10 perintah Tuhan Kristen VS Katholik knp beda?

bro and sis…saya mau nanya…mungkin ada yang paham soal ini…kenapa ya 10 perintah Tuhan yang diturunkan oleh Musa, beda antara Kristen dan Katolik?

Versi Katolik

Sepuluh Perintah Allah

Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
Kuduskanlah hari Tuhan
Hormatilah ibu-bapamu
Jangan membunuh
Jangan berzinah
Jangan mencuri
Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
Jangan mengingini istri sesamamu
Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil
Sumber : Puji Syukur no 1
Nihil Obstat : Dr. A.M Sutrisnaatmaka, M.S.F
Imprimatur : BI Pujaraharja

Versi Kristen

** BATU LOH YANG PERTAMA, berisi EMPAT FIRMAN tentang hubungan manusia dengan Tuhan.
  1. Jangan ada illah lain.
  2. Jangan menyembah berhala.
  3. Jangan menyebut nama Tuhan dengan sia-sia.
  4. Ingat dan sucikan hari Sabat.

** BATU LOH YANG KEDUA, berisi ENAM FIRMAN ( fIRMAN YANG KE 5 > 10 ), berisi tentang hubungan manusia dengan manusia.

  1. Hormatilah ayahmu dan ibumu.
  2. Jangan membunuh.
  3. Jangan berzinah.
  4. Jangan mencuri.
  5. Jangan bersaksi dusta.
  6. Jangan ingin memiliki kepunyaan sesamamu manusia.

source:10 PERINTAH ALLAH ( 10 FIRMAN ALLAH ). - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Thanks untuk yang bisa ngasih penjelasan…

saya juga pengen tau

saya ga liat ada perbedaan, tp klo dalam urutan memang berbeda.

iya,maksud saya d urutannya…d link itu bahasnya jd kmn2…sampe bahas bahtera nuh…

Penomeran 10 Firman itu tidak terdapat dalam Alkitab, meski ada yang mempermasalahkan perbedaan nomor dan urutan, hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena Allah sendiri yang memberikan Firman itu tanpa menyebutkan nomor-nomor, yang memberi nomor itu manusia.

Penjelasannya selengkapnya di http://www.sarapanpagi.org/aseret-hadevarim-sepuluh-firman-vt224.html#p473

ya ngikutin yang di Alkitab aja…

yang penting tujuannya kita tau baik, jadi ikutin aja, kan semuanya benar dan baik…^^

betul sis…cm kebetulan saya kan ngajar di sekolah…nah pas bahas itu jdnya bertentangan ma tmn…mgkn klo org gede ngrti…tp anak2 kan blm bisa mencerna dgn baik…

ga masalah klo urutannya beda,yg penting isinya tetep sama kan??klo ane sih ngikutin yg di Alkitab aja ya.

Memang saya lihat perbedaan.

Ada di a tidak ada di b.

Yaitu kuduskanlah hari sabad ini tidak ada di versi katolik ada di versi protestan. tapi di katolik dibilang kuduskanlah hari Tuhan.

Masalah kecil ini bisa jadi tafsiran yang berbeda, bagi adventis ini masalah besar. Aslinya gimana kita tidak tahu. Siapa yang mengganti yang asli juga kita tidak tahu.

:smiley: karena saya protestan… saya membaca yang 2 loh batu saja :smiley:

emmmmm
10 perintah ya^^
aku ikut Yesus aja
karena dah genapin semua perintah itu dengan hukum kasih-Nya^^

mungkin krn beda penerjemah,makanya ada beda sedikit di final output :smiley: .tp saya lihat sih intinya sama saja kok.

I see I see…then gmn cara jelasin ke anak-anak yg msh usia 8-9 thn? krn cara mikir mereka kan msh polos?

Shalom,

Ada bedanya Bro, perhatikan yg berikut:

Versi Kristen

  1. Jangan ada illah lain.
  2. Jangan menyembah berhala. Jangan membuat patung dan menyembahnya.
  3. Jangan menyebut nama Tuhan dengan sia-sia.
  4. Ingat dan sucikan hari Sabat.
  5. Hormatilah ayahmu dan ibumu.
  6. Jangan membunuh.
  7. Jangan berzinah.
  8. Jangan mencuri.
  9. Jangan bersaksi dusta.
  10. Jangan ingin memiliki kepunyaan sesamamu manusia.

Versi Katolik

Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala Sesuatu
Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat
Kuduskanlah hari Tuhan
Hormatilah ibu-bapamu
Jangan membunuh
Jangan berzinah
Jangan mencuri
Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu
Jangan mengingini istri sesamamu
Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil

Pada versi Kristen, hukum yang pertama dan hukum yang kedua jelas perbedaannya, dan larangan pembuatan dan penyembahan patung disebut sangat jelas. Sedangkan pada versi Katolik, perbedaan dua hukum itu tidak jelas dan larangan pembuatan dan penyembahan patung tidak disebut jelas. Jadi sampai dengan hukum yang keempat dalam versi Kristen, ada empat hukum, sedangkan pada versi Katolik, hanya ada tiga hukum, sebab hukum kedua dalam versi Kristen dilebur ke hukum ke satu, tetapi larangan pembuatan dan penyembahan patung tidak terlihat.

Dengan demikian, sampai dengan hukum ke empat (Loh Batu Yang Pertama) ada selisih satu hukum antara versi Kristen dan veris Katolik.

Kemudian, pada versi Kristen, hukum yang kesepuluh hanya ada satu hukum, namun di versi Katolik hal itu dipecah menjadi dua hukum di versi katolik, sehingga bila di versi Kristen hanya ada enam hukum, diversi Katolik ada tujuh hukum.

Secara total tetap sama, namun berbeda isi, khususnya di hukum kedua pada versi Kristen tentang larangan membuat dan menyembah patung.

Betul, itu tidak mungkin dijelaskan dijelaskan kepada anak2 apalagi kalu usianya masih sangat sedikit. Itulah sebabnya anak2 apalagi bayi tidak sepatutnya dibaptis. Agak oot dikit, tetapi relevan karena menjawab pertanyaan mengenai kesulitan mengajar anak2 tentang hal ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.

masa kagak ada … liat aja ntu urutan dan pemakaian kata2nya
http://www.trangtriblog.com/emotion/rabbit-3/rabbit-3-smiley-099.gif

Jangan ada illah lain. = berbaktilah kepadaKu saja, dan cintailah Aku lebih dari segala
Sesuatu
Jangan membuat patung dan menyembahnya. = Jangan menyembah berhala
Jangan ingin memiliki kepunyaan sesamamu manusia. = Jangan mengingini istri sesamamu
Jangan mengingini milik sesamu secara tidak adil

soal urutan kan gw juga bilang ada perbedaan kok, tp coba baca penjelasan bro BP/sarapan pagi di page sebelumnya.

btw gw ini orang protes klo ada pertanyaan monggo yg khatolik akan menjelaskan lebih jelas.

yowes lamun kitu abdi teh nanyakeun maneh BP

hehe, gw ga bisa bahasa daerah, tp kata “monggo” udh bahasa gaul di keluarga , jadi maap kurang ngerti.