Author Topic: Tanggapan Atas Tuduhan Kontradiksi Alkitab  (Read 40239 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 07, 2009, 07:23:04 PM
Reply #60
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Mana yang benar?
a. Perwira sendiri yang datang berbicara kpd Yesus memohon kesembuhan bagi hambanya (Luk 7:1-10)
b. Perwira mengutus tua-tua Yahudi dan sahabat-sabahatnya berbicara kpd Yesus memohon kesembuhan bagi hambanya (Mat 8:5-13)

Mat 8:5-13 Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya:
"Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita."
Yesus berkata kepadanya: "Aku akan datang menyembuhkannya."
Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.

Luk 7:1-10
Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah Ia ke Kapernaum.
Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati.
Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya.
Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong,
sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami."
Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: "Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku;
sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.


--------

Untuk memahami ini,
Kita perlu melihat sebuah konteks :

Luk 7:9-10
Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.


Coba kita bandingkan dengan :

Mat 8:13
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.


Apakah kita bisa menangkap dinamikanya?

Di dalam Kitab Lukas,
Para sahabat itu datang pd Yesus,
Lalu diminta Yesus utk kembali ke tempat si perwira.
Setelah mreka pulang,
Mreka temukan bhw si hamba sudah sembuh.

Pertanyaannya,
Kapan persisnya Yesus mnyembuhkan si hamba?

Kitab Matius-lah yg mjelaskannya.

Mat 8:13
Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: "Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." Maka pada saat itu juga sembuhlah hambanya.


Hamba itu sembuh pd saat Yesus berbicara kpd si perwira dan hal itu tjd pd saat para sahabat sedang menuju pulang ke rumah si perwira.

Klop bukan?

--------

Kesimpulan :

Perwira itu memohon para tua-tua utk datang btemu Yesus agar menyembuhkan hambanya.
Yesus menyanggupi dan datang ke rumah si perwira.

Perwira itu kemudian mengutus para sahabatnya utk memohon agar Yesus tidak perlu repot datang sampai rumahnya,
Mlainkan cukup bersabda saja dari kejauhan.

Di saat ini Yesus meminta para sahabat perwira itu untuk kembali ke rumah si perwira.
Yesus pd waktu ini belum mengucapkan kata-kata penyembuhan mlainkan mngucapkan pujian atas iman si perwira.

Tampaknya disini Yesus tetap berusaha menuju rumah si perwira utk bertemu langsung dengannya.
Hal ini wajar krn si perwira telah mnunjukkan iman yang besar.

Kmudian si perwira itu sendiri datang menjumpai Yesus dan mengucapkan permohonan agar Yesus cukup berfirman dari jauh.

Di sini Yesus kembali (utk kedua kalinya) memuji iman si perwira dengan menambahkan :

Mat 8:11-12
Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.


Setelah bertemu langsung dengan si perwira, maka Yesus mengucapkan kata kesembuhan dan seketika itu juga hambanya sembuh.

Para sahabat yg sudah kembali pulang menemukan hamba si perwira telah sembuh.
« Last Edit: December 09, 2009, 06:16:25 PM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 08, 2009, 05:51:37 PM
Reply #61
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Manakah silsilah yang benar?
a. Silsilah Matius yg mnyatakan bhw Yusuf adl anah Yakub (Mat 1:16)
b. Silsilah Lukas yg mnyatakan bhw Yusuf adl anak Eli (Luk 3:23)

Mat 1:16
Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

Luk 3:23
Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli


Dua-duanya benar.

Mari kita melihat rujukan dari Talmud.

Quote
Chagiga, fol. 77. 4.
(Chagiga/ Hagigah termasuk salah satu 'MASEKHTOT' atau traktat dalam Talmud)

By the horrible malice, in the words, you may know who is meant: however, this we gain by it, that by their own confession, Mary is the daughter of Eli; which accords with this genealogy of the evangelist, who traces it from Mary, under her husband Joseph; though she is not mentioned, because of a rule with the Jews.

Maria adl putri dari Eli.

Artinya,
Yusuf adl anak menantu dari Eli.

Anak menantu dapat dianggap sama spt anak sendiri.

-------

Silsilah Matius diangkat dari garis Yusuf (ayah Yesus),
Sdangkan silsilah Lukas diangkat dari garis Maria (ibu Yesus).

Scr konsisten,
Lukas tidak menuliskan nama 'Maria' sebab silsilah Yahudi selalu dimulai dari laki-laki.

Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 08, 2009, 05:52:03 PM
Reply #62
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Keturunan dari manakah Yesus itu?
a. Dari Salomo bin Daud (Mat 1:6)
b. Dari Natan bin Daud (Luk 3:31)

Mat 1:6
Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria

Luk 3:31
anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud


Keduanya benar.

Yusuf adalah keturunan Daud dari garis Salomo bin Daud,
Maria adalah keturunan Daud dari garis Natan bin Daud.

Secara hukum Yesus adl keturunan Daud,
Secara biologis Yesus juga adl keturunan Daud.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 09, 2009, 07:14:58 PM
Reply #63
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Apakah Yesus sama dengan Lucifer berdasarkan hubungan kedua ayat ini?
a. Bintang Timur adalah Lucifer (Yes 14:12)
b. Yesus adalah Bintang Timur (Why 22:16)

Yes 14:12
"Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar (bahasa Ibrani = Heylel ben Shakhar), engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!


Why 22:16
"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."


Kedua ayat tsb sama-sama memasukkan kata 'Bintang Timur'.
Apakah dg dmikian Yesus sama dengan Iblis?

Pertanyaan ini harus dibahas dlm kerangka 'konteks'.

--------

Beberapa kalangan gereja menafsirkan Iblis sbg mantan malaikat bernama Lucifer.
Dari manakah tafsiran ini muncul?

Dari beberapa versi Alkitab diantaranya King James Version.
Mari kita tengok ayatnya :

Isa 14:16 (KJV)
How art thou fallen from heaven, O Lucifer, son of the morning! how art thou cut down to the ground, which didst weaken the nations!


Jerome dlm Vulgate (utk Yes 14:16) menerjemahkan Heylel (bahasa Ibrani) menjadi Lucifer (bahasa Latin).

Heylel (bahasa Ibrani) memiliki bbrp arti,
Kata 'Heylel' itu originate dari 'Halal' yg berarti 'Terpuji' atau 'Bersinar' atau 'Mulia'.
Tetapi makna yg sesuai dengan konteks Yes 14:16 adalah 'Terang' atau 'Bersinar'.

Sdangkan 'Lucifer' (bahasa Latin) memiliki arti 'Pembawa Terang'.

Nah,
Heylel dan Lucifer dapat dikatakan mempunyai arti yg sepadan,
Yaitu sbg benda yg membawa terang.

Dlm Yes 14:16,
Dkatakan bhw yg jatuh ke bumi adl 'Heylel ben Shakhar',
Yg artinya 'Terang putera Fajar'.

Dlm konteks astronomi,
Terang yg mendahului fajar adl Bintang Timur (yg kita kenal sbg Planet Venus).

Maka LAI menerjemahkan 'Heylel' itu sbg Bintang Timur.

--------

Nah,
Dlm konteks harafiah,
Apakah 'bintang timur' sudah pasti sama dg 'Iblis'?

Jika saya memandang ke angkasa, lalu melihat 'bintang timur' (planet Venus),
Apakah dg bgitu saya sedang melihat Iblis?

Tentu tidak.

Jika saya menyanyi tentang 'bintang kejora' (sbutan lain dari 'bintang timur'),
Maka saya sedang menyanyi tentang kemuliaan Iblis?

Tentu tidak.

--------

Dalam memaknai sesuatu,
Kita perlu melihat konteksnya.

Tidak semua 'heylel' dapat ditafsirkan sbg 'Iblis'.
Tidak semua 'lucifer' serta-merta berarti 'Iblis'.

Kata 'heylel ben shakhar' hanyalah simbolik saja.
Simbol itu berarti kemuliaan dari Iblis itu ibarat bintang timur yang mendahului fajar.

Tp Bintang Timur alias Planet Venus itu tentu bukan Iblis.
Iblis adl roh sdangkan Bintang Timur adl planet di tata surya kita.

--------

Kata 'Helyel' dan 'Lucifer' pun tidak selalu berarti (menunjuk) kpd Iblis.

Hak 12:13
Sesudah dia, maka Abdon bin Hilel (bahasa Ibrani = Hiylel yg juga originate dr kata 'Halal' yg berarti 'Terpuji'), orang Piraton, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.


Dg melihat bhw kata 'Hilel' di atas sepadang dg kata 'Halal' yg juga adl pembentuk 'Heylel',
Maka apakah kita bs mnyimpulkan bhw Abdon adl anak dari Iblis (semata krn kesepadanan Hillel - Halal - Heylel)?

Tentu tidak.
Konteksnya beda.

Contoh lain :

Ayub 11:17
Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari


Terjemahan Latin :

et quasi meridianus fulgor consurget tibi ad vesperam et cum te consumptum putaveris orieris ut lucifer

Jika kata 'Lucifer' harus selalu merujuk pd 'Iblis',
Apakah dg bgitu Ayub 11:17 menyumpahi agar kehidupan orang benar utk mjd sama nasibnya spt Iblis?

Tentu tidak.
Konteksnya beda.

--------

Demikian juga ketika Yesus bkata bhw DiriNya adl Bintang Timur,
Konteksnya beda dg ucapan di Yes 14:16.

Apakah konteks dari ucapan Yesus itu?

Mari kita lihat apa kata Matius :

Mat 2:2,9
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."  
Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.


Saat para majus datang menyembah Yesus,
Mreka melihat bintang di timur yang menuntun mreka ke tempat Yesus berada.

Bintang itulah yg mjd konteks ucapan Yesus mengenai DiriNya.
Apakah bintang ini adl planet Venus?

Tentu bukan.

Bintang itu bukanlah planet Venus yg dlihat stiap pagi.
Bintang itu bgitu unik, berbeda dan menonjol shg para Majus dapat menyimpulkan bhw bintang itu adl tanda kelahiran Raja Israel.

Demikian juga Bintang Timur ini bukan 'Heylel ben Shakhar' dlm Yes 14:16.

--------

Yesus bukanlah bintang timur yang dipecahkan dan jatuh ke bumi.
Yesus adalah bintang di timur yang menjadi tanda kedatangan Raja Kemuliaan.


« Last Edit: December 10, 2009, 11:11:57 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 10, 2009, 07:38:05 PM
Reply #64
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Siapakah Imam Besar pd saat Daud masuk Rumah Allah dan memakan roti sajian?
a. Ahimelekh (1 Sam 21:1-2)
b. Abyatar (Mrk 2:26 - menurut penuturan Yesus)

Mrk. 2:26
bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu--yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam--dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya?


1 Sam 21:1-2
Sampailah Daud ke Nob kepada Ahimelekh, imam itu. Dengan gemetar Ahimelekh pergi menemui Daud dan berkata kepadanya: "Mengapa engkau seorang diri dan tidak ada orang bersama-sama dengan engkau?"
Jawab Daud kepada imam Ahimelekh: "Raja menugaskan sesuatu kepadaku, katanya kepadaku: Siapa pun juga tidak boleh mengetahui sesuatu dari hal yang kusuruh kepadamu dan yang kutugaskan kepadamu ini. Sebab itu orang-orangku telah kusuruh pergi ke suatu tempat.


--------

Mari kita lihat lagi dengan teliti apa kata 1 Sam 21:1

Sampailah Daud ke Nob kepada Ahimelekh, imam itu. Dengan gemetar Ahimelekh pergi menemui Daud dan berkata kepadanya: "Mengapa engkau seorang diri dan tidak ada orang bersama-sama dengan engkau?

Siapakah Ahimelekh itu?
Ternyata 1 Sam 21:1 menuliskan bhw Ahimelekh adalah Imam.

Kita tau bhw dalam struktur agama Yahudi,
Imam Besar memegang kekuasaan tertinggi sedangkan Imam berada di bawah Imam Besar.

-------

Pertanyaannya :
Bisakah Abyatar menjadi Imam Besar sedangkan Ahimelekh (ayahnya) masih hidup?

Sangat bisa.

Bila seorang Imam Besar masih hidup namun sudah tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai Imam Besar,
Maka anaknya / pewarisnya yang akan bertindak sebagai Imam Besar.

Dalam peraturan Yahudi,
Apabila seorang anak Imam Besar menjadi deputy dari Imam Besar (melaksanakan tugas Imam Besar),
Maka si anak itu juga akan disebut Imam Besar.

Quote
“the son of an high priest, who is deputed by his father in his stead, הרי כהן גדול אמור, “lo! he is called an high priest”.”
Siphra, fol. 17. 2. apud Kidder’s Demonstration of the Messiah, par. 2. p. 73.

Jadi sangat mungkin pd waktu itu Abyatar telah memegang tugas-tugas Imam Besar ketika ayahnya Ahimelekh masih hidup sehingga Abyatar juga menjabat Imam Besar.

--------

Praktek serupa terjadi di jaman Yesus :

Yoh. 18:13
Lalu mereka membawa-Nya mula-mula kepada Hanas, karena Hanas adalah mertua Kayafas, yang pada tahun itu menjadi Imam Besar


Jadi pd waktu itu Kayafas yang menjadi Imam Besar,
Tp Hanas (mertua Kayafas) masih hidup dan Hanas adalah mantan Imam Besar.

Walau Kayafas secara de jure adl Imam Besar,
Namun kewibawaan Hanas sebagai mantan Imam Besar belumlah pudar.

Dlm peradilan thd Yesus,
Yesus dbawa terlebih dahulu kpd Hanas, baru kepada Kayafas.

Jadi bukan mustahil bahwa seorang anak menjadi Imam Besar pd saat ayahnya masih hidup,

Apa yg dtulis di Kitab Markus justru menjelaskan pd kita bahwa Abyatar telah menjalankan tugas sbg Imam Besar dan menjadi Imam Besar saat Ahimelekh masih hidup.
« Last Edit: December 11, 2009, 08:20:46 AM by Siip »
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
December 18, 2009, 03:26:09 AM
Reply #65
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6347
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Quote
Kapankah YESUS bangkit?
a. Pada hari ketiga (Mat 16:21)
b. Sesudah tiga hari (Mrk 8:31)
c. Sesudah tiga hari tiga malam (Mat 12:40)

Ayat yg mngatakan 'pada hari ketiga' :

Mat. 16:21   
Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Mat. 17:23   
dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan." Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.

Mat. 20:19   
Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."

Luk. 9:22   
Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Luk. 18:33   
dan mereka menyesah dan membunuh Dia, dan pada hari ketiga Ia akan bangkit."

Luk. 24:7   
yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga."


Ayat yg mngatakan 'sesudah tiga hari' :

Mrk. 8:31   
Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.

Mrk. 9:31   
sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit."

Mrk. 10:34   
dan Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit."


Ayat yg mngatakan 'tiga hari tiga malam' :

Mat. 12:40   
Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.


-------

Tidak ada masalah antara bangkit sesudah tiga hari dengan mati selama tiga hari tiga malam karena kedua pernyataan tsb saling menunjang.

Dg kata lain,
Karena Yesus mati selama tiga hari tiga malam, maka Ia bangkit sesudah tiga hari.

Yang jadi psoalan adl adanya pnyataan Yesus bahwa Ia akan bangkit pada hari ketiga.
Sekilas terkesanlah suatu kontradiksi antara 'pada hari ketiga' dengan 'sesudah tiga hari'.

--------

Menarik sekali jika kita melihat pada Injil Matius dimana ketiga ukuran waktu tsb dgunakan dlm 1 kitab yg sama.

Mari kita simak ayat-ayat ini :

Mat. 20:19   
Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.

Mat. 12:40   
Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.


Kita lihat bhw di satu ksempatan Yesus berkata bhw Ia akan ada di rahim bumi selama tiga hari tiga malam,
Namun di ksempatan lain Yesus berkata bhw Ia akan bangkit pada hari ketiga.

Apakah Yesus keliru dan alpa?

Marilah kita perhatikan dg seksama ayat ini (yg juga ada di Injil Matius) :

Mat 27:62-64   
Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus,
dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.

Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."


Nah loh!!!

Coba kita telaah dg hati-hati apa yg dsampaikan para imam kpd Pilatus.

Para imam membuka topik dg mngatakan :
Yesus berkata bhw Ia akan bangkit sesudah tiga hari.

Tp kmdn para imam berkata lagi :
Jagalah kubur Yesus sampai hari yang ketiga.

Knp bisa bgini?
Apakah para imam bodoh dan Pilatus juga bodoh?

Tentu tidak.

Lalu mengapa para imam memperingatkan Paulus bhw Yesus akan bangkit sesudah tiga hari namun meminta Pilatus menjaga kubur itu hanya sampai hari ketiga.

Bukankah akan lebih logis bila para imam meminta Pilatus menjaga kubur Yesus sampai hari keempat (sesudah tiga hari sesuai janji kebangkitan Yesus)?

Fenomena apakah ini?

--------

Yesus pernah berkata :

Yoh. 11:9   
Jawab Yesus: "Bukankah ada dua belas jam dalam satu hari? Siapa yang berjalan pada siang hari, kakinya tidak terantuk, karena ia melihat terang dunia ini.


Saat ini kita mengenal bhw 1 hari terdiri dari 24 jam.
Tp org Yahudi pada masa itu masih membagi 1 hari dalam 12 jam,
Yakni satu hari dari matahari terbit hingga matahari terbenam,
Kemudian hari berikutnya adalah dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Phatikan pembicaraan para imam kepada Pilatus :

Mat 27:62-63   
Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus,
dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.


Konteks dari ucapan di atas adalah konteks perhitungan Yahudi,
Yaitu 12 jam.

Yesus mati di hari Jumat dan bangkit di hari Minggu.

Jumat sore - Sabtu pagi     -----> 1 hari
Sabtu pagi - Sabtu sore     -----> 1 hari
Sabtu sore - Minggu pagi    -----> 1 hari
Minggu pagi Yesus bangkit  -----> sesudah 3 hari

Ini sudah dikalkulasi oleh para imam.
Jangan lupa bhw yg bicara ini adl para imam yg menentang Yesus.

Ayat 64
Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."


Inilah konteks untuk Pilatus.
Pilatus menggunakan standar perhitungan hari mnrt Romawi,
Yakni 24 jam.

Para imam telah menghitung dg akurat dan bkata pd Pilatus :
Jagalah kuburnya hingga hari ketiga.

Hari Jumat -----> hari pertama
Hari Sabtu -----> hari kedua
Hari Minggu ----> hari ketiga

Demikianlah tidak ada kontradiksi antara perkataan 'sesudah tiga hari' dengan 'pada hari ketiga'.

Yesus mengucapkannya sdemikian rupa shg bahkan para imam (yg mnentangnya) paham pada apa yg Yesus maksudkan.

------

Bagaimana dg terminologi 3 hari 3 malam?

Terminologi 3 hari 3 malam dalam konteks orang Yahudi sifatnya adalah ungkapan.
Bagi orang Yahudi, ungkapan 3 hari 3 malam tidak harus berarti eksak 72 jam.

Dalam konteks ungkapan Yahudi,
1/2 hari sudah dapat dianggap 1 hari penuh.
Bgitu juga 1/3 maupun 2/3 hari sudah dapat dianggap 1 hari penuh.

Marilah kita lihat contoh catatan PL :

Est 4:15-16   
Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai:
"Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."


Ester meminta orang Israel berpuasa 3 hari 3 malam.

Lalu kapan Ester menghadap raja?

Est 5:1   
Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu.


Ternyata Ester datang mhadap raja pada hari ketiga.

Lalu buat apakah Ester meminta orang Israel puasa 3 hari 3 malam sdangkan ia sudah mhadap raja pada hari ketiga?

Jelaskan bhw ungkapan 3 hari 3 malam tidak harus berarti 72 jam.
Kapanpun Ester mhadap raja di hari ketiga, itu sudah memenuhi syarat utk dsebut 3 hari 3 malam.

Marilah kita tengok catatan ini :

Quote
Rabbi Eleazar ben Azariah, tenth in the descent from Ezra was very specific:
"A day and a night are an Onah ('a portion of time') and the portion of an Onah is as the whole of it
[J.Talmud, Shabbath 9.3 and b.Talmud, Pesahim 4a]

Walau belum genap 1 hari 1 malam,
Namun perhitungannya sudah dpt dianggap 1 hari penuh dalam konteks Yahudi.

--------

Dmikianlah tidak ada masalah antara 'pada hari ketiga', 'sesudah tiga hari' dan 'tiga hari tiga malam' sepanjang kita mperhatikan konteks budaya Yahudi.

Toh para imam Yahudi berhasil dg tepat memahami maksud perkataan Yesus.

Tuhan Yesus memberkati.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)