All about Worship Leader

Hai perkenalkan saya adalah seorang pelayan mimbar di gereja lokal…masalah yang aku hadapai adalah ketidak pedean ku saat memimpin ibadah.dikarenakan saya memiliki kekurangan fisik ,saya hanya takut bila pelayanan ku ini tidak berkenan di mata jemaat apalagi Tuhan,.apa menurut pendapat kalian semua?

Ane coba menanggapi ya :

Karena tidak menyebutkan merk maka ane asumsikan gereja masbro/mbaksis @P berdenom (denominasi) pantekosta/kharismatik karena biasanya istilah worship leader itu identik dengan denom pantekosta/kharismatik. Juga karena masbro/mbaksis @P tidak menyebutkan secara detil kekurangan fisik yg dimiliki maka tanggapan ane akan bersifat umum saja.

Pertama-tama, ane ngucapin selamat kpd masbro/mbaksis @P yg sudah dipilih/diangkat menjadi worship leader gereja lokal. Suatu tugas pelayanan yg membutuhkan kerja keras & tanggung jawab yg besar. Btw, secara jasmani & jiwani, seorang worship leader memang dituntut untuk memiliki standar di atas rata-rata jika dibandingkan seorang singer. Secara jasmani, sudah pasti kualitas vokal baik saat bernyanyi & berkata-kata, fisik yg baik & sehat apalagi saat membawakan lagu-lagu bertempo cepat karena biasanya akan menggerakan tangan, badan & kaki serta berpenampilan menarik baik gaya rambut sampai busana.

Secara jiwani, paling tidak menguasai satu alat musik dan pengetahuan musik (biasanya untuk menentukan nada dasar, overtune, downtune atau medley lagu-lagu yg dinyanyikan), menghafal sebanyak mungkin lirik lagu (berimbang antara lagu lambat dan cepat, lagu tempo dulu dan sekarang) beserta nada dasarnya (setiap departemen musik gereja memiliki standarnya masing-masing) dan mampu mengharmonisasi lagu, musik dan mazmur serta memiliki kepekaan apabila mendengar nada sumbang atau fals.

Untuk hal-hal rohani, tentunya @P sudah tau dan tidak perlu lagi dijelaskan, bukan?

Sayang sekali @P tidak menjelaskan apa kekurangan fisiknya tapi ingatlah bahwa selalu ada lebih banyak kelebihan dibandingkan kekurangan. Temukan kelebihan-kelebihan itu, explorasi dan asalah untuk menjadi senjata andalan. Itu jauh lebih baik dibandingkan mencari cara untuk menutup-nutupi kekurangan fisik yg ada. Percayalah bahwa saat @P sedang melayani, jemaat akan berdoa & mendukung sampai selesai.

Ingatlah bahwa sampai detik ini, Tuhan masih mencari penyembah-penyembah (termasuk worship leader) sejati yg menyembah di dalam roh dan kebenaran. Ketika @P melayani sebagai worship leader dan menjalankannya di dalam roh dan kebenaran, masihkah @P harus takut tidak bekenan di mata Tuhan?

Hai, salam kenal, kasih pendapat boleh ya…

Hal yang paling penting dari seorang penyembah yang benar adalah sikap hati karena Tuhan melihat hati…
Tapi ada hal yang lainnya, yakni penampilan kita di hadapan manusia (yang tidak bisa melihat hati).

Nah, kalau hati saudara memang ingin menyembah Tuhan dan membawa jemaat ke hadirat Tuhan, lakukanlah dengan segenap hati sambil memperhatikan penampilan saudara…

Penampilan di sini bukan “kekurangan fisik” yang saudara curhatin, tapi dalam berbusana, bertutur kata dan sopan santun… :slight_smile:

be blessed…

Quote2nya bagus, pingin nambahin perlunya adanya urapan Tuhan dalam melayanin.

Shalom,

Yang penting, miliki keintiman dengan Tuhan,
Karena urapan Tuhan hadir melalui mimbar,
Jaga kekudusanmu, jaga hatimu,
agar tidak jadi batu sandungan bagi jemaat.

Worship Leader,
Tugasnya membawa jemaat masuk hadirat Tuhan,
Jadi mau ga mau sebenernya seorang Worship Leader sudah harus berada didalam hadirat Tuhan untuk bisa membawa Jemaat masuk ke hadirat Tuhan.
ini yang berat sebagai Worship Leader, hidupmu harus bener dimata Tuhan. :slight_smile:

Halo temen2, mau nanya nih apa aja yang perlu dipersiapkan buat jadi Worship Leader atau M.C di kebaktian pemuda… terus ane pernah liat gesture2 gitu yg 1 atau 2 jari ke tim musik-nya itu maksud-nya apa ya ? Mohon bantuannya yaaa… Gbu all :slight_smile:

1 atau 2 jari ke tim musik-nya itu maksud-nya apa

Petunjuk untuk pemusiknya, WL/MC ingin:
Jari telunjuk= mulai (lagunya diulangi) dari bait 1 (pertama).
Jari telunjuk+jari tengah = ulangi mulai dari Chorus (Refrain).
Jari jari kelingking+jari manis+jari tengah = ulangi mulai dari bait (baris) terakhir.
Jari kelingking saja = ulangi hanya bait (baris) terakhir saja.
Tangan digenggam/kelima jari dilipat = Finish/selesailah bro (pujian ini berhenti/sampai di sini saja).

Shalom,

Pertama,
Yang jelas hati yang harus kamu siapin sebagai seorang Worship Leader,
Karena posisi kamu adalah sebagai pelayan Tuhan yang harus mengantarkan jemaat untuk masuk kedalam hadirat Tuhan.

Kedua doa,
Ya yang ini wajib lah ya, minta bimbingan Roh Kudus buat mimpin kamu saat jadi WL

Ketiga mental,
Why? Karena ketika pertama kali kamu melayani sebagai seorang WL pasti deg-deg an banget deh, pengalaman saya gitu. hahaha , untuk pertama wajar kamu deg-deg an, tapi jangan sampe saat kamu naik sebagai WL kamu jadi gagap ngomongnya. ini kenapa butuh persiapan mental.

Keempat suara,
Sering-sering aja nanyi sambil dengerin nada yang bener seperti apa,
ada yang dulu ga bisa nyanyi tapi sekarang bisa jadi WL hebat, ya karena dia melatih talenta itu.

Kalo ada tambahan menurut rekan lain, sialakan ditambahkan. :smiley:

Jesus Loves you.

jangan mikirin diri sendiri,sebaliknya kudu kerja sama dgn singer & pemain musik.hopefully dgn bersama-sama jd bisa saling menutupi kekurangan.

biar fokus jemaat itu ke Tuhan bukan ke kmu…
so, PD aja karena km melayani Tuhan
km diijinkan Tuhan buat berada di depan loh…
semangatt…

Betul bro…PD aja kl mmg sdh ga ada masalah dg diri kita.Biasanya suara2 yg nuduh dan merendahkan kita itu iblis yg mau membuat kacau plynan kita.