aku ga bisa berkotmitmen

Ada yg tau cara buat bisa berubah ga?
Aku sejak smp pengen berubah tapi malah semakin parah :rolleye0014:

Aku bilang pas sma aku bakal jadi murid yg rajin. Trs pas kuliah. Namun nyatanya ga berubah.
Sekarang aku sudah akan segera 23 thn dlm 1 bln lebih sedikit lagi, aku malas bikin kotmitmen karena aku bakal ga lakuin.

Aku mengilahkan game dan komik banget sampai menghancurkan diri sendiri.
Hati aku sudah menjerit berkali2
Aku sudah nangis di gereja berkali2
Menjerit pada Tuhan memohon bantuan berkali2
Aku nangis beneran bukan akting
Tapi kok seolah2 aku akting sih.
Karena aku ga berubah malah memburuk.

Aku kuliah di luar negri jadi ortu ga awasin jadi semakin parah

Aku tau rasa sakit hatj karena ga belajar, karena membatalkan janji, karena ga baca alkitab, ga kontak Tuhan tapi masih sama saja malah memburuk.

Help how to really change. Aku bilang berubah itu mulai dari saat ini tapi pas cek hp, langsung game / komik (sampai ga makan, tidur pagi hari bangun malam hari bolos kuliah)

Help…

kamu sudah tahu caranya

tinggal dilakukan saja

engkau tenggelam dalam dunia fantasi game dan komik.

Ingatlah orang tuamu tidak akan selamanya bisa jaya dan mampu menyekolahkan kamu spt saat ini kamu kuliah di luar negeri. suatu saat keadaan akan berubah dan engkau bertanggung jawab mengambil alih peran orang tuamu mencari nafkah.

tengoklah di forum ini ada yg tidak bisa bayar uang sekolah dan tdk punya uang utk bayar kontrakan rumah lagi, betapa beruntungnya kamu. jadi gunakan kesempatan ini utk bertobat.

Halo SaltLight… hehehe…
Jangan bolos kuliah lah…
Orangtua anda kan udah mengeluarkan uang yang tentu nya tidak sedikit untuk anda yang menimba ilmu di luar negeri…

Memang anda jarang keluar rumah ya ? Kumpul2 aja sama teman2 anda setiap disana misal nya main ke rumah temen, belajar bareng, ngobrol bareng, bercandaan bareng, ngelawak bareng, ato nongkrong bareng misal nya di seven eleven… hehehe… tapi kalo udah sama temen, matikan hape nya, fokuslah di dunia nyata… lebih enak ngomong langsung kan?

Kurangilah aktivitas anda di dunia maya… delete aja semua game yang anda mainkan dan komik yang anda baca… tapi jangan download lagi ya… hehehe…

Ato cari kesibukkan di gereja misalnya nyanyi, latian koor bareng untuk kebaktian. Kalo kebaktian ada nyanyian nggak ya? Saya kurang tau… maaf. Hehehe :slight_smile:

===

buat ku pribadi sebenernya komitmen it penting, apalagi buat berubah, tp coba kamu lakukan pelan2

  1. kamu buat daftar hal2 ap saja yg ingin kamu perbaiki (kenali diri kamu dlu).
  2. dari daftar yg telah kamu buat, lihat point2 ap saja yg lebih mudah utk kamu rubah, lakukan perubahan dari yg termudah untuk dirubah.
  3. jadikan perbaikan kamu sebagai motivasi biar kamu bisa melangkah lebih jauh lagi.
  4. rasakan sisi positif dan manfaat dari kebiasaan yg telah kamu rubah.
  5. kamu buat komitmen untuk tidak kembali lagi kesana. (komitmen it penting, krn it janji kamu sama diri kamu sendiri).

ingat y, selama kamu ada niat dan kemauan pst kamu bisa, trus 1 hal lagi suatu perjalanan yg panjang itu dimulai dari 1 langkah kecil.

Tetap semangat y :afro:. GBU

Mungkin anda kehilangan dasar…
Dasar ajaran kristen adalah jadi terang dunia…
Dan di Efesus 5:9 dijelaskan arti terang dunia.

Yaitu orang2 yang membela kebenaran, keadilan dan kebaikan…

main game lebih penting dari kuliah? apa itu tindakan benar? TENTU TIDAK. semua orang tau klo itu SALAH.

Jadi klo anda terang dunia, tentukan apa yg mau anda lakukan. Anda yang menentukan, bukan siapa2.

Meskipun sendirian melakukan yg benar tidak apa2. Jadi sedikit terlihat arogan dimata orang tidak apa2 asalkan untuk kebenaran. Semoga membantu. :happy0062:

Thanks. Akan saya mulai

suka maen game apa?? :cheesy:

Kunci perubahan yang permanen adalah mengubah kebiasaan. Dan mengubah kebiasaan ga bisa sekaligus, harus satu per satu. Jadi untuk kasus nya mbaksist, ya biasakan lagi aja untuk saat teduh.

Kunci lainnya adalah masuk komunitas yang bisa jagain kita dan terus memantau kita… Misal: kelompok kecil…

Selamat bertumbuh…

[email protected]

Hehehehe…jika yang anda kataka diatas itu seperti itu…?? Maka itu adalah sebuah penyakit pada diri anda loh…!! Maka solusinyaADALAH anda harus di operasi total dalam tubuh anda supaya penyakit itu bisa diangkat…

Manurut saya, itu penyakit kalu tidak dioperasi pasti akan membuat anda hancur berkeping-keping…ga ada asa depan yang pasti dan gemilang pada diri anda walaupun anda jauh jauh sekolah di ujung dunia sekalipun.

Menurut saya lagi, Orang tua anda sudah sangat bersalah besar pada diri anda, karena orang tua anda sudah lalai dan lupa bagaimana caranya mendidik anak secara benar menurut PRINSIP ALKITAB / KEKRISTENAN…dan TIDAK MENGAJARKAN SORI TAULADAN sehingga anda tidak diarahkan… menjadi anak Allah.

Jadi solusiya gampang…Yaitu and sudah dewasa secara umur, namun jika sudah seumur sekarang …?? TAPI ANDA BELUM MENGIKUTI KATEGETSASI…UNTUK NANTINYA ANDA DISIDI…??? Maka hidup anda akan selalu salah langkah…karena beluma ada ROH KUDUS DALAM DIRI ANDA…Sehingga anda mudah sekali masuk perangkap setan dengan fasilitas-fasilitas dunia yang anda miliki saat ini…seperti hp super canggih yang ada di tangan anda …??Anda sma sekalitidak mamau menahan diri untuk mengunakan fasilitas itu sehingga anda tak sadarkan diri menghabiskan waktu terbuang percuma setiap harinya…dst…danseterusnya…

So…??? Hendaklah anda dengan rendah hati datang ke Gereja / Ke Tuhan untuk membentuk diri pribadi anda dengan memakan FIRMAN TUHAN sebanyak-banyaknya UNTUIK KESEHATAN ROHANI ANDA…Ikutlah KATEKETSASI…sehingga anda DISIDI…
Tidak ada jalan lain selain itu BROO…!!

Salam GBU…

Ha ha… ya iyalah ortu aku ga mengenalkan aku sama Tuhan.
Wong status mereka saat ini masih ga kenal Tuhan.
So, gimana bisa mengajarkan sesuai alkitab and aku kristen 1 thn

ceritain saja tentang kebaikan Yesus dalam hidupmu,bagaimana Yesus mengubahkan pikiran dan hatimu dan kamu memilih untuk mengikut dia.

kalau dari keluarga/orang terdekat Injil belum kamu ceritakan,jangan jauh2 ke luar2 ato daerah ato bangsa :slight_smile:

dimulai aja dari yang kecil dulu,dari yerusalem yaitu keluarga,teman terdekat kamu :slight_smile:

Bro Rivera, makasih sarannya meski yg saya tulis itu hanya menjawab org yg menghakimi ortu saya

[email protected]

Berarti anda sebetulnya belum Kristen dong…??? Baru mengaku-ngaku saja nih.?? Dan belum terjun kedalam untuk memahaminya…??
Karena kata anda, bahwa orang tua andapun masih belum mengenal Tuhan.
Jadi yang anda kenal adalah buru sebatas apa itu Kristen, menurut saya.
Namun ini awal yang sangat baik , dng demkian anda sudah membuka hati dan pikiran untuk membicarakan sedikit-sedikit mengenai persoalan -persoallan yang di hadapi orang kristen, baik dalam pergumulan hidup maupun berbicara mengenai isi Alkitab.
Saran saya adalah…maju terus dalam Tuhan Yesus Kristus dan rajin membaca Firman Tuhan…setelah itu di babtis. agar Roh KUDUS memeberi pimpinan dan menolong anda…dalah kehidupan anda.

Salam GBU…

[email protected]

BUKAN MENGHAKIMI…TAPI DALAM PANDANGAN SAYA , JIAK ADA ANAK SEPERTI ANdA ( yang berkomentar seperti itu ) TAPI MASIH PLIN-PLAN dalam jalan hidupnya walaupun sudah kuliah di luara negri…Maka asumsi saya selalu berorientasi kepada orang tua yang melahirkan anaktsb yaitu ( = anda sendiri ).

Jadi, pada akhirnya anda sendirilah yang berkata jujur mengenai status Orang Tua ANDA , bukan orang lain yang mengatakannya . Namun itu menjadi hal yang baik ,yang kemudian dapat diketahu oleh semua orang i, Bahwa kalau anda sudah benar-benar menjadi Orang Kristen Sejati…?? MAKA HENDAKLAH menjadi tugas anda sendiri nantinya yang harus meng-Injili ORANG TUA ANDA YANG TERCINTA tsb, Agar menjadi Orang Kristen juga seperti anda.

Salam GBU…

Ha ha kok jadi misled begini ya?
Memang menurut anda syarat jadi kristen apa?

Ortu ku blm kenal Tuhan Yesus.
Namun, aku yakin aku setelah percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan juru selamat serta ga ada jalan selain Dia (doa sinners dec '12) dan dibaptis (paskah '13), maka meski ktp budha (blm rubah krn pas balik Indo ga bawa kartu baptis) aku sudah jadi anak Bapa, Tuhan Yesus

[email protected]

KALAU SUDAH DI BABTIS…YA PUJI TUHAN …HALELUYAH…!!

Hiduplah dng CARA yng di ajarakan oleh Alkitab…menurui TELADAN TUHAN YESUS KRISTUS…DAN JADILAH MURID TUHANYESUS KRISTUS SENSNTIASA…!! Belajar terus dalam sekolah kehidupan ini, dan MANUAL BOOK ny adalah ALKITAB. sEHINGGA TIDAK MENJADI PLINPLAN…TAPI TEGAS DAN BERINTEGRITAS…!!!

Dan Injili Orang tua anda yang anda cintai…sehingga ada jiwa-jiwa diselamatkan melalui ANDA…

Salam GBU…

Jujur, aku ga berani buat menginjili.
(Meskipun itu great commandment from the Lord and everyone need Him).
Aku takut soalnya sering aku ngebandel / ga ikut Tuhan.
Ngomong yg salah dan akhirnya (sdh terjadi):

  1. Tergesa2 bilang Mormon sesat pas dgr papa dpt selebaran mormon, dimarahin.

  2. Nonton sungginkong nyembah budha palsu, aku coba share ttg Tuhan. Dimarahin.

  3. Aku bilang kenapa org nyembah patung (dewa-dewi), dimarahin.

  4. Kakak mama bercerai krn suami poligami, aku bilang ma klo nabi Isa ga setuju sama poligami. Dimarahin.

  5. Sharing ttg Tuhan sama org yg cuma tau online (dia nulis di fk mau kenal kristen), eh dari ga tau gimana tiba2 nganggap islam paling benar berakhir meragukan keberadaan Tuhan.

Dan baik org ga dikenal itu dan keluarga ku (ortu dan adik2) bilang kamu kok jadi fanatik sih.

Well, aku jadi bingung aku tau fanatik slh tapi kan Yesus adalah satu2nya jalan.

So, aku ga berani / nyerah buat menginjili.
Nyoba nolong malah berakhir ngedorong org menjauh dari Tuhan. Sigh

aku seh dulu jg addicted sama online game wkt kuliah, cuman yah lama2 aku mikir apa untungnya addicted online game, jd org gk berguna, kerjaannya maen game mulu, idup ancur, pola hidup, makan, semuanya kacau, mau jd apa idup aku ini? mama aku komplen mulu aku maen game, yah awal2 pasti susah bgt seh ilangin kebiasaan begitu, perlu bener2 niat bgt mau berubah, coba bilang dlm ati “aku gk mau sentuh lg yg namanya komik dan maen game”, ingetin diri sendiri berkali2, dan coba distract pikiran ke hal2 yg laen, kyk misalnya nonton film, atau denger lagu, nyanyi, baca bible, tiap kali mau maen game/baca komik, ingetin diri sendiri lg, awal2 pasti ada gagalnya, tapi kalo ada niat bgt pasti lama2 bs berhasil kok. Yg kamu lakuin itu dah bener, cuman perlu diniatin lebih lg aja. Semoga membantu :slight_smile:

[email protected]

HEHEHEHE…saya suka dng kejujuran anda…dan itu modal untuk terus maju bersama Tuhan YESUS kRISTUS…

Coba kita ambil sisi positip yag sudah anda lakukan / yang sudah anda perjuangkan…disitu anda sebetulnya sudah menanam dan memperkenalkan Injil Kristus ? Khabar Baik Sorgawi…namun anda belum mendapat respon positip sebagaimana yng anda harapkan…itu ga pa pa Broooo!!! karena itu artinya memang sebagaimana yang DIAJARKAN ALKITAB…BAHWA ANDA SUDAH MULAI MENANAM BIBIT…DAN PASTI NANTI ADA YANG MENYIRAMINYA…DAN SELANJUTNYA UTUK MESALAH PERTUMBUHANNYA BIARLAH TUHAN YESUS YANG PUNYA PERKARA DISITU…

Yang penting anda juga berdoa dong …heheheh…Coba nanti anda sabar menanti hasilnya untuk menuai…Firman Tuhan yang sudah anda taburkan pasti tidak akan kembali dng sia sia [email protected]

Ibarat kata manusia sudah menajamkan manusia dan besi menajamkan besi…Pasti anda akan bertmbuh Iman anda sehingga menjadi Kristen yang tangguh Imannya dan tahan uji…

Terus maju bersama Tuhan Yesus KRISTUS DAN JANGAN PERNAH BERPUTUS ASA…Karena Kuasa-NYA menyertai KITA YANG PERCAYA KEPADANYA, SAMPAI SELAMANYA. Amin.

Salam GBU…