2008 : Ratusan gereja di amerika bangkrut karena salah kelola keuangan

please read below :

http://www.tutatu.com/2011/08/07/keuangan-orang-percaya-pondasi-yang-kuat/

dulu juga saya pernah posting hal yang sama, memang uang bukan segalanya… :smiley:

Karenanya, janganlah mendirikan gereja hanya karena ‘selisih paham’ dengan gembala sebelumnya. Jangan pula hanya karena ingin tampil beda, terlebih lagi jangan mendirikan gereja hanya karena demi uang. Ingatlah, bahwa gereja itu demi dah hanya demi Kemuliaan Tuhan saja, jangan demi Mamon.

Syalom

gereja sudah beralih fungsi nya :frowning:
greja bukan lagi greja yg mencari domba melainkan mencari harta

Fakta acapkali menyedihkeun, mengecewakeun, moreover… mendukakan Tuhan Allah kita :char12:
(jleb… jleb…)

Seorang pemuda bertemu rekan lamanya

mereka berbincang bincang

Seorang bertanya, “apa pekerjaanmu?”

Seorang yang lain menjawab

“Meneruskan bisnis orang tua”

Pemuda yang pertama berkata

“Berapa fee yang kamu dapat”

Pemuda tadi tersnyum

“Lebih dari 2.5%”

Yang seorang terkejut, “wah, gilaa, jual generator aja cuma 0.5%, apa bisnis ayahmu?”

Sebuah jawaban
“Ayahku seorang pendeta” :cheesy:

Syalom

@sword

Apa benar fee yang diperoleh 2.5% dari seluruh perpuluhan yang masuk bro?

Ibaratnya jika ada 1000 jemaat, masing masing memberikan 1 juta sebagai perpuluhan, akan terkumpul 1 miliar.
Dan sang pendeta akan mendapat 25 juta?

Waah, apakah pendapatan sang pendeta itu wajib mengeluarkan perluluhan juga?

Syalom

@Bruce,

angka angka saya hanyalah kiasan bro…kasarnya, makelar kerja mati matian aja cuma dapat bagian 2.5%, tapi ternyata ada profesi yang cuma kerja hari minggu namun dapat 10%…hehe

Menggiurkan bukan

He he he, susah komentar bro, walau jujur saja, memang banyak gembala gereja sekarang ini hidup sudah sangat mewah, cenderung sejajar dengan hidup para konglomerat. Dan betul, bahwa sekarang ini ‘pekerjaan’ pendeta sudah mulai turun temurun, dengan pengertian diturunkan ke generasi di bawahnya.

:rolleye0014:

dengan komisi 10%, jika memiliki jemaat kaya, maka sudah dipastikan hidup sang pimpinan juga terjamin…hehe.

Hanya saja, jika kita melihat topik, di Indonesia masih belum ada gereja yang bangkrut…

Untuk itu, kita patut berseru ‘Alleluia, puji Tuhan’, bro.
Karena itu membuktikan :

  1. bahwa jemaat Kristen di Indonesia cukup makmur sejahtera.
  2. Pendeta penganut perpuluhan, bisa memberi motivasi kepada jemaatnya dalam memberikan perpuluhan.
  3. Jemaat gereja penganut perpuluhan, taat pada himbauan gembalanya.
  4. Doktrin perpuluhan masih laku di Indonesia.

;D

Gereja zaman Yesus:

“Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama…
Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.” (Kisah Para Rasul 4:32, 34-35)

Gereja zaman sekarang:

Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang… (Wahyu 3:16-17)

Gereja masa sekarang semakin sombong, sehingga mengatakan bahwa gereja tidak mungkin dihilangkan.
Seperti tepat sekali 100 tahun yang lalu, pada tanggal 15 April 1912, kapal Titanic yang disebut “unsinkable” - “tidak dapat ditenggelamkan” - tenggelam, menewaskan 1517 orang…

hehe…
Menghindari datang ke gereja yang merupakan produk dari “pecahan” sebuah gereja dan “pecahan lagi” dan “pecahannya lagi” dan… “pecahannya lagi”… dan pimpinan dari para pendetanya yang teologinya yg sering nggak jelas itu, … “Pendeta+family” menjadi owner yg paling berkuasa tanpa ada pengawasannya :slight_smile:

Jadi, biar gimana, saya respek dengan Gereja Anda d.

Terima kasih bro.
Tetapi selain gereja saya, saya juga menaruh hormat pada gereja gereja yang sungguh sungguh berkarya bagi Tuhan. Salah satu cirinya, mungkin, ini menurut saya ya, lebih menampilkan gerejaNya dibandingkan gembala/pendetanya. Dan syukurlah, puji Tuhan, masih banyak terdapat di Indonesia ini.

Syalom

[email protected]

apakah memang selalu harus menghakimi pendeta sih …broo…??
Tapi anda sendiri apa tidak berniat jadi pendeta…?? sehingga dapat memberi contoh dan tauladan sebegai pendeta yang baik sesuai aturan ajaran Alkitab…??

Orang selalu iri dan salah menafsirkan jika orang itu bisa menjadi orang kaya…Apakah pendeta jika kaya lantas terus kita mencurigainya selalu memakan uang perpuluhan…?? ohh…alangkah kejamnya orang yang berpikiran demikian.

Jangan kan pendeta…raja raja Bangsa Israel pun dulu kaya-kaya dan perilakunya tidak sesuai dng aturan agama dan di murkai Allah…Tapi ya teteb berkelanjutan kok sebagai bangsa yang besar sampai sekarang. Bangsa Isreal itu.

Lha…ini baru taraf pendeta saja…yang menjadi kaya dan dicurigai oleh umat manusia KRISTEN sendiri dng pandangan di luar ALKITAB…( pandangan duniawi…korupsi uang persepuluhan )…Tapi yang menjadi aneh…??? Malah yang di perslahkan bukan si pendetanya…hahahhah…tapi ajaran persepuluhannya yang nota bene AJARAN DARI ALLAH sendiri…malah yang dipersalahkan…kenapa gereja itu masih menerapkan perpuluhan…??..Wahh…dah keblinger deh para umat kristen yang merasa dirinya benar dan lebih rohani dari tokok-tokoh yang ada di ALKITAB…hemmm

Jadi…hancurnya gereja di manapun juga itu bukan dikarenakan perilaku pendetanya atau salah pengelolaan uang segala macam…tetapi terlebih dikarenakan umat manusia kristennya yang menolak ajaran yang mUrni dari ALLAH
ITU…Karena merasa dizolimi oleh pendetanya atau enggan memberi perpuluhan karena merasa kuatair uang yang diserahkan ke gereja takut disalah gunakan…oleh…pihak gereja ataupun management gereja…hehehe
Akhirnya GEREJA TIDAK ADA PEMASUKAN untuk keperluan segala macamnya…Padahal kita tau sendiri bukan…?? bahwa gereja bukan lembaga komersial yang dapat memproduksi uang…seperti lembaga lainnya…?? Ahirnya gereja itu ambruk dan bangkrut ( istlaha kata )…Karena yang membuatanya tutuptsb adalah karena ulah jemaatnya sendiri .
Bukan ulah si pendeta dan pengelola geraja tsb.

Jadi JIKA ADA info miring mengenai GEREJA BANGKRUT DAN TUTUP .YNG DISEBABKAN /.DIKARENAKAN OLEH ULAH PARA PENDETANYA…?? MAKA ITU LAH HASIL KERJA SETAN IBLIS YANG SUDAH BERHASIL MEMBODOHI PIKIRAN PARA JEMAAT GEREJA TSB…DAN ORANG ORANG YANG KATANYA KRISTEN TAPI ANTI PERPULUHAN.

Kerja setan sangat cerdas dan pintar, ga disadari dia menggunakan ajaran di Alakitab tapi diputarbalikan MAKNA pneggunaannya, seperti layaknya si ular menipu si Hawa…yang dng menggunakan perkataan yang sudah dikeluarakan dari MULUT Tuhan ALLAH JUGA.

So…?? mau jadi pengikut setan apa pengikut Tuhan Yesus Kristus [email protected]…?

Salam

[email protected] sarapan pagi…

Apakah venomena itu masuk dalam rancangan Tuhan atau bagaimana…?? jika anda melihatnya dari kacamata rohani / spiritual/ kacamata keimannan anda…??

Maaff…kata ya…kala saya melihat anda bisa berkoment seperti itu, sepertinya anda menyalurkan akar pahit yang sudah pernah anda rasakan dan alami sebelumnya bukan…?? hehehe

So.?? Kok aneh bagi saya seh…selevel anda yang menjadi kamus rohani bagi semua yang ada di "fk "…ini ( termasuk saya )…memandang satu persoallan venomena gereja …?? Pertumbuhan gereja malahannya…tapi anda menilainya dari kulit luaranya saja…seakan akan anda ada -berada diluar lingkaran keluaraga gereja…??. aNEH…/Ganjil…!

Padahal yang saya pahami dlam Alkitab, bahwa Allah memilih orang menjadi pilihan_Nya sama sekali tidak memandang latar belakang orang tsb…kok…?? Cara kerja ALLAH MENGAJARKAN KEPADA KITA SUPAya KITA TIDAK MEMANDANG MUKA UNTUK MELAKUKAN HAL APPAPUN DALAM MEMULYAKAN ALLAH. Karena dsaranya hanya satau kata " KASIH ".

Mohon maaf [email protected] sarapan pagi …jika pandangan saya dianggab nyeeleneh…mohon pencerahannya dari anda ya [email protected] SP

Salam.GBU

Oya? Masa saya selalu menghakimi pendeta?
Jika pendeta itu bagus, maka saya katakan bagus, jika jelek, saya katakan jelek.
Paus saya dihina oleh para ABK saya tidak masalah koq, tetapi kalau tidak mau dikatakan fitnah, tentu haru dengan fakta.

Orang selalu iri dan salah menafsirkan jika orang itu bisa menjadi orang kaya..Apakah pendeta jika kaya lantas terus kita mencurigainya selalu memakan uang perpuluhan...?? ohh..alangkah kejamnya orang yang berpikiran demikian.

Menjadi kaya tidak masalah, tetapi menjadi kaya gara gara menjadi pendeta? Ehhm, gimana ya? He he he

Jangan kan pendeta...raja raja Bangsa Israel pun dulu kaya-kaya dan perilakunya tidak sesuai dng aturan agama dan di murkai Allah...Tapi ya teteb berkelanjutan kok sebagai bangsa yang besar sampai sekarang. Bangsa Isreal itu.

Raja kan bukan pendeta, bro.

Lha..ini baru taraf pendeta saja..yang menjadi kaya dan dicurigai oleh umat manusia Kristen sendiri dng pandangan di luar ALKITAB...( pandangan duniawi..korupsi uang persepuluhan )...Tapi yang menjadi aneh...??? Malah yang di perslahkan bukan si pendetanya...hahahhah..tapi ajaran persepuluhannya yang nota bene AJARAN DARI ALLAH sendiri..malah yang dipersalahkan..kenapa gereja itu masih menerapkan perpuluhan..??...Wahh..dah keblinger deh para umat Kristen yang merasa dirinya benar dan lebih rohani dari tokok-tokoh yang ada di ALKITAB..hemmm

Lho, jadi maksud anda ini, kalau ada pendeta yang super kaya, yang salah itu pendetanya, atau sistemnya, atau Alkitab nya? Karena di atas anda katakan jangan salahkan/curigai pendeta, sekarang anda katakan menyalahkan pendeta kaya berarti menyalahkan Alkitab? Yang bener yang mana?

Jadi...hancurnya gereja di manapun juga itu bukan dikarenakan perilaku pendetanya atau salah pengelolaan uang segala macam..tetapi terlebih dikarenakan umat manusia kristennya yang menolak ajaran yang mUrni dari ALLAH ITU..Karena merasa dizolimi oleh pendetanya atau enggan memberi perpuluhan karena merasa kuatair uang yang diserahkan ke gereja takut disalah gunakan..oleh...pihak gereja ataupun management gereja..hehehe Akhirnya GEREJA TIDAK ADA PEMASUKAN untuk keperluan segala macamnya...Padahal kita tau sendiri bukan..?? bahwa gereja bukan lembaga komersial yang dapat memproduksi uang..seperti lembaga lainnya...?? Ahirnya gereja itu ambruk dan bangkrut ( istlaha kata )..Karena yang membuatanya tutuptsb adalah karena ulah jemaatnya sendiri . Bukan ulah si pendeta dan pengelola geraja tsb.

Jadi salah siapa kalau ada gereja yang tutup?

Jadi JIKA ADA info miring mengenai GEREJA BANGKRUT DAN TUTUP .YNG DISEBABKAN /.DIKARENAKAN OLEH ULAH PARA PENDETANYA..?? MAKA ITU LAH HASIL KERJA SETAN IBLIS YANG SUDAH BERHASIL MEMBODOHI PIKIRAN PARA JEMAAT GEREJA TSB...DAN ORANG ORANG YANG KATANYA Kristen TAPI ANTI PERPULUHAN.

Jadi salah siapa kalau sebuah gereja bisa bangkrut dan terpaksa di jual? Salah si iblis? Koq bisa ?

Kerja setan sangat cerdas dan pintar, ga disadari dia menggunakan ajaran di Alakitab tapi diputarbalikan MAKNA pneggunaannya, seperti layaknya si ular menipu si Hawa...yang dng menggunakan perkataan yang sudah dikeluarakan dari MULUT Tuhan ALLAH JUGA.

So…?? mau jadi pengikut setan apa pengikut Tuhan YESUS KRISTUS [email protected]…?

Salam

Jadi, kalau ada gereja kaya raya, pendetanya naik mobil mewah, itu karena Tuhan. Sementara kalau ada gereja yang bangkrut, itu karena iblis.

Kemudian, kalau mengatakan gereja bangkrut itu sudah berarti ikut setan/iblis? Begitu bro?
He he he he he, agak aneh sih, he he he

Syalom

Damai bagi FKers.

Ngomong-ngomong, selama ini bangkrut yang saya tahu selalu terkait dengan perusahaan yang mencari keuntungan finansial. Ternyata, dengan judul trit ini, organisasi yang tidak mencari keuntungan finansial bisa bangkrut juga ya? Yahh… aneh juga sih. Hehhehheee…

[email protected]

Hahahaaa…koment anda kok malah balik jadi nanya mulu sih ya…??
Hhehehee…malah jadi akg aneh juga nihh…hehehe

Salam,Gbu

[email protected] husada…

type perusahhaan pencari benefit = perusahaan komersial…( mnurut saya lho…)
type perusahaan tidak mencari benefit = perusahaan ala gotong royong. ( mnurut saya juga )

Gereja bukan masuk golongan type perusahaan manapun juga, tapi digolongkan sebagai LEmbaga / Organisasi besar/sedang dan kecil. Namun management organisasinya dan keuangannya…mengadopsi management profesional, seperti layaknya sebuah organisasi perusahaan pada khusus nya / umumnya.

Kalau dinamakan GEREJA…?? ( bukan gedungnya loh )…maka pasti punya komunitas jemaat dan ada pimpinan jemaat nya ( gembala istilahnya Alkitab ).
Nah…kalau [email protected] menjadi mau jujur …?? dng pengertian seperti yang anda ucapkan itu dan .berpikiran seperti itu, bahwa "organisasi yang tidak mencari keuntungan finansial bisa bangkrut juga ya? …

Ya pada kenyataannya terjadi seperti itu bukan…?? Jadi bukan suatu keanehanlah…namanya .!! Tetapi suatu keniscayaan…!!! ( maybe yes maybe not ).

Kenapa lantas bisa bangkrut…?? pasti disalah satu sisinya terpengaruh / menganut ajaran iblis…eheheheh .Dan ajaran iblis tsb sudah menelikung / menjajah / memperbudak sebagian besar jemaatnya…maupun pimpinan jemaatnya.
Lha kok iblis disalahkan…?? malah bukannya orang orang nya yang berada di Organisasi Gereja tsb…??
Ya kita kembali lagi dengan peringatan di Alkitab bahwa Iblis bisa menjadi Malaikat terang…Dan bisa juga mengunakan ayat -ayat di…Alkitab. Lho…KOK BISA…?? yA APAPUN DAPAT DILAKUKAN IBLIS UNTUK MEMPERDAYA SEMUA
MANUSIA jIKA SIMANUSIANYA SENDIRI TIDAK MENGERTI MAKNA AYAT AYAT Alkitab itu sendiri.
Ke greja sih ke gereja, tapi…?? Banyak / sering timbul pertanyaan besar disitu buan…??

Salam, GBU