alkitab itu supranatural gak??

maaf mod kalau uda ada postingan begini…

saya pengen tau pendapat member disini, mungkin trit ini tidak akan memakan banyak perdiskusian tapi kita liat aja…

Maksudnya “supranatural” yg di benak anda macam pegimane? Soalnya banyak versi supranatural menurut masing2 pribadi…

Ada yg menganggap supranatural itu adalah:
a. Macam jimat aja lah tuch… Kalau malem2 lewat tempat serem, bawa aja Alkitab… Pasti setan takut, dan ente aman
b. Memiliki kuasa, karena berisi Firman Tuhan… (maksud kuasa bukan kuasa macem klenik2 begitu dech…)
c. Etc banyak pengertian lain…

Ketika berada di tataran pemahaman yg sama, biasanya sich diskusi jadi nyaman, nyambung dan jauh dari debat supir sado…

@atas
silahkan jelaskan apa yang bro maksud aja… :afro:

I prefer on the “b” option… Simple isn’t it…?

:afro:

bagaimana hubungan dengan kemampuan manusia memahami alkitab, apakah bisa dikatakan supranatural juga??

saya pengen tanya bro…

“Kuasa” yang dimaksud seperti apa?
kalau kita sesuai tread… maka Kuasa itu harusnya kuasa “supranatural”

mohon penjelasan lebih lanjut, dan bagaimana contoh kasusnya?

salam…

@bro all

apakah maksudnya Alkitab supranatral misalnya anak sakit lalu ditaruh Alkitab dekat kepalanya agar anak sembuh?

Makanya sejak awal saya tanyakan… “supranatural” seperti apa yang ada di benak ente2 semua… Soalnya apa yg dibenak saya belum tentu sama dengan yang di benak ente2 semua…

Kalau pengertian di benak ente beda dengan pengertian di benak saya, saya cukup tahu dan mengatakan: “pemahaman saya berbeda dengan pemahaman ente”… That’s it… Tanpa ada pemaksaan saya untuk memaksakan anda mengerti dan sepaham dengan saya… Dengan begitu, saya telah berusaha mengurangi resiko terjadinya debat supir sado dan sesuai dengan Firman Tuhan untuk tidak meniru orang2 yang gemar mempertentangkan sesuatu dalam Firman Tuhan…

Simple isn’t it…?

I belive your next question has gone far away out of the first topic…

alkitab disebut supranatural karena ada kuasa dari firman Tuhan…

nah skrg saya ingin melihat dari sudut lain, bagaimana kita menafsirkan alkitab?

apakah sebelum menafsirkan kita harus terlebih dulu menyadari bahwa alkitab itu diliuar batas logika manusia, kalau mmg iya pasal yg mana atau mmg semuanya harus kita pandang sbg supranatural?

apakah kita memandang buku itu sebagai tulisan yg dapat dimengerti sebagian atau seluruhnya sehingga ketika 10 orang menafsirkanya maka ke 10 org itu sama pendapatnya

oleh karena itulah dibutuhkan otoritas mengajar yang mendapatkan kuasa langsung dari para rasul agar tidak terjadi kesalahan dan multi penafsiran.

saya belum ngerti tulisan bro ini, bole dijabarkan karena yg saya tangkap begini…

???—>kuasa para rasul----->pengajar(yg punya otoritas)---->jemaat

pertanyaanya:
1.apa yang dimaksud dengan kuasa para rasul?
2.otoritas seperti apa yg dipunyai pengajar dan siapakah pengajar itu?

dari tulisan bro diatas tersirat bahwa PL dan PB telah ditafsirkan sejak dahulu dengan 100% benar karena jika tidak pengajar yang sekarang mendapat otoritas dari siapa?

tanda “?” diatas apakah mmg perlu dan siapa atau cukup dimulai dengan kuasa para rasul?

terima kasih

Tidak.

Alkitab adalah kumpulan tulisan-tulisan manusia yang disahkan Gereja menjadi otoritatif untuk digunakan dalam pembentukan dan pertumbuhan iman.

apa kira-kira maksudnya kumpulan tulisan manusia?

menurut anda apa yang semua yang ditulis manusia-manusia itu selalu dapat diterjemahkan akal manusia,
bagaiamana dengan musa membelah laut?

bagaimana ttg sejarah penciptaan langit dan bumi, apakah ini termasuk tulisan tangan manusia?

10 perintah Tuhan apakah ini tulisan manusia?

Kalau yg saya tahu, gereja katolik yg mengajarkan hal2 berbau klenik pagan/ supranatural tidak mengambil sumber dari alkitab, namun dari tradisi suci bapa gereja.

contohnya mantra2 ucapan doa atau benda2 relikwi jimat pelindung.

Mungkin ada yg tau kalau gereja katolik juga menggunakan buku alkitab sebagai jimat pelindung? saya belum pernah dengar kalau pake buku alkitab.

Boy, cara diskusi loe mirip laba2 yg masang jaring nunggu mangsa nempel, baru dijerat dengan tenunan jaring… In my point of view, that’s not a healthy one…

Begini aja boy, supaya nggak berbelit2 dan menjawab keingintahuan loe mengenai apakah Alkitab supranatural atau tidak, sebaiknya loe baca dulu Alkitab, dan di penuntun membaca Alkitab yg disertakan dalam tiap Alkitab, disebutkan untuk berdoa dulu meminta hikmat Roh Kudus untuk dapat mengerti apa maksud dari apa yang terdapat dalam Alkitab…

Nanti setelah loe berdoa minta hikmat, baca Alkitab dan mendapat pencerahan dari Roh Kudus, loe share di mari apa pandangan loe tentang Alkitab, apakah supranatural atau tidak…

Ok, boy…???

Kalau mengenai hal2 mistik supranatural katolik itu pengetahuan umum bro

Jadi gimana, apakah katolik juga menggunakan sarana buku alkitab sebagai benda supranatural kayak relikwi?

maaf boy jika kamu tidak berkenan dengan trit ini saya persilahkan masuk ke trit lain, selama aku mematuhi aturan di forum ini dan selama moderator tidak keberatan dgn tulisanku saya kira tidak masalah apapun yg kutulis

terima kasih

Matius 16:18
Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Matius 18 : 18
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Matius 28 : 19 - 20
Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman

Lukas 10 : 16
Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.

atas nama Tuhan Yesus Kristus

Kuasa yg diberikan kepada para rasul untuk “mengikat” dan “melepaskan” di bidang iman dan moral.

untuk menafsirkan secara otentik Sabda Allah yang tertulis dan diturunkan secara mengikat

penerus yang utama dari para rasul dan yang bersatu dengannya dalam satu paguyuban

selama dilakukan oleh yang memiliki “otoritas mengajar yang sesungguhnya” maka dilindungi oleh karisma tidak dapat salah.

alkitab disebut supranatural karena ada kuasa dari Firman Tuhan…

Jwb: Alkitab=buku yg mencatat Firman2 Tuhan; Firman Tuhan mempunyai kuasa adl benar krn FirmanNya adl Dia sendiri, Firman itu tdk terbatas dicatat di buku saja , boleh di ukir di kayu, atau logam ( kalau mau ) , jadi alkitabnya sendiri tidak supra natural.

nah skrg saya ingin melihat dari sudut lain, bagaimana kita menafsirkan alkitab?
apakah sebelum menafsirkan kita harus terlebih dulu menyadari bahwa alkitab itu diliuar batas logika manusia, kalau mmg iya pasal yg mana atau mmg semuanya harus kita pandang sbg supranatural?

Jwb:Mungkin lebih tepat menafsirkan Firman2Nya, FirmanNya= Allah sendiri = diluar batas logika manusia ( kemampuan otak manusia ) , adalah benar.
Tidaklah mungkin ciptaan mengerti keseluruhan dari penciptanya.

Yes55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Yes6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh.
Jadi upaya untuk menafsirkan dr diri sendiri ( supaya tampak hebat, dipuji orang dll) tidaklah mungkin sejalan dg Rhema yg Allah maksud, sebab Firman itu menjalankan kehendakNya dengan berhasil ( sbg Karunia ).

apakah kita memandang buku itu sebagai tulisan yg dapat dimengerti sebagian atau seluruhnya sehingga ketika 10 orang menafsirkanya maka ke 10 org itu sama pendapatnya

Jwb: kalau tdk dikaruniakan, walau sedikit juga tdk akan tahu , mengerti sebatas kerelaanNya ( ada 1,2,5 talenta ) , walau di Alkitab ditulis juga:
Yoh16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Karunia tsb akan sinergi antara ke 10 org tsb ( subtansi , inti adalah menjelaskan Firman2 di Alkitab itu shg tdk terjadi antagonis ).