All About AC.MILAN

Profil AC.MILAN

AC Milan adalah sebuah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan. Mereka bermain dengan seragam bergaris merah-hitam dan celana hitam, sehingga dijuluki Rossoneri (“merah-hitam”). Milan adalah tim tersukses kedua dalam sejarah persepak bolaan Italia, menjuarai Seri A 17 kali dan Piala Italia lima kali.

Klub ini didirikan pada tahun 1899 dengan nama Klub Kriket dan Sepak bola Milan (Milan Cricket and Football Club) oleh Alfred Edwards, seorang ekspatriat Inggris. Sebagai penghormatan terhadap asal-usulnya, Milan tetap menggunakan ejaan bahasa Inggris nama kotanya (Milan) daripada menggunakan ejaan bahasa Italia Milano.

Stadion tim saat ini adalah Stadion Giuseppe Meazza atau yang dikenal dengan sebutan San Siro yang berkapasitas 85.000 orang. Stadion ini digunakan bersama dengan Internazionale (”Inter milan”), klub besar lain di Milan. Suporter AC Milan menggunakan “San Siro” untuk menyebut stadion itu karena dulunya Giuseppe Meazza merupakan seorang pemain bintang bagi Inter.

Secara sejarah, AC Milan (dipanggil dengan “Milan” saja di Italia) didukung oleh para pekerja dan para buruh di Milan, sementara Inter lebih didukung orang-orang kaya. Meskipun begitu, pada beberapa tahun terakhir, basis pendukung telah banyak berubah. Milan kini dimiliki oleh raja media dan perdana menteri Italia saat ini, Silvio Berlusconi, sementara Inter dimiliki pebisnis garis tengah-kiri.

Prestasi

Seri A : 17

1901, 1906, 1907, 1950-51, 1954-55, 1956-57, 1958-59, 1961-62, 1967-68, 1978-79, 1987-88, 1991-92, 1992-93, 1993-94, 1995-96, 1998-99, 2003-2004, 2006-2007.

Liga Champions : 7

1962-63, 1968-69, 1988-89, 1989-90, 1993-94, 2002-03

Piala Italia : 5

1966-67, 1971-72, 1972-73, 1976-77. 2002-03

Piala Super Italia : 5

1988, 1992, 1993, 1994, 2004.

Piala Interkontinental : 4
1969, 1989, 1990, 2007.

Piala Super Eropa : 3

1989, 1990, 1994

Piala Winners : 2

1967-68, 1972-73

Piala Latin (Piala yang paling penting bagi klub-klub Eropa pada tahun 40an dan 50an. Diselenggarakan sejak 1949 hingga 1957 antara juara-juara Perancis, Italia, Portugal dan Spanyol. Kejuaraan ini menghilang setelah dimulainya Piala Champions.)

1951, 1956

Piala Mitropa

1981-82

Pemain Bintang yang pernah dan masih dimiliki

Renzo De Vecchi, Cesare Maldini, Karl Heinz Schnellinger, Kurt Hamrin, Sandro Salvadore, Juan Alberto Schiaffino, Jose Altafini, Gunnar Gren, Ruud Gullit, Marco van Basten, Frank Rijkaard, Gunnar Nordahl, Nils Liedholm, Gianni Rivera, Luther Blissett, Franco Baresi, Giovanni Trapattoni, Angelo Sormani, Roberto Donadoni, George Weah, Demetrio Albertini, Paolo Di Canio, Roberto Baggio, Zvonimir Boban, Gianluigi Lentini, Carlo Ancelotti, Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, Cafu, Andriy Shevchenko, Hernαn Crespo, Filippo Inzaghi, Jean-Pierre Papin, Dejan Savicevic, Ray Wilkins, Jimmy Greaves, Alessandro Nesta, Kakα, Alexander Pato, Ronaldinho, Andrea Pirlo, Zlatan Ibrahimovic.

Sekilas tentang San Siro

Stadion Giuseppe Meazza (nama Italia: Stadio Giuseppe Meazza, juga dikenal dengan nama San Siro), adalah stadion sepak bola di Milan, Italia. Stadion ini adalah kandang bagi dua tim liga Italia dari Seri A: A.C. Milan dan Internazionale.
Dibangun pada 1925 di distrik San Siro di Milan, yang menjadi sumber nama aslinya, di 1979 stadion ini diubah namanya secara resmi menjadi “Giuseppe Meazza” untuk menghormati seorang pemain Inter pada tahun 1920-an, namun hingga kini bagi fans AC Milan namanya tetap “San Siro”.
Pada tahun 1987 dalam persiapan untuk Piala Dunia pemerintah Italia memberikan dewan kota Milan $30 juta untuk memodernisasikan stadion tersebut, namun akhirnya ongkosnya membengkak dua kali lipat.
Pada tahun 1990, stadion ini menjadi tempat pertandingan final Piala Dunia antara Jerman Barat dan Argentina.

Kapasitas: 85.700
Lapangan = Panjang: 105 meter, Lebar: 68 meter, Permukaan: Rumput
Peresmian: 19 September 1926
Alamat: Via Piccolomini 5, 20151 Milan. Italy

denger2 KAKA mau dijual ke Madrid buat nutupin kekurangan dana… :’(
jangan dong, masak mau jual KAKA buat beli Ronaldinho? ga sepadan dong…

Di AC MILAN yg paling gw suka cuma “DIDA” kipernya… syg cuma cadangan… :frowning:

Pirlo nya mana bro??

gw suka bgt ma Andrian Pirlo,

gw mantan internisti neh…tp skrng suka milan…hehe

dibawah tangan pelatih yg baru smoga milan sukses dan merajai italia lg mengambil dominasi inter… walau gw rada ragu dengan pemain2nya krn kyknya mereka masih terlalu handalkan pemain berumur kyk seedorf, gatusso, pirlo, ambrosini, nesta…

AC MILAN 4-0 LECCE… mantap dah…

eh, baru pernah denger ada interisti yang “nyebrang” ke milan… hehehehe…

well, salam kenal. kalo gw milanisti (asli… dari dulu… :smiley: )

ibra datang, huntelaar keluar. borri ikut2an… hehehe…

hai believer… sip dah yuk berbagi informasi abou AC milan…

robinho sptnya menyusul…hehe

Milan ??? hehehe

gak bakalan bisa menahan laju Inter,
ngumpulin kok pemain tua semua hehehe

tapi daripada juve gw juga dukung Milan deh RU seri A :slight_smile:

mulai deh uda sana inter bikin empangnya sendiri, jgn suka bandel ke empangnya milan…hehe…

tua?itu dulu…
skrng robinho, ibra, bnyk kok pemain mudanya…

hahaha

malas bikin empang Inter dan RM bro

coz gw cukup dengan Inggris aja, ( jadi nimbrung2 dikit boleh lah )

itu loh kae member non kristen masuk ke forum kristen :azn: untuk pembuktian

cool… :slight_smile:

saya malah suka dua2nya
walau porsinya itu agak berbeda
porsinya kalau diukur dari INTER vs MILAN di lapangan, maka saya akan mendukung INTER…
selebihnya dimanapun mereka akan saya dukung…

sebab kebanyakan mereka memainkan pemain BRASIL…

wkwkwkwkwk… milan kalah

Freezt ababil…
Wkwkwk

minggu depan klo milan menang ane dukung deh

Labil… Labil…
Jiakakakak…

senengnya timku selalu menang…