1x kelahiran pada manusia, adilkah Tuhan?

Hakim yang adil pasti bisa memutuskan perkara yang seadil-adilnya.

Menurut yang percaya bahwa manusia hanya hidup 1x setelah itu diadili menurut perbuatannya.

IMO sejahat-jahatnya perbuatan seorang manusia selama di bawah 120 tahun, kenapa setelah ia mati harus dibakar di api neraka sampai selama-lamanya? 120 tahun : infinity? Nah kalo kejahatannya cuma nyontek, ngebohong, tipu-tipu duit dikit, download bajakan, nonton bokep, onani, apakah adil setelah ia mati harus dihukum di api neraka sampai selama-lamanya?

Seandainya kepercayaan 1x kelahiran saja pada setiap manusia ini benar, maka saya pikir si terpidana masuk neraka akan membeladiri seperti ini:

“Saya tidak pernah meminta untuk dilahirkan baik di dunia maupun di alam manapun, saya lebih memilih untuk tidak pernah exist di manapun, apalagi saya dilahirkan ke dunia, lengkap dengan segala kedagingan saya. Apa salah saya kalau saya menuruti keinginan daging saya, toh ini juga Tuhan yang memberikan? Sedangkan dengan mengikut jalan Yesus, saya tidak boleh menuruti keinginan daging saya.”

Saya pribadi percaya bahwa reinkarnasi itu ada (demi keadilan) dan penghakiman akan surga dan neraka juga ada. Dengan tidak menutup kemungkinan-kemungkinan yang lain seperti adanya pengangkatan dan adanya planet-planet lain yang bisa menunjang kehidupan manusia, saya tidak ingin membatasi pikiran saya.

Bagi yang tetap bersikukuh mengatakan bahwa tidak ada reinkarnasi sama sekali di dunia, tolong jelaskan arti bacaan ini:

Pengkhotbah 1:1-15
Yeremia 18:1-6

Apakah si pelaku menyesali perbuatannya?

Analogi dalam kehidupan sehari hari. Ada seorang copet di bus, yang dicopet cuma dompet. Ketangkep sekali dipukuli dan dilepas. Ketangkep lagi masuk bui 3 bulan. Ketangkep lagi masuk bui 6 bulan. Ketangkep lagi masuk bui 1 tahun. Ketangkep lagi dipukuli masa masuk rumah sakit 3 bulan kemudian masuk bui 1 tahun. Ketangkep lagi…

Apakah menurut anda adil jika orang yang tidak pernah bertobat diampuni kesalahannya?

:coolsmiley:

Kalau anda atau saya yg dilahirkan dari ortu si pencopet ini, belum tentu juga kita gak ikut jadi pencopet seperti dia. Bapak kandung yang memperkosa anak gadisnya sendiri juga banyak kok bertebaran di berita-berita. Haaaaaaa.

Kisah yang anda sampaikan itu, apa hubungannya dengan judul thread?

:mad0261:

Masa masih tanya apa hubungannya? Adil gak kamu lahir dari ortu kamu yg bisa ngedidik kamu hingga hari ini dengan si pencopet yang dilahirkan dari ortu yang mungkin bapaknya pemabuk yg nganggur dan ibunya pelacur?

Judul yang anda tulis apa?

“Inkarnasi pada manusia, adilkah Tuhan?”

Anda ingin bahas tentang keadilan Tuhan atau apa?
Reply saya di atas untuk menjawab post anda yang mengatakan ‘apakah adil menghukum dosa kecil dengan hukuman neraka selama lamanya’.

Jadi yang mana yang ingin anda bahas?

Menurut alkitab, yang menjebloskan manusia yang jahat ke dalam api neraka itu Tuhan khan?
Maka dari itu saya tanya ke orang-orang yang percaya bahwa setiap manusia itu hanya mengalami 1x kelahiran dan kematian saja.
Jadi, untuk contoh kasus pencopet yang anda berikan, saya sekarang seolah-olah berdiri jadi pembelanya si pencopet ini, ketika Tuhan akan menjebloskan dia ke dalam neraka.

Belum connect juga?

Sorry, logika anda parah sekali.

Anda bertanya apakah manusia hanya berinkarnasi (sesuatu pandangan yang aneh) sekali.
Kemudian anda posting tentang kesalahan (onani dan sebagainya), dan apakah dengan ‘dosa’ itu layak dihukum neraka selamanya.
Saya post, apakah si pelaku bertobat atau tidak, dan saya beri contoh pencopet dalam bus.
Jika si pencopet itu melakukan kejahatannya terus menerus, hukuman bertambah berat, hingga suatu saat dihabisi masa, apakah layak diampuni.
Kemudian dengan ajaib anda menyampaikan si pencopet berayah penjahat dan ibu psk.
Saya tanya hubungannya apa?
Anda malah sekarang memposisikan sebagai pembela copet?

Coba dianalisa lagi, Apakah anda masih bingung?
Oya, bisa berikan background pendidikan anda, supaya saya bisa sesuaikan, apakah anda ahli hukum, psikolog, atau apa?

:mad0261:

Judul itu hanya muat kalimat secukupnya, jadi tolong jangan dijadikan patokan seluruh pertanyaan.
Pertanyaan inti saya harus anda baca secara lengkap dari isi thread awal saya (bukan hanya judulnya saja).

Saya tulis sekali lagi yang lebih jelas. Tolong disimak yah.

Saya percaya bahwa manusia tidak hanya dilahirkan 1x saja ke dunia, jadi buat saya Tuhan masih jauh lebih adil jika suatu saat nanti Tuhan menjebloskan ke neraka, manusia-manusia yang sudah diberi berpuluh-puluh atau beratus-ratus atau bahkan beribu-ribu kesempatan hidup dan masih tetap saja jahat plus melahirkan begitu banyak anak cucu yang jahat-jahat pula.

Oleh karena mayoritas umat Kristen percaya bahwa manusia hanya dilahirkan 1x saja, makanya saya tanya berdasarkan apa yang kalian percaya itu, adilkah Tuhan jika menjebloskan manusia jahat yg hanya 1x lahir ke dalam neraka untuk selama-lamanya oleh karena perbuatan jahatnya yang maksimum hanya 120 tahun?

Tidak ada ajaran Kristen yang mengajarkan bahwa manusia diberi kesempatan lahir berkali kali (reinkarnasi). Maka hal ini tidak dapat dibahas di forum ini, kalau mau selamat dari banned moderator.

Oleh karena mayoritas umat Kristen percaya bahwa manusia hanya dilahirkan 1x saja, makanya saya tanya berdasarkan apa yang kalian percaya itu, adilkah Tuhan jika menjebloskan manusia jahat yg hanya 1x lahir ke dalam neraka untuk selama-lamanya oleh karena perbuatan jahatnya yang maksimum hanya 120 tahun?

Manusia, dalam ajaran Kristen hanya dilahirkan satu kali, dan dengan tujuan untuk hidup berbahagia di surga selamanya. Hidup di dunia hanya sementara saja, karena dunia bukan tujuan akhir. Setiap manusia memperoleh kesempatan untuk bertobat, dosa sebesar apapun, selama manusia bertobat dengan sungguh sungguh, dan tidak mengulang ulang lagi, maka tidak ada yang menghalanginya untuk ke surga. Neraka hanya bagi yang tidak pernah menyesali dosa dosanya.

Apakah cukup jelas jawaban saya?

Salam :coolsmiley:

Bisa jawab gak? Kalau memang momod yang mau jawab dengan cara di-closed thread atau diban, yah silahkan saja.

Kata siapa semua orang kristen percaya manusia hanya dilahirkan 1x saja ke dunia? Ada berapa banyak planet di Alam Semesta yang dapat menunjang kehidupan seperti bumi?

Apa kalian mengerti maksud dari kitab Pengkotbah 1 yang di-quote oleh Yesus pada saat Dia menjawab Nikodemus tentang kelahiran kembali?

Apa kalian tahu, apa kesalahan Ayub sehingga ia harus kehilangan ke-10 anak-anaknya sekaligus dan kehilangan seluruh harta benda, bahkan harus membayar “kulit ganti kulit”?

Apa kesalahan ke-10 anak-anak Ayub sampai mereka harus mati sekaligus ditimpa bencana alam?

Saya jadi prihatin, kok mau-maunya pikiran kalian dikotak-kotakan dengan sempit seperti itu. Berpikirlah bebas mamen.

Apa hubungannya antara banyaknya planet yang bisa menunjang kehidupan, dengan kehidupan manusia yang satu kali.

Anda gak lagi rancu antara kehidupan di bumi (dan bumi lain) dengan ‘sekali kelahiran dan sekali kematian’ kan?

Apa kalian mengerti maksud dari kitab Pengkotbah 1 yang di-quote oleh Yesus pada saat Dia menjawab Nikodemus tentang kelahiran kembali?

Saya sih ngerti, bagaimana dengan anda? Apakah pakai pengertian anda sendiri?

Apa kalian tahu, apa kesalahan Ayub sehingga ia harus kehilangan ke-10 anak-anaknya sekaligus dan kehilangan seluruh harta benda, bahkan harus membayar "kulit ganti kulit"?

Apa kesalahan ke-10 anak-anak Ayub sampai mereka harus mati sekaligus ditimpa bencana alam?

Apakah anda baca seluruh kitab Ayub? Tahukah anda bahwa para sahabat Ayub tidak diperkenan Tuhan karena mencari cari apa kesalahan Ayub?

Saya jadi prihatin, kok mau-maunya pikiran kalian dikotak-kotakan dengan sempit seperti itu. Berpikirlah bebas mamen.

Saya justru biasanya ingin tahu apa yang jadi latar belakang orang orang yang merasa mendapat ‘wahyu’ dan kemudian merasa diri menjadi ‘nabi baru’.
Jadi, kalau anda tidak keberatan, silahkan anda paparkan vision anda, siapa tahu menarik.

:coolsmiley: :rolleye0014: :mad0261:

Buat saya yang tidak ingin membatasi pikiran saya, apa saja kemungkinan manusia itu dilahirkan kembali, ke planet manapun, berapa kalipun, dalam wujud mahluk hidup apapun, tidak pernah saya batasi, selama itu adil baginya dan sesuai dengan segala perbuatan-perbuatannya di masa lalunya, yang penting “rekening koran surgawinya” saja yang menentukannya.

Ya kalau ngerti, apa donk? Jelasin saja dulu, kalau mau giliran saya yang ngejelasin, tunggu kamu bilang nyerah dulu.

TETOOOOOOOOOT!

Salah besar, ketawan kamu yang males baca kitab Ayub sampai selesai.

Teman Ayub yang datang kepadanya sebenarnya ada 4, pertama 3 orang: Eliphaz the Temanite, Bildad the Shuhite, and Zophar the Naamathite. Lalu belakangan ada 1 lagi anak muda : Elihu son of Barakel the Buzite.

Perkataan-perkataan yang dari Elihu ini tidak disalahkan oleh Tuhan sama sekali.

Ya semoga kelak anda mati bisa reinkanasi menjadi mahluk-2 aneh hidup diplanet lainnya dari pada dibumi anda termasuk mengacao kitab2 Suci orang Kristen.

Untuk ayub, silahkan buka thread terpisah, dan kita kupas habis di sana. Bisa dibuktikan di thread itu, anda atau saya yang gak baca, atau anda baca tapi gak paham seperti di post atas.

Kembali kepada apa yang anda bahas di thread ini.
Jadi, menurut ‘ilmu’ anda, manusia bumi mati dan lahir jadi ET di plamet ufgher di konstelasi bintang Orion, mati lagi dan jadi sejenis amuba di planet Vulcan, kira kira begitu yang anda pahami?

Kalau itu yang anda pahami, selama belum bisa anda buktikan, saya gak bisa komentar lain, saran saya sih, coba tulis sebagai fiksi, siapa tahu ada penerbit yang berminat menerbitkannya.

He he he he

Bantu sundul yah?

Baik untuk kitab Ayub, maupun untuk kitab Pengkotbah 1, maupun injil Yohanes 3 yang berisi pembicaraan Yesus dengan Nikodemus tentang kelahiran kembali, ketiga-tiganya harus dibahas di thread yang sama, yaitu di thread ini.

Dimanakah keadilan dari doktrin kalian yang memaksa manusia hanya boleh lahir 1x saja lalu dihakimi oleh Tuhan ke surga atau neraka setelah kehidupannya di bumi yang sangat singkat itu selesai?

Solusi paling bagus, cepat2 suruh @Eliho mati, baru reinkanasi menjadi oknum planet lainnya, oleh karena beliau sudah alami di planet bumi ini kan ? achirnya bisa internet action kepada member forum Kristen.com disini [b]kan asyik bisa interaksi dengan mahluk aneh @Eliho dari planet lainnya yang nan jauh sehingga manusia dibumi gak mampu melajahi. Oleh karena @Eliho yang mati berinkanasi itu sudah kenal frekuensi radar forum Kristen.com maka terjalinlah kontak dengan forum disini !

Saya kira Momod disini akan kabulkan interaksi antara oknum planet @Eliho dengan member-2 disini !

Selamat bisa mendapatkan impian tersebut ![/b]

Baik untuk kitab Ayub, maupun untuk kitab Pengkotbah 1, maupun injil Yohanes 3 yang berisi pembicaraan Yesus dengan Nikodemus tentang kelahiran kembali, ketiga-tiganya harus dibahas di thread yang sama, yaitu di thread ini.

Silahkan memaksakan kehendak sendiri.
Forum ini memiliki moderator yang menjalankan tugas dengan baik.
Saya tidak ikut melanggar aturan.

@TegasFirman

Untuk hidup saya, biar saya yang tentuin sendiri mau ke mana arahnya.

@brc

Untuk membahas tentang permasalahan ini, biar momod yang tentuin mau ke arah mana.

Saya cuma prihatin saja sama cara berpikir kalian yang tidak terbuka.

Ingat pergunakan otak kanan dan kiri kalian dengan seimbang.

@brc

Untuk membahas tentang permasalahan ini, biar momod yang tentuin mau ke arah mana.

Saya cuma prihatin saja sama cara berpikir kalian yang tidak terbuka.

Ingat pergunakan otak kanan dan kiri kalian dengan seimbang.

Silahkan buat thread yang sesuai