Author Topic: Tanggapan Atas Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 38101 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 13, 2009, 09:02:41 PM
Reply #50
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem ?
a. 11 orang (Samuel 5: 13-16).
b. 13 orang (I Tawarikh 14 3-7).

2 Sam 5:13-16   
Daud mengambil lagi beberapa gundik dan isteri dari Yerusalem, setelah ia datang dari Hebron dan bagi Daud masih lahir lagi anak-anak lelaki dan perempuan.
Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
Yibhar, Elisua, Nefeg, Yafia,
Elisama, Elyada dan Elifelet.

2 Taw 14:4-7   
Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,
Yibhar, Elisua, Elpelet,
Nogah, Nefeg, Yafia,
Elisama, Beelyada dan Elifelet.


Perhatikan yang di-bold.
Skali lagi, ada beda maksud penulisan antara kitab Samuel dan kitab Tawarikh.

Pada kurun waktu kedatangan Daud dari Hebron hingga pesta yang diadakan Absalom,
Keturunan Daud adalah sbagaimana yang tertulis di 2 Sam 5:13-16.
Setelah selesai masa pemberontakan Absalom, Daud menambah lagi beberapa anak sbagaimana yang dijabarkan lengkap di 2 Taw 14:4-7.

Mengapa pesta Absalom dijadikan patokan?
Karna di pesta tersebut, semua keturunan Daud diundang.
Dan keturunan yang dimaksud itu yang ada di 2 Sam 5:13-16.
Penulis memberitahukan pada kita siapa saja yg datang ke pesta tersebut.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:02:53 PM
Reply #51
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Berapakah tentara berkuda tawanan Daud ?
a. 1.700 orang (II Samuel 8: 4).
b. 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4).

2 Sam 8:3-4   
Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer bin Rehob, raja Zoba, ketika ia pergi memulihkan kekuasaannya pada sungai Efrat.
Daud menawan dari padanya seribu tujuh ratus orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.

1 Taw 18:3-4   
Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer, raja Zoba, dekat Hamat, ketika ia pergi menegakkan kekuasaannya pada sungai Efrat.
Daud merebut dari padanya seribu kereta, tujuh ribu orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.


Keterangan di atas saling melengkapi.

Peperangan itu berlangsung dari perbatasan Efrat hingga ke Hamat.
Dalam perang itu, Daud menawan :
20000 pasukan infantri,
1000 kereta kuda (hanya keretanya saja),
1700 pasukan berkuda.

Total pasukan berkuda (1700) + pasukan berkuda dalam kereta (keretanya ada 1000) = 7000.
« Last Edit: December 03, 2009, 02:44:51 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:03:11 PM
Reply #52
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Siapakah kepala Triwira pengiring Yahudi ?
a. Isyabaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23: Cool.
b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11:11).

2 Sam 23:8   
Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

1 Taw 11:11   
Inilah daftar para pahlawan yang mengiringi Daud: Yasobam bin Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan tiga ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.


Bahasa literal :

2 Sam 23:8
These [be] the names of the mighty men whom David had: The Tachmonite that sat in the seat, Head of the Three; He was Adino the Eznite: [he lift up his spear] against eight hundred, whom he slew at one time.

1 Taw 11:1
And this [is] the number of the mighty men whom David had; Jashobeam, an Hachmonite, the Head of the Thirty: he lifted up his spear against three hundred slain [by him] at one time.


Susunan pahlawan Daud adl sbagai brikut :

Three Mighty Men (Triwira) :
- Adino
- Eleazar
- Syama

Three of Thirty :
- Abisai (Chief of Three of Thirty)
- Benaya
- Yasobam (Chief of Thirty)

Thirty :
Silakan baca lengkapnya di Kitab Samuel dan Tawarikh (total 37 orang).

Jadi siapa kepala Triwira?
Adino.
Yasobam adalah kepala Tigapuluh, anggota Tiga dari Tigapuluh.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:03:21 PM
Reply #53
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ?
a. 800 orang (II Samuel 23:Cool.
b. 300 orang (I Tawarikh 11:11).

Ayatnya ada di atas.

Adino, kepala Triwira membunuh 800 orang dalam 1 pertempuran.
Itulah mengapa dia disebut 'Yang duduk di kursi pemimpin' (diterjemahkan LAI menjadi 'Isybaal').

Yasobam, kepala Tigapuluh membunuh 300 orang dalam 1 pertempuran.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:03:35 PM
Reply #54
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
a. 3.300 mandor (1 Raja-raja 5:16).
b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2).

1 Raj 5:15-16   
Lagipula Salomo mempunyai tujuh puluh ribu kuli dan delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan,
belum terhitung para mandur kepala Salomo yang mengepalai pekerjaan itu, yakni tiga ribu tiga ratus orang banyaknya, yang mengawasi rakyat yang mengerjakan pekerjaan itu.

2 Taw 2:2   
Dan Salomo mengerahkan tujuh puluh ribu kuli, delapan puluh ribu tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus mandur untuk mengawasi mereka itu.


Ada beda kedudukan antara 'mandur' dengan 'mandur kepala'.
Mandur kepala berjabatan lebih tinggi dari mandur.
Mereka bisa disebut sbg mandur senior.

Mengingat project sdemikian besar dan memakan waktu lama,
Maka mnrt saya,
Total mandur adalah 3300 + 3600 = 6900.

Kitab Samuel menyorot 'mandur kepala',
Para mandur kepala tidak hanya mengawasi, tapi juga mengepalai.

Kitab Tawarikh menyorot 'mandur' yang tugasnya mengawasi pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:03:49 PM
Reply #55
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?
a. 2.000 bat air (I Raja-raja 7:26).
b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5).

1 Raj 7:26
Tebal "laut" itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. "Laut" itu dapat memuat dua ribu bat air.

2 Taw 4:5
Tebal "laut" itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. "Laut" itu dapat memuat tiga ribu bat air.


Terjemahan literal :

1 Raj 7:26
And it [was] an hand breadth thick, and the brim thereof was wrought like the brim of a cup, with flowers of lilies: it contained two thousand baths.

2 Taw 4:5
And the thickness of it [was] an handbreadth, and the brim of it like the work of the brim of a cup, with flowers of lilies; [and] it received and held three thousand baths


Jadi,
Di Bait Suci buatan Salomo,
Laut itu memuat 2000 bat air,
Tetapi kapasitas maksimumnya adalah 3000 bat air.
Karna dalam prakteknya memang Laut tidak diisi sepenuh-penuhnya.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 13, 2009, 09:04:22 PM
Reply #56
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam pedalanan ?
a. Ya, boleh ! (Markus 6: 7-9).
b. Tidak, tidak boleh!! (Matius 10: 9- 1 0, Lukas 9: 1-3).

Mrk 6: 8
dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan,

Mat 10:10   
Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

Luk 9:3   
kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.


Bolehkah membawa kasut?
Tidak boleh.
Tapi tentu saja para rasul harus memakai kasut.

Bolehkah membawa baju?
Tidak boleh.
Tapi tentu saja para rasul harus memakai baju.

Bolehkah membawa tongkat?
Tidak.
Tapi bagi yang butuh memakai tongkat,
Silakan gunakan sesuai keperluan.

Para rasul pada waktu itu masih berusia muda shg pada dasarnya tidak butuh membawa tongkat. Itulah mengapa Yesus katakan bahwa mreka tidak perlu membawanya.
Tongkat hanya boleh digunakan apabila sangat diperlukan.

Kata2 yg digunakan di dalam Markus 6:8 dlm terjemahan literal mengindikasikan bahwa ijin membawa tongkat bukanlah keharusan ttp hanya apabila dibutuhkan.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
June 14, 2009, 04:24:22 PM
Reply #57
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Jam berapa YESUS disalibkan?
a. Jam sembilan (Markus 15:25)
b. Jam 12 YESUS belum disalibkan (Yohanes 19:14)

Markus 15:25,
"Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan."

Yohanes 19:14,
"Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: 'Inilah rajamu!'"


Untuk memahami ini,
Kita perlu melihat translit dari bhs Yunaninya.

Mrk 15:25
Hari jam sembilan ketika Ia disalibkan.


ên (waktu itu) de (adapun) hôra (jam) tritê (ketiga) kai (dan) estaurôsan (mereka menyalibkan) auton (Dia)

Jd dari translit bhs Yunani,
Kita temukan kata 'jam ketiga' (LAI mnerjemahkannya jam sembilan).

Yoh 19:14
Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!"


ên (waktu itu) de (adapun) paraskeuê (hari persiapan) tou paskha (paskah) hôra (jam) de (adalah) hôsei (kira-kira) hektê (ke-enam) kai (dan/lalu) legei (ia berkata) tois ioudaiois (kepada orang-orang Yahudi) ide (inilah) ho basileus (Raja) humôn (kalian)

Dari translit bhs Yunani kita temukan kata :
Jam keenam (LAI mnerjemahkannya jam dua belas).

Bgaimana kita mhubungkan antara 'jam ketiga' dengan 'jam keenam'?

-------

Orang Yahudi menghitung hari selama 12 jam dan malam selama 12 jam (dibagi menjadi 4 bagian jam malam).
Hari dimulai sejak matahari terbit, sedangkan malam dimulai sejak matahari terbenam.

Jam ke- 1, jam 07:00 pagi
Jam ke- 2, jam 08:00 pagi
Jam ke- 3, jam 09:00 pagi
Jam ke- 4, jam 10:00 pagi
Jam ke- 5, jam 11:00 pagi
Jam ke- 6, jam 12:00 siang
Jam ke- 7, jam 13:00 siang
Jam ke- 8, jam 14:00 siang
Jam ke- 9, jam 15:00 sore
Jam ke-10, jam 16:00 sore
Jam ke-11, jam 17:00 sore

Matius, Markus, dan Lukas menggunakan perhitungan Yahudi,
Sedangkan Yohanes menggunakan perhitungan Romawi.

--------

Pd saat Yohanes menulis 'jam keenam',
Yg dmaksud Yohanes adalah jam 6 sbagaimana jam Romawi.

Sdangkan Matius, Markus dan Lukas menggunakan 'jam ketiga' menurut perhitungan waktu Yahudi,
Yakni jam 9 pagi (mnrt waktu Romawi).

--------

Jd dg mengetahui perbedaan standar waktu yg dgunakan,
Maka Yohanes mngatakan bhw YESUS dserahkan Pilatus pada jam 6 (waktu Romawi), lalu Matius, Markus dan Lukas berkata bhw YESUS dsalibkan pd jam ketiga (jam 9 pagi waktu Romawi).

Jika diselidiki lebih lanjut Injil Yohanes, maka orang akan mengetahui bahwa Injil itu ditujukan kepada pembaca Romawi, oleh karena itu Yohanes menggunakan perhitungan waktu Romawi.

« Last Edit: December 18, 2009, 02:34:00 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 07, 2009, 06:37:36 PM
Reply #58
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah yang Yudas lakukan dengan uang 30 keping perak?
a. Melemparkannya pada para imam (Mat 27:5)
b. Membeli tanah (Kis 1:18)

Pertanyaan ini akan digabung dengan :

Quote
Siapakah yang membeli Tanah Darah?
a. Para imam (Mat 27:7)
b. Yudas (Kis 1:18)

Quote
Dengan cara apakah Yudas mati?
a. Gantung diri (Mat 27:5)
b. Jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah (Kis 1:18)

Quote
Mengapa Tanah Tukang Periuk disebut Tanah Darah?
a. Karena dibeli dg uang darah (Mat 27:7-8)
b. Karena Yudas mati disana (Kis 1:19)

Mat 27:3-8
Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Dia, melihat, bahwa Yesus telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia. Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua,
dan berkata: "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah." Tetapi jawab mereka: "Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!"
Maka iapun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.
Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: "Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah."
Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.
Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.


Kis 1:18-19
--Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.
Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri "Hakal-Dama", artinya Tanah Darah--.


Mana yg benar?
Dua-duanya benar.

Alkitab tidak memberikan kita narasi lengkap thd proses kematian Yudas.
Namun beberapa fakta dkemukakan Alkitab utk kita jadikan panduan.

1. Uang yg dikembalikan Yudas adl uang hasil menjual manusia.

Uang itu tidaklah halal utk dgunakan oleh para imam.
Karena itu, para imam memutuskan utk membeli tanah tukang periuk.
Para imam membeli tanah tsb atas nama Yudas krn itu adl uang Yudas.

2. Kata 'membeli' di Kis 1:18 bisa berarti :
'Memiliki'
'Mendapat'
'Memperoleh'

Kis 1:18 tidak perlu diartikan bhw Yudas secara aktif membeli, tp bisa juga Yudas membeli scr tidak langsung shg ia adl pemilik yg sah.

Dalam hal ini, tanah tukang periuk dibeli oleh para imam atas nama Yudas shg Yudas-lah pemilik sah tanah tsb.

3. Dkatakan dlm Kis 1:18 bhw Yudas jatuh tertelungkup dengan perut terbelah.

Jatuh itu pasti dari atas.
Tradisi mengatakan bhw Yudas menggantung diri di pinggiran tebing di lembah Hinom, kmudian jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah.

4. Mengapa para imam membeli tanah tukang periuk?
Apakah para imam membeli tanah tsb atas alasan investasi ataukah para imam memang berniat membuat pekuburan?

Uang 30 keping perak adl uang haram shg mustahil uangnya dgunakan para imam utk berinvestasi.
Juga tidak masuk akal membeli tanah tukang periuk utk tujuan pekuburan.
Sebelum menjadi pekuburan, tanah tukang periuk mjd tempat para tukang periuk utk mengambil tanah.
Krn itu, mengambil tanah tsb utk djadikan pekuburan akan mnutup rejeki pada tukang periuk.

Lalu apa alasannya tanah tukang periuk djadikan pekuburan?
Krn Yudas mati disana.

Yudas menggantung diri di suatu tempat di lembah Hinom.
Krn Yudas gantung diri dan mati dsana, maka tanah tsb mjd najis.
Para tukang periuk tidak akan menggunakannya lagi shg para imam membelinya atas nama Yudas (yg mati dsana) dan mjadikannya tempat pekuburan orang asing.

---------

Ksimpulan :

Setelah Yudas melempar uang 30 keping perak di Bait Allah,
Maka Yudas pergi ke suatu tempat di lembah Hinom dan menggantung diri.
Yudas jatuh tertelungkup dan perutnya terbelah keluar (ada wilayah di lembah Hinom yg agak berbukit).

Setelah tanah itu najis, maka para imam berunding dan membelinya dengan uang 30 keping perak milik Yudas,
Shg Yudas adl pemilik (pembeli tak langsung) dr tanah tsb.

Krn Yudas mati dsana dan tanahnya dbeli dg uang darah,
Maka tanah itu dnamakan 'Tanah Darah'.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 07, 2009, 06:56:21 PM
Reply #59
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6337
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Manakah yang benar?
a. Kedua penyamun tetap mengolok-olok Yesus (Mat 27:44)
b. Salah satu penyamun bertobat (Luk 23:39-43)

Mat 27:44
Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga.

Luk 23:39-43
Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


Untuk memahami ayat ini,
Kita perlu melihat konteks waktu yg djelaskan oleh Matius dan Lukas.

Kita tau bhw Yesus dsalibkan pd jam 9 pagi.

Perhatikan konteks waktu dari Matius :

Mat 27:35-44
Sesudah menyalibkan Dia mereka membagi-bagi pakaian-Nya dengan membuang undi.
Lalu mereka duduk di situ menjaga Dia.
Dan di atas kepala-Nya terpasang tulisan yang menyebut alasan mengapa Ia dihukum: "Inilah Yesus Raja orang Yahudi."
Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya.
Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala,
mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!"
Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata:
"Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya.
Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah."
Bahkan penyamun-penyamun yang disalibkan bersama-sama dengan Dia mencela-Nya demikian juga.


Segera setelah Yesus dsalibkan (jam 9),
Para prajurit, para imam dan orang-orang yg lewat mengolok serta mencelaNya.
Demikian juga tentunya kedua penyamun ikut menghinaNya.

Maka konteks waktu Matius adl segera setelah Yesus dsalibkan,
Kedua penyamun menghinaNya.

---------

Mari kita phatikan konteks waktu Lukas.

Luk 23:40-44
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."
Ketika itu hari sudah kira-kira jam dua belas, lalu kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga,


Simak kata yg di-bold.

Dialog pertobatan dari salah satu penyamun dengan Yesus terjadi kapan?
Terjadi pada kira-kira jam 12 siang.

--------

Ada jeda waktu yg panjang antara jam 9 hingga jam 12.
Banyak hal bisa terjadi selama rentang 3 jam tsb.

Pada awalnya,
Kedua penyamun menghina Yesus.

Tapi pada kira-kira jam 12 siang,
Salah satu penyamun bertobat dan berbalik percaya pd Yesus.


Matius, Markus dan Yohanes tidak mengatakan bhw hingga jam 12 maupun selewat jam 12 kedua penyamun tetap menghina Yesus,
Shg apa yg dtulis Lukas tidak kontradiktif thd tulisan Injil lainnya.
« Last Edit: December 07, 2009, 06:59:28 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)