13 Fakta Menarik tentang Petrus yg Tidak diAlami rasul2 lainnya

13 Fakta Menarik tentang Petrus yg Tidak diAlami rasul2 lainnya.

Kumpulan fakta2 khusus tentang Petrus yang tidak dialami oleh rasul2 lainnya.

  1. Petrus berjalan di atas air.
  2. Petrus didoakan secara khusus oleh Yesus.
  3. Petrus memimpin acara pergantian Yudas Iskariot.
  4. Petrus menetapkan hasil akhir sidang di Yerusalem.
  5. Petrus berbicara mewakili para rasul pada hari pantekosta.
  6. Petrus menerima perintah dari Tuhan utk memberitakan injil kepada non-yahudi.
  7. Petrus diberikan wahyu khusus oleh Allah bahwa Yesus adalah Mesias.
  8. Petrus berbicara mengenai hukuman mati untuk Ananias dan Sapphira.
  9. Paulus datang menemui Petrus untuk berkonsultasi.
  10. Yesus membayar pajak bait Allah untuk diriNya dan Petrus.
  11. Petrus diberikan Kunci kerajaan Surga.
  12. Petrus di tunjuk Yesus menjadi gembala umatNya.
  13. Yesus mengganti nama Simon menjadi Petrus
    Dalam injil, hanya ada 3 orang yang namanya diganti Tuhan:
    I. Abram diganti menjadi Abraham
    II. Yakub diganti menjadi Israel
    III. Simon diganti menjadi Petrus
    Setelah penggantian nama, ketiga orang tsb diberikan misi oleh Tuhan.

Kenapa hanya 3 org? Saya rasa ada hubungannya dgn Trinitas, seperti Yesus wafat disalib di usia 33 pada jam 3 sore dan 3 hari kemudian bangkit. Masih banyak lagi misteri angka 3 ini.

Selain 13 fakta diatas, ada lagi yg mau menambahkan?

  • Petrus menyangkal YESUS 3 kali
  • Dalam Kisah Para Rasul 10:10-19…Petrus dapat pengelihatan sampe 3 kali, kemudian ditemui oleh 3 orang yang menjemputnya …

Peristiwa pengantian nama Abram dan Yakub tidak terdapat di Injil.

Barangkali maksud bro David40, dalam Alkitab bro… Abram jadi Abraham (Kejadian 17:5) …Yakub jadi Israel (Kejadian 35:10)

Salam

John 21:15, YESUS 3x menanyakan kpd simon :ashamed0002: :ashamed0002:

“Simon anak Yona, apakah engkau mengasihi Aku?

GBU

Udah di REVISI: 15 Fakta Menarik tentang Petrus yg Tidak diAlami rasul2 lainnya.

Kumpulan fakta2 khusus tentang Petrus yang tidak dialami oleh rasul2 lainnya.

  1. Petrus berjalan di atas air.
  2. Petrus didoakan secara khusus oleh YESUS.
  3. Petrus memimpin acara pergantian Yudas Iskariot.
  4. Petrus menetapkan hasil akhir sidang di Yerusalem.
  5. Petrus berbicara mewakili para rasul pada hari pantekosta.
  6. Petrus menerima perintah dari Tuhan utk memberitakan injil kepada non-Yahudi.
  7. Petrus diberikan wahyu khusus oleh Allah bahwa YESUS adalah Mesias.
  8. Petrus berbicara mengenai hukuman mati untuk Ananias dan Sapphira.
  9. Paulus datang menemui Petrus untuk berkonsultasi.
  10. YESUS membayar pajak bait Allah untuk diriNya dan Petrus.
  11. Petrus diberikan Kunci kerajaan Surga.
  12. YESUS mengganti nama Simon menjadi Petrus
    13. Petrus menyangkal Yesus 3x
    14. Yesus bertanya kepada Petrus 3x = Apakah engkau mengasihi Aku?
    15. Yesus memerintahkan Petrus 3x = Gembalakanlah umatKu!

Utk #14 dan #15, ilustrasi nya saya ambil pada saat pernikahan di gereja:

  1. Untuk pertama kalinya:
    Pendeta: “Apakah anda mencintai isteri anda dengan sungguh-sungguh?”
    Suami: Ya, saya mencintainya dengan sungguh-sungguh!
    Pendeta: “Oleh karena itu, kamu harus selalu setia mencintai istrimu sehidup semati!”
    Suami: Baik!

  2. Untuk kedua kalinya:
    Pendeta: “Apakah anda mencintai isteri anda dengan sungguh-sungguh?”
    Suami: (bingung) …Tadi bukannya udah ditanyakan? …
    Pendeta: …(hanya menunggu jawaban)…
    Suami: Ya, saya mencintainya dengan sungguh-sungguh!
    Pendeta: “Oleh karena itu, kamu harus selalu setia mencintai istrimu sehidup semati!”
    Suami: OK!

  3. Untuk ketiga kalinya:
    Pendeta: “Apakah anda mencintai isteri anda dengan sungguh-sungguh?”
    Suami: (tambah bingung dan kesal) Ini maksudnya apa?
    Pendeta: …(hanya menunggu jawaban)…
    Suami: Ok lah saya ulangi utk terakhir kalinya yah…Ya, saya mencintainya dengan sungguh-sungguh!
    Pendeta: “Oleh karena itu, kamu harus selalu setia mencintai istrimu sehidup semati!”
    Suami: OK! Cukup?
    Pendeta: “Buktikan saja nanti janji mu itu kepada Tuhan, ok?”

Angka 3 ini memang angka keramat, sampai pertanyaan dan perintah pun harus di lakukan sampai 3 kali. Atau mungkin karena Petrus menyangkal Yesus 3x jadi sebagai balasannya, utk meng-offset itu Yesus juga bertanya dan memberikan perintah yg sama sampai 3x?

Kok cuma 3 yg diganti nama, bagaimana dengan Saulus menjadi Paulus

Pergantian Saulus menjadi Paulus bukan oleh TUHAN :slight_smile:

Kis 13:9 Ende:
Disini untuk pertama kali dan seterusnja dalam Kitab Kudus “Saulus” disebut “Paulus”. Ketika disunat ia diberi dua nama, satu sebagai orang “Ibrani”, Saul dan lain sebagainja warganegara Roma ialah Paulus.

Kis 9:4 Jerusalem
Naskah Yunani berbunyi: Saul, ialah bentuk Aram (“Ibrani”), Kis 26:14, dari nama Saulus.

:slight_smile:

Lho, kalau Sara?

  1. sarai : sarah
  2. yakub : israel
  3. salomo : yedija
  4. yakobus dan yohanes : boarnerges

Sara dianggap satu paket dengan Abram karena pada saat yang sama dan merupakan pasangan suami istri :smiley:
Salomo dan Yedija adalah nama sejak lahir, diberikan berbarengan, bukan diganti (apalagi setelah dewasa), sama seperti Yohanes yang diberikan sejak bayi :slight_smile:
Yakobus dan Yohanes disebut Boanerges, yang merupakan julukan :slight_smile:

Yesus mengubah nama seorang pemungut cukai yaitu Levi (lewi) menjadi Matius

Mohon ayatnya Lewi menjadi Matius :slight_smile:

kayanya maksa deh klo dianggep satu paket hahah

hehehehe… tetapi kenyataannya begitu :slight_smile:

Aku melihatnya di vcd The Bible Jesus, di situ ketika ada pertempuran antara pemberontak Yahudi melawan tentara Romawi, Yesus berusaha untuk menghentikan pertempuran itu, di situlah Yesus bertemu dgn Lewi si pemungut cukai dan memberikan nama Matius.

Waduh… kalo dasarnya film I no comment dach… :smiley:

Bukankah film tentang Tuhan Yesus berdasarkan pada Alkitab?

Bukankah film2 dibuat dengan tambahan2 imajinasi dari sang sutradara? :smiley:

:onion-head83: :slight_smile: misteri gimana hitung 3 hari 3 malam…