agama itu sederhana atau susah dipahami?

maaf kalau salah tempat, saya dulu pernah berdiskusi dengan teman2 saya dari agama lain. mereka bilang kalau kristen agama yang susah dimengerti, kalau dari bener dari Tuhan itu harusnya ajarannya gampang dan sederhana, bisa dipahami manusia, bukankah Tuhan itu mahabisa, harusnya kan bisa membuat ajaran agama jadi sederhana. saya jawab karena dari Tuhan yang tak terbatas, jadi kristen itu susah dipahami oleh manusia yang terbatas,jadi susah dipahami. jadi harus minta Roh Kudus untuk menuntun.
sekarang saya minta masukan bro dan sis, agama yang dari Tuhan itu harusnya sederhana atau susah dipahami ? dari pengalaman saya dan lihat kesaksian orang2, sepertinya memang jarang agama lain masuk kristen karena ajarannya, biasanya lewat hal2 yang mengandung unsur mujizat

Sederhana, yang nyusahin kakak-kakak di sini. :smiley:
Kalau enggak yang belum lulus sekolahnya kayak aku pada masuk neraka :mad0261:

Kekristenan dapat dipandang dalam dua perspektif mengacu pada pertanyaan Sdr
Jika kekristenan adalah obat, Sdr dapat langsung menelannya jika percaya bahwa itu benar benar obat bukan racun
Sdr dapat menerima manfaat dari obat itu tanpa perlu mengetahui bagaimana obat itu bekerja di dalam tubuh atau bagaimana obat itu dibuat.
begitu pula dengan kekristenan, kita dapat menerima “manfaat” darinya tanpa perlu mengerti sepotong theologi yang rumit

tetapi tentu saja hal yang berbeda ketika kita harus berjualan obat tersebut,
terkadang, walaupun tidak selalu
kita harus mengetahui bagaimana obat itu dibuat
dimana letak kekuatan obat itu dibanding obat yang lain
bagaimana obat itu bekerja

Ketika kita bersaksi kepada mereka, kita terkadang memakai pendekatan logika, dan dalam kasusu ini, tentunya Kekristenan menjadi sesuatu yang rumit.

Tuhan Memberkati

@gugus
Agama, jangan pandang agama dah, apakah alkitab adalah firman dari Tuhan? Mungkin itu lebih tepat. Karena Tuhan gak pernah menciptakan agama. Hanya menyediakan dasar dan ajaran bagi timbulnya suatu organisasi umat yang disebut agama. Kalau menyebut agama dari Tuhan entar tanya lagi, mana ayatnya bahwa kristen adalah agama dari Tuhan Yesus atau YHWH. Jadi pengertian bisa lain.

Apa syarat sesuatu dari Tuhan? Syarat utama nya adalah bahwa itu memng dari Tuhan. Apa tandanya kalau dari Tuhan? Karena Tuhan gak berbohong maka apa yang dinyatakan pasti ada. Contoh Dia katakan Dia membawa israel menyebrangi laut, maka demikianlah Dia menunjukan secara nyata bahwa itu memang pernah terjaddi. Diawal Dia nyatakan diriNya aktif, maka demikianlah sampai selamanya Dia aktif. Dia berjanji menjadi juru selamat maka demikianlah Dia menjadi juru selamat. Nah ini salah satunya, dan kristen secara urutan waktu dan urutan kejadian, secara nyata menunjukan hal itu.

Kemudian, apakah harus sederhana atau kompleks? Sebenarnya harus dipahami bahwa kekomplekskan itu sebenarnya bukan sekedar hanya pada firman akan tetapi juga ppada manusianya. Saya ambil contoh, air. Kalau manusia mau mengambil sisi sederhana, air, adalah benda cair dengan fungsi untuk kehidupan manusia. Minum, mandi, dst. Selesai, simple dan sederhana. Tetapi untuk kepentingan tertentu, air bisa menjadi kompleks, dimana dilakukan penjabaran tingkat atom dan molekul, proses pemisahan atom, proses penyatuan atom, suhu yang harus tercapai dalam proses penguraian atom, penambahan mineral air, pengembangan atom air air agar berguna untuk pembakaran dan low emisi, dst… Nah menjadi kompleks. Ini manusia yang membuat menjadi kompleks. Masalah menjadi timbul ketika, manusia tertentu tidak mempunyai kapasitas untuk memahami kekomplekskan itu tetapi memaksakan diri masuk keranah itu, nah jadilah segala sesuatunya menjadi sangat sulit buat dia.

Saya beri contoh tritunggal. Tritunggal adalah ajaran paling kompleks barangkali yang ada didalam alkitab, hanya jika kita masuk dalam detail kekomplekskan itu. Tapi coba kita telaah sisi kesederhanaannya. Pertama, kalau kita kenal Tuhan, apakah kita tahu bahwa Tuhan bisa berada dimana saja dibanyak tempat dalam waktu yang tepat sama? Karena maha kuasa, maka jawabannya adalah iya bisa. Kalau gak bisa maka tidak maha kuasa dong?. Nah kalau begitu, kenapa manusia menolak Yesus adalah Tuhan?? Bukankah hal yang masuk akal bahwa Tuhan ada dibumi sekaligus ada ditahta sorga?. Nah kalau dipikir ini, maka sudah masuk akal lah tritunggal dengan sifat kemahaanNya.
Kedua, YHWH didalam perjanjian lama ada menemui manusia tidak? Ada digambarkan dalam wujud manusia tidak? Ada. Dikejadian 3 ada Tuhan berjalan jalan ditaman eden. Nah kalau dulu Tuhan juga sudah jadi manusia, kenapa sekarang gak bisa? Artinya Dia bisa dan Dia mau. Ooo. Jadi masuk akal lah bahwa Tuhan mau jadi manusia.
Ketiga, sepanjang PL Tuhan itu duduk ditahta atau aktif membimbing bahkan turun sendiri kedunia ?? Oo aktif. Kemudian PB menjelaskan keaktifan yang sama melalui Yesus turun kedunia. Berarti memang dari dulu Tuhannya kristen itu aktif. Berarti konsisten dong dan sesuai antara PL dan PB. Oo masuk akal berarti kalau Tuhan tetap aktif.

Nah dari tiga alasan itu, yang menurut saya sangat sederhana, jelas bahwa tritunggal adalah sebuah pernyataan benar tentang peran aktif Tuhan. Artinya tritunggal itu benar, atau paling tidak memiliki kemungkinan yang besar untuk benar, karena memenuhi sifat2 Nya. Nah kalau dipandang sederhana begitu, apakah tritunggal kompleks? Tidak terlalu menurut saya. Menjadi sangat kompleks ketika seharusnya kapasitas seseorang hanya sampai disitu tetapi berusaha masuk keranah lebih kompleks dengan mengetahui sifat Tuhan secara detail, kehendak pribadi Tuhan, wujud Tuhan, hakikat Tuhan dll…

Sederhana bukan ukuran bahwa itu dari Tuhan. Kebenaran bahwa memang dari Tuhan. Itulah ukurannya. Komplesitas sangat tergantung pada manusianya dalam menempatkan dirinya dan kapasitas nya. Kalau sesuai maka tidak akan kompleks. Kalau tidak sesuai maka akan kompleks.
Oleh

karena itu seorang HT pun harus mempelajari baik baik audiensnya… Pada siapa dia berkhotbah. Kalau kalangan awam maka dia tidak boleh berbicara kekomplekskan, karena akan membingungkan dan memusingkan mereka. Kalau kekelompok cendikiawan dan pendidikan tinggi, jangan terlalu sederhana karena akan membosankan dan dan membuyarkan fokus mereka. Seperti Tuhan lah dalam memilih murid, ada petrus yang orang kasaran, ada paulus yang cendikia… Yang awam akan sangat mudah mencerna ajaran petrus, yang cendikia akan sangat tertantang oleh kepintaran paulus…

Kenapa kristen menjadi begitu sulit bagi orang luar? Ada dua alasan:

  • karena memang dalam beberapa hal Tuhan menyatakan sendiri bahwa ajaranNya adalah ajaran eksklusif atau tertutup.
  • karena mereka sangat terikat dengan pola pikir mereka dan tidak berani terbuka dan mengakui kebenaran. Ada ketakutan yang besar buat mereka untuk mengakui kebenaran terutama dilingkungan2 mayoritas non kristen. Bayangin anda ada di iran, yang kalau anda murtad akan dihukum mati… Maka secara reflek mereka tidak akan melihat kebenaran, dan hanya akan melihat keselamatan hidup dunia mereka. Kalau kita ditempatkan diposisi yang sama pun belum tentu kita berani berontak.

Saya gak setuju dengan pernyataan anda, karena justru diwilayah2 seperti mesir, iran, dst disana itu sangat haus ajaran Kristus. Banyak orang bertobat karena ajaran bukan sekedar mujizat tetapi mereka gak berani mengungkapkan. Hanya diindo, kalau kristen masuk tetangga, diramaikan, tapi kalau sebaliknya ditutupi. Kalau kristen masuk ke lain dianggap karena ajaran dan ketenangan batin, sehingga seolah olah kristen gak memberi damai dihati. Kalau terbalik, seakan akan hanya karena sihir… Ya gt deh…

Yang jelas itu, agama gampang disederhanakan tapi susah dijalankan.

:smiley:

Kalo dengan menggunakan akal kita, Tuhan jelas susah untuk dipahami krn Dia memang melampaui pikiran manusia. :smiley:

Kalau mau memahami Dia mesti karib dulu dengan Dia.

Walaupun obat benar benar obat bukan Racun, tapi toh harus tau juga cara bekerjanya dan kontra indikasinya , jadi tidak boleh langsung telan saja.
Sebagai contoh Obat Batuk DEXTRO bukanlah menyembuhkan pusat penyebab batuknya tapi menstimulir otak supaya tidak merasakan Gatal gatal (pada tenggorokan ), kalau terlalu banyak di stimulir ahirnya otak jadi " Happy" dan “Fly”
Juga side efek dari dextro adalah menaikan tekanan darah , maka orang yang ber “TEKANAN DARAH TINGGI AKUT”, kalau main Telan DEXTRO akan lebih cepat dipanggil Tuhan
Belum lagi untuk kasus kasaus orang yang Alergi terhadap suatu OBAT

Demikian juga didalam agama , contohnya dalam Agama Kristen
Kalau orang Main Telan Aja HUKUM TAURAT (termasuk PERPULUHAN )padahal HUKUM TAURAT sudah dibatalkan oleh kematian kristus.
maka HATI HATI kalau otak sudah Terstimulir oleh HUKUM TAURAT sebab akibatnya adalah “kutuk” dan "LEPAS dari Kristus " alias tidak mendapatkan “Keselamatan” itu sendiri

P. Baru: Efesus: 2
2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Galatia 3
3:10a Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk.

Galatia 5
5:4 Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Tuhan Yesus memberkati
Han

Agama itu banyak yang sulit dan aneh-aneh dan ada juga yang sederhana tetapi naif atau fatal…

Yang sederhana itu Tuhan YESUS berkata “Ikut Aku”

YESUS kan tidak mengajarkan/membawa suatu agama, tetapi Dia cuma ingin kita ikut Dia menjadi murid-Nya sehingga kita diubahkan terus-menerus sehingga menjadi segambar dan serupa dengan Anak-Nya / Firman-Nya sehingga kita orang percaya suatu saat akan menjadi Anak-anak TUHAN

jika kita mengenal DIA YANG HIDUP, maka tidak sulit

yang membuat sulit, adalah manusia yang berusaha mendikte Tuhan, agar Tuhan menuruti kemauan dan akal manusia. Contohnya si rajapalsu itu.