AKU BERSUMPAH

ada yg bilang sumpah itu DOSA ya???
Trus gimana dengan ucapan yg dulu sering kita ucapkan ‘‘SUMPAH PEMUDA’’

lagi bingung nich…ada anak sekolah yg nanya??
share yukkkkk :undecided: :undecided:

Kita artikan dulu pengertian Kata SUMPAH…
Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia terbitan balai pustaka
arti kata SUMPAH adalah Pernyataan yg diucapkan dengan RESMI dan BERSAKSI pada Tuhan
atau sesuatu yang dianggap suci bahwa apa yang DIJANJIKAN/KATAKAN adalah benar.

Trus Kita bahas dikit asal mulanya terjadi Sumpah Pemuda. Itu terjadi karena pada waktu itu para pemuda
bersumpah atau mengucapkan sumpah. Mahapatih Gajah Mada di Kerajaan Majapahit juga
bersumpah dan sumpahnya itu adalah Sumpah Palapa. Jadi Makna Sumpah Pemuda & Sumpah palapa sama.

Trus kaitannya dengan Alkitab…
“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat” (Matius 5:37)
Karena itu Yesus mengajarkan bahwa kita harus berbicara benar. Dalam salah satu ajaran Mishnah (berisi 63 poin mengenai hukum Yahudi) dikatakan bahwa sumpah dibagi dua: mengikat dan tidak mengikat. Tetapi, apa sih sebenarnya arti sumpah itu? Dan bolehkah orang Kristen bersumpah?
Sumpah, menurut Alkitab adalah tindakan ibadah, karena setiap orang yang bersumpah melibatkan Allah sebagai saksi.
Dalam PL kita menemukan bagaimana Allah bersumpah kepada umat-Nya (Mzm. 110:4; 132:11; Yes. 45:23; Ibr. 6:13-17).
Saya tidak bermaksud mempertentangkan apakah orang Kristen bersumpah ataukah tidak itu Dosa, tetapi yang penting di sini adalah BERBICARA DENGAN BENAR!

Kembali ke pertanyaan apakah Sumpah Pemuda itu dosa?
Kalau kita lihat isi dari Sumpah Pemuda adalah bahwa para pemuda dan pemudi Indonesia menyatakan satu tekadnya dalam bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Jadi Sumpah yg dimaksud adalah Ikrar untuk bertekad mempersatukan bangsa.

Jadi kesimpulannya menurut saya Sumpah Pemuda & Sumpah Palapa adalah Ikrar yang bertujuan baik untuk mempersatukan bangsa indonesia.
Tetapi Sumpah Palsu, apalagi dengan melibatkan Allah dalam setiap perkataan atau janji merupakan tindakan yang serius. Allah akan menuntut setiap perkataan yang main-main dan menyepelekan Allah sebagai saksi.

kalo dia berSUMPAH namun melakukan dusta ya jelas DOSA dong ah… tapi aku paling benci seseorang yang bersumpah demi TUHANnya padahal dengan masalah yang sepele! apakah dia bisa mempertanggungjawabkan? kalo dia salah? TUHANnya mo ditukar demi apa? intinya:
jangan gegabah mengucapkan SUMPAH, jika berSUMPAH haruslah bisa dipertanggungjawabkan keBENARannya!.

bersumpah???
pribadi aku belajar mengatakan ya kalo ya…dan tidak kalo tidak…
gak pake sumpah2 walaupun seseorang yg telah diyakinkan gak…
pernah yakin.lebih baik biarkan dia tidak yakin or ragu,dari pada harus
memaksa aku utk bersumpah dalam nama TUHAN.

laen sih kalo sumpah palapa. :smiley: :happy0025:

kalau sumpah pocong gimana ya ???

weleh ya ga boleh lah :mad0261:

Sumpah pocong apaan sich… :undecided:

Aku juga kurang tau, tp kalau ga salah, ini adalah sumpah yang dilakukan dengan ritual dan disaksikan orang banyak, jadi misalkan ada orang yang terlibat masalah (mkng pencurian, atau kejahatan lain entah dia benar2 malakukan entah tidak) tp dia bersikukuh tidak mengakui… trus untuk meyakinkan oarng yang menuduh, maka dia bersumpah pocong, sumpah apabila dia ternyata berbohong, maka pada waktu dia mati dia akan menjadi pocong.

Weleh… ga bolehlah, itu kan sama saja menyerahkan diri sama setan :rolleye0019:

Trus kaitannya dengan Alkitab... Sumpah, menurut Alkitab adalah tindakan ibadah, karena setiap orang yang bersumpah melibatkan Allah sebagai saksi. Dalam PL kita menemukan bagaimana Allah bersumpah kepada umat-Nya (Mzm. 110:4; 132:11; Yes. 45:23; Ibr. 6:13-17). Saya tidak bermaksud mempertentangkan apakah orang Kristen bersumpah ataukah tidak itu Dosa, tetapi yang penting di sini adalah BERBICARA DENGAN BENAR!

Menurut tulisan yang berwarna biru diatas, berarti orang kristen boleh bersumpah? walaupun yang penting di sini adalah BERBICARA DENGAN BENAR!? Please masukannya…

Wew geto toh… :huh:
Yup setuju ma Ik3, jangan deh pocong2an geto…plisss yaq… :coolsmiley:

Apakah bersumpah = berbicara dengan benar? Alkitab bilang kalo ‘ya’ bilang ya, ‘tidak’ bilang tidak. Yang jelas geto, so kaga usa sumpah2an kale, buat apa…? :happy0025:

tulllllllllllll deh :afro: :afro:

kalo kita ngga berlaku tuh sumpah pocong, soalnya pas mati ntar kita ngga di’pocong’in sih… dan masa sih anak2 Tuhan udah matinya jadi pocong :smiley:

:mad0261:
lagi malas mikir…

Asalkan Sumpahnya jng bawa2 nama Tuhan apalagi kalau berakhir dng dusta,tp hrs dipertahankan kebenaranya,
Salam

mumpung hari sumpah pemuda belum lama berlalu, di update sj topiknya, soalnya pertanyaan ku jg sama, sumpah seperti dalam sumpah pemuda, bagaimana iman kristen menyikapinya?

Jangan bersumpah yang dimaksud kitab suci adalah dalam perkara memberi jaminan atas perkataannya.

Sedangkan Sumpah Pemuda adalah janji pemuda, tidak memberi jaminan apapun dengan janjinya.

Aku bersumpah (janji) akan setia kepadamu
Aku bersumpah (jaminan) demi Tuhan, aku akan setia kepadamu

Dua kalimat diatas berbeda. Sumpah demi Tuhan adalah dosa, sebab kita tidak berkuasa menjaminkan Tuhan.

Berbeda lagi dengan Sumpah Palapa, itu adalah bernazar (dengan tekat). Jadi kata sumpah dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang bermacam-macam dan digunakan dalam berbagai situasi. Lihat Definisi sumpah - Kamus Bahasa Indonesia

jadi, jika kata sumpah yg diucapkan hanya penegasan, tidak menjaminkan nama Tuhan disitu, bagaimana? bolehkah?
contoh, si A dituduh membaca sms di HP punya si B tanpa ijin, si A menegaskan “sumpah, aku tidak membuka2 HP mu”. mungkin si A mengatakanya dengan agak sewot karena tuduhan itu.

bukankah, sumpah jabatan, spt yg dilakukan Ahok kemarin jg diucapkan dengan “aku berjanji…” untuk ‘menghindari’ kata sumpah tsb? yg walaupun misanyal kata ‘berjanji’ disitu diganti dgn kata ‘bersumpah’ tidak perlu menjaminkan nama Tuhan?

Tujuan Sumpah :
Untuk meyakinkan orang yg diajak berbicara bahwa APA yg dikatakannya itu adalah BENAR apa adanya !
Untuk itu sebagai PENGUAT dia menggunakan nama sosok yg dia hormati dan sayangi sebagai Jaminan bahwa perkataannya itu BENAR.
Nah Tuhan Yesus mengajarkan untuk CUKUP berkata Ya diatas yg Ya dan Tidak diatas yg Tidak
Kredibilitas orang yg mengatakan JANJI/IKRAR/TEKAD/SUMPAH itu memegang PERANAN PENTING dihadapan orang lain , untuk seseorang bisa mempercayai Omongannya itu !
Tanpa menggunakan SUMPAH2an kalau memang ia seorang Gentleman dan Tepat Janji, maka setiap orang yg berhubungan dengannya dan sudah mengenalnya tetap saja PERCAYA kepadanya atau TIDAK PERCAYA kepadanya !
Makanya PENTING dalam HIDUP ini kita berkata SAMA, baik dalam perkataan maupun perbuatan kita ! Satunya antara KATA dan TINDAKAN selama sejarah hidupnya sudah menunjukkan apakah ia seorang yg ber Karakter dan SETIA pada kata2nya !

Sudah baca belum link-nya?

Sumpah = janji atau ikrar yang teguh.

Ahok tidak salah mengganti kata sumpah dengan kata janji, sebab itu sama artinya. Sinonim.
Seperti halnya Sumpah Pemuda, anda tidak menemukan kata sumpah dalam ikrarnya.

Si A mengatakan “sumpah” walau tidak menyebut nama Tuhan, tetapi kata “sumpah” yang dipakai adalah memberi jaminan akan perkataannya (lihat posting saya diatas). Jaminan yang dipakai adalah sesuatu yang ia sendiri tidak berkuasa atasnya, yaitu Tuhan sebagai jaminannya. “Demi Awloh, aku ga mencuri”. Beda dengan Ahok.

Masihkah belum jelas?