Author Topic: Tanggapan Atas Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 40026 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 04, 2009, 10:10:40 AM
Reply #10
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Dimana YESUS menemui orang kerasukan setan?
a. Di Gedara (Matius 8:28 )
b. Di Gerasa (Markus 5:1-2)

Gerasa adalah sebuah kota,
Gadara adalah sebuah propinsi.
Gerasa terdapat di Propinsi Gadara.


Quote
Berapakah orang kerasukan setan yang menemui YESUS?
a. 1 orang (Mrk 5:2; Luk 8:27)
b. 2 orang (Mat 8:28)

Untuk ini, sekilas baca orang bisa 'seolah-olah' melihat kontradiksi, pdhl tidak.
Markus dan Lukas tidak pernah berkata bhw yang kerasukan 'hanya 1 orang' shg tidak mnggugurkan statement Matius.

Penjelasan :

Dari 3 kisah yg sama ttg pengusiran setan di Gerasa, Matius adalah yang paling singkat mjelaskannya.

Kronologi Matius :

1. YESUS turun dari perahu
2. Dua orang krasukan setan menemui dia
3. Setan-setan itu berteriak-teriak
4. Setan-setan mminta pindah ke babi
5. YESUS mngijinkan mreka merasuki babi
6. Babi mati terjun ke jurang
7. YESUS mninggalkan daerah Gerasa

Smentara itu, kronologi Markus dan Lukas lebih panjang dan mendetil.

Kronologi Markus :

1. YESUS turun dari perahu
2. Satu orang krasukan setan menemui dia
3. YESUS memerintahkan setan-setan untuk keluar dari dia
4. Setan-setan itu tidak keluar mlainkan berteriak
5. YESUS menanyakan nama para setan itu
6. Setan-setan itu mnyebut namanya
dan mminta pindah ke babi
7. YESUS mngijinkan mreka merasuki babi
8. Babi mati terjun ke jurang
9. Satu orang yg kerasukan setan sudah waras
10. YESUS mninggalkan daerah Gerasa

Kronologi Lukas :

1. YESUS turun dari perahu
2. Satu orang krasukan setan menemui dia
3. YESUS memerintahkan setan-setan untuk keluar dari dia
4. Setan-setan itu tidak keluar mlainkan berteriak
5. YESUS menanyakan nama para setan itu
6. Setan-setan itu mnyebut namanya
dan mminta pindah ke babi
7. YESUS mngijinkan mreka merasuki babi
8. Babi mati terjun ke jurang
9. Satu orang yg kerasukan setan sudah waras
10. YESUS mninggalkan daerah Gerasa

Demikianlah bisa kita lihat bahwa Markus dan Lukas menjelaskan dg lebih mendetil ketimbang Matius.
Pbedaan detil cerita ini dsebabkan fokus yang berbeda pd 'subyek' dari kejadian ini.

-------

Alternatif kronologi kisahnya adalah sbb :

Matius mjelaskan bhw yg datang mnemui YESUS adalah 2 orang (sebut saja A & B) yg kerasukan setan.
Kmudian YESUS meminta para setan utk keluar dari A & B.

Stelah pengusiran itu, maka A sudah terbebas tetapi B masih terbelenggu oleh kuasa gelap.

YESUS kmudian mnanyakan nama dari para setan yg mrasuki B ini, lalu sesudah itu mngijinkan para setan itu utk merasuki babi.

Markus dan Lukas mfokuskan kisahnya pd kjadian yg dialami oleh B (krn cara pelepasannya yg unik).
Itulah sbabnya Markus dan Lukas mnyebut bhw yg mnemui YESUS adl 1 orang (tetapi tidak disebut hanya 1 orang), yaitu si B karena Markus dan Lukas ingin hanya mceritakan dg detil bagaimana B dilepaskan.

Di sisi lain, Matius tidak merasa perlu mngisahkan pelepasan B dg detil, maka ia mjelaskan bhw yg datang adl 2 orang, walau di akhir kisahnya Matius mjelaskan (dengan singkat saja) pelepasan yg dialami B.


« Last Edit: November 15, 2010, 10:36:18 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
April 04, 2009, 10:37:59 AM
Reply #11
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga ?
a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pemah naik ke sorga (Yohanes 3:13)
b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2:11)

‘Naik ke sorga’ berbeda dengan ‘diangkat ke sorga’ atau ‘dibawa ke sorga’.

Jika ‘diangkat’ dan ‘dibawa’ melibatkan kuasa dari luar,
Maka ‘naik’ adalah tindakan yang melibatkan kuasa dari dalam.

Misal :
Saya naik tangga ke atas akan berbeda dengan saya dibawa naik tangga ke atas atau diangkat melewati tangga ke atas.

Elia dan Henokh tidak 'menaikkan diri mereka sendiri' ke sorga.
Mereka ‘diangkat’ dan 'diantar' ke sorga.

Kej. 5:24   
Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.


2 Raj 2:10-11   
Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi."
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.


Mereka tidak mempunyai kuasa untuk naik ke sorga dan tidak tau jalan menuju sorga.
Mereka dibantu oleh kuasa Allah.

Di sisi lain,
Yesus ‘menaikkan diri’ ke sorga.

Kita mungkin mendengar ada orang mengklaim bahwa mereka ‘dibawa naik’ hingga ke langit atau ke mana lagi,
Itu pastilah bukanlah atas kuasa mereka sendiri (apabila klaim itu memang benar adanya tergantung apa ada orang lain yang bisa menjadi saksinya).

Yesus adalah beda.

Ia ‘naik’ ke sorga.
Dengan kuasaNya sendirilah Yesus naik ke sorga, bukan oleh kuasa lain.
Kenaikannya pun disaksikan banyak orang pada masa itu.

Maka itulah yang serupa Dia tidak ada.
« Last Edit: June 13, 2009, 08:08:55 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
April 09, 2009, 12:14:34 PM
Reply #12
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah Ahazia berusia 22 tahun (2 Raja-raja 8:26) atau 42 tahun (2 Tawarikh 22:2) ketika ia memerintah atas Yerusalem?

Utk mlihat kasus Ahazia,
Kita harus mlihat ke bahasa asli.

Patut diketahui bhw penulisan dalam bahasa asli tidak mencantumkan titik koma, sehingga tidak ada pemenggalan kalimat.

Untuk memahami ayat ini,
Mari kita pelajari berapa usia ayah Ahazia (Yoram) saat Ahazia naik tahta.

Ayah Ahazia bnama Yoram.
Yoram mjadi raja pd usia 32 tahun.
8 tahun lamanya Yoram mmrintah sbg raja di Yerusalem.
Di akhir pmrintahannya,
Yoram ditulahi Allah dg pnyakit usus.
2 tahun ia mderita kmudian mati.

Jd, Yoram mati di usia 42 tahun.

Tdapat pbedaan pnyusunan kata2 dari Kitab 2 Raja-raja dan 2 Tawarikh mngenai Ahazia.

Jika dlihat dari bahasa asli dan mlihat usia Yoram serta kjadian sputar suksesi,

2 Tawarikh 22:1-2 berbunyi :
Lalu penduduk Yerusalem mengangkat Ahazia, anaknya yang bungsu, menjadi raja menggantikan dia, karena semua anaknya yang lebih tua umurnya telah dibunuh oleh gerombolan yang datang ke tempat perkemahan bersama-sama orang-orang Arab. Dengan demikian Ahazia, anak Yoram raja Yehuda yang berusia empat puluh dua tahun, menjadi raja.
Setahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Atalya, cucu Omri.


Jadi,
Yg berusia 42 tahun bukan Ahazia, mlainkan Yoram, ayah dari Ahazia.
Maksudnya adl Ahazia mjadi raja saat Yoram brusia 42 tahun (yaitu saat dia mangkat).
« Last Edit: June 13, 2009, 08:11:45 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:18:13 PM
Reply #13
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah Yoyakhin berumur 18 tahun (2 Raja-raja 24:8) atau 8 tahun (2 Tawarikh 36:9) ketika ia menjadi raja di Yerusalem?

2 Chr 36:5-9   
Jehoiakim [was] twentyfive years old when he became king, and he reigned eleven years in Jerusalem. And he did evil in the sight of the LORD his God.
Nebuchadnezzar king of Babylon came up against him, and bound him in bronze [fetters] to carry him off to Babylon.
Nebuchadnezzar also carried off [some] of the articles from the house of the LORD to Babylon, and put them in his temple at Babylon.
Now the rest of the acts of Jehoiakim, the abominations which he did, and what was found against him, indeed they [are] written in the book of the kings of Israel and Judah. Then Jehoiachin his son reigned in his place.
Jehoiachin [was] eight years old when he became king, and he reigned in Jerusalem three months and ten days. And he did evil in the sight of the LORD.


Phatikan kronologinya :
1. Nebukadnezar mnangkap Yoyakim dan mbawanya ke Babel
2. Yoyakhin menjadi raja karena Yoyakim dibawa ke Babel
3. Yoyakhin naik tahta dalam usia 8 tahun.

2 Kings 24:6-8   
So Jehoiakim rested with his fathers. Then Jehoiachin his son reigned in his place.
And the king of Egypt did not come out of his land anymore, for the king of Babylon had taken all that belonged to the king of Egypt from the Brook of Egypt to the River Euphrates.
Jehoiachin [was] eighteen years old when he became king, and he reigned in Jerusalem three months. His mother's name [was] Nehushta the daughter of Elnathan of Jerusalem.


Kronologinya :
1. Yoyakim mati
2. Yoyakhin menjadi raja menggantikan Yoyakim
3. Yoyakhin naik tahta dalam usia 18 tahun

Bedanya dmana?

Poin nomor 1 & 2.

Ada kmungkinan bahwa Yoyakim ketika dibawa ke Babel masih hidup 10 tahun sbelum meninggal.
Karna masih hidup,
Maka Yoyakhin btahta di Yerusalem dr usia 8-18 tahun atas nama Yoyakim.

Stelah 10 tahun,
Yoyakim mninggal di Babel,
Shg Yoyakhin fully mjadi raja Yerusalem pd usia 18 tahun.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:19:22 PM
Reply #14
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Luk 24:46
Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.

Yang saya inginkan adalah tolong anda tunjukkan TULISAN pada PL sebagaimana yang dikatakan dalam Lukas 24: 46 : ADA TERTULIS.

Luk 24:44-47
Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.


Pertanyaan ini muncul karena ayat tsb diartikan scr sempit.

Berita tentang Yesus, Mesias yang harus menderita dan bangkit setelah 3 hari adalah kesimpulan dari berbagai nubuatan di PL, mulai dari kitab Musa hingga kitab para nabi.

Perhatikan bahwa kumpulan dari ayat-ayat ini baru bisa dimengerti oleh para murid setelah Allah sendiri membuka pikiran mereka.

Perhatikan ayat berikutnya :

Luk 24:27
Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.


Nubuatan mengenai Yesus tersebar dalam beragam ayat di PL dan dirangkaikan satu demi satu sehingga orang beroleh pengertian tentang karyaNya.

Jadi,
Jika dihubungkan :
‘Ada tertulis’ di ‘seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi’ mengenai ‘Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem’ yang bisa mereka pahami ketika Allah ‘membuka pikiran mereka sehingga mereka mengerti Kitab Suci’.

« Last Edit: December 08, 2009, 05:28:19 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:22:03 PM
Reply #15
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
1 Sam 15:29
Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal."

Kej 6:6
Maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.

Tuhan bisa MENYESAL dan PILU HATI?

Kej 6:6 (BBE)
And the Lord had sorrow because he had made man on the earth, and grief was in his heart.

(NIV)
The LORD was grieved that he had made man on the earth, and his heart was filled with pain.


Kata yang digunakan untuk 'menyesal' adalah 'nacham'.

Arti dari 'nacham' juga bisa dikatakan :
Be moved to pity,
Have compassion,
Suffer grief.

Jadi, ayat itu bisa juga berarti Allah sangat merasa pedih dan berduka sebab kejahatan manusia yang ia ciptakan amatlah besar di bumi bahkan segala kecenderungan hati mereka adalah jahat semata-mata.

Untuk mencegah kejahatan ini semakin buruk, Allah berkeputusan untuk memusnahkan generasi tersebut dan membangun manusia dari generasi baru, yaitu generasi Nuh.

Dalam 1 Sam,
Allah tidak tahu menyesal dalam artian tidak pernah salah mengambil keputusan.

Dalam Kej 6,
Allah sangat sedih dan berduka.

Jika manusia bisa bersedih,
Apakah Pencipta manusia tidak bisa bersedih?
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:24:00 PM
Reply #16
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30).
Dalam kitab Yeremia 36: 30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Ternyata Nubuat ini meleset. Diceritakan dalam kitab II Raja-raja 24:6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakhin, anaknya.

Ada nubuat lain mengenai Yoyakim :

Yer 22:30
Beginilah Firman Tuhan: "Catatlah orang ini sebagai orang yang tak punya anak, sebagai laki-laki yang tidak pernah berhasil dalam hidupnya; sebab seorangpun dari keturunannya tidak akan berhasil duduk di atas takhta Daud dan memerintah kembali di Yehuda."


Yeremia 22 lebih dahulu diucapkan daripada Yeremia 36.

Yer 36:30
Sebab itu beginilah Firman Tuhan tentang Yoyakim, raja Yehuda: Ia tidak akan mempunyai keturunan yang akan duduk di atas takhta Daud, dan mayatnya akan tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam.


Kata yg digunakan utk ‘duduk’ adalah ‘Yashab’.
Kata itu bisa berarti ‘tetap duduk’ atau ‘duduk dalam waktu lama’ atau ‘menetap’.

Karena itu,
Yeremia 22 melengkapi Yeremia 36,
Bahwa Yoyakim tidak akan mempunyai keturunan yang akan tetap memegang kekuasaan di atas tahta Daud.

Kita ketahui bahwa anak Yoyakim, yaitu Yoyakhin dibuang ke Babel dan mati di sana.
Sebagai Raja, ia gagal mempertahankan tahtanya dan gagal pulang dari Babel untuk kembali memerintah di Yehuda.

Nubuat Allah tergenapi.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:26:18 PM
Reply #17
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5)
Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melaikan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52:10-11 diceritakan bahwa pada akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

Yer 34:4-5
Namun demikian, dengarlah Firman Tuhan, hai Zedekia, raja Yehuda, beginilah Firman Tuhan mengenai engkau: engkau tidak akan mati oleh pedang!
Engkau akan mati dengan damai. Dan sebagaimana dinyalakan api untuk menghormati bapa-bapa leluhurmu, raja-raja dahulu, yang hidup sebelum engkau, demikianlah orang akan menyalakan api untuk menghormati engkau, dan akan meratapi engkau dengan berkata: Aduhai, tuan! Sungguh, Akulah yang mengucapkan firman ini, demikianlah Firman Tuhan."

Yer 52:9-11
Mereka menangkap raja dan membawa dia ke Ribla di tanah Hamat, kepada raja Babel, yang menjatuhkan hukuman atas dia.
Raja Babel menyuruh menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya; juga semua pemuka Yehuda disembelihnya di Ribla.
Kemudian mata Zedekia dibutakannya, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian raja Babel membawa dia ke Babel dan menaruhnya dalam rumah hukuman sampai kepada hari matinya.


Kalo diambil kesimpulan dari Yer 34,
1. Zedekia tidak mati karena pedang
2. Zedekia mati dalam damai

Kalo diambil kesimpulan dari Yer 52,
1. Zedekia buta dan dibelenggu
2. Zedekia mati di Babel
3. Zedekia mati di rumah hukuman

Dari kedua pasal tersebut,
Nubuatan Allah tidak salah karena :
1. Zedekia tidak mati oleh pedang melainkan di rumah hukuman Babel
2. Bisa saja Zedekia pada saat mati ia dalam keadaan damai di rumah hukuman Babel

Allah telah menubuatkan di pasal sebelumnya :

Yer 32:4-5
Zedekia, raja Yehuda, tidak akan luput dari tangan orang Kasdim, melainkan pasti akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel, sehingga ia berbicara dengan dia mulut sama mulut dan melihat dia mata sama mata;
Zedekia akan dibawanya ke Babel dan di sanalah ia akan tinggal, sampai Aku memperhatikannya, demikianlah Firman Tuhan. Apabila kamu berperang melawan orang Kasdim itu, kamu tidak akan beruntung!"


Jadi,
Perkataan di Yer 34 berarti Zedekia memang akan mati dalam damai, tapi di Babel ketika Tuhan telah memperhatikannya.
Ini digenapi berdasarkan Yer 52 bahwa Zedekia tidak mati oleh pedang.

Mati dalam damai disana berarti mati bukan dalam peperangan dan mati dalam penghormatan.
Demikian Zedekia mati di babel di rumah hukuman. Allah memperhatikan dia di masa tuanya dan ia mati dengan mendapat penghormatan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:27:50 PM
Reply #18
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Baik Ezra 2:64 maupun Nehemia 7:66 setuju bahwa jumlah total jemaah adalah 42,360 , namun waktu dihitung, Ezra hanya mencapai 29,818 dan Nehemia hanya 31,089 ?

Ezr 2:1   
Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya.

Ezr 2:64   
Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang

Ezr 1:5   
Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin, serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan Allah untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah TUHAN yang ada di Yerusalem.


Jumlah totalnya mencakup bani Benyamin, ttp Ezra tidak memasukkan daftar keluarga bani Benyamin.
Dmikian juga sama dg Nehemia.
Itulah mngapa beda jumlah hitungan bdsk kaum keluarga dg jumlah total jemaah.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 08:32:14 PM
Reply #19
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6338
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah jumlah penyanyi yang mengiringi para jemaah adalah 200 orang (Ezra 2:65) ataukah 245 orang (Nehemia 7:67)?

Ezra dan Nehemia adalah 2 orang dari masa yg sdikit berbeda.

Ezra tiba terlebih dahulu ke Yerusalem,
Stelah bbrp saat, Nehemia baru tiba dan membangun tembok Yerusalem.

Jadi,
Jumlah total jemaah tercatat sama,
Ttp detil-detil dr silsilah yg dtemukan Nehemia bisa jadi lebih update drpd Ezra.

Karena memang tertulis juga dalam silsilah Ezra bahwa masih ada bbrp kaum keluarga yg masih perlu dselidiki mgenai silsilah keluarga yg lebih akurat yg mana itu bisa dlakukan setelah mreka menetap di Yerusalem dan mngadakan ptemuan raya (pd bulan ke 7).

Itulah sbabnya scr hitungan detil kaum keluarga menunjukkan perbedaan walau totalnya sama.
« Last Edit: December 03, 2009, 02:30:08 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)