Alkitab dan era 2014

Jaman sekarang ya, orang2 bukan malah tambah baik, malah tambah baik munafik… Banyak banget gue nemuin orang (kristen) yang sering gereja, sering persekutuan, tapi praktik sama sekali beda antara mulut, hati, dan kelakuan…
Pengen nanya sama segenap user disini,

  1. Apakah ada ayat di alkitab yang menyatakan bahwa kita harus mengurusi orang lain? (Mengurusi disini maksudnya seperti kita ribet2 melakukan apa yg orang tersebut bisa lakukan)
  2. Apakah diMANFAATKAN oleh orang lain karena kebaikan kita itu akan membuat kita dapat pahala? Apakah penolakan atas tindakan tersebut dapat dibilang berdosa?
  3. Apakah ada ayat alkitab yang menyatakan bahwa berpakaian yang tidak tertutup itu berdosa? (Misalnya kaya tanktop)

Mungkin Ini dulu aja ya…
Kalau pada bingung knp gw nanyain ini, penyebabnya adalah orang2 sekitar gue yang bener2 suka banget bikin darah orang mendidih. Sering sekali mereka menghakimi orang dgn ketiga hal tersebut (dan hal lainnya menyusul) atas nama alkitab. Gw pengen tau kebenaran semuanya jadi gue juga ngga dibodoh2in oleh mereka.
Thanx

Dimana2 seperti itu koq, Alkitab katakan hari2 akan semakin jahat

Efesus 5
16. dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Hanya menegor dalam kasih, bukan mengurusi, apalagi memaksa untuk melakukan Firman Tuhan, sebaiknya pun dilakukan empat mata.
Yesus pun tak pernah memaksa manusia untuk percaya kepadaNya

Matius 18
15. "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

1Tesalonika 5
14. Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

2Tesalonika 3
15. tetapi janganlah anggap dia sebagai musuh, tetapi tegorlah dia sebagai seorang saudara.

Tak ada sistem pahala dalam keKristenan, yang ada hukum tabur tuai
Berdosa atau tidak standarnya adalah melanggar Firman Tuhan atau tidak

Tidak ada, yang ada ini :

1Korintus 6
12. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

1Korintus 8
9. Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah.

  1. Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.

Ambil positifnya saja, toh kamu ke gereja utamanya ketemu Tuhan, bukan ketemu teman

Katakan kepada mereka jangan menghakimi

Lukas 6
37. "Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

Hanya menegor dalam kasih, bukan mengurusi, apalagi memaksa untuk melakukan Firman Tuhan, sebaiknya pun dilakukan empat mata.
Yesus pun tak pernah memaksa manusia untuk percaya kepadaNya

Matius 18
15. "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

1Tesalonika 5
14. Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.

Trims bro HenHen…
Tapi mksd saya mengurusi itu seperti ilustrasi ini :

  1. A tmennya B. suatu hari B pergi ke eropa dan si A gencar bgt nanya harga tiket berapa pake pesawat kelas apa maskapai apa terus sampai nanya2 ke detil hotel sampe kita makan apa serta harganya. Cara dia menannyakannya itu lebih ke “kepo” dibandingkan mencari informasi yg dpt berguna buat dirinya.

  2. A adalah paman B. Orang tua B bisa dibilang berkemampuan diatas rata2 sehingga barang2 si B adalah barang2 berkelas ; iphone, tas kate spade, dll. Si A ini sering banget komentar ke B seperti “ga usah minta yang aneh”. Notabene ortu si B aja no problem sama pernintaan anaknya.

Nah yg sy ingin tanyakan apakah ada ayat yang bisa menangkis orang2 seperti ini? Karena kalau kita menegur atau menyindir dgn bercanda mereka malah nyangkut pautin sama firman Tuhan yg justru makin memuakan kita. Sikap mereka yg annoying tapi menggunakan agama yang sakral untuk membela diri. Jujur saja lhoo tindakan ini sangat mengganggu saya.

Kalau kamu ingin memakai Firman Tuhan untuk menangkis “serangan” yang datang kepadamu itu mohon maaf kalau saya sarankan jangan lakukan itu

Firman Tuhan adalah pedang roh yang dipakai hanya untuk berperang melawan iblis, bukan untuk sesama, nanti ujungnya malah main pedang2an lantas mengarah pada hal yang tidak baik

Firman Tuhan itu berguna untuk menegur, menasehati, dan mengajar, tentunya dalam koridor kasih persaudaraan

Kolose 3
16. Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Kalau memang kamu muak dengan orang2 itu ya jangan dekat2 aja, tegor cukup 1x aja, kalau memang tak mau berubah ya sudah, tinggalkan saja.

Jangan ladeni “serangan” yang datang dari luar dengan “menyerang” balik lagi, tahan saja dengan perisai imanmu, lalu ambil yang positifnya saja

Redakan emosi dulu baru anda akan dapat merasakan kebaikan orang.

Baik dijahati atau dibaiki orang, sebenarnya sama saja jika anda memiliki kasih.

Tetapi jika anda tidak memiliki cukup kasih, maka tambahkanlah kasih itu… baca dibawah ini

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang. Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. (2 Petrus 1:5-7)

Dari iman → kebajikan → pengetahuan Firman Tuhan → pengusaan diri → ketekunan

dari ketekunan → kesalehan dan barulah kasih itu dapat ditambahkan.

Dibagian mana anda belum mencapainya, disanalah anda harus memperbanyaknya.

Oh iya,kan org kristen iotu belum tentu org yg sdh bertobat dan menjadi anak2 Allah

Bukan ribet ngurusi,
Alkitab menyuruh kita utk menegur org lain yg salah spy tdkbinasa dlm dosanya
Yehezkiel 3:18-19
3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! – dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.
3:19 Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu

Sdh jadi kewajiban setiap org percaya utk menjadi garam & terang
Bkn berharap dpt pahala, krn Tuhan sdh berikan pahala lbh dulu, yaitu keselamatan

Dalam melangkap dan bertindak org percaya diharapkan tdk menjadi batu sandungan/tdk menjadi cibiran, yg ujung2nya memalukan nama Tuhan.

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.