja, padahal pendeta bukan Tuhan.
Dimanakah mereka menyimpan milik Tuhan tsb. ?

Billy Graham menyimpan MILIK TUHAN YG DIKEMBALIKAN umat tsb. dalam bentuk RANCH DAN DEPT STORE SEHARGA RATUSAN MILYAR.
Gaya BG inilah yg kini banyak diteladani.

Loh milik Tuhan kok menjelma menjadi Ranch dan Dept Store ? Apakah Tuhan pedagang kuda ? atau pakaian ?

Benarlah sabda Tuhan diatas, meletakkan beban2 yg tak terpikul oleh saudara2 ku warga pra sejahtera yg dioplos perpuluhan tanpa pandang bulu. Jangan percaya orang2 ini punya kasih, aku paham kekejaman orang2 ini, aku tahu banyak yg hanya membagi penghujatan di luar tempat ibadah, bahkan membunuh pun bisa jadi akan mereka lakukan untuk uang.

(39) Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.

http://forumkristen.com/index.php?topic=65219.0

« Last Edit: November 12, 2019, 07:25:02 PM by Ashes to Ashes »
November 19, 2019, 09:46:05 PM
Reply #8
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9800
  • ForumKristen.com
@ Ashes to Ashes
Terima kasih atas tanggapannya. Kiranya ini bisa menjadi perenungan bagi kita semua, terutama para pemimpin gereja yang memiliki otoritas untuk mengarahkan gerejanya supaya berdampak bagi masyarakat luas dan tidak mengutamakan keuntungan pribadi.

Salam
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)