Author Topic: PERJANJIAN BARU, HUKUM TAURAT DAN HUKUM KASIH  (Read 16806 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 19, 2010, 11:20:40 PM
Reply #80
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 490
  • Gender: Female
  • teko ajaib
Kalo pendapat  bro Fernire benar, maka Matius 5:17 dan Roma 3:31 salah.....coba, bro baca dan renungkan...........

ya digenapilah, kalo diilangin, Yesus ga perlu disalib, cukup ngomong: "Saya uda ngampunin kamu, Bapa uda ngga inget lagi sama dosa kamu.. saya datang cuma untuk ngajar Hukum Taurat, nyembuhin orang sakit, ngusir setan orang kesurupan, dan ngbangkitin orang mati." yang mana ga bedanya Yesus dengan nabi2 sebelumnya, coz kerjaan mereka jg begitu.. :)

apalagi kalo Matius 5:17 diartikan seperti demikian, maka Paulus bakal bertentangan ajarannya sama Yesus. Karena Paulus juga ngomong:

Gal 5:4  Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

tapi ga bisa, dosa harus dihukum, Tuhan kita bukan Tuhan yang gampangan terhadap dosa dengan cuma sekedar ngomong, "Oke, cingcay lah, gw Maha Pemaaf ini.."

vice versa lah, selama ada Hukum Taurat, selama itu pula kita perlu Yesus, coz kita harus sempurna dalam menaati Hukum Taurat, bukan cuma ngga melakukan yg dilarang, tapi juga harus melakukan apa yang disuruh.. sebaliknya selama kita di dalam Yesus, Bapa melihat kita sama benarnya seperti Yesus yang sempurna menuruti semua perintah Bapa, termasuk dalam Hukum Taurat :)

that's how precious, our dear Savior's blood cost to set us free, from sin and condemnation..
God loves me with all His heart, all His soul, all His strength, and all His mind.. \(^o^)/
May 20, 2010, 09:55:45 AM
Reply #81
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 99
Wah, bro Santo merasa lebih benar dari penulis kitab Matius yah....Baca sekali lagi Matius 22:34-40 : Hukum mana yang TERUTAMA DALAM HUKUM TAURAT? itu pertanyaan org Farisi, YESUS jawab Hukum Kasih...wah, bro nih mungkin Alkitab nya lain kali....
Untuk bro Fernire....benar sekali pendapat bro....Benar bahwa kebenaran tidak didapat dengan melakukan Taurat !! Keselamatan dan kebenaran hanya didapat karena iman! Yoh 3:16 jelas mengatakan, kita selamat karena iman percaya....Tapi ingat ...bukan berarti keselamatan bro ga bisa diambil kembali! Ingat, Wahyu 22:18-20 mengatakan jangan kurangi dan jangan tambah apa yg ajaran2 Firman Tuhan, Jadi, kita melakukan HT bukan untuk selamat tapi untuk pertahankan keselamatan yg sudah diraih ketika percya agar ga diambil kembali...! Yoh 14:15 juga mengingatkan bila kita mengasihi Dia, maka kita harus menuruti HukumNya. Jadi, ketika percaya padaNya kita sdh dapat selamat, ngapain lagi berharap keselamatan dari HT? Sebaliknya penurutan terhadap HT adalah tanda bahwa kita adalah warga sorga, warga yg sudah diselamatkan, warga yg mengasihi YESUS!
Apakah bila bro masuk gereja, berdoa, beri persembahan, dll adalah usaha untuk selamat ? Tentu, bro jawab tidak, bukan? itu hanyalah usaha untuk menyenangkan Allah karena kita sudah diselamatkan..! Semoga anda paham maksud gw....GBU.
« Last Edit: May 20, 2010, 10:00:19 AM by mardianto »
May 20, 2010, 10:08:42 AM
Reply #82
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Wah, bro Santo merasa lebih benar dari penulis kitab Matius yah....Baca sekali lagi Matius 22:34-40 : Hukum mana yang TERUTAMA DALAM HUKUM TAURAT? itu pertanyaan org Farisi, YESUS jawab Hukum Kasih...wah, bro nih mungkin Alkitab nya lain kali....
Untuk bro Fernire....benar sekali pendapat bro....Benar bahwa kebenaran tidak didapat dengan melakukan Taurat !! Keselamatan dan kebenaran hanya didapat karena iman! Yoh 3:16 jelas mengatakan, kita selamat karena iman percaya....Tapi ingat ...bukan berarti keselamatan bro ga bisa diambil kembali! Ingat, Wahyu 22:18-20 mengatakan jangan kurangi dan jangan tambah apa yg ajaran2 Firman Tuhan, Jadi, kita melakukan HT bukan untuk selamat tapi untuk pertahankan keselamatan yg sudah diraih ketika percya agar ga diambil kembali...! Yoh 14:15 juga mengingatkan bila kita mengasihi Dia, maka kita harus menuruti HukumNya. Jadi, ketika percaya padaNya kita sdh dapat selamat, ngapain lagi berharap keselamatan dari HT? Sebaliknya penurutan terhadap HT adalah tanda bahwa kita adalah warga sorga, warga yg sudah diselamatkan, warga yg mengasihi YESUS!
Apakah bila bro masuk gereja, berdoa, beri persembahan, dll adalah usaha untuk selamat ? Tentu, bro jawab tidak, bukan? itu hanyalah usaha untuk menyenangkan Allah karena kita sudah diselamatkan..! Semoga anda paham maksud gw....GBU.
Yang ditanya oleh orang Farisi adalah memang menanyakan bagian dari hukum Taurat! Tetapi yang dijawab Yesus adalah hakekat/inti/sumber dari hukum Taurat yang mempunyai otoritas lebih tinggi dibanding hukum Taurat. Lihat ayat ini:
Mat 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
Manakah yang bergantung? Hukum Taurat pada hukum Kasih atau Hukum Kasih pada hukum Taurat?

Salam.
May 20, 2010, 10:37:13 AM
Reply #83
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 438
  • Gender: Male
@bro Mardianto,

Sy c7 dgn pendapat anda di mana tegas2 Yesus menyatakan dlm:
Mat. 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Sebagai Rasul/pengikut Yesus yg paling terkenal Paulus menegaskan dlm:
Rm. 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan  hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.

Namun sering ada yg mempergunakan ayat ini:
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera.

Menjadi bahan yg menarik utk kita simak perkataan Paulus ini dlm kitab Efesus dibanding dgn kitab Roma.  Jk dlm Efesus benar, mengapa begitu tdk konsistennya Paulus sbg Rasul berbicara?  Di Roma mengatakan tdk batal tp di Efesus mengatakan batal?

Hal ke 2 yg menarik adalah antara perkataan Paulus di Efesus dgn perkataan Yesus di kitab Matius.  Yesus katakan sebelum lenyap langit dan bumi (sebelum semuanya terjadi) tidak ada hukum Taurat yg batal sekecil apapun, tp dipercaya brg org perkataan Paulus dlm Efesus bahwa Hukum Taurat tlh batal.
Jk dlm Efesus benar, apakah perkataan Paulus memiliki otoritas/kebenaran lebih tinggi dibanding perkataan Yesus?  Jd dgn demikian manakah yg benar?
Klo sy pribadi keDUA-DUAnya BENAR?  Namun akan timbul pertanyaan, bgmana bisa sama2 benar sdgkan substansi pernyataannya berlawanan?  Klo kita simak lebih jauh, tdk berlawanan ttp penafsiran kitalah yg membuat berlawan.
Kita mengaku diri sbg PENGIKUT YESUS (Kristen), maka pertama2 perkataan Yesus-lah yg hrs dipegang dan jk perkataan Paulus yg jd pedoman berarti kita bukan lagi pengikut Yesus tetapi pengikut Paulus (ntah apa sebutannya yg pasti bukan Kristen krn Kristen berarti pengikut Kristus).

GBU.............
May 20, 2010, 10:46:10 AM
Reply #84
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
@bro Mardianto,

Sy c7 dgn pendapat anda di mana tegas2 YESUS menyatakan dlm:
Mat. 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Sebagai Rasul/pengikut YESUS yg paling terkenal Paulus menegaskan dlm:
Rm. 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan  hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.

Namun sering ada yg mempergunakan ayat ini:
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera.

Menjadi bahan yg menarik utk kita simak perkataan Paulus ini dlm kitab Efesus dibanding dgn kitab Roma.  Jk dlm Efesus benar, mengapa begitu tdk konsistennya Paulus sbg Rasul berbicara?  Di Roma mengatakan tdk batal tp di Efesus mengatakan batal?

Hal ke 2 yg menarik adalah antara perkataan Paulus di Efesus dgn perkataan YESUS di kitab Matius.  YESUS katakan sebelum lenyap langit dan bumi (sebelum semuanya terjadi) tidak ada hukum Taurat yg batal sekecil apapun, tp dipercaya brg org perkataan Paulus dlm Efesus bahwa Hukum Taurat tlh batal.
Jk dlm Efesus benar, apakah perkataan Paulus memiliki otoritas/kebenaran lebih tinggi dibanding perkataan YESUS?  Jd dgn demikian manakah yg benar?
Klo sy pribadi keDUA-DUAnya BENAR?  Namun akan timbul pertanyaan, bgmana bisa sama2 benar sdgkan substansi pernyataannya berlawanan?  Klo kita simak lebih jauh, tdk berlawanan ttp penafsiran kitalah yg membuat berlawan.
Kita mengaku diri sbg PENGIKUT YESUS (Kristen), maka pertama2 perkataan YESUS-lah yg hrs dipegang dan jk perkataan Paulus yg jd pedoman berarti kita bukan lagi pengikut YESUS tetapi pengikut Paulus (ntah apa sebutannya yg pasti bukan Kristen krn Kristen berarti pengikut KRISTUS).

GBU.............
Memang yah, Anda itu penyesat. Sekarang Anda mengajak orang untuk meragukan otoritas dan perkataan dari Rasul Paulus.
Memang benar perkataan rasul Paulus untuk Anda:

Galatia 1
1:6. Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Salam.
May 20, 2010, 06:13:12 PM
Reply #85
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 99
Apapun anda katakan, tetap aja Hukum Taurat ga boleh dipisah dgn Hukum Kasih.
Gw ga tau kalo bro tau pelajaran PMP jaman dulu. Ada contoh jelas disana. Pancasila itu terdapat dalam UUD 45(dalam Pembukaan). Seluruh UUD 45, mulai dari Pembukaan, Batang tubuh sampai Penutup dikatakan bergantung pada Pancasila sebab Pancasila adalah jiwa atau inti utama UUD 45. Jadi UUD 45 bergantung pada Pancasila. Di lain pihak, Pancasila tidak bisa dipisah dengan UUD 45. Kalau orang katakan UUD 45 harus dihapus, itu berarti bahwa Pancasila juga dihapus, sebab dalam perundang undangan, kedudukan Pancasila adalah berada dalam kesatuan UUD 45.

Demikian halnya dengan Hukum Taurat. Hukum Kasih adalah inti dan jiwanya Hukum Taurat. Kalau mau hapus Hukum Taurat, terhapus juga Hukum Kasih.

Sama dengan tubuh bro, kalau orang mau bunuh bro, maka jantung yang adalah inti hidupnya bro juga akan mati.

Semoga bro paham.

Soal tuduhan gw sebagai penyesat, itu adalah pandangan bro. Gw lihat ada sifat Yahudi dalam rohnya bro. Kan orang Yahudi  menuduh juga Yesus sebagai pengikut Iblis, menggunakan Beelzebul dalam membuat mujizat.
May 20, 2010, 07:54:04 PM
Reply #86
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Apapun anda katakan, tetap aja Hukum Taurat ga boleh dipisah dgn Hukum Kasih.
Gw ga tau kalo bro tau pelajaran PMP jaman dulu. Ada contoh jelas disana. Pancasila itu terdapat dalam UUD 45(dalam Pembukaan). Seluruh UUD 45, mulai dari Pembukaan, Batang tubuh sampai Penutup dikatakan bergantung pada Pancasila sebab Pancasila adalah jiwa atau inti utama UUD 45. Jadi UUD 45 bergantung pada Pancasila. Di lain pihak, Pancasila tidak bisa dipisah dengan UUD 45. Kalau orang katakan UUD 45 harus dihapus, itu berarti bahwa Pancasila juga dihapus, sebab dalam perundang undangan, kedudukan Pancasila adalah berada dalam kesatuan UUD 45.

Demikian halnya dengan Hukum Taurat. Hukum Kasih adalah inti dan jiwanya Hukum Taurat. Kalau mau hapus Hukum Taurat, terhapus juga Hukum Kasih.

Sama dengan tubuh bro, kalau orang mau bunuh bro, maka jantung yang adalah inti hidupnya bro juga akan mati.

Semoga bro paham.

Soal tuduhan gw sebagai penyesat, itu adalah pandangan bro. Gw lihat ada sifat Yahudi dalam rohnya bro. Kan orang Yahudi  menuduh juga YESUS sebagai pengikut Iblis, menggunakan Beelzebul dalam membuat mujizat.
Saya klarifikasi dulu, saya tidak pernah mengatakan bahwa Anda penyesat! Saya menyatakan untuk orang lain yang berkomentar untuk mengabaikan otoritas dan kebenaran pernyataan Paulus. Jika Anda merasa bagian dari itu, apa boleh buat, Paulus pun tidak ragu2 menuliskan dan mengucapkan kata "orang murtad", "penyesat", "guru palsu", dan terakhir ditambahkan kata kutukan oleh Paulus "terkutuklah dia, yang memberitakan Injil yang berbeda".

Yang seharusnya Anda tahu, sebenarnya Anda-lah orang Farisi tersebut. Adakah teman2 di Forum ini yang melarang Anda tidak makan babi, adakah teman2 di Forum ini yang melarang Anda untuk tidak melaksanakan Sabat, ataukah adakah teman2 di Forum ini yang melarang Anda untuk tidak melakukan hukum Taurat? Justru Anda-lah yang memberikan pandangan penghakiman kepada kami. Siapakah Anda yang berhak menghakimi kami. Paulus sudah jelas2 menulis bagi kami melalui surat Kolese untuk mengabaikan pandangan/penghakiman orang seperti Anda. Jangan dibalik bro, yang mempunyai roh Yahudi, orang Farisi, dan ahli Taurat itu adalah Anda yang mempertahankan tradisi2/legalitas Yahudi dan hukum Taurat, tanpa mengerti kehendak Allah yang sesungguhnya.

Salam.

Tambahan:

Satu hal lagi yang membuktikan betapa bodohnya Anda yang belum paham sejarah! UUD45 pernah diganti tetapi Pancasila tetap menjadi dasar negara. UUD45 diganti menjadi UUDS 1950 saat pemerintahan Bung Karno. Apakah ini yang dijadikan argumen bahwa hukum Taurat tidak berlaku maka hukum kasih yang menjadi dasarnya tidak berlaku. Betapa konyolnya Anda!
« Last Edit: May 20, 2010, 10:50:28 PM by Santo »
May 21, 2010, 07:37:09 AM
Reply #87
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 99
Hahahah orang yang siap diskusi Alkitab, membuktikan Argumennya berdasarkan ayat Alkitab. Tapi orang yang ga bisa lagi berargumentasi dengan dasar yang kuat kebanyakan isi argumennya adalah makian dan tuduhan......Itulah anda.... ;D gw tantang bro, kalo sanggup diskusi tanpa makian n tuduhan...pasti bro ga bisa......iya khan.... :happy0062:
« Last Edit: May 21, 2010, 08:13:58 AM by mardianto »
May 21, 2010, 09:07:21 AM
Reply #88
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 438
  • Gender: Male
@bro mardianto,

Yg dituding penyesat adalah saya dan semua postingan saya di katakan ajaran sesat.
Kelihatan org ini bukan mau membahas KEBENARAN krn dirinya sendiri adalah kebenaran.
Bagai maling teriak maling.  Kebenaran hanya dia pandang dari dirinya sendiri.

INI MUNGKIN TIPE MANUSIA YANG MAU CARI RIBUT, KLO TIDAK ADA MODERATOR YG MENCEGAH PELANGGARAN FORUM INI DGN REPLY POSTINGAN YG TDK PADA ALUR DISKUSI (OOT), MAKA BERARTI FORUM INI SUDAH DIIJINKAN BUAT MEMBUAT KERIBUTAN.  DAN KLO MEMANG ITU YANG TERJADI MAKA SAYA SIAP MELAYANI.  UTK SEMENTARA SAYA COOLING DOWN DULU.

Pengikut/Penyembah YESUS tdk perlu terlalu berkonfrontasi dgn Pengikut/Penyembah Paulus.
Sama seperti ayat yg dia berikan sendiri :
Gal 1:8
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
Dgn ini saja ybs tdk mengerti apa itu Injil tp yg dia ngerti hanya injil.  Maka Paulus mengatakan: kami (semua rasul) dan malaikat akan terkutut jk yg diberitakan adalah injil bukan Injil.  :coolsmiley: :coolsmiley:
May 21, 2010, 10:58:22 AM
Reply #89
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Hahahah orang yang siap diskusi Alkitab, membuktikan Argumennya berdasarkan ayat Alkitab. Tapi orang yang ga bisa lagi berargumentasi dengan dasar yang kuat kebanyakan isi argumennya adalah makian dan tuduhan......Itulah anda.... ;D gw tantang bro, kalo sanggup diskusi tanpa makian n tuduhan...pasti bro ga bisa......iya khan.... :happy0062:
Oh, saya siap kok, namun Alkitab sendiri yang menulis tentang hal2 tersebut terhadap orang yang melarang orang makan dan terhadap orang yang merubah pernyataan Alkitab.

Salam
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)