5 jawatan? rasul,nabi,penginjil,gembala,pengajar? apakah masih exist detik ini?

5 jawatan? rasul,nabi,penginjil,gembala,pengajar? apakah masih exist detik ini?
apa perbedaannya? apa persamaannya? bagaimana membedakannya? apa syarat seseorang dikatakan memiliki jawatan tertentu? apa fungsi dari masing2 jawatan?
APA YANG TERJADI JIKA SALAH SATU SAJA TIDAK ADA DALAM GEREJA TUHAN?

Kalau dibaca dari Alkitab bahasa Asli Yunani, sebenarnya hanya ada 4 jawatan karena (gembala dan pengajar) dipegang 1 orang. baca keterangannya di http://www.sarapanpagi.org/efesus-4-11-lima-jawatan-pelayanan-vt2277.html

Kenapa harus lima?
Bukankah ada juga diaken dan penatua.

Salam.

dialkitab LAI tertulis 5,menurut SP berdasarkan teks Yunani justru ada 4.

Hai…Jabatan/jawatan dalam gereja tdk perlu banyak, 3 saja ( pendeta, penatua, Diaken ), yg penting kommit, dan bisa bekerja sama dan tdk merasa lebih hebat dari yg lain…setau saya…para pendeta itu suka bablas…otoriter tak karuan… tp tdk semua cuma Banyuuuuaaak

Meskipun banyak yang berpegang pada pendapat bahwa Efesus 4:11 berbicara mengenai suatu jawatan-jawatan (bagian2/ departemen2 yang dijabat oleh orang-orang tertentu), saya pribadi berpendapat bahwa Efesus 4:11 lebih berbicara kepada FUNGSI ketimbang suatu Jawatan. Secara khusus ayat ini telah dibahas bahwa gembala-gembala dan pengajar-pengajar telah menyiratkan adanya dua fungsi yang dapat dilaksanakan oleh orang yang sama yang tugas utamanya telah dipaparkan di Kisah 20:28. Orang-orang ini adalah pemimpin-pemimpin jemaat setempat yang mengepalai gereja-gereja (jemaat-jemaat) yang timbul oleh pemberitaan para rasul dan juga para penginjil lainnya (bandingkan Kisah 14:23 dimana ‘penatua-penatua’ berarti mereka yang disapa dalam Kisah 20:17). “Ke-5” fungsi yang dirinci dalam Efesus 4:11 bisa saja dilaksanakan oleh satu orang, juga bisa oleh beberapa orang, semuanya adalah untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan (Efesus 4:12).

Efesus 4:11 adalah lebih berbicara mengenai fungsi ketimbang jawatan (jabatan), dan di suatu gereja tertentu/ kelompok jemaat tertentu tidak mutlak harus terdapat orang-orang yang memiliki kemampuan/ fungsi-fungsi yang diperincikan dalam Efesus 4:11 itu. Tuhan YESUS berkata : “dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka” (18:19-20) dan kelompok itu sebenarnya sudah merupakan suatu “gereja/ jemaat”. Selanjutnya, kita harus melihat bahwa di tempat lain misalnya dalam Roma 12:6-8 dan 1 Korintus 12:8-10, Rasul Paulus menyebut lebih banyak fungsi-fungsi yang merupakan karunia-karunia pelayanan diantaranya adalah :

  1. Karunia Bernubuat (προφητεια - ‘PROPHÊTEIA’)
  2. Karunia Melayani (διακονια - ‘DIAKONIA’)
  3. Karunia Mengajar (διδασκαλια - ‘DIDASKALIA’)
  4. Karunia Menasehati (παρακλησις - ‘PARAKLÊSIS’
  5. Karunia Membagi-bagikan (μεταδιδωμι - ‘METADIDOMI’)
  6. Karunia Memberi Pimpinan (προιστημι - ‘PROISTÊMI’)
  7. Karunia Menunjukkan Kemurahan (ελεεω - ‘ELEEÔ’)
  8. Karunia untuk berkata-kata dengan hikmat (λογος σοφια - ‘LOGOS SOPHIA’)
  9. Karunia untuk berkata-kata dengan pengetahuan (λογος γνωσεως - ‘LOGOS GNOSEÔS’)
  10. Karunia iman (πιστις - ‘PISTIS’)
  11. Karunia untuk menyembuhkan (ιαμα - ‘IAMA’)
  12. Karunia untuk mengadakan mujizat (ενεργηματα δυναμεων - ‘ENERGÊMATA DUNAMEÔN’)
  13. Karunia untuk membedakan bermacam-macam roh (διακρισεις πνευματων - ‘DIAKRISEIS PNEUMATÔN’)
  14. Karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh (γενος γλωσσα - ‘GENOS GLÔSSA’)
  15. Karunia untuk menafsirkan bahasa roh (ερμηνεια - ‘HERMENEIA’)

dan masih banyak karunia-karunia lain yang diperinci di http://www.sarapanpagi.org/karunia-roh-kudus-vt107.html#p230

kalau begitu mari kita sobek alkitab ramai2…

BTW ada 5 jawatan/jabatan berdasarkan dari ayat mana?

Salam.

Efesus 4:11

Damai bagimu flux.

Hehhehheee… mungkin karena keterbatasan pemahamanku, tidak kulihat korelasi antara postingan ROBERT ANTON yang di-quote oleh flux dengan ajakan flux untuk menyobek Alkitab ramai-ramai. Bagaimana dengan partisipan lain?

Damai bagi Pengikut Kristus.

maksud saya, kalau memang alkitab SALAH dengan memberikan ayat tentang jawatan yang berjumlah 5 melainkan seharusnya hanya ada 3 buat apa kita percaya dengan sesuatu yang salah?? kita sobek saja ayat yang salah itu. namun satu hal yang saya imani adalah bahwa Alkitab tidak mungkin salah. jadi kesalahan ada pada pembaca dan penafsir bukan pada Alkitab.

Salam damai pula bagimu…

3 jawatan: Pendeta, Penatua, Diaken, ada kok ayatnya…

PENDETA (imam)

* Roma 15:16
yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan KRISTUS YESUS bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam ‘pelayanan’ (‘hierourgeô’, pelayanan keimaman) pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh ROH KUDUS.
TR Translit, eis to einai me leitourgon iêsou khristou eis ta ethnê ‘hierourgounta’ to euaggelion tou theou hina genêtai hê prosphora tôn ethnôn euprosdektos hêgiasmenê en pneumati hagiô

PENATUA

* Kisah Para Rasul 11:30
Hal itu mereka lakukan juga dan mereka mengirimkannya kepada ‘penatua-penatua’ (‘presbuteros’) dengan perantaraan Barnabas dan Saulus.
TR Translit, ho kai epoiêsan aposteilantes pros tous ‘presbuterous’ dia kheiros barnaba kai saulou

DIAKEN

* Filipi 1:1,
Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba KRISTUS YESUS, kepada semua orang kudus dalam KRISTUS YESUS di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken (‘diakonos’).
TR Translit, paulos kai timotheos douloi iêsou khristou pasin tois hagiois en khristô iêsou tois housin en philippois sun episkopois kai ‘diakonois’

3 jawatan: pendeta, penatua, Diaken dikonfirmasi ada dalam ibadah Gerejawi zaman Perjanjian Baru.

Efesus 4:11 lebih bicara mengenai FUNGSI, bukan JAWATAN/ DEPARTEMEN.

Khusus untuk jabatan nabi saya belum pernah baca dialkitab bahwa jabatan ini dipilih oleh jemaat/manusia.

Jabatan Nabi dipilih oleh Tuhan sendiri.
Kalau jabaan rasul memang pernah dipilih secara undi waktu matias dipilih menggantikan Yudas.

Apakah pemilian rasul ini disetujui oleh Tuhan saya tidak terlalu jelas, karena setelah Matias ada rasul baru lagi yaitu rasul Paulus.

Kalau ada 12 rasul dan Matias diikut sertakan maka rasul waktu itu ada 13. Karena Paulus juga rasul.

Ooo bagito rupana. Terimakasih salammu. Jadi, kalau penyobekan itu terjadi, saya tidak ikut-ikut ah. Pembaca yang salah, Alkitab disobek. Itu mewujudkan perumpamaan buruk rupa cermin dibelah.

Damai bagi pengikut Kristus.

lanjut lanjut. thread menarik ^^

apakah benar bahwa pada jaman kegelapan gereja iblis pernah membunuh 2 jawatan ini yaitu nabi dan rasul yang mengakibatkan gereja penuh dengan hal-hal keduniawian dan pada akhir zaman ini TUhan sedang memulihkan kedua jawatan itu sehingga perlahan demi perlahan Gereja TUHAN sedang dibawa ke level yang lebih tinggi?

Tuhan selalu memulihkan umat-Nya
dan kalo gereja iblis??? emang ada y???

maksud saya disitu ada komanya hehe
maklum ga copy paste hehe

apakah benar bahwa pada jaman kegelapan gereja,iblis pernah membunuh 2 jawatan ini yaitu nabi dan rasul yang mengakibatkan gereja penuh dengan hal-hal keduniawian dan pada akhir zaman ini TUhan sedang memulihkan kedua jawatan itu sehingga perlahan demi perlahan Gereja TUHAN sedang dibawa ke level yang lebih tinggi?

Sepertinya perlu ada definisi dulu:
Apa yang dimaksud Rasul dan nabi? dan sebagainya.

Dengan demikian pembahasan ini tidak bias.

Setidaknya jangan ada nabi atau rasul yang cuma “ngaku-ngaku”. ha… he… he…