aASYEEK

Sebelum kami berikan pertanyaannya dan juga sebelum anda menjawabnya, ada baiknya kami sampaikan bahwa yang namanya nubuat harus digenapi, jika tidak maka nubuat tersebut tidak benar alias bohong. Bersama ini kami berikan sedikit contoh penggenapan suatu nubuat yang benar-benar terjadi, seperti :

Nubuat dalam Perjanjian Lama:

"Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. (Hosea 11:1).

Penggenapan di Perjanjian Baru

"Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal disana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku. " (Matius 2:14­-15.)

Nubuat dalam Perjanjian Lama

"Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanak-kan pada hari ini.” (Mazmur 2: 7 )

Penggenapan di Perjanjian Baru

"Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri -Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang berfirman kepada-Nya: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. " (Ibrani 5:5)

Nubuat dalam Perjanjian Lama

“Roh Tuhan ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang­orang yang remuk hati, untuk memberitaan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara.” (Yesaya 61:1)

Penggenapan di Perjanjian Baru

“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab la telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan la telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” (Lukas 4:18-19 )

Nah ayat-ayat tadi semuanya membuk­tikan bahwa apa yang dinubuatkan Tuhan di dalam kitab Perjanjian Lama, itu benar­benar terjadi atau digenapi pada kitab Perjanjian Baru. Kalau tidak terjadi atau tidak digenapi, berarti itu bukan nubuat Tuhan, sebab tidak mungkin Tuhan keliru atau salah.

Untuk itu kami ajukan pertanyaan berhadiah 1 (satu) mobil sedan BMW jika ada yang bisa membuktikan ucapan Yesus sekitar nubuat tentang dirinya yang terdapat pada Lukas 24:44-46 sebagai berikut:

  1. Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”

  2. Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

  3. Kata-Nya kepada rnereka: Ada tertulis demikian: “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga”

Pertanyaannya adalah:

Mana bukti ucapan Yesus yang mengatakan bahwa ada tertulis demikian: “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga” dalam kitab Taurat Musa, Kitab Nabi-Nabi dan Kitab Mazmur

Catatan : Taurat Musa ada 5 kitab, Kitab Nabi Nabi ada 33 kitab dan Kitab Mazmur ada 1 kitab, jadi jumlahnya 39 kitab. Atau dengan kata lain perkataan Yesus tersebut tertulis dalam semua kitab Perjanjian Lama, sebab jumlah kitab Perjanjian lama semuanya ada 39 kitab.

Kalimat: “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga” pada yat 46 ini menurut ayat 44 telah tertulis dalam kitab Taurat, kitab Nabi­-nabi dan Mazmur. Menurut ayat 45, bagi yang tidak tahu berarti belum mengerti Alkitab.

Ternyata semua pakar Alkitab tidak mengetahui dimana letak ayat tersebut pada Taurat Musa, kitab Nabi-nabi dan Mazmur. Pihak Kristen berapologi bahwa konsep Mesias yang menderita memang ditemukan dalam Perjanjian Lama, tetapi bukan dalam bentuk teks seperti yang tertulis dalam Lukas 24:46.

Tampaknya mereka kurang cerdik untuk membelanya, sebab mereka tidak membandingkan dengan :

I. Matius 12:16-20

  1. Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia,

  2. supaya genaplah firman yang disampai­kan oleh nabi Yesaya:

  3. "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa­Ku berkenan; Aku akan menaruh roh­Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memak­lumkan hukum kepada bangsa-bangsa.

  4. Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mende­ngar suara-Nya di jalan-jalan.

  5. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang.

Bunyi ayat Matius 12:18-20 ini bisa kita temukan pada Yesaya 42:1-4 yang berbunyi:

  1. Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

  2. Ia tidak akan berteriak atau menya­ringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan.

  3. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum.

  4. Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.

II. Matius 13:14-15

  1. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.

  2. Hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.

Ayat-ayat ini bisa ditemukan pada Yesaya 6:9-10 yang berbunyi:

  1. Kemudian firman-Nya: "Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan!

  2. Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup. supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya. lalu berbalik dan menjadi sembuh "

III. Matius 1.3::3 5

"Supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: "Aku mau membuka mulut­Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan. "

Teks ayat Matius ini bisa kita temukan pada Mazmur 78:2 yang berbunyi:

"Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari

zaman purbakala."

IV. Lukas 3:4-6 berbunyi:

  1. Seperti ada tertulis dalam kitab nubuat­-nubuat Yesaya: Ada suara Vang berseru-­seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.

  2. Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,

  3. dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."

Bunyi ayat-ayat Lukas diatas dapat kita temukan dalam Yesaya 40:3-5 berikut ini:

  1. Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!

  2. Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;

  3. maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, Tuhan sendiri telah mengatakannya."

Lalu bagaimana dengan Lukas 24:44­46 yang katanya dalam kitab Taurat, kitab nabi-nabi dan Mazmur telah tertulis demikian:

"Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga

yang tidak mengerti menyampaikan kepada yang mengerti?

sama seperti orang buta merasa punya kemampuan menuntun orang yang dapat melihat

@ramang

semua yang anda tanyakan sudah dijawab

kenapa tidak baca dulu baru posting?

kebiasaan spamingkah?

GBU

  • Lukas 24:45-46
    24:45 LAI TB, Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
    KJV, Then opened he their understanding, that they might understand the scriptures,
    TR, τοτε διηνοιξεν αυτων τον νουν του συνιεναι τας γραφας
    Translit interlinear, tote {kemudian} diênoixen {Dia membuka} autôn {mereka} ton noun {pikiran} tou sunienai {(untuk) memahami} tas graphas {tulisan-tulisan itu}

24:46 LAI TB, Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
KJV, And said unto them, Thus it is written, and thus it behoved Christ to suffer, and to rise from the dead the third day:
TR, και ειπεν αυτοις οτι ουτως γεγραπται και ουτως εδει παθειν τον χριστον και αναστηναι εκ νεκρων τη τριτη ημερα
Translit interlinear, kai {dan} eipen {Dia berkata} autois {(kepada) mereka} hoti {bahwa} houtôs {demikian} gegraptai {ia sudah dituliskan} kai {dan} houtôs {demikian} edei {ia harus} pathein {(untuk) menderita} ton khriston {Kristus/ Mesias} kai {dan} anastênai {(untuk) bangkit} ek {dari} nekrôn {orang-orang mati} tê tritê {ketiga} hêmera {hari}

Bukan hanya Lukas, kitab-kitab Perjanjian Baru yang lain juga menulis bahwa Yesus bangkit pada hari ketiga :

  • Matius 12:40
    LAI TB, Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
    KJV, For as Jonas was three days and three nights in the whale’s belly; so shall the Son of man be three days and three nights in the heart of the earth.
    TR, ωσπερ γαρ ην ιωνας εν τη κοιλια του κητους τρεις ημερας και τρεις νυκτας ουτως εσται ο υιος του ανθρωπου εν τη καρδια της γης τρεις ημερας και τρεις νυκτας
    Translit, hôsper gar ên iônas en tê koilia tou kêtous treis hêmeras kai treis nuktas houtôs estai ho huios tou anthrôpou en tê kardia tês gês treis hêmeras kai treis nuktas

  • Markus 16:9
    Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

  • Kisah Para Rasul 10:40
    Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,

  • 1 Korintus 15:4
    bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci;

RUJUKANNYA DALAM PERJANJIAN LAMA :

  • Keluaran 19:11
    LAI TB, Menjelang hari ketiga mereka harus bersiap, sebab pada hari ketiga TUHAN akan turun di depan mata seluruh bangsa itu di gunung Sinai.
    KJV, And be ready against the third day: for the third day the LORD will come down in the sight of all the people upon mount Sinai.
    Hebrew,
    וְהָיוּ נְכֹנִים לַיֹּום הַשְּׁלִישִׁי כִּי ׀ בַּיֹּום הַשְּׁלִישִׁי יֵרֵד יְהוָה לְעֵינֵי כָל־הָעָם עַל־הַר סִינָי׃
    Translit, VEHAYU NEKHONIM LAYOM HASYELISYI KI BAYOM HASYELISYI YERED YEHOVAH LE’EINEY KHOL-HA’AM 'AL-HAR SINAY

  • Hosea 6:2
    LAI TB, Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.
    KJV, After two days will he revive us: in the third day he will raise us up, and we shall live in his sight.
    Hebrew,
    יְחַיֵּנוּ מִיֹּמָיִם בַּיֹּום הַשְּׁלִישִׁי יְקִמֵנוּ וְנִחְיֶה לְפָנָיו׃
    Translit, YEKHAYENU MÏYOMAYIM BAYOM HASYELISYI YEQIMENU VENIKHYEH LEFANAV

  • Yunus 1:17
    LAI TB, Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya.
    KJV, Now the LORD had prepared a great fish to swallow up Jonah. And Jonah was in the belly of the fish three days and three nights.
    Hebrew,
    וַיְמַן יְהוָה דָּג גָּדֹול לִבְלֹעַ אֶת־יֹונָה וַיְהִי יֹונָה בִּמְעֵי הַדָּג שְׁלֹשָׁה יָמִים וּשְׁלֹשָׁה לֵילֹות׃
    Translit, VAYMAN YEHOVAH DAG GADOL LIVLOA’ 'ET-YONAH VAYHÏ YONAH BIM’EY HADAG SYELOSYAH YAMIM USYELOSYAH LEYLOT


Perhatikan Lukas 24:45 : “Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci (TAS GRAPHAS).”.

Note:
τας γραφας - TAS GRAPHAS berarti “tulisan”, apa saja yang tertulis, berasal dari kata γραφη- GRAPHÊ tetapi dalam bentuk akusatif dan … jamak, τας – TAS di depannya adalah artikel.

TUNGGAL

Kasus nominatif, [η] γραφη - [HÊ] GRAPHÊ
Kasus genitif, [της] γραφης - [TÊS] GRAPHÊS
Kasus datif, [τη] γραφη [TÊ] GRAPHÊ
Kasus akusatif, [την] γραφην [TÊN] GRAPHÊN

JAMAK

Kasus nominatif, [αι] γραφαι - [HAI] GRAPHAI
Kasus genitif, [των] γραφων - [TÔN] GRAPHÔN
Kasus datif, [ταις] γραφαις - [TAIS] GRAPHAIS
Kasus akusatif, [τας] γραφας - [TAS] GRAPHAS

Note:

Kasus adalah kategori gramatikal dari nomina, frasa nominal, pronomina, atau adjektiva yang menunjukkan hubungan dengan kata lain di dalam konstruksi sintaksis.

Kasus nominatif adalah kasus yang menandai nomina atau yang sejenisnya sebagai subyek; bentuk nomina yang timbul sebagai subyek; bagian nomina dari suatu predikat atau sebagai keterangan pada bagian kalimat.

Kasus genitif adalah kasus penanda hubungan asal-usul, sumber, atau milik.

Kasus datif adalah kata yang menduduki fungsi sebagai obyek tidak langsung dari verba.

Kasus akusatif adalah kasus yang menunjukkan fungsi sebagai obyek langsung atau obyek berpreposisi dalam kalimat.

Yesus perlu membuka pikiran mereka, kerena sebelumnya para murid tidak bisa mengerti nubuat yang memang tidak secara eksplisit dinyatakan dalam kitab suci. Yesus sama sekali tidak menyebut nubuat dari siapapun, melainkan hanya berkata “Ada tertulis” "

Lukas 24:46 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,

γεγραπται – GEGRAPTAI adalah verba berasal dari γραφω – GRAPHÔ, “saya menulis”, dalam bentuk Perfect Pasif Indikatif Orang Ketiga Tunggal, “ia sudah ditulis/ tertulis/ terukir/ tergambar demikian” . (bandingkan Yunus 1:17) dan lagi dalam namaNya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem, dst. (Yesaya 49:6,Yesaya 54:1-5, Hosea 1:9 & 2:22, Zakharia 3: 8-9, Zakharia 9:9-11)

Semua kalimat dalam 24:45 secara secara eksplisit tidak tercantum dalam Kitab Suci. Itu hanya “resume” dari berbagai nubuatan yang tersirat dalam Kitab Suci , yang harus dimengerti dengan membuka pikiran para murid. Lukas tidak berdusta. Si penanya yang kurang memahami konteks, dan hanya mencari-cari kesalahan.

Nubuat bukan ramalan. Frasa “ada tertulis demikian” adalah tipologi, tidak mutlak merupakan perkataan seseorang dalam Perjanjian Lama yang diapit dengan tanda kutip. Yang dimaksud dengan tipologi (dari kata Yunani "τυπος – “TUPOS” atau “TYPOS”) adalah oknum, peristiwa, atau hal dalam Perjanjian Lama yang berhubungan dengan Mesias.

Contoh:

Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, (Yohanes 3:14)

Tidak ada perkataan langsung dalam Perjanjian Lama bahwa peristiwa ular tembaga di padang gurun merupakan “nubuat” bahwa Yesus Kristus sebagai Anak Manusia pun mengalami hal seperti itu, namun Dia mengatakan bahwa “seperti itulah” yang akan dialami.

Tokoh Perjanjian Lama yang terlibat dalam kisah itu mungkin tidak melihat bahwa apa yang mereka alami itu menubuatkan kedatangan Mesias. Misalnya, Daud mungkin tidak sadar ketika menggubah Mazmur 22 bahwa penderitaannya menubuatkan penderitaan Mesias. Demikian pula, orang-orang buangan yang meratap ketika melewati kuburan Rahel di Rama tidak mengetahui bahwa satu hari air mata mereka akan digenapi di dalam kematian semua bayi laki-laki seumur dua tahun ke bawah di Betlehem. Sering kali orang hanya dapat melihat sebuah ayat Perjanjian Lama dalam perkataan langsung (diapit tanda kutip) sebagai nubuat tentang Mesias bila dipandang dari sudut penyataan Perjanjian Baru.

Cukup banyak pola dalam Perjanjian Lama yang merupakan "τυπος – “TUPOS” dalam hubungannya sebagai nubuat tentang Mesias, demikian pula halnya dengan Lukas 24:45-46 di atas, apalagi ditulis “TAS GRAPHAS” dalam bentuk jamak, berarti bukan hanya satu sumber tulisan yang dikutip.

Mesias harus menderita cukup banyak ditulis dalam Perjanjian Lama (diantaranya di kitab Yesaya, misalnya di Yesaya pasal 53), dan Dia akan bangkit pada hari ketiga dapat dibandingkan dengan kisah nabi Yunus yang jelas merupakan tipologi kebangkitan Kristus dari kematian.

Semoga jelas dan bermanfaat.

sumber: http://www.sarapanpagi.org/mustahil-kristen-bisa-menjawab-vt2704.html