Author Topic: Perubahan Itu Penting  (Read 1964 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 09, 2009, 08:51:51 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2512
  • Gender: Female
  • ai shi heng jiu ren nai you you en ci
Perubahan merupakan bukanlah suatu hal yang mudah untuk di lakukan, namun fakta yang tidak dapat dipungkiri tentang perubahan adalah “jika tidak ada keinginan untuk berubah maka kita tidak akan berubah”. Keinginan untuk berubah bisa semakin teguh jika terus mengasah kemampuan menilai keyakinan yang benar dan salah.

Menurut Toni Jeary, pelatih para CEO menuturkan ada 3 element agar bisa mengubah cara pandang dan membangkitkan keinginan Yaitu :

   1. Kejelasan
   2. Fokus
   3. Eksekusi

   1. Kejelasan

Termasuk cara melihat keinginan dan memahami tujuan dan nilainya. Cara melihat keinginan ini merupakan pikiran kita dimana ketika kita punya kejelasan tentang apa yang kita inginkan maka akan mempengaruhi cara berpikir kita dan mengapa kita harus memahami tujuan dan nilainya? Karena kita memahami sebab dari sesuatu , maka bagaimana kita mengambil tindakan menjadi jelas. Hasilnya, kita seperti di tarik mendekat oleh cita-cita, bukan kita yang mengejar cita-cita.

   1. Fokus

Kemampuan fokus memperlukan 2 hal yaitu :

-          Kita harus mempunyai kemampuan mengenali dan menghilangkan pengganggu pengelihatan.

Kita harus mempunyai kemampuan mengenali maksudnya adalah kita harus tau impian kita dengan jelas dan spesifik, mengapa? Karena jika kita tidak tau apa itu impian kita,selamanya kita tidak akan mendapatkan impian itu.

Dan mengapa juga mesti kita menghilangkan pengganggu pengelihatan. Di sini di maksud pengganggu pengelihatan adalah “suatu masalah” saat kita menuju ke atas panggung kesuksesan tanggung jawab kita semakin besar dan masalahpun akan bertambah berat, namun disinilah awal dari kenikmatan kita, dimana kita harus bisa mencari solusi dari setiap masalah dan mampu bertanggung jawab akan apa yang kita lakukan.

-          Kita harus mempunyai kemampuan menggunakan waktu secara produktif.

Hidup kita saat ini memang sudah sangat nyaman tapi coba kita bayangkan 5-10 tahun mendatang apa kita bisa nyaman seperti ini? Jawabannya ada pada dalam diri anda sendiri. Apa yang harus kita lakukan agar 5-10 tahun mendatang hidup kita bisa nyaman seperti ini? “Iya”, caranya kita harus keluar dari “zona kenyamanan” kita ini dan kita gunakan untuk bekerja lebih ngotot agar impian kita bisa tercapai dalam kurun waktu yang singkat.

   1. Eksekusi

Yaitu tindakan meramu semua kejelasan dan fokus menjadi strategi dalam kita berkomunikasi, bertindak melebihi harapan, dan mewujudkan visi.

“Keinginan mengubah cara berpikir adalah kunci untuk membuka potensi diri”

Hal yang paling mendasar dalam perubahan itu adalah “keyakinan”. Albert Einstein pernah membirakan batasan orang tidak waras yaitu “Mereka yang melakukan hal sama tetapi meninginkan hasil yang berbeda , jadi jika hidup hanya dari itu ke itu saja namun tidak melakukan sesuatu yang berbeda, jangan bermimpi aka nada perubahan hidup”.

Namun melakukan hal yang berbeda saja tidak cukup bila tidak didasari oleh keyakinan. Untuk membentuk suatu keyakinan tersebut dapat dilakukan dengan membaca buku motivasi, menghadiri seminar, dan bergaul dengan orang-orang yang mendukung impian. Jadi disini dapat disimpulkan dengan belajarpun kita bisa meningkatkan keyakinan kita”.

Selain dengan belajar keyakinan kita juga bisa di tingkatkan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

-          Kita harus mempunyai impian yang spesifik dan jelas.

Mengapa?

karena semakin jelas dan spesifik impian kita,kian besar kemungkinan kita untuk mencapai impian tersebut.

-          Kita harus mengetahui kesengsaraan kita

Otak manusia dirancang untuk menghindari kesengsaraan seperti kelaparan, kemiskinan, hinaan dll.

Mengapa?

Coba kita bayangkan kesengsaraan kita, bagaimana bila kita mendapatkan kesengsaraan tersebut? (jawabannya ada dalam diri kita masing-masing)

Karena dengan kita membayangkan kesengsaraan jelas-jelas, maka keyakinan kita akan semakin bulat untuk keluar dari kesengsaraan itu.

-          Kita harus mengetahui kesenangan kita.

Otak manusia juga dirancang untuk mengetahui kesenangan kita seperti kemewahan, kebabasan, kekayaan dll.

Coba kita bayangkan kesenangan kita, bagaimana bila kita merasakan kesenangan kita?(jawabannya ada dalam diri kita masing-masing). Semakin jelas kesenangan kita, makin kuat keyakinan yang timbul untuk mencapinya.

Mepertahankan keyakinan kita merupakan hal yang sangat sulit, apalagi kita harus mempertahankan keyakinan kita di tengah hinaan,cercaan, ejekan orang lain, dll. Ada 2 reaksi dalam menghadapi hinaan, cercaan, ejekan orang lain, dll adalah “KECEWA” & “TERTANTANG”. Jika kita ingin mempertahankan keyakinan kita maka jawabannya adalah “TERTANTANG” untuk menghadapi hinaan,cercaan, dan ejekan tersebut.

Keyakinan merupakan salah satu kunci awal keberhasialan. Dengan keyakinan yang kuat bukan hal yang mustahil kita bisa berhasil dan sukses. Keyakinan manusia hanya 0% dan 100% (Tidak yakin & yakin), tidak ada 50%, mengapa? Karena jika keyakinan kita hanya 50% untuk melakukan suatu perubahan itu sangat sulit untuk maju dan sulit juga untuk mundur hal ini yang membuat kita tidak mempunyai visi dan misi dalam melakukan suatu hal tersebut dan sangat menghambat langkah kita untuk menuju kesuksesan lebih cepat.

Kekuatan keyakinan, sebagai contoh:

“ada seorang penderita kanker mendapat informasi dari orang lain bahwa makan cicak akan menyembuhkan kanker. Karena penderita kanker sudah tidak punya harapan untuk hidup meskipun sudah mengkonsumsi obat-obatan, akhirnya yakin bahwa hidupnya bisa terselamatkan dari kanker apabila penderita makan cicak. Akhirnya dilakukanlah memakan cicak dan ternyata sembuh”.

Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa secara logika, cicak tidak dapat menyembuhkan kanker. Yang bisa menyembuhkan adalah keyakinan (makan cicak pasti sembuh) dari penderita yang kuat.

Belajarlah dari kesalahan masa lalu

Kebanyakan dari kita menganggap kesalahan masa lalu sebagai batu sandungan. Hanya sedikit dari kita yang mau dan ingin memperbaiki kesalahan tersebut dengan proses dan penuh kesabaran, namun kebanyakan dari kita hanya mengatakan “TRAUMA” dan  tidak ingin lagi memperbaiki kesalahan  masa lalu tersebut. Banyak orang menganggap kesalahan mereka  pada masa lalu adalah kegagalan  dan  mereka tidak ingin melakukan kegagalan  tersebut  untuk kesekian kalinya dalam  hidup mereka, namun hal ini sangat berbanding terbaik dengan paradigma orang-orang sukses, mereka mengatakan “kegagalan itu baik”. Bagi orang-orang sukses kegagalan adalah pembelajaran bagi mereka karena mereka bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

“kebanyakan dari mereka menganggap dirinya telah gagal ! ! !”

Pernyataan orang bodoh apabila menganggap orang-orang yang telah sukses  tidak mengalami kegagalan sekalipun. Orang-orang yang telah sukses merupakan orang-orang yang mengalamai kegagalan  puluhan  kali. Banyak orang sukses mengatakan “tidak ada istilah orang gagal , namun mereka tidak tahan pada prosesnya” .

“Mengapa ada yang sukses & gagal ?”

Setiap orang di dunia ini pasti menginginkan kesuksesan dalam  pribadi masing-masing dan tidak ada yang  menginginkan  kegagalan  dalam  pribadi masing-masing. Semua ingin berada di puncak  kesuksesan , semua berhak meraih kesuksesan tersebut , namun di sini kita lihat perbedaannya mereka yang bertahan dan mereka yang tidak bertahan.

“Orang gagal kelebihan 1 alasan, orang sukses kelebihan 1 solusi” :afro:

   
イエスはあなたは私の人生を変えて
July 09, 2009, 09:26:07 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3136
Kayaknya gw pernah baca artikel ini... ;D
mau mau, engga engga, jangan mau yang engga engga
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)