Air Zam Zam Mengandung Racun

Senin, 09/05/2011 17:13 WIB Air Zam-zam Mengandung Arsenik? Vera Farah Bararah - detikHealth

London, Air zam-zam dikenal sebagai salah satu oleh-oleh wajib bagi orang yang berkunjung ke tanah suci Mekkah. Tapi baru-baru ini BBC menemukan air zam-zam yang tercemar arsenik dijual secara ilegal di Inggris.

Tim BBC melakukan penyelidikan terhadap air zam-zam yang dijual di toko buku muslim di Wandsworth (sebelah barat London), Upton Park (London timur) serta di Luton, Bedfordshire.

“Air tersebut beracun, terutama karena tingginya kadar arsenik yang merupakan salah satu zat karsinogenik (penyebab kanker),” Dr Duncan Campbell, presiden dari Association of Public Analysts, seperti dikutip dari BBCNews, Senin (9/5/2011).

Dr Campbell menuturkan ada batas-batas tertentu yang sudah ditetapkan dari kandungan zat tersebut dalam air minum yang aman untuk dikonsumsi. Tapi jika kadarnya sudah di atas normal, maka hal ini menjadi tidak aman lagi.

Untuk menyelidiki hal ini BBC meminta peziarah untuk mengambil sampel dari keran yang terhubungan dengan sumber air zam-zam di Mekkah lalu membandingkannya dengan air zam-zam yang dijual secara ilegal di Inggris.

Hasil yang didapatkan menunjukkan kadar nitrat yang tinggi dan bakteri berbahaya, serta adanya arsenik pada tingkat yang 3 kali lebih tinggi dari batas maksimum yang diijinkan seperti air zam-zam yang dijual ilegal di Inggris.

Dr Yunes Ramadan Teinaz selaku petugas kesehatan lingkungan menyebutkan bahwa masalah ini ‘sangat sensitif’, karena orang melihat air zam-zam sebagai air suci sehingga sulit menerima jika air ini terkontaminasi.

Saat ini pihak kedutaan Saudi Arabia di London masih menolak untuk mengomentari masalah kontaminasi air zam-zam yang bersumber di Mekkah.

Seperti dilansir Guardian.co.uk studi menunjukkan anak berusia di bawah 6 bulan dan orang yang sudah tua sangat rentan terhadap kandungan nitrat berlebih dan konsumsi arsenik yang terus menerus.

Kontaminasi dari kedua zat ini dalam air turut bertanggung jawab terhadap ratusan ribu kematian per tahunnya di kawasan Asia Tenggara. Arsenik yang terkontaminasi dalam air telah dikaitkan dengan gangguan sistem saraf, hilangnya sensasi pada tungkai serta gangguan pendengaran.

Senin, 09/05/2011 18:47 WIB Masyarakat Bisa Menguji Air Zam-zam ke BPOM Vera Farah Bararah,Merry Wahyuningsih,AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jakarta, Penemuan air zam-zam yang tercemar arsenik di Inggris cukup mengejutkan banyak pihak. Bagi masyarakat yang ingin memastikan kualitas air zam-zam yang dimilikinya bisa langsung mengecek di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

“Untuk di Indonesia tidak ada pengujian mengenai air zam-zam, tapi kalau masyarakat merasa ragu silakan lakukan pengujian ke BPOM,” ujar ketua BPOM Dra Kustantinah, Apt, MApp, Sc saat dihubungi detikHealth, Senin (9/5/2011).

Kustantinah menuturkan air zam-zam biasanya dibawa oleh masing-masing orang dan digunakan sendiri. Namun karena sekarang banyak orang memerlukan air tersebut maka air itu dikomersilkan.Diakui Kustantinah, memang selama ini belum ada air zam-zam yang didaftarkan di BPOM.

“Setiap daerah umumnya memiliki laboratorium yang bisa dilakukan untuk melakukan pengujian terhadap air minum, jadi masyarakat silakan saja membawa sampel dan lakukan pengujian tapi tidak ada tujuan lain hanya ingin menguji saja,” ungkapnya.

Kustantinah menambahkan isu ini sangat sensitif jadi harus hati-hati dalam menanggapinya. Kustantinah berharap mudah-mudahan memang tidak ada apa-apa, karena sampai saat ini tidak tahu apakah air zam zam yang tercemar itu benar atau tidak.

“Air ini dikonsumsi oleh penduduk seluruh dunia dan beberapa ilmuwan juga ada yang mengonsumsinya, jadi jika memang ada apa-apa pasti sudah ramai dibicarakan,” ujar Kustantinah.

Selama ini air zam-zam diyakini oleh masyarakat untuk kesehatan, dan beberapa studi menujukkan bahwa air zam-zam mengandung kadar flouride yang tinggi, flouride ini memberikan manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Serta memiliki kandungan ion kalsium yang tinggi.

Namun hasil penyelidikan yang dilakukan oleh BBC menemukan bahwa air zam-zam yang dijual secara ilegal di beberapa toko di Inggris mengandung kadar arsenik yang melebihi ambang batas yang sudah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Faktor Risiko yang Bikin Tercemar

Menurut ahli hidrogeologis UPN Veteran Yogykarta, Prof Dr Sari Bahagiarti, MSc, kemungkinan besar tercemarnya air zam-zam adalah pada saat distribusi dan penyimpanan.

“Kalau arsenik pada air tanah biasanya karena tercemar limbah industri, tapi kalau untuk air zam-zam kemungkinan besar tercemar pada saat distribusi dari Arab ke Inggrisnya. Proses penyimpanan yang lama juga bisa mempengaruhi pencemaran,” jelas Prof Sari saat dihubungi detikHealth.

Menurut Prof Sari penyimpanan yang lama apalagi ditambah dengan temperatur wadah atau lingkungan yang tinggi, bisa menyebabkan zat-zat berbahaya pada wadah bereaksi dengan air.

“Biasanya itu karena wadahnya logam. Tapi kalau plastik yang dipanaskan juga bisa menyebabkan air menjadi tercemar oleh bahan pengawet pada plastik. Jadi proses distribusi dan penyimpanan sangat berpengaruh,” lanjut Prof Sari.

Prof Sari juga menambahkan bahwa bila masyarakat ragu, sebaiknya periksakan sampel air zam-zam ke laboratorium kesehatan agar kandungan-kandungan berbahaya pada air bisa diketahui dengan jelas.

Sementara itu mantan ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Ibrahim saat dihubungi detikHealth mengatakan air Zam-zam paling aman jika diambil sendiri di Mekkah. Di tempat asalnya, air Zam-zam disediakan gratis melalui pipa-pipa yang bisa diakses oleh siapapun.

“Sejauh yang saya tahu ya, belum pernah ada kasus keracunan atau pencemaran di tempat aslinya. Tapi nggak tahu kalau ada perkembangan terbaru,” ungkap Anwar yang mengaku belum mendengar tentang air Zam-zam beracun yang dijual secara ilegal di Inggris.

wow… untung gak hobi minum itu…

@thegreatvictoriouz
lalu hobi nya minum apa bro ? :slight_smile:

minum air minum cleo… murah segalon cuma 7.250…

Dr Yunes Ramadan Teinaz selaku petugas kesehatan lingkungan menyebutkan bahwa masalah ini 'sangat sensitif', karena orang melihat air zam-zam sebagai air suci sehingga sulit menerima jika air ini terkontaminasi.

melihat pernyataan Dr. Teinaz ini, sepertinya dia juga tidak terlalu meyakini kesucian air zamzam itu. :slight_smile:

btw, saya pernah mencoba air zamzam + kurma ketika dijamu seorang warga di daerah Kudus.
katanya ini oleh-oleh dari tanah suci. kurang tau juga sudah terkontaminasi atau belum. :smiley:

ok, klo nanti kita ketemu saya carikan air cleo :slight_smile:

Wah, promosi Cleo nih? Gua pake air yg sejenis dgn Cleo, segalon cuma 3500 perak! TDS (kadar pencemaran air)nya juga sangat rendah lebih rendah dari yg disyaratkan WHO maupun Departemen Kesehatan.

LOL emang sejak kapan air yg belom dimasak bisa higienis
http://www.laymark.com/i/m/m052.gif

Lho, menurut kesaksian Ali Makrus, bukankah sumber mata air zam-zam telah kering ? Dan air zam-zam yang ada hanyalah produksi PDAM Saudi Arabia.

Air zam-zam yang asli tinggal kenangan saja, yang ada hanyalah keyakinan saja air zam-zam masih ada.

Itu memang pinternya pemerintah Arab Saudi. Selagi orang muslim terbius oleh kepercayaannya, pemerintah Arab Saudi memanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengeruk uang jemaah haji sebesar-besarnya, walaupun yang dijual air tercemar.
Hmm… bener2 opportunis sejati!
Bagi para FK’ers yg punya usaha filter air ini kesempatan bagus buat nawarin dagangan ke Arab Saudi…

ada sumber mata air murni

air bagus ea air yg d masak…

itu kan air isi ulang…

tetep yang paling bagus tuh Aqua (he he gw kan sales Aqua…)

ayo yang haus… yang haus…
http://www.laymark.com/i/m/m069.gif


zam zam lama2 jadi alakazam wkwkwkwkwkwkwkwkwk^^

Bener, tapi air isi ulang dgn kwalitas terbaik. Kapal induk Amerika aja pakai filter sistem RO ini. Bahan baku airnya ya air laut.

Zam zam anaknya siapa ya? Hehehe :slight_smile:

anaknya barnie temen si flintstone^^

Kira-kira air zam-zam ini tertera di Al Quran ngga ya? Kalau nggak ada di Al Quran, mereka bener-bener *****!