Ada Apa dibalik Haki ?

Apa sih haki itu ??
haki itu meliputi apa saja ?
apakah pelanggaran haki bisa dikategotikan sebagai pembajakan atau pencurian ?
Hukum alkitab yang mana saja yang dilanggar jika melanggar Haki ?
apakah dalam alkitab juga ada haki?
apakah haki ada batas masa berlakunya ?

monggo !

Gbu
DLL , bersambung

[quote author=marcelljesse link=topic=44151.msg709580#msg709580 date=1341572641]
Apa sih haki itu ??
haki itu meliputi apa saja ?
apakah pelanggaran haki bisa dikategotikan sebagai pembajakan atau pencurian ?
Hukum alkitab yang mana saja yang dilanggar jika melanggar Haki ?
apakah dalam alkitab juga ada haki?
apakah haki ada batas masa berlakunya ?

monggo !

Gbu
DLL , bersambung
[/quote

[email protected]

Maksudnya hak …?? apa haki ya…??
Ga paham disitunya…
Jika sudi dicerahkan dolo oleh anda nih…!!

Salam GBU

Haki itu HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
yang saya tau Haki itu meliputi juga tentang “Merk dagang” apa benar ?

GBU

Situs Dirjen HKI http://www.dgip.go.id/
Blog yang memberikan informasi awam tentang HKI http://hakintelektual.com/
Ensiklopedia tentang HKI http://id.wikipedia.org/wiki/Kekayaan_intelektual

Kiranya dari tiga situs ini sudah cukup untuk mengenal HKI

Thanks atas link situsnya ternyata begitu banyak yang boleh di patentkan sebagai haki,
bahkan hanya logo saja juga boleh dipatentkan, tapi apakah semisal logo yang sudah dipatenkan itu dipakai untuk produk lain yang tidak sejenis diperbolehkan ??
Gbu ?

Logo itu sifatnya unik. Untuk Logo, setahu saya tidak boleh.
Tetapi kalau nama toko, atau nama perusahan, setahu saya boleh asalkan untuk bidang yang berbeda.
GBU

bisa diperjelas lagi ga pertanyaannya??maaf masih kurang mudeng nih.klo logo udah dipatenkan maka yg boleh pake logo itu cuma perusahaan/institusi yg terdaftar resmi sbg pemegang paten itu.

misal logo honda , bolehkah logo hond saya pakai ketka saya menjual sepatu misalnya ? atau merk honda saya pakai ketika men jual celana jeans ?
GBU

jelas ga boleh krn anda bukan pemegang paten yg terdaftar secara hukum(kecuali anda sudah minta izin lebih dulu dari pihak honda).

Mungkin ini cuma asumsi anda saja, karena dalam kenyatan lain lagi
Undang undang Haki sesungguhnya cuma Alat saja, semacam pistol yang bisa digunakan untuk membelahak tapi juga bisa digunakan buat merampok hak (saya jelaskan kemudian setelah beberapa respon )

GBU

hak apa yg dirampok??justru undang2 haki dibuat utk melindungi hak orang atas aset yg dimilikinya.heran sama orang indonesia ya,udah mentalnya mental maling tp masih minta dibenarkan pula.apa susahnya sih minta ijin dulu sama yg empunya??anda berani ngomong gitu krn tinggal di indonesia.

saya mau cerita nyata (logo merk saya tidak sebut langsung karena ini perkara nyata saya khawatir jadi perkara undang LTE) saudara saya punya perusahaan sepatu dengan logo xoxo (bukan logo/ sebenarnya))
selain memproduksi sepatau dia juga produksi baju dengan logo yang sama xoxo (logo yang unix) dan sudah dipatenkan
kira kira sepuluh tahun kemudian dia memproduksi dompet dengan merk/logo sama ternyata setelah setahun kemudian ada yang menuntut , dan malah mengancam untuk menarik barang (dompet) dari pasaran,dan kalu mau beli merk harga sekian (mahal).
ternyata diam diam dia sudah mendaftarkan patent logo yang sama untuk produksi dompet beberapa bulan yang lalu padahal tidak ada satupun produksi dompetnya.

ini kejadian nyata lho.
ternyata si pencipta logo malah kalah oleh undang undang haki
jadi siapa sebetulnya yang membajak ??
bukankah undang undang haki hanya pistol saja , bisa untuk melindungi namun bisa juga untuk merampaok ?
Gbu

[email protected]

Makasih atas informasinya ya…??

Kalau kitab kitab Injil dalam Alkitab yang di tulis oleh para penulisnya tsb…?? apakah itu juga bukan dinamakan Hak Kekayaan Intelektuil…?? dari Musa, Daud, Salomo, Matius, Lukas, Markus, Yohanes. Paulus, Petrus dll

Kalau itu bisa diakui sbg Hak Kekayaan Intelektual…maka tidak pernah ada satupun umat didunia yang dituntut secara hukum dunia dan hukum sorgawi bukan…??..saat semua orang menyontek setiap bunyi ayat-ayat yang ada dalam Injil tsb bukan…uuntuk suatu keperluan yang dianggap orang tsb sangatlah pentng dalam kehidupan manusia.

Nah…jika hak kekayaan intelektual di luar Alkitab…yang katanya berisi juga "merk dagang / brand " apakah menjadi masalah jika di contek orang…?? walaupun istilahnya beguna untuk kehidupan orang…??

Kalau bicara Hak…maka sudah tentu lawannya adalah kewajiban bukan…?? karena hak dan kewajiban harus duduk sebagai padannya…maka menjadi ada harmonisasi disitu.

Kemudian istilah “” kekayaan Intelektual “” adalah sangat dalam maknanya…Dan jika dihasilkan dalam produk kongkritnya maka disebut sebagai karya nyata dari hasil buah pikiran seorang manusia tsb. Itu bisa berupa buku ilmu pengetahuan ( science ), novel-novel, gambar logo dagang…dsb…

Itu menurut pandangan saya…mungkin yang lainya dapat menambahnya lebih sempurna lagi…

Salam GBU

hak kekayaan intelektual hendaknya di bagi kategori kategori dan ada masa berlakunya (MASA EXPIREDNYAB SEBAB KALAU TIDAK DIBATASI MAKA hAK ITU AKAN MENGHAMBAT “kemaduan” /peradaban .

CONTOH HAK KEKAYAAN iNTELEKTUAL MUSA . mengenai perpuluhan Hak untuk memungut 10 persen (dengan mengatas namakan Tuhan , itu sudah expired seiring dengan Batalnya Hukum Taurat (efesus 2:15) dan batas masa berlaku Pl telah lewat (lukas 16:16)
jadi sebenarnya Hak kekayaan Intelektual harus ada batas masa berlakunya , karena kekyaannya bukanlah barang nyata (berwujud nyata)

GBU

Dear Marcelljesse

Kalau mendengar kasus saudara diatas, sepertinya bisa diperkarakan di pengadilan. Misalnya ada bukti tentang waktu desain logo milik saudara tersebut dikumpulkan sebagai bukti lalu bisa dibandingkan dengan pengajuan logo dari pihak pelapor. Coba konsultasi dengan pengacara saja. Saya pikir hukum tidak senaif itu.

Kalau dilihat dari kasus tersebut memang pelapornya yang salah. Tapi kalau kita mau menggunakan logo/nama merek yang sudah ada patennya memang tidak boleh, kecuali seijin yang memiliki logo/nama merek (yang jarang sekali diberikan).

Salam

Percuma saja ,karena kasus seperti itu bukan kali yang pertama , dan selalu dimenangkan oleh siapa mendaftar duluan atas produk itu (misal dompet ) jadi bukan siapa yang memakai logo itu lebih dahulu.
ada kasus lain semacam itu

GBU

Adalagi satu contoh kasus dimana si pencipta malah tidak berhak atas ciptaannya gara gara undang undang haki.

Teman ayah saya adalah pedagang barang barang konpeksi / garment
, berupa kancing, pita, renda,benang,jarum dll keperluan untuk bikin kemeja/ baju
Untuk melenhgkapi dagangannya beliau juga menjual pita merek (biasanya merk ini ditempel pada kemeja dekat krag baju.
Beliau menjual merk merk yang unix belum ada dipasaran dan murni adalah karangan beliau
merek merek ini dibeli oleh Garment rumahan atau garment pemula yang belum punya brand dan masih coba coba usaha garment.

Salah satu merk karanganya sangat disukai garment pemula ,katakanlah merk" kompor meleduk "
jadi "merk kompor meleduk laku dibeli oleh banyak pelanggan garment rumahan ,Katakanlah A. B .C dan banyak lagi
Bertahun tahun tidak ada masalah dengan garment garment kecilitu , sampai suatu saat Garment A mulai maju menjadi garment besar dan laku,
secara tak diduga ketika garment itu hendak beli keperluannya ke toko teman ayah saya itu
megatakan bahwa teman Ayah saya tidak lagi boleh menjual merk kompor meleduk kepada siapapun juga dan tidak boleh lagi mencetak/membuat lagi pita label merk "kompor Meleduk "
rupanya diam diam perusahaan garment A telah mendaftarkan Patent :“kompor meleduK”.

jadilah Teman ayah saya yang "pencipta merk "kompor meleduk " tidak dapat apa apa , malah merugi karena masih banyak stok pita label “kompor meleduk”

ini adalah kisah nyata (tapi merrk kompor meleduk bukan nama merk yang dimaksud )
soal percaya atsau tidak ini kisah nyata tidak saya paksakan, tetapi percayalah bahwa saya tidak ngarang

GBU

klo dari kasus yg anda paparkan ini sih menurut saya teman ayah anda juga salah karena tidak mendaftarkan patennya sejak awal sehingga celah tersebut dimanfaatkan orang2 tertentu yg ingin mencari keuntungan tanpa bersusah payah.

kalau sudah dipatenkan, koq orang lain bisa mempatenkan lagi, mungkin ada yang salah.

GBU

setuju deh.klo saya perhatiin sih dia ga nyebutin klo logonya udah dipatenkan lebih dulu oleh penciptanya.makanya saya pikir mungkin si pencipta ‘telat’ mempatenkan logonya(nunggu produknya laku di pasaran??) & keduluan oleh orang lain yg ingin cari untung dari celah tersebut.atau jangan2 designer logonya sakit hati sama klien awal & ngejual designnya ke klien lain(krn logonya belum dipatenkan oleh klien awal)??soalnya banyak juga lho pengusaha yg nyewa jasa designer independen buat bikinin logo.