ada yang tahu atau membaca kitab henokh???

saya sudah baca dan isinya tidak bertentangan dengan alkitab… :happy0025:

walah kitab apalagi ini?

kitab itu termasuk kategori pseudopigrapha (pseudo – palsu/semu)

disini ada banyak yang lain

http://www.pseudepigrapha.com/

salam

ini sebuah kitab yang tidak dimasukkan kedalam alkitab kita pada zaman sekarang. namun orang Yahudi membenarkan keberadaan kitab ini dan kitab ini dibaca tidak boleh sembarang orang hanya oleh tua-tua saja. dan penulis kitab yudas pun saya yakin pernah membaca kitab ini. karena penulis kitab yudas mengutip sebuah ayat yang tidak tertulis di Taurat tentang bagaimana henokh menubuatkan kedatangan TUHAN dengan beribu2 orang kudusNya. dan juga penulis mencatat tentang darah habel yg berteriak dan hal ini tertulis secara jelas didalam kitab henokh.
isi dari kitab henokh sama sekali tidak bertentangan dengan alkitab justru ada pertanyaan2 yang menjadi misteri kita (orang kristen) terjawab di kitab ini. contohnya kej 6, ada banyak perdebatan tentang siapa “anak allah” dan “anak manusia” ini.

satu hal yang saya pelajari bahwa Henokh layak diangkat naik ke surga karena setelah saya membaca kitab henokh saya jadi tahu lebih jelas seperti apa relasi henokh dengan TUHAN. karena di kejadian hanya tertulis HENOKH bergaul dengan TUHAN. tapi dikitab ini sangat jelas menerangkan seberapa dekat Henokh dengan TUHAN…jika anda ingin baca saya akan berikan link nya namun saran saya habiskan dulu alkitab baru baca ini dan minta kuasa darah Yesus membentengi anda dari penyesatan…

siapa yg buat?
bukannya henokh itu yang rapture di PL kan?
aku baru tahu kalau dia punya kitab :o

makanya disebut ‘pseudo’ – false atributed

The term Pseudepigrapha (Greek, "falsely attributed") was given to Jewish writings of the same period, which were attributed to authors who did not actually write them. This was widespread in Greco-Roman antiquity - in Jewish, Christian, and pagan circles alike. Books were attributed to pagan authors, and names drawn from the repertoire of biblical personalities, such as Adam, Noah, Enoch, Abraham, Moses, Elijah, Ezekiel, Baruch, and Jeremiah. The Pseudepigrapha resemble the Apocrypha in general character, yet were not included in the Bible, Apocrypha, or rabbinic literature.

The oldest known Jewish work not included in the Bible is the Book of Enoch. This is a complex work, written in the third (or perhaps even the late fourth) century BCE, after the return from the Babylonian Exile and the establishment of the Second Jewish Commonwealth (6th-5th centuries BCE) and before the Maccabean revolt in 172 BCE. The oldest copies of the Book of Enoch, dating from the third century BCE, were discovered among the Dead Sea Scrolls (see below).

The latest of the Apocrypha and Pseudepigrapha are the Apocalypses of Ezra and Baruch, written in the decades following the Roman destruction of the Second Temple in 70 CE. These works, contemporary with those of the early Rabbinic school of Yavneh, reflect the theological and ethical struggles and dilemmas aroused by the Roman conquest of Judea and the destruction of the Temple.


Book of Enoch: A compendium of five Jewish apocalypses all of which were composed before the destruction of the Second Temple. These come from diverse periods and social sects, the oldest being the first and third parts. the whole book is found only in Ethiopic, but parts of it have been discovered in Greek and in the original Aramaic from Qumran.


http://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/Judaism/apocrypha.html

ada banyak pendapat tentang siapa penulis kitab ini. tapi pointnya isi dari kitab ini tidak bertentangan dengan alkitab bahkan isi kitab ini memuliakan Tuhan segala Roh dan Pemimpin segala Masa yang kita kenal dengan sebutan Bapa.
di kitab ini dijelaskan ada 2 kloter kejatuhan malaikat.
pertama: lucifer dan antek2nya dikarenakan Pride
kedua: semzaya atau azazel yang dikarenakan lust. semjaya kawin dgn perempuan manusia dan melahirkan raksasa dan saat mereka exist dibumi semjaya dkk membukakan rahasia2 surga kepada manusia dibumi.seperti horoskop,sihir,mantra2 dll itulah sebabnya kenapa Yahweh sangat jijik dengan perbuatan sihir,memanggil arwah dan tenungan.
semzaya dikutuk dan keturunanya menjadi bapanya para jin.disinilah terjawab kenapa bagi umat islam yang namanya jin itu punya anak2. karena mahluk ini yg disebut jin memang bisa beranak pinak namun tidak dengan lucifer dkk (karena kutukannya berbeda). minggu lalu saya search di internet ttg azazel dan saya mendapat bahwa menurut umat islam yg disebut dengan iblis adl azazel ini dan merekapun percaya kalau azazel ini adl bapak para jin dan terbuat dari api.
ketika kristen dan yahudi berbicara ttg iblis maka yg dimaksud adl lucifer tetapi ketika islam berbicara ttg iblis maka yg dimaksud adl azazel.
bisa mengerti kedua perspektif ini??? makanya mereka tidak percaya kalau malaikat bisa jatuh dlm dosa karena mereka tidak tahu kalau ada lucifer yg jatuh karena kesombongan.
henokhpun pernah diberitahu TUHAN dalam suatu pengalaman (entah itu mimpi entah itu penglihatan) tentang lucifer. disitu henokh melihat ada gunung yang tinggi menjulang. dan kalau saya tidak salah disitu TUHAN memberitahu henokh bahwa itu adl bintang yang memberontak karena sombong.kita semua tahu bintang itu berbicara/mewakili tentang malaikat.
pokoknya ada banyak pewahyuan yang saya dapat setelah membaca kitab ini. bentuk penulisannya mirip dengan kitab wahyu. dikitab ini juga dijelaskan tentang Anak Manusia dan apa yg dilihat yohanes di patmos dilihat juga oleh Henokh.
kesimpulannya: TUHAN layak ditinggikan mengatasi segalanya karena TUHAN adalah pencipta langit dan bumi dan segala kuasa harus tunduk dibawah kuasa TUHAN yang kita sembah didalam anakNya Yesus Kristus.

jadi yang di kejadian ntu, beneran malaikat merit sama manusia??? ngga setuju ah. malaikat kan ga kawin-mawin.

kayak ajaran kaballah tar?

salah satu pandangan :smiley:

http://www.crystalinks.com/nephilim.html

sory2, apa ada ayatnya yg malaikat kawin sama manusia? dimana flux?
kalo kamu bilang di kitab henokh, ga usah deh ga tertarik

@zodiak, kebenaran akan tetap menjadi sebuah kebenaran terlepas dari percaya atau tidak percaya

ini sih kaballah, bahaya

@beruang madu. ada dikejadian 6 silakan baca sendiri.
o iya, usul saya baca kejadian 6 yang bahasa ibrani disana anda akan lebih paham…
o iya,1 lagi, saya hanya share2 disini dan tidak mau berdebat jadi kalau ada yang mau adu argumen mohon maaf saya tidak tertarik

iya, ini kaballah.
kaballah kan lagi nge-trend ;D ;D

aku post kej 6 yah, kasih tau ayat yg mana malaikat merit sama manusia.
atau pengetahuan alkitabku yg awam :cheesy:

Kejadian 6 6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja." 6:4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan. 6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, 6:6 maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. 6:7 Berfirmanlah TUHAN: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka." 6:8 Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN. 6:9 Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. 6:10 Nuh memperanakkan tiga orang laki-laki: Sem, Ham dan Yafet. 6:11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan. 6:12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi. 6:13 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi. 6:14 Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam. 6:15 Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya. 6:16 Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas. 6:17 Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa. 6:18 Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu. 6:19 Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa. 6:20 Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya. 6:21 Dan engkau, bawalah bagimu segala apa yang dapat dimakan; kumpulkanlah itu padamu untuk menjadi makanan bagimu dan bagi mereka." 6:22 Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

http://www.messianic-torah-truth-seeker.org/Scriptures/Hebraic-Tranliteration-Scripture.htm
ini link alkitab hebrew rasanya saya agak jahat menyuruh anda membaca hebrew bible tanpa memberi tahu alkitab ibraninya
semangat brother beruang

thank u flux, aku suka kok dapet info baru. ntar aku baca dulu ya :afro:
oh iya… bukan debat, tapi berpendapat trus di netralkan

Nephilim dalam kejadian 6 tsb masih diperdebatkan antara : ‘yang jatuh’ ataukah ‘raksasa’/giant/gigantes

hoahhh… ga ngerti juga sih ya… yaudah disimpen aja sampe mati, terus nanti baru nanya ke Yesus. :tongue:

tapi kalo kata penjelasan di niv:[i]
the phrase “sons of God” here has been interpreted to refer either to angels or to human beings. in such places as Job 1:6, 2:1 it refers to angels, and perhaps also in Ps 29:1 (where it is translated ‘mighty ones’). some interpretes also appeal to Jude 6-7 (as well as to jewish literature) in referring the phrase here to angels.

Other, however, maintain that intermarriage and cohabitation between angels and human beings, though commonly mentioned in ancient mythologies, are surely excluded by the very nature of the created order (Mk 12:25). elsewhere, expression equivalent to ‘sons of God’ often refer to human beings, though in contexts quite different from the present one (Dt 14:1; 32:5; Ps 73:15; Isa 43:6; Hos 1:10; 1:11; Lk 3:38). ‘Sons of God’ possibly refers to Godly men, and ‘daughters of men’ to sinful women (significantly, they are not called ‘daughters of God’), probably from the wicked line of Cain. If so, the context suggests that vv.1-2 (kejadian 6:1-2) describe the intermarriage of the Sethites (‘sons of God’) with Cainites (‘daughters of men’), indicating a breakdown in the separation of the two groups.

another plausible suggestion is that the ‘sons of God’ refers to royal figures (kings were closely associated with gods in the ancient Near East) who proudly perpetuated and aggravated the corrupt life style of Lamech son of Cain (virtually a royal figure) and established for themselves royal harems.[/i]

jadi intinya, karena hawa duluan yang jatuh dalam dosa, makanya disebut daughter of men ya, ato gimana?? :ashamed0004:

hmmmm, tapi kalo udah buntu, mending balik lagi ke alkitab.

Ulangan 29:29 Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

:tongue:

@beruang, aku sudah bertanya keberbagai pendeta dan hamba Tuhan tentang kitab kejadian 6 ini ada yg bilang:

  1. anak allah adl keturunan set anak perempuan adl anak dari kain
  2. anak allah adl laki2 dan anak perempuan adl anak anak perempuan dan raksasa adl benih ilahi atw org yg rohaninya tinggi
  3. anak allah adl anak2 yg dilahirkan adam & eve sebelum mereka jatuh dalam dosa dan anak perempuan adl keturunan kain dan set
  4. anak allah adl keturunan adam hawa dan anak perempuan adl keturunan manusia purba makanya anak2nya anak raksasa. dan dimusnahkan ketika airbah
  5. anak allah adl malaikat/ mahluk roh dan anak perempuan adl anak manusia. dan salah satu tujuan dari anak allah mengawini manusia ini adl untuk merusakkan benih ilahi agar terputus sehingga tidak ada lah benih ilahi yang didlm kejadian 3 dinubuatkan akan menjadi peremuk kepala ular atau iblis.

secara netral tanpa memihak satupun dari kelima pendapat tersebut saya lihat yang lebih jelas dan masuk akal ditunjang dengan bukti tertulis maka sampai detik ini sya menganggap point 5 yg paling mendekati kebenaran.
terima kasih brother beruang madu…