aku, mau tanya tentang paus???

1 Yesus mengutus paus kah?
2. Siapa paus pertama yang diutus oleh Yesus?
3. Adakah di alkitab tentang paus dan pengakuan bahwa Paus adalah Tuhan dunia yang selalu benar?

Aku bertanya disini karna siftanya jawabannya gak cuman orang katholik… Kalo ane nanya kekeluarga pasti terpojok… Makasih :slight_smile:

sebenarnya, tujuan anda bertanya untuk apa? apakah untuk mencari kebenarannya atau pembenaran pemahaman anda.??

aku mecari jawaban untuk pembenaran pemahaman saya sejujurnya… Karna saya ibarat di kasih pacul tapi gak tau untuk apa? Aku kenal Tuhan… Aku merasa ada hubungan dengan-Nya, tapi aku tak mengerti apa sebenarnya yang terjadi?? Banyak sekali pendapat yang membuatku bimbang… Seperti percumanya merayakan natal 25 des. Dan ajaran lain ttg Gereja Katholik… Ada yang aku senang dari katholik dan kristen… Tapi ada juga yang tidak aku senang, karna alasannya kurang jelas ada peraturan seperti itu(peraturan yang membingungkan seperti mui yang asal ngasih aturan)… Jadi apakah aku? Siapakah aku? Jika aku hanya mengikuti Alkitab, dan hanya percaya pada Tuhan Yesus… Tanpa mempercayai adanya agama… Apakah itu mutlak… Karna seperti ada yang hilang di dalam diri ini…

jadi alasannya pembenaran yah… anda ingin tahu tentang Katolik, sebelumnya anda harus mengenal Iman Katolik itu seperti apa.
kalau mau berbicara tentang Bapa Paus, ini sudah menjadi topik hangat dari Forum ini… ada banyak thread yang membahas tentang Bapa Paus.
menurut kamu pemahaman kamu akan pertanyaan yang kamu berikan seperti apa…

mungkin dengan mengetahui pemahaman kamu, ada sedikit yang bisa saya bantu.
silahkan.

pemahaman ttg pertanyaan saya?? Mungkin lebih dasar lagi…

Pemahaman saya Hanya mempercayai Yesus sebagai Tuhan Bapa yang menyelamatkan saya… Saya mengasihi Dia dan Firman-Nya ketimbang orang lain bahkan pacar ataupun orang tua saya… (dalam artian saya menghormati orang lain tapi tak sehebat saya mencintai Tuhan Yesus), ketika saya mengenal-Nya lebih dekat saya ingin mengikuti agama yang Menjadi pedoman hidup seperti Dia, aku pun ikut ke katholik… Tapi disitu saat saya berdoa lebih berdoa ke Bunda Maria (dimana saya mengerti maksudnya: bahwa dengan mendoakan Bunda maria kita juga akan mendapat doa jugga dari bunda Maria… Sama seperti gereja dunia, di api pencucian, dan di sorga… Mereka saling terikat dan saling mendoakan…), tapi saya tidak bisa karna menurut saya, saat saya bedoa lebih memelas ke Bunda Maria ketimbang Bapa Yesus…, dan doktrin2 gereja katholik juga menurut saya lebih berbelit seperti slm, tidak mengikuti perkembangan jaman… Nah, ada yang saya kurang enakin juga di kristen… Dimana ketika orang sudah wafat kita tidak perlu mendoakannya… Dan juga tidak ada pengampunan setelah wafat, mereka percaya apa yang dilakukan didunia = di akherat… Memang itu tegas, tapi saya kurang srek… Dimana Tuhan Yesus ada untuk membebaskan bukan untuk menghukum… (ada di alkitab), itu sih pemahaman saya…

Pertanyaan saya bagi anda,

  1. Dalam Alkitab, ayat manakah yang berbunyi bahwa Yesus menyuruh domba-domba-Nya “HANYA MENGIKUTI Alkitab SAJA”?
  2. Anda bisa kenal Tuhan Yesus dari mana? Dari penampakan atau dari pendeta anda, atau dari para Rasul? Kalau jawaban anda “dari Alkitab”, siapa yang membundel Alkitab itu sehingga menjadi satu? Logikanya, yang membundel Alkitab itu tentunya kuasanya lebih besar daripada Alkitab itu sendiri bukan? (Terkecuali kalo anda menganggap Alkitab itu semacam pribadi yang hidup sendiri dan bisa menyusun kitab-kitabnya sendiri.)

Kalau anda benar mengikuti Yesus, tentunya anda sudah meninggalkan orang tua dan pacar anda. Selama anda belum melakukan itu semua, ya hanya sebatas lip service saja perkataan anda itu.

Kalo yang menentukan cocok tidaknya itu diri anda sendiri, kenapa anda bingung dengan Kristen Protestan atau Katolik, atau Islam? Mengapa tidak mencari dulu ke Buddhisme, Hinduisme, Bahai, New Age dll yang lebih cocok?

Mungkin anda perlu melihat dahulu kesana kemari, jangan terlalu menutup diri. Atheisme juga menawarkan sesuatu yang baik koq. Kalo bisa jangan setengah-setengah, entar malah dibuang oleh Allah.

Why 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Orang nanya bukannya dijawab aja malah ngajak muter-muter. Mas ini gimana seh :smiley:

GBU

Yesus tidak mengutus paus.

Karena Yesus tidak mengutus paus maka tidak ada Paus pertama yang diutus Yesus.

Di alkitab tidak ada informasi tentang paus.

disini ada yang kurang. Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi? mengapa… alasan utamanya, Tuhan Hadir dalam diri setiap Manusia. jadi mengasihi sesama, tidak lain mengasihi Tuhan. namun jangan lupa, bahwa Mengasihi Pribadi Allah Tritunggal yang Maha Kudus, adalah sesuatu yang tidak bisa kita nomor duakan.

kemudian pemahaman tentang persekutuan Para Kudus. dalam Forum ini ada Thread yang dibuat bro Roderick. silahkan bertanya disitu tentang persekutuan para Kudus ini. anda berdoa kepada Para Kudus, bukan berarti anda tidak harus berdoa kepada Allah sendiri, anda berdoa kepada Para Kudus, untuk membantu mendoakan. sama seperti jika kita minta didoakan sama Pastor. atau dalam setiap misa.

menurut anda doktrin apakah yang berbelit-belit itu. mungkin bisa dipaparkan…

-Saya maklum karna sodara baru saja menerima TUHAN YESUS sbg juru selamat pribadi anda. Untuk tau tentang KEBENARAN seperti yang terdapat dalam Alkitab butuh waktu dan tidak instan. Untuk menambahkan level iman sodara menjadi lebih tajam dari waktu, itupun butuh waktu dan ujian :slight_smile:

-Saya sarankan agar iman sodara terus bertumbuh, ikut aktif di dalam persekutuan yang ada di gereja sodara misalnya kaum mudanya, nanti dengan berjalannya waktu pasti Kebenaran itu akan disingkapkan sedikit demi sedikit di hidup sodara melalui komunitas. Dan pasti di gereja sodara ada orang2 yang dewasa rohaninya, dengan mereka sodara bisa bertanya lebih banyak dan leluasa. Jangan sungkan2 ikut terlibat dalam aktivitas gereja :slight_smile:

-Saat teduh setiap hari untuk mempertebal iman sodara.

Gbu :slight_smile:

  1. tidak ada demikian yang tertulis dalam alkitab

terimakasih… Karna kamu telah memberi jwaban positif, dan tidak memojokan saya…
Saya sedang terkekang sekarang oleh keluarga ibu saya, jadi saya tidak bisa leluasa untuk ke gereja… Tetapi saya akan mengusahakannya untuk mengikuti ajaran2 gereja dan bisa ikut dalam pelayanan gereja, sehingga menemukan gereja mana yg bisa membantu saya berjalan tumbuh besar :slight_smile: mohon bantuan doa’a ya :)…

Keluarga ibu anda memeluk iman apa, koq mengekang?

Sekedar tanya, bro.
Apakah anda penganut Saksi-saksi Yehuwa (Jehova’s witness)

Salam

Good :afro:
Dalam lingkungan gereja -menurut perumpamaan Yesus- ada gandum dan ada ilalang.
Walaupun di lingkungan gereja, tetapi tidak selalu kita menemukan orang yang seusai. Karena kita ini semuanya manusia berdosa yang sebenarnya patut dikasihani.

Mudah-mudahan mas gak mudah kecewa jika ketemu dengan orang yang rohani tetapi akhirnya mengecewakan. Tetp berjalan maju bersama Kristus :afro:

GBU

ibu saya islam, bapak saya islam(udah cerai-_-"), dan kakak (cewek) dari bapak saya katolik… Saya belajar dari keluarga tante saya itu, keluarga tante saya sangat baik :)… Dan melihat keluarga katolik lah adalah satu dari sekian juta alasan kenapa saya tertarik dengan Yesus… Tapi jujur saya kenal Tuhan Yesus pertama kali karna peduli dengan agama kristen yang selalu di bully oleh majelis(dulu saya ikut majelis), pernah ada pembakaran gereja di bekasi, tau kan? Siapa yang bakar? Adalah orang fanatik muslim, bahkan didaerah saya bekasi dulu gak ada yang boleh masuk agama selain islam… Herankan? Maka dari itu lah saya pindah (meski di rumah nenek dari ibu) ke sragen untuk hidup damai :), sambil belajar, dan Bersama Tuhan Yesus lah yang menjadi Motivasiku :slight_smile:

:scorpius:ªƙªsίђ sodara. Puji TUHAN, saya senang sodara diberkati.

Semua hanya karna pertolongan TUHAN dalam hidup saya, tanpa Allah Tri Tunggal saya bukan siapa2 :slight_smile:

Amin, saya dukung dalam doa agar iman sodara terus bertumbuh dalam seluruh kebenaranNYA.

Tentang keluarga dari pihak Ibu sodara, bawa dalam doa, sayangi dg tulus dan lihat selalu kebaikan2 mereka (ingat yang baik2 saja) dan sodara tabur yang baik. Semoga keluarga dari pihak ibu sodara di menangkan bagi KRISTUS.

Tetap maju dan bersukacita selàlu dalam segala keadaan ROH KUDUS pasti mampukan sodara. Gbu :angel:

Berbahagialah anda mendapat panggilan dari Tuhan. BTW, apakah anda juga belajar dari romo paroki tempat tante anda?

Saya merasa sympatic dengan ceritera yang anda berikan.
Benar saya akan berdoa untuk anda, agar anda mendapat petunjuk dari Tuhan Yesus.

Dengan anda percaya kepada Tuhan Yesus, ini adalah suatu yang menggembirakan, sebab tidak setiap orang bisa menerima pengakuan ini, kalau bukan Allah Bapa yang memberi.
Dan Allah akan memberi kepada orang yang merasa kecil dihadapan Tuhan, dan merindukannya.

Anda jangan hanya berhenti sampai ditingkat percaya saja, akan tetapi anda harus berlanjut bersedia disatukan dengan Yesus.

Sebelum Yesus meninggalkan kita semua, segala sesuatu telah diserahkan dan dipercayakan kepada Petrus.
Mat.!6:18.
Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya.

Yoh.21: 15-17.
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: " Simon, anak Yohanes, apakah enkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini ?" Jawab Petrus kepadaNya: " Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: " Gembalakanlah domba-domba Ku."

Sesuai sejarah, Petrus adalah Paus yang pertama, yang kemudian diganti oleh Linus yang kedua, dan Anacletus yang ke tiga, serta St. Clement dan seterusnya.
Dari 28 paus pada masa 300 tahun, dari 28 paus, yang mati sebagai martir ada 11 orang.

Paus adalah manusia biasa, seperti kita manusia berdosa.
Dari sejarah banyak kesalahan-kesalahan yang diperbuat oleh Paus, lebih-lebih pada abad pertengahan, maka ada zaman yang namanya dark ages, masa gelap dimana pada saat itu yang duduk dikursinya paus adalah orang-orang duniawi.
Demikian juga dengan Paus Leo X, paus yang masih berumur 38 th, yang bentrok dengan Martin Luther, dia diangkat jadi paus karena ayahnya yaitu keluarga Medici, adalah orang yang kaya dan sangat berpengaruh pada saat itu.
Syukur ada Martin Luther, sehingga gereja katolik terselamatkan, sehingga gereja katolik cepat-cepat mengadakan konsili Trente 1554.
Dengan konsili Trente gereja katolik mulai sadar dan introspeksi diri, sehingga sejak itu semua paus umurnya diatas 60 tahun, kecuali paus Pius IX yang berumur 54 dan John Paul II, yang berumur 58 th.