Author Topic: by: Ellen G. White --- "Pulang ke Rumah"  (Read 632 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 07, 2020, 09:34:46 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 07, Hari Selasa
IBLIS TIDAK BISA MEMBUAT ENGKAU BERDOSA

Ayat Inti: Matiusus 4 : 10
”Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti”

Penggoda itu tidak akan pernah dapat memaksa kita untuk melakukan kejahatan. Ia tidak dapat mengendalikan pikiran kecuali pikiran itu diserahkan ke bawah kekuasannya. Kehendak mesti setuju, iman mesti melepaskan pegangannya dari Kristus, barulah Iblis dapat menggunakan kuasanya atas kita. Tetapi setiap keinginan jahat yang kita sayangi memberikan kepadanya tempat bertumpu. Setiap perkara yang dalamnya kita gagal untuk mencapai standar Ilahi, merupakan sebuah pintu terbuka yang melaluinya ia dapat masuk untuk menggoda serta membinasakan kita. Dan setiap kegagalan atau kekalahan di pihak kita memberikan kesempatan bagi dia untuk mempersalahkan Kristus.

Ketika iblis mencobai Tuhan Jesus, Iblis mengutip janji, “Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya,” ia tidak menyebutkan ucapan, “untuk menjaga Engkau di segala jalan-Mu” yaitu, pada segala jalan pilihan Allah.
Yesus tidak mau keluar dari jalan penurutan. Sementara menunjukkan iman yang sempurna pada Bapa-Nya, IA tidak mau menempatkan diri-Nya sendiri, dengan tidak disuruh, pada suatu kedudukan yang akan memerlukan campur tangan Bapa-Nya untuk menyelamatkan Dia dari maut. IA tidak mau memaksa Allah datang meluputkan Dia, dan dengan demikian gagal untuk memberikan kepada manusia satu teladan iman dan penurutan.
Yesus berkata kepada Iblis, “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu.” Perkataan ini diucapkan oleh Musa kepada bani Israel ketika mereka kehausan di padang belantara, lalu menuntut supaya Musa memberikan air kepada mueka, dengan berseru, “Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak? (Kel. 17: 7). Allah telah mengerjakan hal-hal yang ajaib bagi mereka; namun dalam kesusahan mereka meragukan Dia, serta menuntut bukti bahwa IA tengah menyertai mereka, Dalam keadaan kurang percaya itu, mereka berusaha hendak menguji Dia. Maka Iblis pun mendesak Kristus untuk berbuat sedemikian juga. Allah telah membuktikan bahwa Yesus adalah Anak-Nya; dan kini untuk meminta bukti bahwa ialah Anak Allah, berarti menguji Firman Allah--mencobai Dia. Jika demikian maka adalah benar meminta apa yang tidak dijanjikan Allah. Hal itu akan menunjukkan adanya kurang percaya, serta benar-benar menguji atau mencobai Dia.

Jangan hendaknya kita menyampaikan permohonan kita kepada Allah untuk membuktikan apakah IA akan menepati janji-Nya, melainkan karena IA akan menepatinya; bukannya untuk membuktikan bahwa IA mengasihi kita, melainkan karena IA mengasihi kita. “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia” (lbr. 11:6)

Akan tetapi iman itu sekali-kali tidak ada hubungannya dengan tindakan yang bersifat takabur. Hanya orang yang mempunyai iman yang sejati sajalah yang selamat dari sifat takabur. Sebab sifat takabur itulah pemalsuan Iblis akan iman. ---Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 121, 122.



Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : 08111-62662-9
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 08, 2020, 10:01:43 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 08, Hari Rabu
untuk mengubahmu TUHAN HARUS MENDAPATKAN PERSETUJUANMU

Ayat Inti: Mazmur 28 : 7
"TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya."

Berdampingan dengan ajaran Injil, pembantu Iblis sedang bekerja tetapi hanyalah sebagai alat media roh-roh dusta. Ada orang yang mula-mula hanya ingin mengetahui, tetapi oleh karena melihat hasilnya, maka selangkah demi selangkah ia tertarik dan akhirnya ia telah dikuasai oleh suatu kemauan yang lebih kuat dari kemauannya sendiri. Ia tidak dapat meluputkan dirinya dari kuasa yang ajab itu.

Pertahanan jiwa telah rubuh. Ia tidak mempunyai tembok lagi untuk menghalangi dosa. Apabila sekali Firman Allah dan Roh-Nya ditolak, tidak ada seorang manusia yang mengetahui sampai berapa dalamnya ia akan tenggelam. Dosa-dosa tersembunyi atau hawa nafsu tertentu yang menjajah dia sebagai seorang tawanan sebagaimana orang yang dirasuk Iblis di Kapernaum. Walaupun demikian keadaannya belum juga putus asa.

Alat yang dapat mengalahkan si jahat ialah alat yang telah dipergunakan Yesus mengalahkan Iblis, yaitu kuasa Firman Allah. Allah tidak mengendalikan pikiran kita tanpa persetujuan kita;

tetapi jika kita rindu mengetahui dan melakukan kehendakNya, perjanjian-Nya akan menjadi milik kita; “Kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” “Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu ajaran-Ku” (Yoh. 8: 32; 7: 17). Oleh percaya akan perjanjian ini, setiap orang dapat dilepaskan dari jerat kesalahan dan kuasa dosa.

Tiap-tiap orang bebas memilih kuasa mana yang ia mau agar memerintah dirinya. Walaupun seorang yang telah jatuh begitu rendah, atau begitu najis, ia mendapat kelepasan di dalam Kristus. Orang yang dirasuk Iblis ini sebagai pengganti doa, ia hanya dapat mengucapkan perkataan dari Iblis; akan tetapi isi hatinya yang tidak dapat dikeluarkan itu telah didengar. Tidak ada tangisan dari suatu jiwa di dalam kebutuhan, walaupun tidak dapat dikeluarkan di dalam perkataan yang tidak akan diperhatikan. Mereka yang rela masuk dalam hubungan janji dengan Allah di surga tidak akan dibiarkan dalam kuasa Iblis atau di dalam kekurangan diri mereka. Mereka diundang oleh Juruselamat, “kecuali kalau mereka mencari perlindungan kepada-Ku dan mencari damai dengan Aku, ya mencari damai dengan Aku!” (Yes. 27: 5).

Roh kegelapan akan berperang bagi jiwa untuk takluk di bawah pemerintahannya, tetapi malaikat Allah akan merebut jiwa-jiwa itu dengan kuasa kemenangan Tuhan berkata: “Dapatkah direbut kembali jarahan dari pahlawan atau dapatkah lolos tawanan orang gagah? Sungguh, beginilah Firman Tuhan: _‘Tawanan pahlawan pun dapat direbut kembali, dan jarahan orang gagah dapat lolos, sebab Aku sendiri akan melawan orang yang melawan engkau dan Aku sendiri akan menyelamatkan anak-anakmu” (Yes. 49: 24, 25). --Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 268, 269.


Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : 08111-62662-9
« Last Edit: April 16, 2020, 12:04:51 PM by Simatupang@123 »
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 09, 2020, 09:08:27 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 09, Hari Kamis
MELANGKAH GARIS BATAS

Ayat Inti: 1 Yohanes 2 : 15
"Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. ..."

Kristus tidak mengatakan bahwa manusia tidak akan melayani dua tuan, tetapi Tuhan berkata dia tidak bisa melayani dua tuan. Perhatian untuk Allah dan perhatian untuk mamon tidak mempunyai persesuaian. Di mana kata hati orang Kristen mengamarkannya untuk menahan diri, menyangkal dirinya, berhenti, di situlah langkah-langkah dunia melewati garis, untuk memanjakan kecenderungan-kecenderungannya. Di satu pihak terdapatlah para pengikut Kristus yang menyangkal diri; di pihak lain adalah pencinta dunia yang memanjakan diri, menjadi kaki tangan kepada kebiasaan, ikut serta dengan tingkah laku yang tidak karuan, dan memanjakan dirinya dalam kesenangan yang terlarang. Ke pihak pencinta dunia itu orang Kristen tidak boleh pergi.

Tidak seorang pun dapat menempati posisi yang netral; tidak ada kelas menengah, yang tidak mengasihi Allah atau tidak melayani musuh kebenaran. Kristus harus tinggal di dalam diri para wakil-Nya dan bekerja melalui kemampuan-kemampuan mereka dan berperan melalui kecakapan-kecakapan mereka. Kehendak mereka harus diserahkan kepada kehendak-Nya; mereka harus berperan dengan Roh-Nya. Kemudian bukan mereka lagi yang hidup, tetapi Kristuslah yang hidup di dalam diri mereka. Orang yang tidak menyerahkan dirinya sepenuhnya kepada Allah berada dalam pengendalian kuasa lain, mendengar suara lain, yang usulnya sama sekali berbeda sifatnya. Pelayanan campuran menempatkan perantara manusia di pihak musuh sebagai seorang sekutu dari malaikat-malaikat kegelapan. Apabila manusia yang mengaku tentara Kristus ikut dengan persekutuan Iblis , dan selalu berada di pihaknya, mereka membuktikan diri menjadi musuh-musuh Kristus. Mereka mengkhianati kepercayaan-kepercayaan yang suci. Mereka membentuk suatu hubungan antara Iblis dan tentara-tentara yang benar, agar melalui perantara-perantara ini musuh itu senantiasa bekerja untuk mencuri hati tentara-tentara Kristus.

Kubu perbuatan buruk yang paling kuat di dunia kita ini bukanlah kehidupan yang lalim dari orang berdosa yang ditinggalkan atau orang buangan yang diremehkan; melainkan kehidupan yang sebaliknya kelihatan berbudi luhur, terhormat, dan mulia, tetapi di mana satu dosa dipelihara, satu sifat buruk dimanjakan. Kepada jiwa yang bergumul secara diam-diam melawan pencobaan yang sangat besar, bagaikan seorang yang gemetar di pinggir tebing curam adalah salah satu dari umpan yang paling berkuasa untuk berdosa. Orang yang diberkati dengan konsepsi kehidupan, kebenaran dan kehormatan yang tinggi namun dengan sengaja melanggar satu peraturan dari hukum Allah yang suci telah merusak karunia-Nya yang suci menjadi suatu pikatan kepada dosa. Kecerdasan pikiran, simpati, bahkan perbuatan kemurahan hati dan kebaikan, bisa menjadi umpan Iblis untuk memikat jiwa-jiwa lain ke tebing curam kebancuran hidup ini dan hidup yang akan datang. --Khotbah di Atas Bukit, hlm. 106, 107.


Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : 08111-62662-9
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 12, 2020, 07:52:39 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 12, Hari Minggu
KAMU TIDAK SENDIRIAN

Ayat Inti: Yohanes 17 : 9
"Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu."

Satu-satunya perlindungan melawan kejahatan adalah tinggalnya Kristus dalam hati melalui iman dalam kebenaran-Nya. Karena sifat mementingkan diri yang ada di dalam hati kitalah pencobaan berkuasa atas kita. Tetapi apabila kita melihat kasih Allah yang besar, sifat mementingkan diri tampak kepada kita dalam sifatnya yang mengerikan dan menjijikkan, dan kita ingin supaya itu dibuangkan dari dalam jiwa. Apabila ROH KUDUS memuliakan Kristus, hati kita dilembutkan dan tunduk, pencobaan kehilangan kuasanya dan kasih karunia Kristus mengubah tabiat.

* Kristus tidak akan pernah meninggalkan jiwa yang untuknya Dia telah mati.
* Orang bisa meninggalkan-Nya dan dan akhirnya orang tersebut dijejali dengan pencobaan,
* tetapi Kristus tidak pernah dapat meninggalkan orang yang untuknya Dia telah membayar tebusan dari hidup-Nya sendiri.


Sekiranya pandangan rohani kita dibangunkan, kita akan melihat jiwa-jiwa tunduk di bawah penindasan dan dibebani dengan dukacita, tertekan bagaikan sebuah kereta di bawah muatan dukacita, tertekan bagaikan sebuah kereta di bawah muatan berat dan siap untuk mati dengan keputusasaan. Kita akan melihat malaikat-malaikat terbang cepat untuk menolong orang-orang yang dicobai ini, bagaikan orang di tepi sebuah tebing curam. Malaikat-malaikat dari surga memaksa mundur malaikat-malaikat jahat yang mengelilingi orang-orang ini, dan memimpin mereka untuk menginjakkan kaki mereka di atas fondasi yang tahan uji. Peperangan yang berkecamuk di antara tentara kedua belah pihak nyata seperti orang-orang yang berperang dengan tentara-tentara dunia ini, dan kepada hasil pertentangan rohaniah inilah tergantung nasib abadi.

Kepada kita, seperti kepada Petrus, kata ini diucapkan, "Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa, untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur" (Luk. 22: 31, 32). Bersyukurlah kepada Allah, kita tidak ditinggalkan sendirian. IA yang sangat mengasihi dunia "sehingga IA telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal" (Yoh. 3: 16), tidak akan meninggalkan kita dalam peperangan melawan musuh Allah dan manusia. "Sesungguhnya," kata-Nya, "Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu" (Luk. 10: 19). Hidup berhubungan dengan Kristus yang hidup, dan IA akan memegangmu kuat-kuat dengan tangan yang tidak pernah membiarkan pergi. Ketahui dan percayai kasih yang dimiliki Allah untuk kita, dan engkau terjamin; kasih itu adalah suatu benteng yang dapat menahan segala tipuan dan serangan setan. --Khotbah di Atas Bukit, hlm. 134, 135.


Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : 08111-62662-9
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 14, 2020, 07:42:22 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 14, Hari Selasa
HATI PENURUT

Ayat Inti: Yohanes 14 : 15
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku."


Tetapi berdoa dalam nama Kristus banyak sekali artinya. Hal itu berarti bahwa:
* kita harus menerima tabiat-Nya,
* menunjukkan semangat-Nya, dan
* melakukan perbuatan-Nya.
Janji Juruselamat diberikan dengan syarat. “Jikalau kamu mengasihi Aku,” kata-Nya, “kamu akan menuruti segala perintah-Ku.” IA menyelamatkan manusia, bukannya dalam dosa, melainkan dari dosa dan mereka yang mengasihi Dia akan menunjukkan kasih mereka oleh penurutan.

Penurutan sejati berasal dari dalam hati. Itulah pekerjaan hati bersama Kristus. Dan kalau kita setuju dan Rela, IA akan menyamakan diri-Nya dengan pikiran dan tujuan kita, menyatupadukan hati dan pikiran kita menjadi sesuai dengan kehendak-Nya, sehingga bila menurut Dia, berarti kita melaksanakan dorongan hati kita sendiri. Kemauan, yang dihaluskan dan disucikan, merupakan kesukaan yang paling tinggi dalam melakukan pekerjaan-Nya. Bila kita mengenal Allah karena kita mendapat hak istimewa untuk mengenal Dia, kehidupan kita menjadi kehidupan yang suka menurut. Oleh menghargai tabiat Kristus, oleh hubungan dengan Allah, dosa akan menjadi suatu kebencian bagi kita.

Sebagaimana Kristus hidup sesuai dengan hukum dalam kemanusiaan demikian juga kita dapat berbuat jika kita mau berpegang pada Yang Kuat supaya memperoleh kekuatan. Tetapi jangan hendaknya kita memindahkan tanggung jawab kewajiban kita kepada orang lain, dan menunggu mereka mengatakan kepada kita apa yang harus kita lakukan. Kita tidak boleh bergantung mengharapkan nasihat manusia. Tuhan akan mengajarkan kewajiban kita kepada kita sama relanya seperti Ia mau mengajar orang lain. Kalau kita datang kepada-Nya dalam iman, IA akan mengucapkan rahasia-rahasia-Nya kepada kita secara pribadi. Hati kita sering akan menyala bila Dia datang dekat untuk bergaul dengan kita sebagaimana yang diperbuat-Nya dengan Henokh.

Mereka yang memutuskan tidak berbuat apa-apa dalam hal apa pun yang tidak menyenangkan Allah, akan mengetahui, sesudah menyampaikan persoalan mereka di hadapan-Nya, jalan mana yang harus ditempuh. Dan mereka akan menerima bukan saja kebijaksanaan, melainkan kekuatan. Kuasa untuk menurut, kuasa untuk melayani, akan diberikan kepada mereka, sebagaimana yang telah dijanjikan Kristus. Apa saja yang diberikan kepada Kristus--“segala perkara" untuk mencukupkan keperluan manusia yang sudah jatuh--diberikan kepada-Nya sebagai kepala dan wakil manusia. Dan “apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya” (1 Yoh. 3: 22).

Sebelum mempersembahkan diri-Nya sebagai korban, Kristus mencari pemberian yang paling penting dan sempurna hendak dikaruniakan-Nya kepada para pengikut-Nya, suatu pemberian yang akan memudahkan mereka memperoleh sumber anugerah yang tiada batasnya. “Aku akan minta kepada Bapa,” kata-Nya, “dan IA akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain” yaitu ROH KUDUS (Yoh. 14: 16). --Alfa dan Omega, jld. 6, hlm. 309, 310.



Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : 08111-62662-9
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 16, 2020, 08:06:46 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 16, Hari Kamis
BAGAIMANA CARANYA KITA MENYANGKAL YESUS?

Ayat Inti: Matius 10 : 33
"Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan rnenyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga."


Yesus melanjutkan: Sebagaimana kamu mengaku Aku di hadapan manusia, demikian juga Aku akan mengaku kamu di hadapan Allah dan malaikat-malaikat yang suci. Kamulah yang menjadi saksi-saksi-Ku di atas dunia, menjadi saluran melalui apa anugerah-Ku dapat mengalir untuk menyembuhkan dunia ini. Oleh karena itu Aku pun menjadi wakilmu di surga. Bapa tidak memandang tabiatmu yang bercela itu, tetapi IA melihat engkau seolah-olah disalut di dalam kesempurnaan-Ku. Akulah pengantara melalui siapa berkat-berkat surga datang kepadamu. Dan setiap orang yang mengaku Aku dengan jalan turut ambil bagian menyaksikan pengorbanan-Ku bagi orang yang telah hilang itu, akan diakui sebagai seorang yang turut arnbil bagian di dalam kemuliaan dan kesukaan orang tebusan.

Orang yang mau mengaku Kristus haruslah mempunyai Kristus berada di dalam dia. Ia tidak dapat berhubungan dengan yang tidak diterimanya. Barangkali murid-murid itu dapat berbicara dengan lancar mengenai doktrin agama, mungkin mereka dapat mengulang-ulangi sabda Kristus Sendiri; tetapi kecuali mereka memiliki kelemahlembutan dan kasih Kristus, mereka tidak mengaku Dia. Suatu roh yang bertentangan dengan roh Kristus berarti menyangkal Dia, apa pun pengakuannya.
Orang dapat menyangkal Kristus melalui
* ucapan yang jahat,
* dengan percakapan bodoh,
* melalui perkataan yang tidak benar dan tidak ramah.
* Mereka dapat saja menyangkal Dia dengan jalan bersungut oleh beban hidup,
* oleh mengejar kesenangan yang penuh dosa.
* Mereka bisa menyangkal Dia dengan cara kompromi dengan dunia,
* dengan tabiat yang tidak sopan,
* oleh mengasihi pendapatnya sendiri,
* dengan membenarkan diri sendiri,
* dengan keragu-raguan mencari kesusahan, dan
* tinggal di dalam kegelapan.
Di dalam cara-cara yang seperti ini mereka menyatakan bahwa Kristus tidak ada pada mereka.....

Juruselamat mengatakan kepada murid-murid-Nya agar jangan menyangka bahwa musuh-musuh kabar Injil itu akan ditaklukkan, dan bahwa perlawanan itu akan berhenti sendiri. IA berkata: “Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.” Timbulnya perbantahan ini bukanlah akibat kabar Injil, melainkan hasil perlawanan terhadapnya. Dari semua penganiayaan yang paling berat ditanggung ialah perlawanan di dalam rumah tangga, kebencian sahabat-sahabat karib dunia. Tetapi Yesus berkata: “Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-lakj atau perempuan lebih daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku”

Tugas hamba-hamba Kristus adalah penghormatan yang amat tinggi dan mulia. Tiada perbuatan yang baik dan ramah yang telah ditunjukkan kepada mereka atas nama-Nya yang akan gagal diakui dan diberi upah. Dan di dalam pengakuan ramah serupa itu IA mengikutsertakan yang terlemah dan terendah dari keluarga Allah. --Alfa dan Omega, jld. 5, hlm. 385, 386.



Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : 08111-62662-9
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 20, 2020, 10:35:51 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist

Tanggal 20, Hari Senin
DARI KEMENANGAN KEPADA KEMENANGAN

Ayat Inti : 1 Yohanes 5:4
Inilah kemenangan yang mengalahkan dunia.


Melalui Kristus, pemulihan dan perdamaian disediakan bagi kita. Jurang yang dibuat oleh dosa telah dihubungkan oleh salib Golgota. Tebusan lengkap telah dibayar oleh Yesus, dan oleh kebaikan-Nya orang orang berdosa telah diampuni, sehingga keadilan hukum-Nya dapat ditegakkan. Semua orang yang percaya bahwa Kristus adalah korban pendamaian boleh datang dan menerima pengampunan atas dosa-dosa mereka; karena melalui jasa Kristus, hubungan terbentang antara Allah dan manusia. Tuhan dapat menerima saya sebagai anak-Nya, dan saya dapat menuntut Dia dan bersukacita di dalam Dia sebagai Bapa saya yang pengasih.

Kita harus memusatkan pengharapan kita hanya kepada Kristus Yesus yang di surga, karena Dialah Sang Pengganti dan Kepastian kita. Kita telah melanggar hukum Tuhan, dan dengan perbuatan-perbuatan hukum Taurat tidak seorang pun dapat dibenarkan. Upaya terbaik yang dapat kita lakukan dengan kekuatan kita sendiri tidak bernilai untuk memenuhi hukum yang kudus dan adil yang telah kita langgar; tetapi melalui iman di dalam Kristus kita dapat menuntut semua kebenaran dari Anak Allah. Kristus memenuhi semua tuntutan hukum dalam sifat kemanusian-Nya. Dia menanggung kutukan hukum bagi orang-orang berdosa, membuat penebusan bagi mereka, “supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Iman yang tulus sesuai dengan kebenaran Kristus, dan orang-orang berdosa dijadikan untuk mengatasinya bersama dengan Kristus; karena mereka mengambil bagian dari kodrat Ilahi, dan dengan demikian Keilahian dan kemanusiaan digabungkan.

Semua orang yang berusaha mencapai surga dengan upaya mereka sendiri dalam menjaga hukum, adalah hal yang tidak mungkin. Kita tidak bisa diselamatkan tanpa penurutan, tetapi usaha kita seharusnya bukan dari diri kita sendiri; Kristus harus bekerja di dalam kita untuk kehendak dan untuk melakukan kesenangan-Nya. Jika kita dapat menyielamatkan diri kita sendiri dengan upaya kita sendiri, kita mungkin memiliki sesuatu dalam diri kita sendiri untuk bersukacita. Upaya yang kita buat dengan kekuatan kita sendiri untuk memperoleh keselamatan diwakili oleh persembahan Kain. Semua yang dapat dilakukan manusia tanpa Kristus tercemar oleh keegoisan dan dosa; tetapi apa yang dikerjakan melalui iman dapat diterima oleh Tuhan. Ketika kita mencari surga melalui kebaikan Kristus, jiwa membuat kemajuan. “Pandanglah kepada Yesus, yang memberikan dan menyempurnakan iman kita,” kita dapat melanjutkan dari kekuatan kepada kekuatan, dari kemenangan sampai kemenangan; karena melalui Kristus anugerah Allah telah menyelesaikan keselamatan kita.
Review and Herald, 1 Juli 1890 (Selected Messages, jld. 1, hlm. 363, 364).



Pendalaman
WA/Telegram : +62 811 162 6629
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 21, 2020, 09:22:58 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 21, Hari Selasa
DOSA TIDAK MENARIK LAGI


Ayat Inti : Roma 5:10
Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!


Kebenaran Kristuslah yang membuat orang berdosa diterima dan dibenarkan Allah. Walaupun hidupnya berdosa, jika ia percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat pribadinya, ia berdiri di hadapan Allah dengan menggunakan jubah yang tak bercacat cela dari kebenaran Kristus.

Orang berdosa mati karena pelanggaran dan dosa dipersingkat oleh iman dalam Kristus. Ia melihat dengan iman bahwa Yesus adalah Juruselamat, dan ia akan hidup selamanya, dan Ia dapat menyelamatkannya jika saja ia datang kepada Allah melalui Yesus. Dalam penebusan untuknya orang percaya melihat suatu efisiensi dalam panjang dan tinggi dan dalamnya Kasih Tuhan---melihat betapa suatu kesempurnaan penebusan, yang dibeli dengan suatu harga yang sangat mahal, sehingga jiwanya dipenuhi dengan pujian dan rasa syukur.
* Ia melihat dalam terang kemuliaan Tuhan dan
* ia diubahkan sama seperti citra-Nya oleh kuasa Roh Tuhan.
* Ia melihat jubah kebenaran Kristus, ditenun dalam mesin tenun surgawi, dibungkus dengan penurutannya, dan dianugerahkan kepada jiwa yang bertobat melalui iman di dalam nama-Nya.

Pada saat orang berdosa memandang kepada Yesus yang mempunyai karisma yang tak tertandingi, dosa tidak lagi terlihat menarik bagi orang itu; karena ia memandang pemimpin tertinggi di antara sepuluh ribu, satu-satunya yang indah. Ia menyadari melalui pengalaman pribadi akan kuasa Injil, yang desainnya hanya bisa diimbangi oleh kemuliaan tujuannya.

Kita mempunyai Juruselamat yang hidup. Dia tidak berada di dalam kuburan Yusuf yang baru; Ia bangkit dari antara orang mati dan naik ke atas sebagai Pengganti dan Penjamin bagi setiap jiwa yang percaya. “Sebab itu kita yang dibenarkan oleh iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita Yesus Kristus” (Rm. 5:1). Orang berdosa dibenarkan oleh karena kebaikan Kristus, dan ini adalah pengakuan Allah akan kesempurnaan dari penebusan bagi manusia. Bahwa Kristus taat sampai mati di kayu salib adalah sebuah janji dari penerimaan akan orang berdosa yang bertobat oleh Allah. Lalu apakah kita masih membiarkan diri kita mengalami keragu-raguan dan percaya, percaya dan ragu-ragu? Kita berdiri di hadapan Allah karena kebaikan-Nya, bukan karena kebaikan yang ada dalam diri kita, tetapi karena iman kita dalam “Tuhan Kebenaran kita”.

Yesus berdiri di dalam kesucian dari yang paling suci, muncul di hadapan Allah bagi kita. Di sana Ia tiada henti mewakili kita setiap saat, agar kita sempurna di dalam-Nya. Tetapi karena demikian kita diwakili oleh-Nya di hadapan Bapa, kita tidak boleh menyalahgunakan rahmat-Nya, dan menjadi tidak peduli, seenaknya dan mementingkan diri sendiri. Kristus bukanlah pelayan dosa. Kita sempurna di dalamnya, diterima dalam kasih-Nya, hanya jika kita tinggal di dalam Dia melalui iman.
~ Signs of the Times, 4 Juli 1892 (Iman dan Perbuatan, hlm. 185-187).



Pendalaman Alkitab
WA/Telegram : +62 811 162 6629
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 28, 2020, 07:56:05 AM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 28, Hari Selasa
LIHATLAH KE ATAS, BUKAN KE BAWAH


Ayat Inti : Ibrani 12:12
Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah.



Jemaat, yang dianugerahi kebenaran Kristus, merupakan tempat penyimpanan-Nya, yang dalamnya kekayaan kemurahan-Nya, rahmat-Nya, dan kasih-Nya, harus kelihatan dalam pertunjukan terakhir yang sempurna itu. Kristus memandang pada umat-Nya dalam kesucian dan kesempurnaan mereka, sebagai pahala kerendahan-Nya, dan penambah kemuliaan-Nya---Kristus, Pusat Agung, yang dari pada-Nya bersinar segala kemuliaan.
~ Alfa dan Omega, jld. 6, hlm. 325.

Seluruh surga tertarik atas segala pekerjaan yang berlangsung di bumi ini, yang mempersiapkan pria dan wanita bagi masa yang akan datang, yakni kehidupan kekal. Adalah rencana Allah agar manusia memperoleh kehormatan yang tinggi untuk bertindak sebagai rekan sekerja dengan Yesus Kristus dalam menyelamatkan jiwa-jiwa .... Mereka harus melihat pekerjaan Allah sebagai suatu pekerjaan suci dan mulia, dan harus menyerahkan kepada-Nya setiap hari, semua persembahan syukur, dengan sukarela, sebagai balasan atas kuasa kasih karunia-Nya, yang menyanggupkan kita meningkatkan hidup di dalam Ilahi ....

Tidaklah perlu bagi siapa pun untuk menyerah kepada pencobaan Iblis lalu menyerang angan-angan hatinya dan menyusahkan ROH KUDUS. Setiap ketentuan telah digariskan dalam Firman Allah di mana semua orang memperoleh bantuan Ilahi di dalam usaha mereka yang sungguh-sungguh untuk menang.

Dalam kehidupan agama setiap orang yang akhirnya memperoleh kemenangan ada suatu pemandangan menakutkan, ada kesusahan dan pencobaan tetapi pengetahuannya akan Firman Allah menyanggupkan dia menyelaraskan pikirannya dengan janji-janji Allah yang menguatkannya sehingga memberi penghiburan kepada hati dan menguatkan iman di dalam kuasa Yang Mahatinggi. Mereka membaca: “Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu---yang jauh lebih tinggi nilainya daripada emas yang fana---yang diuji kemurniannya dengan api---sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya ....” (1 Ptr. 1: 7). Ujian iman jauh lebih berharga daripada emas. Semua harus belajar bahwa ini adalah bagian dari disiplin di sekolah Kristus ....

Arahkanlah segala kemampuanmu untuk melihat ke atas, bukan ke bawah kepada perkara-perkara yang sulit; yang memungkinkan engkau tidak menemukan jalan keluar. Segera engkau akan melihat Yesus di atas awan-awan, mengulurkan tangan-Nya untuk menolongmu; dan apa yang harus saudara lakukan ialah mengulurkan tangan saudara dan menyambut uluran tangan-Nya dengan iman yang sederhana dan biarlah Dia sendiri yang menuntun Anda .... Nama besar di antara manusia mungkin tersebar ke mana-mana, tetapi tabiat yang tiada bercacat cela akan bertahan sampai masa kekekalan. Allah memberi engkau pertimbangan sehat dan kepintaran agar engkau dapat menggenggam janji-janji-Nya; dan Yesus siap sedia menolongmu membentuk suatu tabiat yang kukuh dan terjalin.
~ Testimoniesfor the Church 5: 573, 574, 578, 579.



DOA KITA HARI INI

Pendalaman
WA/Telegram : +62 811-162-6629
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
April 30, 2020, 08:50:31 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2918
  • Gender: Male
  • karena Cinta Yesus lebih kuat daripada maut
  • Denominasi: Seventh-Day Adventist
Tanggal 30, Hari Kamis
AKHIRNYA: POSISI DI ATAS PARA MALAIKAT

Ayat Inti : Wahyu 3:21
Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.


Untuk sukacita yang ditetapkan di hadapan-Nya, Kristus menanggung salib, terhina dengan rasa malu, dan selamanya ditetapkan di sebelah kanan Allah. Dia mati di kayu salib sebagai pengorbanan bagi dunia, dan melalui pengorbanan ini datang berkat terbesar yang dapat Allah berikan---karunia ROH KUDUS. Berkat ini untuk semua yang akan menerima Kristus.

Dunia yang jatuh adalah medan perang untuk konflik terbesar yang pernah disaksikan oleh alam semesta surgawi dan kekuatan duniawi. Ditunjuk sebagai teater yang akan diperangi perjuangan besar antara yang baik dan yang jahat, antara surga dan neraka. Setiap manusia berperan dalam konflik ini. Tidak ada yang bisa berdiri di daerah netral. Setiap orang harus menerima atau menolak Penebus dunia. Semuanya adalah saksi, baik untuk atau melawan Kristus. Kristus memanggil mereka yang berdiri di bawah panji-Nya untuk terlibat dalam konflik dengan-Nya sebagai prajurit yang setia, bahwa mereka dapat mewarisi mahkota kehidupan. Mereka telah diadopsi sebagai putra dan putri Allah. Kristus telah meninggalkan janji-Nya bagi mereka yang meyakinkan bahwa besarlah pahala di kerajaan surga bagi mereka yang mengambil bagian dalam penghinaan dan penderitaanNya demi kebenaran.

Salib Golgota memberi tantangan, dan akhirnya akan mengalahkan, setiap kekuatan duniawi dan neraka. Di atas salib semua pengaruh berpusat, dan dari itu semua pengaruh berjalan keluar. Ini adalah pusat daya tarik yang besar, karena di atasnya Kristus menyerahkan nyawa-Nya bagi umat manusia. Pengorbanan ini ditawarkan untuk tujuan mengembalikan kemanusiaan ke kesempurnaan aslinya; ya, lagi. Itu ditawarkan untuk memberi kita seluruh transformasi karakter, membuat kita lebih dari penakluk. Mereka yang di dalam kekuatan Kristus mengatasi musuh besar Allah dan umat manusia, akan menempati posisi di istana surga di atas para malaikat yang tidak pernah jatuh ....

Dalam rencana Allah, kita harus memanfaatkan semua kekayaan surga. Tidak ada apa pun dalam perbendaharaan sumber daya Ilahi yang dianggap terlalu mahal untuk menyertai karunia besar dari Anak Allah yang tunggal. “Semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.” Kristus diberdayakan untuk menghembuskan kepada manusia yang telah jatuh napas kehidupan. Mereka Yang menerima Dia tidak akan pernah lapar, tidak pernah haus; karena tidak ada kesukaan yang lebih besar daripada di dalam Kristus.
~General Conference Bulletin, Kwartal Kedua, 1899, hlm. 33.



Pendalaman
WA/Telegram : +62 811-162-6629
" Lamanya satu ajaran dianut tidak akan membuat kesalahan menjadi kebenaran, sebab kebenaran mampu berdiri sendiri. Doktrin yang benar akan tetap teguh oleh penyelidikan Alkitab yang seksama. "
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)