ada yang tahu atau membaca kitab henokh???

Iya, tidak masalah kamu mau percaya yang mana, toh itu tidak mempengaruhi keselamatan kita kan? hehe

kalo gue, yang pasti-pasti aja, bray :

Lukas 3:36-38 :
3:36 anak Kenan, anak Arpakhsad, anak Sem, anak Nuh, anak Lamekh,
3:37 anak Metusalah, anak Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan,
3:38 anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.

Genealogi dari Atas-ke-bawah:
Dari Allah ada Adam, dari Adam ada Set, dari Set ada Nuh, dari Nuh ada Abraham, dari Abraham ada Ishak, dari Ishak ada Yakub, dari Yakub ada Yehuda, dari Yehuda ada Daud, dari Daud ada Sang Mesias!

Dan keturunan Set “anak Allah”, menurunkan Nuh. Dari Set (pengganti Habel) ini mengungkapkan harapan yang saleh yaitu dengan kelahiran Nuh nantinya akan lahir Sang Penebus yang dapat menghilangkan kutuk dosa yang mengancam Adam dan keturunannya (Kejadian 5:29; bnd 3:15,17 dst).

Kejadian 5:29 :
LAI TB, dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: “Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.”
KJV, And he called his name Noah, saying, This same shall comfort us concerning our work and toil of our hands, because of the ground which the LORD hath cursed.
Hebrew, וַיִּקְרָא אֶת־שְׁמֹו נֹחַ לֵאמֹר זֶה יְנַחֲמֵנוּ מִמַּעֲשֵׂנוּ וּמֵעִצְּבֹון יָדֵינוּ מִן־הָאֲדָמָה אֲשֶׁר אֵרְרָהּ יְהוָה׃
Translit interlinear, VAYIQ’RA {dan dia memanggil} 'ET-SHEMO {pada nama} NO’AKH {nuh} LEMOR {katanya} ZEH {ini} YENAKHAMENU {dia akan memberikan penghiburan (rest/ istirahat) kepada kita} MIMA’ASENU {dan kepada pekerjaan kita} UME’ITS’VON {dan dengan susah payah} YADEYNU {dari tangan kita} MIN-HA’ADAMAH {kepada tanah ini} 'ASHER {yang} 'ERARAH {telah dikutuk} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN)

Dan dari nama Set yang dihubungkan dengan Lukas 3:36-38 itu, bahwa “anak-anak Allah” ditujukan kepada keturunan Set, dapat diterima dan memiliki dasar Alkitabiah.

Kalo elo ada waktu, sila baca di SINI, bray.

Gelar “anak-anak Allah” juga diberikan kepada para malaikat di Sorga:

Ayub 1:6
1:6 LAI TB, Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.
KJV, Now there was a day when the sons of God came to present themselves before the LORD, and Satan came also among them.
New International Version, One day the angels came to present themselves before the LORD, and Satan also came with them.
New Living Translation, One day the members of the heavenly court came to present themselves before the LORD, and the Accuser, Satan, came with them.
Hebrew, וַיְהִי הַיֹּום וַיָּבֹאוּ בְּנֵי הָאֱלֹהִים לְהִתְיַצֵּב עַל־יְהוָה וַיָּבֹוא גַֽם־הַשָּׂטָן בְּתֹוכָֽם׃
Translit, VAYEHI {dan ia menjadi} HAYOM {di hari} VAYAVOU {dan mereka datang} BENEY {putera-putera} HA’ELOHIM {Allah} LEHIT’YATSEV {datang ke hadapan} 'AL-YEHOVAH {dibaca: 'Adonay, TUHAN} VAYAVO {dan dia datang} GAM-HASATAN {juga setan} BETOKHAM {di antara mereka}

Mazmur 29:1;
29:1 LAI TB, Mazmur Daud. Kepada TUHAN, hai penghuni sorgawi, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!
KJV, Give unto the Lord, O ye mighty, give unto the Lord glory and strength.
NIV, Ascribe to the Lord, you heavenly beings, ascribe to the Lord glory and strength.
Hebrew, מִזְמֹור לְדָוִד הָבוּ לַיהוָה בְּנֵי אֵלִים הָבוּ לַיהוָה כָּבֹוד וָעֹז׃
Translit, MIZMOR LEDAVID HAVU LAYEHOVAH BENEY 'ELIM HAVU LAYEHOVAH (dibaca: La’Adonay) KAVOD VA’OZ
28:1 LXX, ψαλμος τω δαυιδ εξοδιου σκηνης ενεγκατε τω κυριω υιοι θεου ενεγκατε τω κυριω υιους κριων ενεγκατε τω κυριω δοξαν και τιμην
Translit, psalmos tô david exodiou skênês enegkate tô kuriô huioi theou {putera-putera Allah} enegkate tô kuriô huious enegkate tô kuriô doxan kai timên

Mazmur 89:7
89:7 LAI TB, Sebab siapakah di awan-awan yang sejajar dengan TUHAN, yang sama seperti TUHAN di antara penghuni sorgawi?
89:6 KJV, For who in the heaven can be compared unto the Lord? who among the sons of the mighty can be likened unto the Lord?
NIV, For who in the skies above can compare with the Lord? Who is like the Lord among the heavenly beings?
Hebrew, כִּי מִי בַשַּׁחַק יַעֲרֹךְ לַיהוָה יִדְמֶה לַיהוָה בִּבְנֵי אֵלִים ׃
Translit, KI MI VASYAKHAQ YA’AROKH LAYEHOVAH (dibaca: La’Adonay) YIDME LAYEHOVAH (dibaca: La’Adonay) BIV’NEY ELIM
88:7 LXX, οτι τις εν νεφελαις ισωθησεται τω κυριω και τις ομοιωθησεται τω κυριω εν υιοις θεου
Translit, hoti tis nepselais isôthêsatai tô kuriô kai tis homoiôthêsetai tô kuriô en huiois theou (putera-putera Allah)

Dalam Ayub 1:6; 2:1; 38:7; Mazmur 29:1; 89:7, istilah ‘putera-putera Allah’ (dalam kedua ayat Mazmur tsb diterjemahkan ‘penghuni sorgawi’, NIV menerjemahkan dengan ‘the heavenly beings’) merupakan pengarak sorgawi dari YHVH atau kelompok di bawah Allah, walaupun para penterjemah LXX menyebut mereka “huioi theou”, putera-putera Allah.

Namun, meski para malaikat ini disebut “putera2 Allah”, terhadap “tafsiran” yang menyatakan bahwa “Anak-anak Allah” dalam Kejadian 6:2 adalah para malaikat yang “kawin” dengan manusia. Penafsiran ini bertentangan dengan Sabda Tuhan Yesus yang menyatakan bahwa “kehidupan malaikat” itu tidak kawin-dan-mengawinkan (Matius 22:30; Markus 12:25).

Teori & penafsiran para teolog barat bahwa “anak-anak Allah” itu adalah malaikat “TIDAK DAPAT DITERIMA” karena Tuhan Yesus menyatakan bahwa malaikat tidak menikah (Matius 22:30; Markus 12:25). Persatuan orang saleh (keturunan Set) dengan orang yang tidak saleh (Keturunan Kain) inilah menghasilkan “kejahatan” (ayat Kejadian 6:5), yaitu perhatian orang saleh yang kemudian terikat oleh kejahatan. Sebagai akibatnya, bumi ini tercemar dan dipenuhi dengan kekerasan (ayat Kejadian 6:11-13)

khusus hal ini jgn percaya tafsiran bahwa malaikat itu bisa punya anak dengan manusia

sebab jelas Yesus berkata di sorga ngga ada kawin mengawinkan lagi

tafsiran yang lain silahkan
ada yang menafsir bahwa Adam bukan manusia yang pertama atau setelah Adam masih diciptakan manusia2 laennya itu lebih ngga nabrak Alkitab dibanding dengan malaikat yang kawin dengan manusia

GBU

:afro: :afro:

Saya heran,
kok ada orang yg berpandangan bhw malaikat bisa kawin dngan manusia ya?

“kawin” itu kan bersifat fisik kalu secara seremonial sih, bisa aja kayak “LGBT”. :char11:

namun untuk beranak pinak, gimana caranya ya?

apakah alat kelamin malaikat (jika ada) “compatible” dengan alat kelamin manusia?

apakah sperma/ sel telur malaikat ( jika da) copatible dengan sperma/ sel telur manusia?

saya benar2 bingung :angel: :rolleye0014:

Perkawinan Malaikat dengan manusia mungkinkah? Di sorga tidak ada kawin dan dikawinkan demikian kata Yesus. Tetapi itu di sorga. Bagaimana dengan di dunia?

Kita tahu bahwa persetubuhan muncul karena dosa. Jika manusia tidak jatuh kedalam dosa, maka tidak ada persetubuhan seperti yang kita kenal sekarang. Malaikat pun kalau mengambil rupa sebagai manusia tidak akan mungkin melakukan persetubuhan karena Malaikat tidak berdosa, contoh Malaikat Rafael yg menampakkan diri kepada TOBIT. Namun bagaimana dengan Malaikat jatuh yang mengambil rupa/ bentuk manusia?

Karena manusia raksasa ada pada jaman sebelum air bah, ditafsirkan sebagai hasil perkawinan manusia dan malaikat. Ada juga refrensi di luar Alkitab bahwa keturunan raksasa ini ada hingga masa Daud yaitu Goliath. Dan di dunia modern seperti sekarang ini kita tidak pernah menemukan manusia Raksasa. Itu hanya ada di mitology2. Namun di Alkitab ada tertulis. Dan kita percaya bahwa apa yg tertulis di Alkitab bukanlah Mitology.

Saya sering melihat bahwa ada banyak Mitology bangsa bangsa2 di dunia yg sebenarnya sama, meski berbeda budaya. Seperti Mitology Raksasa, Unicorn, Burung Phoenix atau Naga. Apakah itu pertanda bahwa semua itu pernah ada?

Ini komentar ngaco lagi sebelum berdosa juga Adam dan Hawa bersetubuh karena perintah Tuhan untuk beranak cucu mas.

Bagaimana bisa beranak-cucu tanpa persetubuhan ?

Tunjukkan 1 saja ayatnya di mana ditulisken Adam dan Hawa bersetubuh SEBELOM berdosa. Monggo…

Sy bisa kasih referensi bhw memang son of God menhampiri daughter of man to produce Nephilim:

Pada akhirnya sy bahkan suspect kl antiChrist is Nephilim (dna 50% man 50% fallen angel) krn lucifer berusaha meng kopi Jesus. Jesus is son of God, 50%dna Nya dr manusia/ maria.

Then again, i dont want to argue, the most important thing is kita semua percaya Yesus dan jln dlm kebenaranNya spy kita diselamatkan dan menerima upah kt di surga nanti. Amien

boleh saya kasi pendapat juga:
saya rasa waktu adam dan hawa jatuh dalam dosa karena makan buah terlarang, kuasa untuk menaklukkan bumi jatuh/pindah kepada iblis yang pada waktu itu blom dikenal sebagai iblis (masih malaikat).
dan ketika lucifer itu dibuang ke dunia itu, mungkin juga menyebabkan lucifer dan pengikutnya ini tidak lagi kudus sehingga mempunyai tubuh/daging.

maksud saya itu sebabnya mereka (malaikat yg dibuang k bumi) ini bisa kawin sama manusia

kalau mereka punya tubuh/daging, maka mereka itu harusnya jadi sesuatu yang fana, bisa meninggal

sedangkan iblis itu masih hidup sampe saat ini

setelah saya membaca dari page 1 sampai 32 ini
saya memutuskan untuk stop baca kitab henokh,
paling tidak sampai saya selesai dulu baca alkitab kejadian - wahyu,
dan nanti kalau ada yang saya ngga ngerti paling nanya temen-temen forum ini :smiley:

btw saya sangat terberkati dengan diskusi temen2 (kalau saya lihat tahun postnya sih tahun 2011 hehehe) banyak sekali informasi yang baru buat saya

GBU :angel:

Weleh-weleh :mad0261:

Soal malaikat kawin atau tidak kawin aja diributin. :ashamed0004:

Mana yang benar, malaikat itu kawin atau tidak kawin?
Ya jawabanya tidak kawin menurut alkitab < ini malaikat yang benar memang aturanya begitu
(Markus 12:25)
tapi…
Kalau pertanyaanya bisa tidak sih malaikat itu kawin?
Ya mungkin bisa saja < ini bisajadi malaikat yang nggak benar dan nyalahin aturan

Sama halnya (seharusnya kondisinya menurut Tuhan) manusia itu “tidak makan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat” yang ada aturanya jelas tidak boleh dimakan. Namun kenyataanya bisa tidak manusia makan? bisa kan…, makanya manusia itu jadi berdosa.

Begitu juga malaikat (seharusnya kondisinya menurut Tuhan) ada aturanya “tidak kawin dan tidak dikawinkan”, lalu bisa tidak dia (malaikat) kawin? ya bisa saja… Itulah kenapa ada malaikat berdosa, yaitu mereka yang kawin sama manusia contohnya.

Kalau disebut malaikat itu tidak kawin, (seharusnya) memang tidak kawin, tapi bisa saja kalau niat berdosa. :afro:
Malaikat berosa? mana ayatnya?

2 Petrus 2:4
Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman,…

Lalu…
Memang tidak disebutkan langsung, tapi soal malaikat-malaikat itu juga adalah anak-anak Tuhan bisa dilihat di Lukas 20:35-36 begini

ayat 35
tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan.

ayat 36
Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.

Jadi jelas malaikat dan anak-anak Tuhan itu setara posisinya, bisa diartikan sama dengan.
Jelas ya malaikat itu bisa saja melanggar aturan tidak kawin dan berbuat dosa.

Untuk yang sebenar-benarnya kalau gak yakin, ya tanya malaikat sendiri bener gak sih begini ini.
Nanti malaikat yang jawab, nah itu yang bener. :angel:

Kalau punya Roh Kudus ya harusnya gak usah repot, minta pimpinan Dia aja kalau ada kebimbangan, bener gaknya suatu pengajaran. Minta petunjuk, minta tanda kalau perlu, jangan cuma minta berkat,berkat dan berkat saja kalau pas doa ya. :happy0025:

GB

Di surga aturannya memang demikian sehingga para pemberontak itu kabur ke bumi
Yudas 1:6 Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka…

Apakah mereka turun kebumi untuk berbuat kebajikan ? bukan kebajikan yang disebarkan tapi segala perbuatan dosa :
2 Petrus 2:4 Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkan mereka ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap

Segala kejahatan di zaman Nuh itu ya mereka itulah biang keroknya.

Tetapi yang turun ke bumi itu cuma 200 fallen angels, sisanya akan diusir dari surga di akhir zaman sebelum pengangkatan Gereja Tuhan.

Kitab Wahyu memuat tentang malaikat jurang maut, siapakah sebenarnya dia ? dia adalah Azazel yang telah ditangkap angel Raphael di jaman sebelum banjir besar :

Henokh 10:4 And again the Lord said to Raphael: 'Bind Azâzêl hand and foot, and cast him into the darkness: and make an opening in the desert, which is in Dûdâêl, and cast him therein. 5. And place upon him rough and jagged rocks, and cover him with darkness, and let him abide there for ever, and cover his face that he may not see light.

Azazel Ini adalah malaikat jurang maut yang akan dilepaskan sesaat di jaman kesengsaraan besar :
Wahyu 9:11. Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.

Abadon / Apolion artinya perusak, sama dengan Azazel yang disimbolkan sebagai kerusakan dalam kitab Lewi:

Imamat 16:7. Ia harus mengambil kedua ekor kambing jantan itu dan menempatkannya di hadapan TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan,

  1. dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.

  2. Lalu Harun harus mempersembahkan kambing jantan yang kena undi bagi TUHAN itu dan mengolahnya sebagai korban penghapus dosa.

  3. Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.

JADI PERSEMBAHAN KAMBING UNTUK AZAZEL ITU MELAMBANGKAN KERUSAKAN YANG DIAKIBATKAN OLEH PEMBERONTAKAN TERHADAP TUHAN, DAN ORANG2 YAHUDI MELEPASKANNYA KE PADANG BELANTARA SEBAGAI TANDA TERPISAH DARI TUHAN ATAU ADA JUGA YANG MENGATAKAN BAHWA MENURUT TRADISI YAHUDI KAMBING AZAZEL ITU MEREKA LEMPARKAN KE JURANG SEBAGAI TANDA PENGHUKUMAN ATAS DOSA2.

AFTER THE GREAT TRIBULATION IS OVER THE DRAGON SHALL BE JAILED IN THE SAME BOTTOMLESS PIT USED FOR AZAZEL
Rev 20:1 Then I saw an angel coming down from heaven, holding in his hand the key to the bottomless pit and a great chain.2And he seized the dragon, that ancient serpent, who is the devil and Satan, and bound him for a thousand years,3and threw him into the pit, and shut it and sealed it over him, so that he might not deceive the nations any longer, until the thousand years were ended. After that he must be released 1Then I saw an angel coming down from heaven, holding in his hand the key to the bottomless pit and a great chain.2And he seized the dragon, that ancient serpent, who is the devil and Satan, and bound him for a thousand years,3and threw him into the pit, and shut it and sealed it over him, so that he might not deceive the nations any longer, until the thousand years were ended. After that he must be released for a little while.

Shalom… God bless us all… Amen

Saya cenderung ke nomor 2, Kitab Henokh memang atas dorongan & Hikmat Tuhan.
jika saya salah maka ampunilah dosa saya yah Tuhan.

alasan-alasan memilih nomor dua (2):

Malaikat-malaikat dapat berwujud seperti manusia, memiliki tubuh Jasmani, seperti tertulis di Perjanjian Lama dan Baru.

Bukti malaikat dapat berwujud manusia saat berada di bumi (atas seizin Tuhan tentunya) :

  1. Kejadian 19 : 1 -2

  2. Ibrani 13 : 2

Kitab Henokh menurut saya mengajarkan manusia untuk senantiasa hidup di dalam TAKUT AKAN TUHAN, karena Malaikat-malaikat saja bisa gagal menjalankan tugasnya apalagi kita manusia yang berdosa ini.

dalam Perjanjian Lama, dengan jelas diceritakan, bahwa Raja Salomo sekalipun GAGAL untuk hidup TAKUT akan TUHAN.

Padahal Salomo memiliki HIKMAT TUHAN dan KEKAYAAN YANG LUAR BIASA. akan tetapi gagal untuk SENANTIASA hidup Takut akan TUHAN.

Sejarah mencatat, KITAB HENOKH dilarang karena akan mengancam KEBERADAAN para OKNUM-OKNUM PEMIMPIN GEREJA yg KORUP.

Saya pribadi akan terus berdoa & memohon Hikmat dari Tuhan Yesus, agar dapat memahami kitab Henokh dengan benar.