Author Topic: Keselamatan Sebelum Tuhan Yesus Ada  (Read 4396 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 18, 2008, 07:25:47 AM
  • ... less of me and more of YOU...
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2466
  • Gender: Female
kita semua tahu pada saat Tuhan Yesus datang menggenapi rencana keselamatan ALLAH, maka kita mengerti dan mendapatkan keselamatan itu...

nah, mungkin ada temen2 yang tau gimana 'nasib' manusia yang hidup sebelum Yesus Kristus datang (secara dulu kan ngga ada namanya agama Kristen... kalo ngga salah adanya agama tauhid deh...)

kalo seperti itu gimana yah? ada referensi di Alkitabnya ngga?
thank you...  :)
all the best for Jesus Christ !!!
March 18, 2008, 11:08:45 AM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor
IMHO Konsepnya sama dengan PB, lewat blood covenant, perjanjian darah.
Aplikasinya sih hewan korban dan hukum Taurat. Tapi pada intinya mereka yang melakukan blood covenant mengerti bahwa dosa mereka hanya bisa ditebus lewat penumpahan darah dari pihak yang tidak bersalah.

Hal ini sudah dinyatakan sebagai jalan keselamatan sejak kejatuhan manusia dalam dosa. Ingat bagaimana ALLAH membuatkan Adam dan Hawa pakaian dari kulit binatang. Tentunya harus ada binatang yang dikorbankan untuk mendapatkan kulitnya dan MENUTUPI ketelanjangan mereka. (Kej 3:21)

Ingat juga kenapa persembahan Kain yaitu hasil tanah tidak diterima, sedangkan persembahan Habel yaitu anak sulung kambing domba diterima Tuhan? (Kej 4:3-5)

Domba atau hewan yang tidak bercacat cela menjadi simbol dari pihak yang harus mati bagi dosa orang yang melakukan korban. Tetapi hal tersebut kemudian diselesaikan oleh Yesus Kristus di kayu salib. Puji Tuhan, sekarang kita tidak perlu lagi potong korban.  :afro:

CMIIW.  :happy0025:
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
March 19, 2008, 06:24:23 PM
Reply #2
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
I will discuss a few things mengenai keselamatan sebelum Tuhan Yesus lahir ke dunia, khususnya mereka yg hidup di jaman Perjanjian Lama...

Keselamatan hanya ada lewat iman dalam Yesus, baik dulu, sekarang sampai selamanya.

Alkitab adalah satu kesatuan. Dan prinsip utama utk mengerti apa yg kitab Perjanjian Lama (PL) ajarkan adalah dengan cara menafsirkan ajaran2 di PL sesuai dengan ajaran yg ditemukan dalam PB.


Banyak org Kristen yg percaya bahwa keselamatan itu berbeda antara PL dan PB, dan mereka percaya bahwa di jaman PL, manusia diselamatkan lewat memberikan korban2 (offerings) atau dgn perbuatan baik (mentaati hukum Taurat).
Hal ini dikarenakan bahwa (menurut mereka ini) saat itu Yesus belum lahir dan belum mati di kayu salib, sehingga tidak mungkin mereka yg hidup seblum masa Yesus bisa menerima keselamatan lewat pengorbanan Tuhan Yesus

Tapi sebenarnya Alkitab hanya mengajarkan bahwa basis keselamatan hanya bisa didapatkan dalam iman kepada Yesus, cuma bedanya, di jaman PL caranya berbeda sebab Yesus belum ada sehingga hukum Taurat diberikan sebagai "bayangan" akan apa yg akan datang

Quote
Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya. (Ibrani 10:1)

Perhatikan ayat Ibrani 10:1 diatas,
penulis kitab Ibrani berkata bahwa 1) hukum Taurat hanya merupakan bayangan dan bukan basis dari keselamatan itu sendiri. Tidak ada satu orgpun yg bisa dibenarkan dgn melakukan hukum Taurat

Mengapa? Karena 2) hukum Taurat mengajarkan manusia utk melakukan persembahan yg diulang2 berkali-kali untuk menghapus dosa mereka, tapi hal itu "tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya"

Di ayat 4 kita membaca penjelasan lebih lanjut,
Quote
Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.

dan juga ayat 8
Quote
Di atas Ia berkata: "Korban dan persembahan, korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau kehendaki dan Engkau tidak berkenan kepadanya" --meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat--.

Jelaslah hukum Taurat tidak bisa menyelamatkan manusia, dan salah satu alasannya lainnya (selain karena korban yg diberikan tidak sempurna) adalah karena tidak ada satu orangpun yg mampu melakukan hukum Taurat dengan sempurna, namun kesempurnaan justru adalah syarat yg Allah berikan buat manusia utk diselamatkan

Kitab Ibrani menjelaskan background hukum Taurat dan membandingkannya dengan pengorbanan Yesus yg sempurna. 

Quote
10. Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
11. Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa
Ayat 10 dikontraskan dgn ayat 11, dimana Yesus menyempurnakan kita "untuk selama-lamanya" sedangkan korban yg dipersembahkan secara berulang-ulang tidak dapat menghapus dosa sama sekali

Lalu sekarang pertanyaannya, bagaimana orang2 di jaman PL bisa diselamatkan?

Why? Jelas di Roma 4, Paulus mengajarkan bahwa Abraham pun diselamatkan oleh iman (justification by faith alone).

Quote
4:2 Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah.
4:3 Sebab apakah dikatakan nas Kitab Suci? "Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran."

Abraham percaya, dan oleh karenanya ia memperoleh keselamatan.

Lalu pertanyaan berikutnya, kepada siapakah dia menaruh imannya untuk memperoleh pembenaran?

Jawabannya diberikan sendiri oleh Tuhan, di Yohanes 8:56
Quote
Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."

Jadi keselamatan tidak berubah baik di PL maupun di PB, bedanya mereka yg di PL melihat ke masa depan, sedangkan kita yg hidup di masa PB melihat kebelakang (pengorbanan Yesus)

Tentu saja mereka yg hidup di PL tidak tahu bahwa nama Mesias mereka adalah Yesus, tapi mereka menaruh pengharapan mereka dalam Yesus, yang mereka tidak kenal namaNya

Jadi hanya ada satu Injil keselamatan yg diajarkan oleh Alkitab, sebab Firman Tuhan adalah satu kesatuan dan selalu konsisten disepanjang masa, yaitu keselamatan manusia hanya bisa didapatkan lewat iman saja (faith alone) dalam Yesus Kristus.
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
March 19, 2008, 09:30:35 PM
Reply #3
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor
^^ Nah ini versi lengkapnya...... he he he....

 :afro:
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
March 20, 2008, 09:04:28 AM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Semua orang, termasuk di PL menantikan datangnya Mesias untuk menyampaikan Injil.

Tidak mungkin Taurat yang mengatur keselamatan atau kebinasaan kekal seseorang. Tidak seorangpun yang bisa sempurna melakukan Taurat dan Taurat sengaja diadakan Tuhan justru agar dunia jatuh di dalam penghukuman. Kalo pake standar Taurat, tidak akan ada orang yang bisa diselamatkan, apalagi korban hewan tidak akan bisa menebus manusia (derajatnya aja udah beda).

Rm. 3:19
Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.

Rm. 4:15
Karena hukum Taurat membangkitkan murka, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran.

Rm. 7:5
Sebab waktu kita masih hidup di dalam daging, hawa nafsu dosa, yang dirangsang oleh hukum Taurat, bekerja dalam anggota-anggota tubuh kita, agar kita berbuah bagi maut.

Lalu orang-orang PL gimana?

Berikutnya yang tertulis di bawah ini adalah tafsiran, bukan doktrin resmi gereja dan juga bukan doktrin populer.
Jadi kudu en perlu en harus diuji lebih lanjut.

Saya ada sebuah pertanyaan,
Sebelum Yesus bangkit dan naik ke Sorga,
Firdaus itu ada dimana?

Mungkin ada yang jawab ada di Sorga.
Bisa jadi, tapi... coba perhatikan ayat ini :

Luk. 23:39 - 43
Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
Lalu ia (penjahat itu) berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Yesus katakan kepada seorang penjahat saat Ia disalib, bahwa hari itu juga (hari yang sama dengan kematian Yesus), si penjahat akan bersama-sama Dia di Firdaus.

Sekarang, ketika Yesus mati, Dia pergi ke mana?

1 Ptr 3:18-20
Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Why. 1:18
dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Kalo ditanya, mayoritas orang akan menjawab bahwa Yesus turun ke alam maut.
Kenapa Ia turun ke sana?
1. Untuk mengambil kunci maut dan Kerajaan Maut, sehingga Iblis ga bisa lagi sembarangan memunculkan arwah ke dunia orang hidup.
2. Untuk memberitakan Injil kepada roh-roh orang mati yang ada dalam penjara (dalam hal ini yang disebut alkitab adalah roh-roh orang yang mati pada jaman air bah).

Tapi kalo disambungkan dengan perkataan Yesus di kayu salib, maka pada hari kematianNya, yaitu pada hari Ia turun ke alam maut, disana juga Ia mengunjungi Firdaus yang 'berada di alam orang mati'.

Lalu apa isi dari Firdaus?
Orang-orang yang menaruh iman percaya kepada datangnya Mesias, termasuk si penjahat yang menaruh iman pada Yesus.

Untuk apa Yesus disana?
Menurut saya, untuk memberitakan Injil dan memindahkan Firdaus ke Sorga karena sekarang Firdaus sudah ada di Sorga.

2 Kor. 12:4
ia (Paulus) tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.

Why. 2:7
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Saya ingat dengan perumpamaan Lazarus dan orang kaya :

Luk 16 : 22-26 & 29
Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.
Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.
Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang.
Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu.

Perumpamaan ini diucapkan sebelum kematianNya, yang berarti Kesaksian Musa dan Para Nabi (Taurat) masih berlaku, jadi ini masih jaman PL.
Dikatakan disana, ada jurang yang tidak terseberangi dan letak dari kediaman Abraham adalah 'jauh di atas', tetapi orang kaya itu masih bisa melihat Abraham dan Lazarus.

Kemudian, alkitab menjelaskan bahwa Injil juga diberitakan kepada roh-roh dalam penjara (hanya memang untuk yang mati di jaman Nuh).

Pertanyaan saya,
Mungkinkah Yesus tidak hanya memberitakan Injil kepada roh orang mati jaman Nuh, tapi juga kepada seluruh orang mati jaman PL (tidak hanya orang Israel yang menaruh iman pada Mesias, tapi juga semua manusia di seluruh dunia)?

1Ptr. 4:6
Itulah sebabnya maka Injil telah ('telah' berarti udah lewat, masa lalu, bukan sekarang) diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

Mungkinkah semua manusia dari jaman PL telah diberitakan Injil sebagaimana kita sekarang oleh Tuhan Yesus saat Ia 3 hari di alam maut?

Nah, ini semua hanya tafsiran saja.
Sekali lagi, hanya tafsiran saja.
Isinya pun tidak mempengaruhi keselamatan kita di jaman PB.

TAPI SAYA PERINGATKAN !!!
HANYA YESUS YANG BISA MEMBERITAKAN INJIL KEPADA ORANG MATI !!!


Manusia tidak bisa memberitakan Injil pada roh orang mati.
Kalo ada manusia yang ingin memberitakan Injil pada roh orang mati, ia harus mengikuti jejak Yesus, yaitu mati dahulu, lalu turun ke alam maut dan beritakanlah Injil di sana.


__________
« Last Edit: March 20, 2008, 09:17:44 AM by Manusia Biasa Saja »
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
March 20, 2008, 11:29:50 AM
Reply #5
  • ... less of me and more of YOU...
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2466
  • Gender: Female
berarti ada beberapa penafsiran yah,
1. berdasarkan korban penghapus dosa
2. berdasarkan kepercayaan/iman
3. berdasarkan kematian Yesus Kristus yang memberitakan Injil saat berada di alam maut

trus aku mau tanya lagi based


Lalu apa isi dari Firdaus?
Orang-orang yang menaruh iman percaya kepada datangnya Mesias, termasuk si penjahat yang menaruh iman pada Yesus.
--------------------------
Why. 2:7
Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

berarti Firdaus itu tadinya letaknya ada di bumi bukan? karena dulu Allah menempatkan adam dan hawa di taman firdaus, dan di sana juga ada pohon buah kehidupan dan pohon buah pengetahuan yang baik dan jahat? CMIIW...
(sori tanyanya melebar tapi bener lagi need info,,, tapi kalo ngga mau bahas tentang Firdaus gpp sih, ntar dibuat lain thread...)

GBU
all the best for Jesus Christ !!!
March 20, 2008, 01:05:20 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
berarti ada beberapa penafsiran yah,
1. berdasarkan korban penghapus dosa
2. berdasarkan kepercayaan/iman
3. berdasarkan kematian Yesus Kristus yang memberitakan Injil saat berada di alam maut
erzet,

penafsiran saya tidak berbeda dngn penafsiran Methuselah Factor. Hanya penekanannya yg mungkin beda

For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
March 20, 2008, 11:09:16 PM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor

Sekarang, ketika Yesus mati, Dia pergi ke mana?

1 Ptr 3:18-20
Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.


Kalo ditanya, mayoritas orang akan menjawab bahwa Yesus turun ke alam maut.
Kenapa Ia turun ke sana?
1. Untuk mengambil kunci maut dan Kerajaan Maut, sehingga Iblis ga bisa lagi sembarangan memunculkan arwah ke dunia orang hidup.
2. Untuk memberitakan Injil kepada roh-roh orang mati yang ada dalam penjara (dalam hal ini yang disebut alkitab adalah roh-roh orang yang mati pada jaman air bah).
1Ptr. 4:6
Itulah sebabnya maka Injil telah ('telah' berarti udah lewat, masa lalu, bukan sekarang) diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

Mungkinkah semua manusia dari jaman PL telah diberitakan Injil sebagaimana kita sekarang oleh Tuhan Yesus saat Ia 3 hari di alam maut?

Nah, ini semua hanya tafsiran saja.
Sekali lagi, hanya tafsiran saja.
Isinya pun tidak mempengaruhi keselamatan kita di jaman PB.

TAPI SAYA PERINGATKAN !!!
HANYA YESUS YANG BISA MEMBERITAKAN INJIL KEPADA ORANG MATI !!!


Manusia tidak bisa memberitakan Injil pada roh orang mati.
Kalo ada manusia yang ingin memberitakan Injil pada roh orang mati, ia harus mengikuti jejak Yesus, yaitu mati dahulu, lalu turun ke alam maut dan beritakanlah Injil di sana.

__________

Ini memang ayat-ayat yang agak 'sulit' tapi khusus untuk 1 Pet 3:18-20 perlu dikaji lebih lanjut.
Dalam versi LAI ditulis (Perhatikan bagian yang ditebalkan)

18. Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
19. dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
20. yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Mari lihat versi KJV
18. For Christ also hath once suffered for sins, the just for the unjust, that he might bring us to God, being put to death in the flesh, but quickened by the Spirit:
19. By which also he went and preached unto the spirits in prison;
20. Which sometime were disobedient, when once the longsuffering of God waited in the days of Noah, while the ark was a preparing, wherein few, that is, eight souls were saved by water.

Versi ISV
18.  For Christ also suffered for sins once for all, an innocent person for the guilty, so that he could bring you to God. He was put to death in the sphere of the flesh but was made alive in the sphere of the spirit,
19.  in which he went and made a proclamation to those imprisoned spirits
20.  who disobeyed long ago in the days of Noah, when God waited patiently while the ark was being built. In it a few, that is, eight persons, were saved by water.

Versi Greek Interlinear (ayat 19 saja)
19. en <1722> {IN} w <3739> {WHICH} kai <2532> {ALSO} toiv <3588> {TO THE} en <1722> {IN} fulakh <5438> {PRISON} pneumasin <4151> {SPIRITS} poreuyeiv <4198> (5679) {HAVING GONE} ekhruxen <2784> (5656) {HE PREACHED, [WHO]}

Kalau kita perhatikan, TIDAK ada satupun dari ayat-ayat non LAI yang menyebutkan bahwa Yesus memberitakan INJIL. Hanya dalam versi LAI saja ada kata-kata Injil, tetapi kalau kita melihat versi-versi lain, termasuk strong numbernya dan versi greek interlinear tidak ditemukan kata Injil atau euaggelizo.

1 Pet 3:18 hanya menyebutkan bahwa Yesus membuat proklamasi kepada roh-roh yang dipenjara sejak zaman Nuh. Proklamasi apa? Tidak disebutkan, tapi belum bisa disimpulkan bahwa Yesus memberitakan injil kepada mereka.

CMIIW.
« Last Edit: March 20, 2008, 11:27:31 PM by Methuselah Factor »
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
March 21, 2008, 08:12:23 AM
Reply #8
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Nah, marilah kita gali lagi versi lain :

1 Ptr 3 : 19 The Message
He went and proclaimed God's salvation to earlier generations who ended up in the prison of judgment

Kata yang digunakan adalah 'kerusso', yang artinya preached, proclaimed. Kata ini biasanya digunakan dalam kaitan dengan pemberitaan Injil. Mungkin inilah sebabnya LAI menerjemahkannya menjadi 'memberitakan Injil".

Memang secara keseluruhan, ayat2 ini tidak begitu saja menyimpulkan mengenai nasib manusia di jaman PL (seluruh manusia).

Makanya ini hanya tafsiran spekulatif saja.

Tapi yang jelas, sifat Allah adalah adil.
Saya selalu berpendapat, Allah memberikan kesempatan yang sama pada semua orang untuk dapat menikmati janjiNya, termasuk mendengar berita Injil karena Taurat tidak akan bisa memberikan keselamatan.

___________
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
April 23, 2008, 03:04:46 PM
Reply #9
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
Saya sajikan dalam bentuk gambar biar lebih mudah dipahami.




1. Keimamatan Lewi

Imam Agung hanya masuk ke Ruang Maha Kudus sekali dalam setahun, yaitu pada hari ke 10 bulan ketujuh (Tishri). Hari itu disebut sebagai Yom Kipur

Kalender Yahudi dimulai pada bulan Nissan (1) sampai pada bulan AdarI/II (12,13).

Sepintas Imam Besar hanya menebus semua dosa dan kesalahan umat Israel dari bulan Nissan - Tishri (hari H).

Kemudian, kapankah dosa umat yang akan terjadi pada bulan Cheshvan - Adar akan ditebus?

Maka dinilah terjadi apa yang disebut :

a. Dosa dibayar/ditebus di belakang
Yaitu semua dosa yang terjadi sejak dari bulan Nissan - Tishri

b. Dosa yang dibayar/ditebus dimuka (pay in advance)
Yaitu dosa umat yang akan terjadi pada bulan Cheshvan - Adar

2. Keimamatan Melkisedek

Yaitu Imam Agung Yesus Kristus

Imamat Lewi melakukan bayangan Imamat Melkisedek dalam skala mikro, maka demikianlah Yesus melakukan penebusan dalam dua cara :

a. Penebusan dosa dibayar di belakang

Yaitu semua dosa yang terjadi sejak Adam dan Hawa ditebus secara real oleh darah Yesus pada saat Yesus naik ke Sorga (masuk Ruang Maha Kudus), menghadap Bapa.

Bukan pada saat disalib.
Penyaliban adalah proses penumbahan darah di pelataran kemah.

b. Penebusan dosa di bayar di muka.

Yaitu semua dosa yang akan terjadi setelah Yesus disalib, temasuk dosa-dosa kita saat ini.


Keselamatan atau penebusan dosa adalah sama : Iman terhadap korban darah Yesus itu sendiri, Sang Domba Paskah.

'Perbedaannya' adalah :

1. Umat PL diselamatkan oleh iman akan korban penebusan anak domba

Iman inilah yang diperhitungkan sebagai kebenaran oleh Tuhan.

Mereka percaya akan korban penebusan itu, namun mereka tidak mengerti atau meyadari bahwa korban itu hanyalah simbol korban Kristus saja.

2. Umat PB diselamatkan oleh ima akan korban penebusan Anak Domba, Yesus Kristus

Iman ini jugalah yang diperhitungkan sebagai kebenaran.


Salam
« Last Edit: April 23, 2008, 03:08:27 PM by moe »
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)