Author Topic: Karunia-karunia Wahyuwi Masih Ada: Diskusi ttg 1 Kor. 13:8-13 (Djaka C Silalahi)  (Read 427 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 16, 2020, 07:03:49 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 160
  • Gender: Male
Judul di atas adalah buku baru karya Djaka Christianto Silalahi, dari Penerbit ANDI, Yogyakarta'2020.

Isinya merupakan tanggapan atas empat pendirian yang berbeda dari sarjana Injili:
DR. F. David Farnell (Southeastern Bible College),
DR. Bruce Compton (Detroit Baptist Theological Seminary),
DR. Richard B. Gaffin Jr. (Westminster Theological Seminary),
DR. John F. MacArthur Jr. (The Master's College and Seminary).


DAFTAR ISI

Pendahuluan
1. “Batu Sandungan”
2. “Sejarah Membuktikan Bahasa Roh Sudah Berhenti”
3. Bahasa Roh Berhenti dengan Sendirinya
4. Menentukan “Kapan” Padamnya Bahasa Roh
5. Karunia Kata-kata Pengetahuan (Ayat 8)
6. “Pengetahuan Kita”
7. Tidak Lengkap, Tidak Sempurna, Masih Dapat Keliru
8. “Itu Tidak Terkait dengan Kedatangan “yang Sempurna”?”
9. Parousia sebagai “Yang Sempurna”
10. “Kanon Perjanjian Baru” sebagai “Yang Sempurna”
11. Antara “Metode” dan “Pola Pikir”
12. Kanon Perjanjian Baru Adalah ‘Cermin’
13. Rancangan Allah dan Tata Bahasa Yunani
14. “Kanak-kanak dan Dewasa”
15. Kesempurnaan Relatif (Efesus 4)
16. Kesempurnaan Mutlak (1 Korintus 13)
17. Sifat Fondasional Karunia-karunia
18. “Rasul” Masih Bisa Ada Hari Ini
19. “Nubuat” dan “Nubuat Kita”
20. Kelirukah Nubuat Agabus?
21. Perdebatan tentang Akurasi dan Otoritas
22. Tidak Ada Pembedaan dalam Otoritas Nubuat?
23. Kitab Wahyu, Contoh Nubuat Kristen?
24. “Redemptive-Historical Frame of Reference” (1)
25. “Redemptive-Historical Frame of Reference” (2)
26. Alternatif untuk “Analogi Iman”
27. Menjawab Pertanyaan Profesor Gaffin
28. “Muka dengan Muka” dalam Perjanjian Lama
29. “Muka dengan Muka” (Paulus)
30. Pengetahuan Ketiga: “Mengenal dan Dikenal”
31. Iman, Pengharapan, dan Kasih
Bab Penutup: “New Covenant People of God”
DAFTAR PUSTAKA
« Last Edit: May 19, 2020, 02:04:20 PM by nuansa »
"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan... ," demikianlah Firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku" (Ibr 8:10).
May 19, 2020, 11:39:02 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 739
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
Yg sempurna belum tiba maka bahasa Roh dan nubuat masih ada.
1 Kor 13 (8) Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.(9) Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.(10) Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.

Tetapi zaman sekarang orang cuma belajar agama Kristen sbg Theologi sehingga tdk tertarik utk mencarinya atau memintanya kpd Tuhan.
May 19, 2020, 02:12:37 PM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 160
  • Gender: Male
... Tetapi zaman sekarang orang cuma belajar agama Kristen sbg Theologi sehingga tdk tertarik utk mencarinya atau memintanya kpd Tuhan.

Mungkin untuk tujuan itulah buku ini ditulis.
Kalau sampai masuk ke sebagian besar perpustakaan sekolah teologia,
mungkin dari sana bisa muncul rasa ingin tahu, lalu ingin mencari,
terus bisa memintanya kepada Tuhan...
"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan... ," demikianlah Firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku" (Ibr 8:10).
May 24, 2020, 12:37:05 PM
Reply #3
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 160
  • Gender: Male
DAFTAR PUSTAKA

Berkhof, Louis, Systematic Theology, London: The Banner of Truth Trust, 1976.

______________, Principles of Biblical Interpretation, (Sacred Hermeneutics). Grand Rapids, Michigan, Baker Book House, Tenth Printing, August, 1969.

Carson, D.A., Exegetical Fallacies. Grand Rapids, MI.: Baker Book House, 1984.

______________, and Douglas J. Moo, An Introduction to the New Testament. Michigan: Zondervan, 2005.

Compton, R. Bruce, 1 Corinthians 13:8-13 and the Cessation of Miraculous Gifts. DBSJ 9, 2004.

Edgar, Thomas R., Satisfied by the Promise of the Spirit: Affirming the Fullness of God’s Provision for Spiritual Living, Grand Rapids, MI.: Kregel, 1996.

Farnell, F. David, When Will The Gift of Prophecy Cease? BIBLIOTHECA SACRA 150 (April–June 1993) , Part-4.

Gaffin. Richard B., Jr., Perspectives on Pentecost: Studies in New Testament Teaching on the Gifts of the Holy Spirit. Phillipsburg, N.J.: Presbyterian and Reformed, 1979.

______________, What about Prophecy and Tongues? New Hope, Presbyterian Church. Adapted, with permission of the Alliance of Confessing Evangelicals, 1716 Spruce Street, Philadelphia, PA 19103, from one that previously appeared in Modern Reformation. Reprinted from New Horizons, January 2002.

Grudem, Wayne A., et al., Are Miraculous Gifts for Today? Michigan: Zondervan Publishing House, 1996.

Kaiser, Walter C. Jr., and Moisés Silva, Introduction To Biblical Hermeneutics: The Search for Meaning. Grand Rapids, Michigan: Zondervan, 1994.

Klein, William W., Robert L. Hubbard, Jr., Craig L. Blomberg, Introduction to Blibical Interpretation. Dallas-London-Vancouver-Melbourne: Word Publishing, 1993.

MacArthur, John F. Jr., Spiritual Gifts, 1 Corinthians 12. Moody Press Edition, 1985.

______________, Speaking in Tongues. Chicago: Moody Press, 1988.

______________, Charismatic Chaos. Grand Rapis, MI.: Zondervan, 1992.

Osborne, Grant R., The Hermeneutical Spiral: A Comprehensive Introduction to Biblical Interpretation, InterVarsity Press. Illinois: Downers Grove, 1991.

Packer, James I., Theological Reflections on the Charismatic Movement—Part 2. Churchman, 94/2, 1980.

Sproul, R. C., Knowing Scripture. Downers Grove, Illinois: InterVarsity Press, 1977. Tabernacle Baptist Chruch, Hermeneutics, Principles of Bible Interpretation. Hanover Park, Illinois: Chicago Reformed Theological Institute (tanpa tahun).

Tong, Stephen, Dinamika Hidup dalam Pimpinan ROH KUDUS. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1995, cetakan pertama.

______________, Baptisan & Karunia ROH KUDUS. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1998, cetakan kedua.

Vanhoozer, Kevin J., Gen. Eds., Dictionary for Theological Interpretation of the Bible. Grand Rapids, MI: Baker Book House Company, 2005.

Wallace, Daniel B., Greek Grammar Beyond the Basics. Zondervan Publishing House, 1996.

White, R. Fowler, Richard Gaffin and Wayne Grudem on 1 Cor. 13:10. A Comparison of Cessationist and Noncessasationist Argumentation. JETS 35/2 (June 1992).
"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan... ," demikianlah Firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku" (Ibr 8:10).
May 26, 2020, 09:48:22 PM
Reply #4
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 160
  • Gender: Male
“DUA SAKSI KRISTUS”

“Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat
sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya” (Why. 11:3).

Di luar perikop yang didiskusikan dalam buku itu, penulis menyajikan satu kasus untuk menguatkan pendiriannya, yaitu tentang “dua saksi” Kristus. Menurutnya, kalau kedua saksi itu belum diutus Kristus hingga hari ini, itu mengindikasikan bahwa karunia nubuat masih berlangsung hingga selesainya pekerjaan/tugas kedua saksi itu.

Quote
“Pengutusan kedua saksi itu tetap masih terkait dengan rancangan Allah bagi gereja-Nya dan dunia. Artinya, jika kedua saksi yang tugas utamanya adalah untuk bernubuat, tetapi karena kanon dianggap sebagai “yang sempurna” (Compton), pengutusan itu harus terjadi sebelum kanon datang pada abad keempat, agar gereja-Nya dapat memercayai nubuat yang mereka ucapkan. Demikian pula, jika nubuat itu telah padam saat fondasi gereja telah selesai diletakkan (Gaffin), maka pengutusan kedua saksi itu harus telah terjadi sebelum fondasi itu selesai diletakkan. Namun, jika pengutusan itu belum terjadi hingga abad keempat, apakah kanon itu dapat dimaknai sebagai “yang sempurna”, atau justru sebagai “cermin” (agar umat-Nya berjaga-jaga atas kedatangan kedua saksi itu dan memercayai nubuat mereka)? Apakah dengan demikian, nubuat itu tidak bersifat fondasional pula?” (h. 250)

Jadi, kalau kedua saksi itu belum datang saat fondasi gereja (Efs. 2:20) selesai diletakkan (kontra pendirian Gaffin), dan belum juga datang saat kanon sudah ditutup (kontra pendirian Compton), maka karunia nubuat masih operasional hingga hari ini, karena kedua saksi itu belum datang hingga hari ini.

Selain itu, penulis juga berkata,
Quote
“Indikasi kelima diperoleh dari penyebutan identitas mereka sebagai nabi. Namun demikian, hal yang lebih penting lagi adalah manusia di seluruh bumi mengenal keduanya." (h. 252)
Jadi, nabi pun masih akan datang lagi 'nanti'.

Akhirnya, Silalahi mengatakan,
Quote
“Kemungkinan bahwa kedua saksi itu belum datang saat kanon ditutup adalah lebih besar dibandingkan dengan sudah datang sebelum kanon itu ditutup. Namun, jika ternyata kedua saksi itu belum diutus saat kanon telah ditutup, atau ternyata Kristus akan mengutus keduanya setelah kanon ditutup, apakah para cessationist memiliki potensi untuk menyebut kedua saksi itu sebagai nabi palsu karena mereka tidak percaya nubuat masih berlangsung setelah kanon ditutup di abad keempat, dan menyangsikan ke-nabi-an mereka?” (h. 253)

Bagaimana menurut teman-teman di sini?

"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan... ," demikianlah Firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku" (Ibr 8:10).
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)