adam dan hawa dan manusia pra sejarah

Herannya kenapa penemu fosil tersebut yakin bahwa penemuan mereka akan fosil2 yang mirip gorilla dan monyet tersebut adalah manusia? Kenapa mereka gak mengatakan bahwa fosil tersebut adalah mbah atau moyangnya monyet itu sendiri? Menurut saya pemikiran tersebut cuma cari sensasi saja, bukan sesuatu yang ilmiah!

Misalpun penciptaan manusia terjadi 6000 tahun yang lalu … apakah mustahil bagi TUHAN untuk menciptakan bumi berumur jutaan tahun ? berikut dengan fosil2 di dalam-nya :smiley:

Apakah mustahil bagi TUHAN menciptakan bumi pada saat titik 0 penciptaan SUDAH BERUMUR jutaan tahun?

Apakah mustahil bagi TUHAN menciptakan binatang, tumbuhan saat titik 0 penciptaan SUDAH BERUMUR dewasa?

Apakah mustahil bagi TUHAN menciptakan Adam dan Hawa saat titik 0 penciptaan SUDAH BERUMUR dewasa?

GBU

benar benar menyesatkan.

siapa ayah dan ibu dari Adam ?
hawa tidak berpusar, dari mana kamu tahu ?

Syaloom

Saya akan coba jawab satu persatu, maaf kalau ada yg belum sempat saya jawab.

yang pertama
Jika saya ditanya percaya Alkitab atau Ilmu pengetahuan

Tegas saya katakan saya Percaya ALKITAB, aliran saya PROTESTAN = PRO TESTAMENT = saya alirin Back To Bible

JUstru lewat diskusi ini saya ingin tunjukkan Bahwa Kisah adam dan hawa bukan hanya dongeng saya.

Kunci nya Kalau kita perhatikan Kej Pasal 1 - Pasal 6, pasti kita akan tahu semuanya.

Yang Kedua.
Saya Tidak Copas.

Yang Ketiga.
Adam mempunyai ayah dan ibu, karena adam diambil dari manusia di Kej 1:26-27 dan ditempatkan di taman Eden, Kemudian Diberikan Roh Allah
Hawa tidak dilahirkan dalam kandungan, tapi diambil dari tulang rusuk adam

Kej 2: 21 - 23
2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
2:23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”

Khan Alkitab yang bilang khan? masak dibilang sesat???

oh ya, lihat Alkitab, Alkitab Kej 1-6 mencatat ada 2 keturunan:
yaitu keturunan Adam dan Kain
Baca: Deret Keturunan Kain = berhenti sampai di Lamekh dan anak2nya, kenapa berhenti, karen sudah musnah semua ketika Tuhan mengirim air Bah

Baca Keturunan Adam Sampai ke Nuh - Terah - Abraham

Jadi Alkitab Mencatat di Kej 1 - 6 ada 2 keturunan, kita ini keturunan adam tentunya
Alkitab khan yg mencatat

Untk Saudara Adhi Darma yg saya kasihi dalam Yesus Tuhan.
Maksud saya menampilkan ahli arkeolog, untuk membuktikan Bahwa Alkitab itu bukan hanya dongeng

ada suatu ayat kunci yang bisa kita pakai

2 Petrus 3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Kalau Allah Menciptakan selama 7 hari (hariNya TUHAN) berarti membutuhkan waktu 7 x 1000 tahun dunia = 7000 tahun dunia, tetapi bagi Tuhan 7 hariNya Tuhan.

khan Alkitab yg bilang khan?

Apa bedanya antara iman dan pengetahuan? Iman adalah mengenai Pencipta, sedangkan pengetahuan adalah mengenai ciptaan. Iman kita kepada Yesus mutlak tidak boleh salah, karena berkaitan dengan hidup kekal. Jika kita beriman kepada ciptaan, jelas salah! Pasti binasa. Pengetahuan bisa salah dan tidak berkaitan dengan hidup kekal, hanya berkaitan dengan hidup kita di bumi. Sebelum abad 15 bumi diyakini datar, bukan bulat. Bahkan gereja memberi sanksi kepada mereka yang menyatakan bumi adalah bulat. Colombus menemukan benua Amerika karena berusaha membuktikan bahwa bumi adalah bulat. Tetapi Alkitab sudah menyatakan bahwa bumi bulat, jauh sebelum Yesus Kristus lahir di bumi. Hal ini dapat kita lihat pada
Yes.40:22 Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Setiap orang yang percaya dan menerima bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, pasti diselamatkan, sekalipun tidak mengetahui bahwa bumi itu bulat. Ini adalah iman kepada Allah Pencipta. Sedangkan sebaliknya, jika orang mengetahui bahwa bumi itu bulat tetapi tidak mau percaya dan tidak mau menerima bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, secara pengetahuan akan ciptaan adalah benar, namun tidak memiliki iman kepada Allah yang benar (1Yoh.5:20).

Saya sampai kan terima kasih, atas semua tanggapan saudara2, di Kej 1 - 6 , ada banyak bukti tentang keberadaan manusia pra sejarah / Nephilim / manusia tanpa Roh.

Semua akan saya coba jelaskan secara Alkitab

Pokok Bahasan besok, saya akan bahas hitung2an Matematika, menghitung jarak tahun Adam sampai sekarang, kira 6.000 tahun, secara Alkitab, sehingga Matematika pasti tepat, 1+1=2

GBU :slight_smile:


siapa nama ayah dan nama ibu dari Adam ?
kapan dia dilahirkan ?
dimana dia dilahirkan ?

Numpang ngakak dulu gan

Aliran mana lagi nih gan :smiley: :smiley: :smiley:

@sdr Ficky Lie.
Sampai saat ini saya masih menunggu jwban dr sdr Ficky , ttg pertanyaan2 saya di reply2 sebelumnya.
saya akan menjelaskan yg sdr Ficky tulis di reply#23.

Yang Ketiga. Adam mempunyai ayah dan ibu, karena adam diambil dari manusia di Kej 1:26-27 dan ditempatkan di taman Eden, Kemudian Diberikan Roh Allah Hawa tidak dilahirkan dalam kandungan, tapi diambil dari tulang rusuk adam

Kej 2: 21 - 23
2:21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
2:22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
2:23 Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”

Khan Alkitab yang bilang khan? masak dibilang sesat???


Kalau Adam punya ayah ibu, dan di ambil dr penciptaan di Kej1:27, itu artinya:

  1. Adam diciptakan setelah hr ke 6, krn hr ke 7 Allah istirahat, berarti Adam di ciptakan setelahnya ( tdk termasuk dlm rangkaian penciptaan yg 7 hari itu ).
    Kalau kemudian Adam ( versi sdr Ficky ) itu jatuh dlm dosa , berarti Allah tidak menyelamatkannya krn yg diselamatkanNya adl manusia yg diciptakanNya sebelum hr ke 7 ( krn hr 7 adl gambaran dr penyelamatan oleh Allah thd manusia dg AnugerahNya ).
  2. Karena yg jatuh dalam dosa adl Adam yg ada di Eden, berarti ayah ibu Adam yg ada di luar Eden tdk jatuh dlm dosa , ini artinya mrk akan tetap hidup kekal (selalu berada di kekekalan ).
  3. Ketika Adam di usir dr Eden , Adam hrsnya segera punah krn yg di luar Eden adl makhluk kekal.

Tentang Hawa:
Hawa di ambil dr rusuk Adam = betul Alkitab mencatatnya.
Adl lebih baik kalau kita pelajari lebih lengkap demikian:
Kej2:18 TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
Allah tahu bhw Adam akan buruk hidupnya kalau sendirian, mk di berikanlah pasangannya ( yaitu Hawa), ttp agar Hawa ini tdk hanya berfungsi sbg teman, ttp lebih pada seorang penolong yg sepadan, mk Allah membuat Adam menjadi tidak lengkap lagi, dg cara mengambil salah satu rusuknya, dan rusuk itu dipakai sbg bahan baku unt menciptakan Hawa, mk setelah Hawa diberikan Allah kpd Adam, kekurangan Adam (tdk lengkap krn rusuknya telah hilang satu ) menjadi dpt dipenuhi/ditolong oleh Hawa ini.
Jadi oleh alasan inilah, mengapa Hawa di ambil dr rusuk Adam.Gby

Kej1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Kalau kita cermati dr ay tsb, jelas bhw Adam dan Hawa adl manusia pertama( tdk ada manusia lain sebelum diciptakannya Adam dan Hawa).

Quote

4:15 Firman Tuhan kepadanya: “Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat.” Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapa pun yang bertemu dengan dia.

Ini tidak mengindikasikan telah adanya manusia sebelum Adam, alasannya:
Kekuatiran Kain krn Adam bisa beranak cucu sampai usia yg sangat lanjut ( Adam hidup 930 th setelah jatuh dlm dosa, dia mendapatkan Set pd usia 30 th), yg ada dlm pikiran Kain, bhw Adam akan punya anak banyak sekali misl Kain2, Kain3, Kain4 …Kain100…, dan selama dlm pelarian saudara2 nya itu telah pula punya anak2 lagi dan bahkan cucu, cicit…, maka wajar kalau Kain kawatir bhw ia akan dibunuh krn sbg pelarian.Gby

Kej1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Ayat di atas menyebutkan bumi, bukan planet2 lainnya. Kalau begitu,apakah berarti ada makhluk (hidup) lain yg sdh diciptakan sebelum Adam & Hawa diciptakan di Bumi??? Kalaupun betul begitu,berarti UFO, alien dkk itu sungguh2 ada? Bagaimana ini???
Dan Nabi Elia pernah melihat sebentuk kereta kuda di langit,itu kan mungkin menurut penggambaran manusia secara masuk akal,lha bgmn kalau ternyata itu UFO ???
Fosil2 manusia prasejarah juga banyak skl diketemukan oleh para arkeolog, Pithecanthropus Erectus, Mojokertensis dkk,ini kan berarti juga bukti nyata bukan cuma karangan/bualan si kakek Darwin, apa ada kemungkinan memang teori si kakek bener,dan disamping itu cuma Adam & Hawa saja yg disebutkan sbg manusia pertama krn baru mrk lah yg dibentuk sesuai rupa & gambarNya??? Jd seblm mrk diciptakan,sdh ada makhluk hidup lain yg tdk serupa dg rupa & gambarNya??? Bagaimana ini?

Ayat di atas menyebutkan bumi, bukan planet2 lainnya. Kalau begitu,apakah berarti ada makhluk (hidup) lain yg sdh diciptakan sebelum Adam & Hawa diciptakan di Bumi????? Kalaupun betul begitu,berarti UFO, alien dkk itu sungguh2 ada? Bagaimana ini??? Dan Nabi Elia pernah melihat sebentuk kereta kuda di langit,itu kan mungkin menurut penggambaran manusia secara masuk akal,lha bgmn kalau ternyata itu UFO ????
Yang perlu kita percayai adl bukti, selama itu hanya berupa isu sebaiknya tdk perlu kita pedulikan. Alkitab diberikanNya agar kita dpt mengenal diri kita dg baik, sekaligus mengenal dan mengamini adanya sang pencipta yaitu Allah sendiri. Ketika kita memasukkan sesuatu yg berbentuk isu dan kita menganggapnya kebenaran mk yg terjadi, kita menjadi tidak dapat mengenal diri kita dg baik, apalagi mengenal Allah.

IIRj2:9 Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.”
2:10 Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.”
2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.
2:12 Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.
Dalam kejadian pd Elia, itu adl karya Allah unt menginformasikan kpd kita semua bhw kuasa Allah memenuhi Elisa setelah Elia naik ke sorga, ini bukan suatu tetateki seperti berita ttg ufo.

Sambungan…

Fosil2 manusia prasejarah juga banyak skl diketemukan oleh para arkeolog, Pithecanthropus Erectus, Mojokertensis dkk,ini kan berarti juga bukti nyata bukan cuma karangan/bualan si kakek Darwin, apa ada kemungkinan memang teori si kakek bener,dan disamping itu cuma Adam & Hawa saja yg disebutkan sbg manusia pertama krn baru mrk lah yg dibentuk sesuai rupa & gambarNya??? Jd seblm mrk diciptakan,sdh ada makhluk hidup lain yg tdk serupa dg rupa & gambarNya??? Bagaimana ini?
Ini adalah hasil penemuan benda2 arkeologis jadi = bukti, semua ini bukan unt kita sangkal , ttp mengerti : apakah mrk ini manusia spt Adam yg telah ada sebelum Adam ada ternyata adl tidak, Adam adl ciptaanNya yg segambar dan serupa dgNya ( ada nafas Allah), dan ini hanya ada pada rangkaian penciptaanNya Kej1:3 s/d Kej2:3. Lalu fosil itu berada di era mana?, tentu itu diluar dr rangkaian penciptaan ( Kej1:3 s/d Kej2:3 ), yg kita peroleh inf dari Alkitab adl : sebelum Kej1:3 dst, ada Kej1:1-2, mk tahulah kita bhw makhluk yg telah jd fosil itu ada di era Kej1:1-2.Gby

hasil arkeologis mengatakan waktu air bah melanda dunia, orang orang di china dan india tidak mengalami, dan mereka selamat.
alkitab mengatakan hanya 8 orang saja yang selamat akibat air bah dan mereka ini “meneruskan” keturunan manusia di bumi.

Adam dan Hawa adalah SIMBOLISASI.

Apalagi Taman Firdaus… juga SIMBOL atuh…

masa sih mau dicari bukti arkeologis Adam & Hawa, & kooridinat longitude latitude taman firdaus?

boleh aja ding…
bisa buat topik thesis atau disertasi S1-S2-S3 Theologia…
lumayan bisa jadi sekian ribu judul kan ya??
bisa meluluskan berapa mahasiswa tuh…
walaupun hipotesis nol-nya udah tahu & hasil pembuktian hipotesis-nya juga udah hampir pasti ketahuan…
tapi lumayan lah… bisa dijadikan bahan riset…

not a bad idea at all…

he he he

bagi merek suru baca alkitab aja,

Menarik. Sy suka pembahasan manusia prasejarah/primitif/kuno/purba/gua.

Dari hasil browsing singkat di jagat maya, sepertinya aku mendapati bahwa manusia primitif jenis “homo erectus” disebut atau diduga (banyak pro kontra) adalah species leluhur yang hidup sekitar 1,8 juta tahun lalu yg akan berkembang menjadi species manusia modern saat ini. Selanjutnya dari yg sy baca, homo erectus mengalami ‘diversifikasi’ atau pencabangan menjadi neanderthals dan homo sapiens (manusia modern).

Ilmu pengetahuan yang berkembang saat ini mengatakan mereka terutama homo erectus cukup berbeda dengan manusia saat ini. Mereka seperti campuran kera dan manusia.

Tapi menurut teoriku saat ini (entah nanti bisa berubah pikiran atau tidak), manusia primitif adalah manusia modern, sama sekali tidak ada beda dengan manusia saat ini. Rangka manusia primitif terutama di bagian kepala memang sedikit berbeda tapi pasti bisa dijelaskan. Kita cuma perlu menjelaskan kenapa wajah mereka ada sedikit ciri khas kera, misalnya sebagai berikut:

  1. Bisa jadi wajah dan postur mereka sedikit mirip kera karena sengaja dimanipulasi oleh ilmuwan untuk kepentingan mereka para penganut evolusi yang ‘kebablasan’.
  2. Bisa jadi wajah dan postur mereka begitu akibat berpencar dari satu titik di Babel. Mereka hidup di tempat-tempat tertentu dengan pola makan yang sangat berbeda yang mengakibatkan wajah dan postur sedikit berubah.
  3. (Hampir mirip no. 2) Atau mungkin mereka sebenarnya adalah manusia-manusia awal yang berkembang dari anak cucu Nuh yang terpencar setelah banjir besar melanda seluruh bumi.
  4. Atau mungkin fosil manusia primitif sebenarnya hanyalah fosil manusa biasa, cuma ilmuwan kurang bisa merangkai atau mungkin tercampur dengan rangka kera.

Menurut tradisi Yahudi, Shem menguburkan kerangka Adam di bukit Golgota dan tempat itu dahulunya dijaga oleh Melkizedek.

Itu adalah wasiat yang diturunkan Adam dan dipegang secara turun temurun sampai kepada Nuh yang membawanya kedalam perahu bersama 3 benda mas kemenyan dan myrrh.

Lama2 tempat Melkizedek menjaga itu dibangunkan kota oleh para raja yg kini dikenal sbg Yerusalem.

menarik…

kalau menurutku, Teori Evolusi bukanlah Sains, tapi merupakan suatu sekte atau agama.

karena membutuhkan iman untuk mempercayai teori tersebut…

salam
TYM

Saya baca dari awal, sampai halaman ini, pertanyaan awal trit, yaitu apakah pernah ditemukan fosil Adam dan Hawa?, belum terjawab.

Simple saja jawabnya… Apakah pernah ditemukan fosil Gajahmadha? Tidak ditemukan bukan berarti tidak ada.

Kitab Suci mengajarkan kita tidak menyampaikan berita Injil kepada orang yang sudah menolak berita Injil. Jadi jangan buang waktu meyakinkan mereka, sebab Injil bukan diberitakan dengan adu argumen atau memaparkan hikmat yang sesuai kaidah ilmiah.

1 Korintus 2:4-5 mengatakan, “Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.”

Okelah, katakan saja kita dapat menyetujui bahwa tidak ditemukan fosilnya bukan berarti Adam dan Hawa tidak ada. Tapi, di dalam Kitab Suci mana ada perintah atau himbauan atau anjuran agar pengikut Kristus tidak menyampaikan berita Injil kepada orang yang sudah menolak berita Injil?

Mat 28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” —> kumaknai bahwa Injil harus diberitakan kepada seluruh bangsa. Tidak dibatasi hanya kepada orang yang menerima berita Injil.

Mar 16:15-16 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. —> kumaknai agar pengikut Kristus memberitakan Inil kepada seluruh makhluk, termasuk kepada mereka yang sudah nyata-nyata mengatakan menolak berita Injil.

Luk 24:46-47 Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. —> kumaknai berita Injil harus disampaikan kepada segala bangsa. Bukan disampaikan kepada kalangan tertentu saja.

Kis 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." —> kumaknai bahwa pengikut Kristus harus menjadi saksi sampai ke ujung bumi. Bukan hanya sampai pada tempat tertentu kemudian berhenti.

Uuppss. Maafkan. bahasan ini sudah tidak menunjang trit.

Abaikan saja.

Salam damai.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.