Author Topic: Tanggapan Atas Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 40300 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 13, 2009, 09:00:03 PM
Reply #40
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Yesus juga berbohong kepada para pengikutnya bahwa di antara mereka akan ada orang yang bersama-sama dengan Yesus memerintah dan menghakimi kedua belas suku Israel. Ternyata, baik Yesus maupun pengikutnya, tidak pernah memerintah dan menghakimi kedua belas suku Israel (Mat 19:28)

Mat 19:28
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. 


Perhatikan baik-baik ayatnya.
Perhatikan baik-baik yang saya bold.

Yap.
Pada waktu penciptaan kembali.
Saat ini belum tiba waktunya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:00:18 PM
Reply #41
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Yesus berkata bahwa Ia adalah Utusan Tuhan, oleh karena itu Yesus hanyalah manusia biasa yg diutus Tuhan, bukan Tuhan yg menjadi manusia (Yoh 17:3)

Inilah ayatnya :

Yoh 17:3   
Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.


Yesus ditugaskan dan diutus oleh Bapa.
Itu semua orang Kristen akan setuju.

Pertanyaannya adalah :
Siapa Yesus itu?
Siapakah yang diutus oleh Allah tersebut?

Yesus itu adalah Firman Allah.
Firman itu menjadi manusia.

Jika ingin mengambil ayat dari Yohanes 17,
Harus diteliti seluruh konteksnya.

Dikatakan :
'Mengenal Yesus Kristus yang Kau utus.'

Dari konteks seluruh Yohanes 17,
Siapakah Yesus Kristus itu?

Yoh 17:1   
Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.


Yesus adalah Anak Allah.

Yoh 17:2   
Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya.


Dikatakan : Telah.
Yesus memiliki kuasa atas segala yang hidup dan yang memberikan hidup kekal.

Yoh 17:5   
Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.


Yesus sudah memiliki kemuliaan sebelum dunia ada.

Yohanes 17:22   
Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu


Yesus dan Bapa adalah Satu.

Yoh 17:9-10   
Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu
dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.


Segala milik Bapa adalah milik Yesus dan segala milik Yesus adalah milik Bapa.

Yoh 17:24   
Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.


Yesus sudah ada bersama Bapa sebelum dunia dijadikan.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan :

Yesus adalah :
1. Anak Allah
2. Memiliki kuasa atas smua yang hidup
3. Berhak memberikan hidup kekal
4. Memiliki kemuliaan sebelum dunia ada
5. Satu dengan Bapa
6. Memiliki semua yang dimiliki Bapa
7. Sudah ada bersama Bapa sebelum dunia dijadikan


Jelas sudah bahwa Yesus bukan manusia biasa yg diutus Allah, mlainkan Yesus adalah Allah itu sendiri.

Yesus memang Utusan,
Tapi Sang Utusan adalah Sang Firman Allah.

Yohanes menyimpulkan dengan indah di awal Kitab ini :

Yoh 1:1-2   
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.


Skarang saya tanya deh :
Duluan mana :
Allah atau Firman Allah?

Besar mana :
Allah atau Firman Allah?

Penting mana :
Allah atau Firman Allah?

Skarang gini aja :
Ktika Tuhan berfirman, bukankah Ia mengutus firmanNya utk mlakukan khendakNya?

Yes. 55:11   
demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:00:30 PM
Reply #42
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Siapa Yang Memberi Nama "Yesus"?
Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama "Yesus" kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama "Yesus" pada anak yang akan dilahirkannaya.

Lukas juga mbritahukan kok bhw Malaikat juga datang kpd Maria.

Luk 2:21   
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.


Lukas mbritahu bhw Yusuf mndapat mimpi ttg nama Yesus stelah Maria mngandung.
Lukas juga mbritahu bhw sbelum Maria mngandung, malaikat telah datang pd Maria.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:00:45 PM
Reply #43
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Masa Kecil Yesus.
Menurut Matius 2:1-15, sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati. Tetapi menurut Lukas 2:6-46, sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem kemudian ke Nazareth dan tinggal di sana selama 12 tahun.
Menurut matius Yesus langsung dibawa ke mesir !!, sedangkan menurut Lukas dibawa ke Yerusalem !!Mesir n yerusalem Jauh Bozz..

Marilah kita bahas dg teliti.

Mat 2:1   
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."
Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.
Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia."
Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.
Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.
Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."
Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."


Luk 2:6-7,15-16,21-24,39-40   
Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,
dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.
Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."
Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.
Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,
seperti ada tertulis dalam hukum Tuhan: "Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah",
dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati.
Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.
Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.


Marilah kita membahas tanpa asumsi-asumsi.

Kita tau bahwa :
1. Yesus lahir di Betlehem.
2. Yesus lahir di kandang hewan dan dbaringkan di Palungan.
3. Gembala2 datang ke kandang utk mnemui Yesus.
4. Setelah 8 hari, Yesus dsunat (tidak ada keterangan dimana disunatnya. Ttp sunat tidak perlu dlakukan di Yerusalem).
5. Di usia 40 hari Yesus dbawa ke Yerusalem utk pentahiran.

6. Orang Majus datang ke Yerusalem setelah Yesus dilahirkan.
Jadi, orang Majus tidak datang ketika Maria mengandung, ttp orang Majus baru beranjak ke Yerusalem ketika Yesus sudah dilahirkan.
Brapa hari setelah Yesus lahir mreka tiba di Yerusalem?
Tidak djelaskan.

7. Dari Yerusalem, orang Majus beranjak pergi ke Betlehem.
Ttapi mereka diarahkan oleh bintang ke tempat dmana Yesus berada (tidak dsebutkan di Betlehem).

Logikanya pd saat mreka sampai di Yerusalem, Yesus pasti sudah mninggalkan Betlehem krn kediaman Yusuf bukan di Betlehem, mlainkan di Nazaret dan rumah pnginapan di Betlehem sudah penuh.

Durasi dari mulai brangkat dari Yerusalem hingga tiba di tempat Yesus berada tidak dsebutkan.

8. Matius menulis bahwa orang Majus menjumpai Yesus di rumah, bukan di kandang.
Shg sangat layak bahwa orang Majus btemu Yesus di Nazaret (bukan di kandang Betlehem).

9. Setelah Herodes tau ttg klahiran Yesus, ia menyuruh mbunuh anak-anak usia 2 tahun ke bawah di wilayah Betlehem dan sekitarnya.

Mengapa mematok usia 2 tahun?
Mengapa tidak 1 tahun?
Ada kmungkinan durasi waktu yg lama antara hari lahirnya Yesus dg hari orang Majus tiba di Yerusalem.

Mengapa Betlehem dan sekitarnya?
Mengapa bukan Betlehem saja?
Ada kmungkinan karna waktu yg lama, maka Yesus sudah dibawa keluar Betlehem.

Jadi,
Kronologinya adl :
Yusuf mbawa Yesus ke Yerusalem pada usia 40 hari, kmudian kembali ke Nazaret krn pd waktu itu, Herodes belum tau ttg klahiran Yesus.

Kuncinya adl kapan orang Majus tiba di Yerusalem dan kapan mreka tiba di Nazaret.
Karna jaman dulu ngga ada motor, maka perjalanannya bisa sangat lama.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:00:58 PM
Reply #44
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Masa Berlaku Hukum Taurat.
Menurut Matius 5:17-20, hukum Taurat berlaku hingga hari kiamat dan barangsiapa yang hidupnya tidak lebih baik dari ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, maka ia tidak akan masuk ke dalam kerajaan surga. Tetapi menurut Lukas 16:16, hukum Taurat berlaku sampai kepada zaman Yohanes Pembaptis.

Dalam Matius 5:18 (kelanjutannya), tertulis :
Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Jadi ayat di atas harus dilihat dengan lengkap, tidak sepotong-sepotong.

Dlm bhs Inggris dkatakan :
'Before it come to pass'.

Artinya,
'Sebelum habis masa berlakunya.'

Atau dengan kata lain :
Digenapi.

Ayat padanan :

Mat. 5:17   
"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.


Kapan masa berlakunya habis?
Kapan Taurat digenapi?

Lukas menjelaskannya :

Luk 16:16   
Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.


Phatikan bhw yg Yesus maksud adl 'Zaman Yohanes'.

Hukum Taurat berlaku hingga zaman Yohanes Pembaptis.
Yohanes Pembaptis adalah nabi peralihan dari zaman Taurat (Musa) ke zaman Yesus (Perjanjian Baru).

Musa menegakkan Perjanjian Lama,
Yesus menegakkan Perjanjian Baru.

Yoh 1:17   
sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.


Luk. 22:20   
Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.


Yesus adalah kegenapan Taurat,
Sehingga dengan adanya Yesus, Taurat sudah berlalu alias sudah digenapi.

Rm. 10:4   
Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.


Kematian Yesus telah membatalkan Taurat dengan segala ketentuannya shg Taurat tidak lagi berfungsi sebagai Standar Pembenaran untuk manusia.

Standar kebenaran manusia bukan lagi aturan Taurat,
Melainkan iman dalam Yesus Kristus.

Itulah mngapa dikatakan Yesus Kristus adalah kegenapan Hukum Taurat.

Ef. 2:15   
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera


Saat ini orang Kristen hidup di jaman Perjanjian Baru dengan Yesus sbg pusatnya,
Bukan lagi Perjanjian Lama dengan Tauratnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:01:13 PM
Reply #45
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Saya membaca beberapa wacana yang menyebutkan bahwa Tuhan kita Yesus Kristus Tidak mati di kayu salib, ada yang menyatakan bahwa Yesus hanya pingsan dan di selamatkan oleh maria magdalena dan kawan2nya. Ini membuat saya gelisah dan bingung, saya butuh dukungan dari tmn2. Kalau bisa memberi wacana buat saya.


Jadi gini,
Dalam kalangan agama lain,
Ada 2 tafsiran mengenai nasib Isa Almasih.

1. Isa tidak mati dan tidak disalib.
Untuk versi ini, Yudas-lah yg disalib.
Jadi Allah mngubah wajah Yudas dan mnempatkannya di kayu salib sbg balasan atas pkhianatannya.

2. Isa sempat disalib, ttp tidak mati, mlainkan hanya pingsan, lalu dikira mati oleh para pengawal Romawi, kmudian dbawa pergi oleh Yusuf Arimatea.

Marilah kita menganalisanya satu demi satu.

---------

Tafsiran ptama tlalu 'kejam' dan bertentangan dengan sifat Allah.

Masakan Allah adalah penipu?
Apakah Allah tidak bisa menghukum Yudas dg cara fair?
Apakah satu-satunya cara menyelamatkan Isa Al Masih dan menghakimi Yudas adalah dengan pembohongan publik?

Apakah Allah yang berbohong dan menipu layak dipercayai serta dipegang kata-katanya oleh manusia?

-------

Bagaimana dengan Yudas?

Jika Yudas mati mnggantikan Isa, maka pertanyaan yang krusial adalah :

1. Siapa yang datang ke para imam untuk mengembalikan 30 keping perak?
Jika Yudas mati disalib, lalu mengapa para iman mengenal bahwa yang datang pada mreka adalah Yudas?

2. Siapa yang menggantung diri setelah mengembalikan 30 keping perak kepada para imam?
Mengapa orang2 mengenali bahwa yang gantung diri itu adalah Yudas?
Apakah Tuhan 'mengubah' (menipu) lagi dg cara mentransformasi wajah orang?

3. Mengapa para imam membeli Tanah Darah seharga 30 keping perak dan Tanah itu masih ada hingga berita Injil ditulis?

----------

Untuk tafsiran kedua,

Lambung Yesus ditombak sehingga mengalirkan air dan darah.
Pengawal eksekusi Romawi sangat terlatih mengenali tanda-tanda kematian dan mereka akan melakukan beragam cara untuk benar-benar memastikan bahwa orang yang disalib sudah mati.

Saya sadur tulisan di atas dari sini :
http://www.gkri-exodus.org/image-upload/APO%20Benarkah%20Yesus%20Kristus%20Tidak%20Mati%20Disalib.pdf

Kita dr kalangan Kristiani tidak usah ikutan ragu mngenai hal ini.
Jelas mreka bspekulasi saja tanpa didukung oleh catatan2 yg kuat.

Selain bertentangan dengan banyak ayat firman,
Argumen bhw orang lain mati mnggantikan Yesus tidak didukung data historis lainnya.

Catatan sejarah dan kondisi yg dijelaskan Alkitab mbrikan pjelasan yg komprehensif bahwa Yesus memang mati di kayu salib.

Janganlah mengarang-ngarang sebuah cerita tanpa didasari bukti yang kuat.
« Last Edit: December 15, 2009, 05:50:29 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:01:23 PM
Reply #46
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah Injil Barnabas benar adanya?


Kesalahan pada Injil Barnabas :

1. Barnabas klaim bahwa ia termasuk golongan murid2 pertama Yesus yang bergaul dan mendapat pewahyuan selagi Yesus masih hidup.

Catatan Alkitab :
Tidak ada satu Barnabas pun disebut sebagai bagian dari 12 murid. Nama Barnabas baru muncul setelah kenaikan Kristus ke surga.

2. Barnabas klaim bahwa Yesus Kristus lahir pada masa pemerintahan Pontius Pilatus.

Fakta :
Keliru secara sejarah. Pemerintahan Pilatus baru dimulai tahun 26 M dimana Yesus sudah dewasa muda.

3. Dalam kitab ini, dikatakan bahwa Tahun Yobel dirayakan setiap 100 tahun.

Fakta :
Dalam kitab Taurat Yahudi, tahun Yobel dirayakan setiap 50 tahun sekali. Baru setelah masa Paus Bonifatius VIII (1300 M), dideklarasikan bahwa tahun Yobel dilakukan setiap 100 tahun.
Artinya, kitab ini ditulis dalam rentang waktu sangat jauh setelah kebangkitan Kristus. Tidak mungkin ini ditulis oleh seorang yang mengaku hidup bersama-sama Yesus Kristus.

Keanehan dalam Injil Barnabas

1. Injil ini menyebut nama 'Yesus Kristus', tapi tidak mengakui bahwa Yesus adalah Mesias.
Padahal, arti kata 'Kristus' adalah 'Mesias'.

Injil ini menyebut Muhammad sebagai Mesias, padahal di kitab agama lain, hal ini justru tidak tepat. Karena itu, aneh bila Injil ini malah dijadikan kutipan bagi penganut agama lain tersebut.

2. Injil ini orisinalnya diyakini oleh beberapa pihak sebagai karya dengan ciri Italia dan penulisnya hingga saat ini masih misterius. Sangat kuat diyakini bahwa ini tidak ditulis oleh Barnabas, tapi merupakan hasil rekayasa.

3. Tahun penulisannya pun diperkirakan sekitar abad ke-15 (manuscipt tertuanya dari abad 15 dan gaya penulisannya adalah italian-style yang tidak akan dijumpai pada abad pertama).
Jadi kitab ini ditulis jauh setelah jaman para rasul shg keabsahannya diragukan.

Tidaklah mungkin Injil ini dimasukkan dalam Alkitab karena Injil ini tidak akurat secara historis, baik dari segi asal penulisan hingga kronologi sejarahnya.

Untuk link ke Injil Barnabas,

http://id.wikipedia.org/wiki/Injil_Barnabas

Saya kutip tulisan ini dari link tersebut.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:01:41 PM
Reply #47
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah Yesus bicara mengenai Muhammad? (Yoh 14:16)

Yoh 14:16-17   
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.


Di dalam ayat tsb,
Kata 'penolong' dalam bahasa aslinya adalah 'parakletos'.
'Parakletos' berarti penolong, penasehat, pribadi yang dipanggil untuk menolong.

1. Penafsir yg tidak bertanggungjawab menduga dan mklaim bahwa yang dsebut Yohanes dlm ayat tsb adalah 'periklitos'.
Periklitos artinya 'yang terpuji' dan dlm bhasa Arabnya : 'Ahmad'.
Dg dmikian para penafsir yg tidak btanggungjawab mngatakan bhw ayat tsb adalah nubuat kdatangan Muhammad.

Padahal, kata yg digunakan dalam ayat tsb adalah 'parakletos' bukan 'periklitos'.

2. Jangan cuma ambil 'nama' tp jg 'karakteristik'.

Beberapa karakteristik Parakletos sesuai konteks ayat :

A. Dijanjikan pada para rasul selama mreka masih hidup
Jd jelas para rasul mula2 itu akan btemu Parakletos, bukannya jauh setelah para rasul mati baru Parakletos datang.

B. Menyertai selama-lamanya dan diam di dalam setiap pribadi
Apakah manusia bisa menyertai kita selama-lamanya?
Apakah manusia berdiam di dalam hati kita?
Tidak demikian.
Hanya Roh Allah yang dapat berdiam dalam diri manusia.

C. Dunia tidak melihat Dia
'Ahmad' itu klihatan atau tidak klihatan?
Jika Muhammad itu kasat mata, maka dia tidak memenuhi standar Parakletos.

D. Yohanes jelas mengatakan bahwa Sang Parakletos itu adalah Roh Kebenaran, bukan dalam manusia.

Nubuat YESUS tergenapi.

Parakletos ini sudah datang pd hari Pentakosta kpd para rasul.

Kis 1:4-5   
Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang* -- demikian kata-Nya -- "telah kamu dengar dari pada-Ku.
Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan ROH KUDUS."


Kis 2:1-4   
Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.


So,
Udah jelas.
Parakletos itu adl ROH KUDUS.

Yoh 14:26   
tetapi Penghibur, yaitu ROH KUDUS, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

« Last Edit: April 05, 2010, 04:28:16 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:01:57 PM
Reply #48
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Yesus mengatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah Elia, tetapi menurut Yohanes Pembaptis sendiri, ia bukanlah Elia sebagaimana dinyatakan dalam ayat2 Yohanes 1:19-21.

Jadi siapa yg benar?

Yoh 1:19-21.
 Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"
Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: "Aku bukan Mesias."
Lalu mereka bertanya kepadanya: "Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?" Dan ia menjawab: "Bukan!" "Engkaukah nabi yang akan datang?" Dan ia menjawab: "Bukan!"


Ayat di atas tdk mbuktikan apa-apa.

Itu spt btanya pd saya :
'Apakah kamu Moe'?

Saya akan jawab :
'Bukan'.

Saya 'Siip', bukan 'Moe'.

-----

Simak jawaban Yohanes slanjutnya :

Yoh 1:23-34   
Jawabnya: "Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya."
Dan di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi.
Mereka bertanya kepadanya, katanya: "Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?"
Yohanes menjawab mereka, katanya: "Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal,
yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak."
Hal itu terjadi di Betania yang di seberang sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis.
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS.
Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."


Marilah kita sambungkan dg nubuat PL (yg dkutip Yohanes Pbaptis) :

Mengenai suara berseru-seru di padang gurun :

Yes 40:3-14   
Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!
Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;
maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya."
Ada suara yang berkata: "Berserulah!" Jawabku: "Apakah yang harus kuserukan?" "Seluruh umat manusia adalah seperti rumput dan semua semaraknya seperti bunga di padang.
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila TUHAN menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput.
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya."
Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: "Lihat, itu Allahmu!"
Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa.
Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.
Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.
Siapa yang menakar air laut dengan lekuk tangannya dan mengukur langit dengan jengkal, menyukat debu tanah dengan takaran, menimbang gunung-gunung dengan dacing, atau bukit-bukit dengan neraca?
Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada-Nya sebagai penasihat?
Kepada siapa TUHAN meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar TUHAN untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Dia pengetahuan dan memberi Dia petunjuk supaya Ia bertindak dengan pengertian?


Pas.
Yohanes datang utk menunjukkan pada orang Israel bahwa Tuhan telah datang.
Tuhan itu adalah Yesus Kristus.

Persis sama spt tugas 'Elia yang akan datang'.

------

Lagipula Yesus menyatakan :

Mat 11:14-15   
dan--jika kamu mau menerimanya--ialah Elia yang akan datang itu.
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!


Artinya,
Yohanes tidak perlu mengaku bahwa dirinya adl Elia (toh namanya adl Yohanes, bukan Elia),
Ttp orang-orang yg menerimanya akan mengakui bahwa Yohanes adl Elia, dlm artian diutus oleh Tuhan sama sbagaimana Tuhan pernah mngutus Elia.

Ngga perlu ngaku-ngaku utk mdpt pngakuan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:02:29 PM
Reply #49
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak ?
a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (11 Samuel 5: 13-16).
b. Tidak! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14: 3-7).

2 Sam 5:12-13
Lalu tahulah Daud, bahwa TUHAN telah menegakkan dia sebagai raja atas Israel dan telah mengangkat martabat pemerintahannya oleh karena Israel, umat-Nya. Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.


1 Taw 14 : 3
Daud mengambil lagi beberapa isteri di Yerusalem, dan ia memperanakkan lagi anak-anak lelaki dan perempuan.


Pola penuturan kisah di kitab Samuel agak berbeda dengan di kitab Tawarikh.
Kitab Tawarikh lebih spesifik di silsilah, sedangkan kitab Samuel lebih spesifik dalam isi cerita.

Alasan mngapa di Kitab Samuel dituliskan mengenai adanya gundik adalah sebagai pengantar kisah yang ada di 2 Sam 16:21-22

Lalu jawab Ahitofel kepada Absalom: "Hampirilah gundik-gundik ayahmu yang ditinggalkannya untuk menunggui istana. Apabila seluruh Israel mendengar, bahwa engkau telah membuat dirimu dibenci oleh ayahmu, maka segala orang yang menyertai engkau, akan dikuatkan hatinya."
Maka dibentangkanlah kemah bagi Absalom di atas sotoh, lalu Absalom menghampiri gundik-gundik ayahnya di depan mata seluruh Israel.


Jadi,
Karna kisah pemberontakan Absalom dicritakan di kitab Samuel, sehingga penulis kitab itu mrasa perlu mncantumkan terlebih dahulu bahwa Daud juga mengambil gundik slain istri shg alur ceritanya menjadi lebih lengkap.

Di sisi lain,
Karna kisah pemberontakan Absalom tidak dicritakan di kitab Tawarikh, maka penulis kitab itu tidak mrasa perlu mncantumkannya.

Lagipula,
Kedua nas tersebut tidak kontradiktif,
Karna kitab Tawarikh tidak menuliskan bahwa Daud tidak mengambil gundik di Yerusalem.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)