Aborsi dalam Kekristenan

Aborsi itu udah pasti dosa, na klo Janin gimana (yg masih 1 - 3 bulan) apakah sudah bisa di anggap sebagai manusia ( maksudnya apakah udah punya roh?)

klo bayi sendiri yg udah lahir lalu meninggal itu masuk ke surga ato neraka ya?

gimana menurut yg lain?pendapatnya dong :happy0062:

GBU

Aborsi dan janin di Kristen,
Kalo sbg orang Kristen… sy beriman… roh bayi yang meninggal ikut dengan iman orang tuanya.

Sy ngga tau ilmu kedokteran… ttp saat … sy tau menstruasi terlambat …

Sy Tau disitu sudah ada kehidupan yang harus dipelihara… sekalipun umur baru 1 munggu, 1 bulan ato bahkan 3 bulan .
Itu tanggapan sy sbg orang Kristen :coolsmiley:

Aborsi bg sy no way!! :wink:

klo misalnya baru 1 minggu gitu itu janin sudah menjadi manusia ga ya (maksudnya da punya roh ga ya?)

klo yg spt anaknya Daud yg dia dapatkan dari Batsyeba (yg belum jadi istri sahnya wktu itu) lalu anak itu mati di tulahin oleh Allah, na klo kayak anak itu gimana ? masuk surga ato neraka ya soalnya kan ga berkenan dihadapan Allah wkt bikinnya

Kalo menurut iman sy sbg orang Kristen :
YA…
krn Firman Tuhan menjelaskan kepada sy demikian:
sebelum Tuhan membentuk sy dalam rahim my mom, Tuhan telah mengenal siapa sy :smiley:

kalo boleh sy artikan…dg bahasa sy :
ibarat kata belum ada bentuk/ujudnya aja…
Tuhan sudah kenal sy…

terlebih ketika sudah berbentuk gumpalan darah dlm rahim ibu… sy percaya Tuhan sudah memberikan roh thd kehidupan janin tsb …
dan tuhan sudah menaruh rencanaNYA atas bayi tsb… sekalipun masih berusia 1 minggu :smiley:

He…he… kalo untuk anak Daud… krn sy bukan Tuhan … sy ngga tau… dia masuk mana… :smiley:

Pendapat yang bagus Mbak Alice… ^^

Hukum aborsi memang tidak eksplisit dalam Alkitab. Jika dikategorikan membunuh, definisi NYAWA antar orang berbeda. Aborsi yang udah kliatan dosa adalah jika akibat freesex. Ada juga aborsi yang “buram” apakah dosa ato tidak. Misal bila bayi mengancam kelangsungan hidup ibuny. Dalam hal ini ada yang bilang dosa karena mendahului Tuhan, ada yang engga karena tujuanny menyelamatkan nyawa. Saya hanya bisa menilai aborsi akibat freesex adalah dosa. Lainny ga brani mnilai.

menurut kristen, kegiatan aborsi sudah pasti dosa.

klo bayi yang meninggal kemungkinan besar sih masuk surga… (ini masih kemungkinan) hehe soalnya yang tau kategori yang masuk surga sama masuk neraka cuma Tuhan…
jadi saya bilang masih kemungkinan :slight_smile:

klo ga salah di majalah atau di inet (tp udah lupa sumbernya) para ilmuwan kan mengatakan klo janin baru benar benar sudah menjadi manusia klo udah 3 bulan ke atas…ni bener ga ya? klo lom sampai 3 bulan lalu keguguran misalnya apakah ni janin sudah memiliki roh ya?

tapi aku suka pendapatnya mbak Alice diatas bahwa Allah sudah mengenal kita sebelum kita dibentuk (tapi itu juga kan ayat untuk kita yang notabenenya sudah menjadi manusia)

ada pendapat lainnya ga?

GBU

he…he… apa ilmuwan tsb… bisa tanggung dosa manusia yang mengarborsi… andai hal tsb tidak berkenan di hadapan Tuhan??? :mad0261:

Ps 139:

13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.
14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

Raphael: y seperti saya bilang bro. Definisi roh dan nyawa kan beda2. Ilmuwan2 tu punya parameter sendiri dalam menentukan apakah seorang bayi udah punya roh ato belom. Klo aborsi akibat freesex dan janinny baru 2 minggu,dosa ga? PASTI DOSA… Nah dalam hal ini parameter ilmuwan itu tidak ada artinya. Lebih baik bro liat berdasar niat aborsi saja.

just curious… gimana kalo seseorang sampai pada keputusan aborsi berdasarkan pertimbangan2 medis?? :slight_smile:

inipun tetap… bertanya pada hati nurani, krn jika hati nurani keberatan sebaiknya jangan dilakukan…krn belum tentu koq apa yang dikatakan dokter itu juga benar

Ex: jika diketahui… janin tersebut cacat … dlm kandungan dan dokter/medis menganjurkan untuk menggugurkan saja… apakah ini bisa dibenarkan oleh TUHAN?? :mad0261:

Ada sepupu saya yang waktu hamil divonis terkena toksoplasma dan dipastikan bayinya akan jajad atau meninggal.
Rekomendasi dokter : segera digugurkan.

Tapi setelah banyak berdoa, mereka sepakat mau tetap meneruskan kehamilan tersebut.

Akhirnya anaknya lahir, cantik sempurna dan cerdas sekali, sekarang sudah masuk SD.

Nah, terbukti dokter bukan Tuhan.

Tapi tentu saja dokter sering benar, jadi keputusannya tergantung dari iman masing2.

Salam.

saya sepakat sama Sis Alice & Bro Aslan (bro saya yakin anda benar2 Kristen sekarang) :afro:

seringkali manusia mengandalkan dirinya sendiri :ashamed0004:

Job 31:4 Bukankah Allah yang mengamat-amati jalanku dan menghitung segala langkahku?

Pro 16:7 Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itupun didamaikan-Nya dengan dia.

Pro 21:2 Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

Isa 48:17 Beginilah Firman Tuhan, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.

Malaikat Tuhan : Abraham, engkau akan mendapatkan anak dari Sarah
Abraham : baik Tuhan

Opini Dokter A (bukan orang percaya) : :onion-head33: hahahaha…mana mungkin secara medis, mustahil…ada2 aja nie Tuhan :tuzki48:

Opini Dokter B (orang beragama Kristen) : :onion-head53: Opa Abraham mari realistis, walaupun secara mujijat itu bisa dilakukan, namun jangan berharap banyak ya opa, secara medis itu tidaklah dimungkinkan :onion-head7:

Opini Dokter C (Orang percaya) : :onion-head25: selamat Opa, saya turut bersukacita, TUHAN memang sangat baik dan dahsyat, nanti jika oma mau melahirkan, saya bersedia untuk menjadi dokternya :onion-head83:

buat orang percaya

silahkan pilih mau percaya omongan yang mana…termasuk soal aborsi karena “masalah” medis

GBU

aaah lega sudah gak dicurigai wkwkwkw :slight_smile:

dengan ini saya meminta maaf karena telah mencurigai bro

semoga permohonan maaf saya bisa bro terima

GBU

Bisa dimengerti koq, forum kita ini memang gak boleh disusupi oleh “mereka” hehehe…
Thx bro.
…eh sori buat tsnya, jadi ngobrol yang lain nih…

yuk lanjut lagi.

mungkin jika si ibu menderita sakit rahim (kanker) atau penyakit lainnya yang mengharuskan dia untuk aborsi, maka aborsi dapat diperbolehkan, demi keselamatan si ibu

Kita semua tahu bahwa yang namanya aborsi itu tidak boleh dilakukan karena sama saja dengan membunuh. Tapi ada satu hal yang buat aku bingung, bagaimana jika ada seorang wanita (maaf), dia diperkosa oleh seseorang dan hasil perkosaan tsb membuat dia jadi hamil. Apakah dia diperbolehkan untuk membuang janin tsb?

Adhit: semua terjadi atas seijin Tuhan. Jadi bayi itu ada seijin Tuhan… HARUSNYA tidak boleh diaborsi… TAPI SAYA TIDAK MAU MENGHAKIMI perempuan yang aborsi karena perkosaan. Saya ingin mengasihi mereka. Gbu