Allah adalah terang, lalu siapa yg menjadikan terang?

Kejadian 1:1

Belum ada terang, semuanya masih gelap, termasuk Roh Allah yg melayang2.

udah pernah nonton filem Matrix bro?

it might not provide any definitive answer…
but…

lets not mengkacamatakudakan our minds…

Mana jawabannya nih?

terang, kasih, benar, sabar, dll… smuanya kata sifat… dari berbagai sifat itulah manusia bisa mengenal dan percaya kepada Allah…

Emangnya ada ayat yg nulis bahwa “Terang itu diciptakan”?

Note:
“diciptakan” dalam artian “creatio ex nihilo

Terang Allah atau kemuliaan Allah bukanlah maksudnya “Terang secara Fisik or kasat mata”,…
Contohnya:Didalam hati seseorang yang ada Roh Allah/Roh Kudus-NYA, secara fisik & kasat mata kita manusia jika melihat orang tersebut, TUBUH orang tersebut tidak akan bersinar terang kayak lampu bro… :smiley:

Kembali ke pertanyaan bro dalam judul thread ini "Allah adalah terang, lalu siapa pencipta terang?
Pencipta TERANG yang manakah yg bro tanyakan? TERANG dari sumber MATAHARI atau TERANG KEMULIAAN ALLAH ??

Salam

1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang " Lalu terang itu jadi. 1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap

Bahasanya udah jelas kan? Objektif donk sm seperti Allah yg melihat terang itu secara objektif.

Mungkin pengertiannya berbeda, Eliho.

  1. “Allah adalah 'terang” —> kata “terang” disini pake tanda petik.

  2. Sedangkan “jadilah terang” —> mungkin maksudnya literal terang benderang.

Saya juga nonK, dan pertanyaan Eliho juga pernah saya ajukan … karena saya juga berpendapat bhw Allah itu bercahaya menyilaukan terangbenderang literally. Cuma blakangan saya pikir masih masuk kok kalo secara metafisik saya pendapati cahaya terangNYA tsb di bagi ke bumi :).

Anyway,

[i] Allah adalah terang, lalu [b]siapa pencipta terang[/b]?[/i]

Ya kalo baca dari ayat : Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang "
jawabannya ya : Allah … dimana terang itu dijadikan (tulisan di ayat) bukan diciptakan.

:slight_smile:
salam.

?
Allah adalah terang?
Kata siapa?
Kristen ya?

Apa sih menurut anda definisi terang itu?
Apa sih yang anda ketahui tentang apa yang dimaksud dengan ‘Allah melihat’ ?

Perjelas dong yang mau ditanyain apa

:coolsmiley:

Menurut yg saya pelajari di buku2 sekolah/kuliah, terang adalah radiasi gelombang elektromagnet yg memancar dari suatu sumber energi. Pada masa kini, terang bukan hanya dihasilkan dari matahari saja, dari bintang2 lain yg jauh lebih raksasa jg dari nebula, dari reaksi pembakaran, listrik, dan bahkan dari mahluk kecil yg disebut kunang2.

Tentunya terang yg pertama berasal dari firman Tuhan “Jadilah terang”.

Sedangkan secara harafiah, terang itu yg membuat mata jd bisa melihat, kalo gelap yah gak kelihatan, maka Tuhan melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nya terang dari gelap.

Kalo “terang” yg dimaksud kalian adalah sikap/hati, harusnya kata Tuhan melihat diganti jadi Tuhan merasakan saja.

Allah adalah Terang…

sebelum benda benda penerang di ciptakan, ALLAH ADALAH SUMBER TERANG ITU SENDIRI.

why 20 : 23 Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.
why 21 : 5 Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.

Sebentar, mas, saya masih belum ngerti pertanyaan anda.
Menurut status anda, anda percaya Tuhan, walau tidak beragama, betul?
Menurut anda, Tuhan yang anda percayai itu, apakah perlu cahaya untuk bisa melihat? Apappun definii melihat menurut anda?

:mad0261:

Apakah Anda mengartikan “Terang” dalam Kejadian 1:3 itu “diciptakan”?

1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Allah itu Roh, ayat mana di kitab Kejadian yg bilang Allah itu " terang "

1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

Jelas Allah yg menciptakan dan Allah juga yg menamainya

Lhoh, anda ini sedang mereply siapa?

:coolsmiley:

Salam saudaraku,

bagi sebagian besar orang tidak mengakui terang itu “diciptakan” (Kej 1:3) jikalau kej. 1:3 bukanlah penciptaan maka hanya ada lima hari penciptaan.

1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.

=====================

Bagi saya “Terang” itu adalah “Yesus Kristus” sebab “Terang” itulah yang menyinari hati kita

=====================================
Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

itulah hari pertama.

TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala. aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya; Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia. Tetapi siapa tidak mendapatkan aku, merugikan dirinya; semua orang yang membenci aku, mencintai maut."

Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

semoga berkenan

Betul, 'Elohim itu kegelapan; Makanya dia minta diterangin! “Jadilah Terang” :slight_smile:

Salam,

Yah INI lah contoh penafsiran SESAT dari manusia yg TIDAK MENGENAL Allah sebagai satu2nya yg BENAR!
Diatas Bro Cadangdata menulis sbb :

  1. “Allah adalah ‘terang’” —> kata “terang” disini pake tanda petik.

Maka Kalimat pertanyaan NGAWUR diatas agar menjadi Pertanyaan BENAR harus diubah redaksionalnya menjadi:
Belum ada terang, semuanya masih gelap, termasuk kecuali Roh Allah yg adalah “TERANG” melayang2.
Nih sebagai salah satu BUKTI bahwa Allah itu bukan GELAP tetapi Terang adanya: BACA ayat2 dibawah ini

1.Yohanes psl 1)
http://biblehub.com/tb/john/1.htm
5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. 10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya (SangTerang itu). 11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. 12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah (anak anak Terang), yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; (Terambil dari Yohanes psl 1) http://biblehub.com/tb/john/1.htm

2. Wahyu 21 :
http://biblehub.com/tb/revelation/21.htm
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah. 11 Kota itu penuh dengan kemuliaan Allah dan cahayanya / “Terangnya” sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal.
22 Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu. 23 Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya

Kalau masih GAK NGARTI dan GAK PERCAYA,ya di"Klik"saja itu webaddres nya diatas yg disajikan dibawah Kitab nya sebagai BUKTI bahwa itu bukan kata saya tetapi itu adalah Terang Firman Tuhan ! :afro: :angel:

Terus terang, Phi***S Terang Teruuuuusss… :smiley: