100 % Allah - 100 % Manusia (PROTESTAN ONLY!)

Thread ini sengaja saya buat khusus untuk member protestan saja, bagi member katholik diharapkan untuk tidak ikut bergabung – namun tidak dilarang, sebab ada satu batasan jelas yang akan menghalangi diskusi ini.

Protestan percaya bahwa Tuhan Yesus ketika di bumi memiliki saudara kandung dari ibuNya - Maria :
[i]
Lukas 2:

6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, 7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

Mat 12 :

46 Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia.

Mat 13:

55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
[/i]

Bila benar bahwa Yesus memeiliki saudara kandung, maka bagaimanakah kekudusan Allah ini tidak dilanggar oleh hubungan intim suami istri antara Maria dan Yusuf dan melahirkan anak2 lainnya?

Sebab Yesus adalah Alfa dan Omega, yang Awal dan yang Akhir, maka Ia berlaku dua arah dalam waktu : berlaku surut dan berlaku mundur.

Artinya, kekudusan Allah dilanggar, sebab rahim Maria sebelumnya telah mengandung Allah, maka ia harus tetap kudus , sehingga adanya adik-adik kandung Yesus menyebabkan dilanggarkany kekudusan ini.

Maka dalam hal ini Katholik lebih konsisten untuk menjaga makna ‘100 % Allah - 100 % Manusia’ dan memberi gelar Maria : Bunda perawan.

Sebaliknya Protestan inkonsisten, mengakui adanya adik, sekaligus mengakui 100% Allah.

Bila demikan, bagi protestan yang percaya 100 % Allah - 100 % manusia, maka perlu redefinisi.

Salam

(ps. Thread ini saya buat berdasar diskusi dg salah satu member via pm, namun belum sempat kami bahas lebih lanjut)

Aneh juga dihubungkan dengan saudara-saudara Yesus (satu ibu).

ya artinya mrk adik2/saudar2 Allah :slight_smile:

@Bro Moe,

Maria punya anak lain kan tidak merusak kekudusan pernikahan dia dengan Yusuf kan bro? :slight_smile:

Kecuali memang ada anggapan dari bbrp orang yang mengatakan bahwa sex dalam pernikahan juga bukan suatu hal yang kudus.

Namun bila sex dalam pernikahan adalah kudus, maka gak masalah kalau Maria mengandung dan melahirkan YESUS dan setelah itu memiliki anak-anak lainnya.

GBU

Bukan di sisi perkawinan manusianya, tetapi dalam sisi kekudusan Allah – ini dua hal yang berbeda.

Contoh

[i]
Lalu turunlah Musa dari gunung mendapatkan bangsa itu; disuruhnyalah bangsa itu menguduskan diri dan merekapun mencuci pakaiannya. Maka kata Musa kepada bangsa itu: “Bersiaplah menjelang hari yang ketiga, dan janganlah kamu bersetubuh dengan perempuan.” (Exod 19:14-15)

Lalu jawab imam itu kepada Daud: “Tidak ada roti biasa padaku, hanya roti kudus yang ada; asal saja orang-orangmu itu menjaga diri terhadap perempuan.” (1Sam 21:4)

[/i]

Mat. 1 : 25

tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Yusuf tidak bersetubuh, sampai Yesus lahir.

setelah kelahiran Yesus, Yusuf dan Maria hidup normal sebagai suami istri.

@Bro Moe,

Apakah artinya kalau pelayan Tuhan (Pengkhotbah, Pemain Musik, Pendoa, dsb) tidak boleh berhubungan sex dengan suami/istri-nya sebelum melayani Tuhan bro?

GBU

Pandangan ini ditolak oleh Katholik karena akan merusak kekudusan Maria sbg Bunda Allah (Yesus adalah Allah)

Tentu saja tidak, sebab bukankah ayat2 yg saya kutip diatas adalh perintah semantara saja dan setelah itu mrk boleh berhubungan suami - istri.

Berbeda dengan Maria (dalam pandangan katholik), dia melahirkan Allah – artinya rahimnya adalah tempat Allah, tabut perjanjian Allah, maka kekudusan ini harus berlaku surut dan maju, maka muncullah istilah : Bunda Perawan

Saya tulis saudara dengan keterangan satu ibu, sebab tidak mungkin kandung satu ibu dan satu bapa.

Matius 1:18. Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. 1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Saudara-saudara Yesus (bila memang lahir dari Maria) adalah anak Yusuf. Mereka bukan dikandung dari Roh Kudus.

Itu sebabnya Yesus disebut Anak Tunggal Allah Bapa.
Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Sebab tidak ada lagi manusia lain yang dilahirkan dari Roh Kudus.

Mungkin cuma Si Edward Palamar yang mengaku-ngaku…

Salam.

ayat tersebut tertulis dalam alkitab.

Ada bahasan tersendiri dalam thread ‘Maria vs Gerbang timur’

sebenernya agak ngga ngerti, di bagian mananya sih yang dilanggar??

gimana pun juga, orang katolik punya perspektif sendiri, begitu juga dengan orang kristen. kayanya ga bisa diadu gitu.

opini pribadi: kasian juga si Yusuf kalo emang beneran Maria selamanya perawan. hhe

Ini petikan diskusinya

Jadi, saudara ku .. maaf, menurut saya, ada Inkonsisten dari Protestan, tentang permasalahan Dasar-dasar Iman, yang meliputi :

1). Protestan mengakui bahwa Maria adalah Bunda KRISTUS ( seperti pemahaman kami ), tapi yang aneh adalah :Protestan juga mengakui, bahwa selama didunia ini, YESUS itu adalah Allah / Manusia., harusnya dengan pengakuan Allah / Manusia, maka Protestan “Harus Mengakui”, bahwa : Maria adalah Bunda Allah.

2). Protestan mengakui, bahwa YESUS masih memiliki adik yang dilahirkan oleh Maria, tetapi Protestan mengakui juga bahwa selama hidup didunia ini, YESUS adalah Manusia / Allah … Nah, jika selama hidup-Nya didunia ini, YESUS adalah Allah / Manusia, maka adik2 YESUS akan disebut juga sebagai Adik2 Allah.

3). Protestan mengakui, bahwa Maria masih melahirkan saudara2 YESUS lainnya, tetapi mengakui juga bahwa selama hidup-Nya didunia ini, YESUS itu adalah : Allah / Manusia,…Nah, jika Maria yang pernah melahirkan Hakikat Allah dalam diri YESUS, kemudian Maria kembali melahirkan adik2 YESUS, apakah hal ini tidak mencemari Kekudusan dan Kesucian dari Allah ?==> Maaf saudara ku, Rahim Maria yang pernah dilalui oleh Allah, kemudian disetubuhi oleh yusuf, apakah hal ini tidak akan mencemari Kekudusan dan Kesucian Allah, sebab Kekudusan dan kesucian Allah itu, berlaku surut dan maju, karena Allah itu tidak dapat dibatasi oleh Waktu ( alfa dan omega ).

apa hubungannya dengan ayat tersebut ??

Mat. 1 : 25

:slight_smile: panjang x lebar kalo dijelaskan disini

ok deh,

apa yang tertulis dalam alkitab, bila tidak sesuai dengan “konsep” diabaikan aja . . . . . . . .

oh… masuk akal juga. yauda tunggu dipanggil Tuhan aja, biar tau siapa yang bener. ;D

tapi kalo mau berasumsi kasar, ya spekulasi aja, kalo misalkan kehadiran Roh Kudus pada rahim Maria sama dengan kehadiran Roh Allah pada semak belukar waktu menampakkan diri kepada Musa, kan ga selamanya Roh Allah itu ada di semak belukar nya. :tongue:

btw, ini saya jawab pakai perspektif orang kristen. makanya jawaban saya ‘sebisa mungkin Maria harus bisa hamil lagi’. ;D

Menurut saya saat Tuhan datang / tinggal sementara dalam seseorang atau sesuatu maka tempat/orang tersebut pasti KUDUS.

Namun setelah Tuhan tidak ada di situ lagi ya, tidak harus kudus bro :smiley:

Misal musa saat peristiwa semak terbakar, namun apakah setelah itu daerah itu tetap di kudus-kan sampai saat ini?

tuhan pernh diam dlm bait allah, bait tidak harus kudus.

tuhan pernh lewat mesir, dan mesir tidak kudus.

gunung sinai tidak hrus kudus.

surga ketika tuhan turun juga tidak kudus.

tabut tuhan tidak kudus.