Allah orang hidup

Tetapi tentang kebangkitan orang-orang mati tidakkah kamu baca apa yang difirmankan Allah, ketika Ia bersabda:
Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub?
Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup."
(Mat 22:31-32)

Apakah makna : “Allah orang hidup”?

Bukankah Abraham, Ishak dan Yakub (Israel) telah mati?

Atau apakah itu berarti mereka itu sudah mati namun tetap hidup di hadapan Allah?

Bagaimanakah halnya dengan orang kaya dalam narasi : Lazarus dan orang kaya? (Lukas 16:19-31)

Bukankah si kaya juga sudah mati, namun mengapa dia bisa berkomunikasi dengan bapa Abraham?

Apakah hal ini tidak menunjukkan si kaya juga hidup?

Mengapa Allah tidak berkenan menjadi Allah bagi si kaya?

Hidup yang Tuhan Yesus maksudkan adalah mereka-mereka yang telah ‘lahir baru’, yang telah bangkit dari spiritual deathness, mereka-mereka yang hidup oleh iman.

"Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” (Joh 3:3)

Itulah makna “dilahirkan kembali”, dilahirkan dari kematian roh (spiritual deathness)

Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. (Joh 3:6 )

Tentang dunia manusia hidup - dunia orang mati - dunia roh orang mati dan hidup, silakan lihat dibawah ini.

http://img228.imageshack.us/img228/6316/duniahidupdanmatibp2.png

Salam

Kalau melihat dari gambar diatas, berarti setiap roh orang yang meninggal langsung ada tempatnya sendiri? :rolleye0014:, trus kenapa ada “roh-roh” bergentanyangan yah?

Itu sesungguhnya bkan roh ybs, namun merupakan iblis yang menyamar sebagai roh orang mati ybs.

Perhatikan kisah Saul dan ‘roh Samuel’ palsu.

Perhatikan juga bahwa iblis pun sanggup menyamar sebagai malaikat terang.

Maka untuk menyamar sebagai roh orang mati suatu pekejaan yang sederhana.

Iblis sanggup menjadi copycat nya seperti 100% aseli.

Perhatikan juga kisah oran kaya Lazarus : dia tidak bisa keluar dari alam maut, bagaiman dia bisa jalan-jalan di dunia manusia yg hidup?

Satu-satunya peluang adalah iblis, karena anya merekalah makluk roh yg bebas dan memiliki kuasa untuk hal itu.

Iblis belum diikat, namun mereka akan diikat pada masanya.

Bila anda atau rekan anda atau kenalan anda mengaku pernah bertemu dg roh orang mati gentanyangan : anda telah ditipu iblis :wink:

Salam

ummh Mungkin gak yah roh orang yang percaya juga dipakai iblis? maksudnya wujudnya yang dipakai.

Iya, tapi saya janggal kalau menyatakan bahwa roh Samuel dalam Perjanjian Lama itu palsu. Saya punya argumen begini :" bahwa itu adalah memang roh Samuel , namun atas seiijin Allah ". Jadi bbukan karena sekehendaknya Samuel. Ini memang kasus yang agak spesifik.
Dan sdr.moe benar, bahwa memang pada kasus yang umum, Iblis atau lebih tepat lagi adalah roh najis, yang menyamar atau mengambil rupa manusia.

Semoga bisa membantu. :afro:

Bisa sekali :afro:

Bahkan akan ada yang memakai ‘tubuh dan nama’ Mesias !

Hati2 Tuhan Yesus sdh mengingatkan hal ini 2000 th yll

Saya katakan palsu karena :

  1. Allah sendiri telah melarang hal ini sebagai kenajisan [nanti saya post mengenai hal ini di topik lain]

  2. Disana dikisahkan roh Samuel muncul dari dalam tanah.

1Sa 28:13-14 (13) Maka berbicaralah raja kepadanya: "Janganlah takut; tetapi apakah yang kaulihat?" Perempuan itu menjawab Saul: "Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi." (14) Kemudian bertanyalah ia kepada perempuan itu: "Bagaimana rupanya?" Jawabnya: "Ada seorang tua muncul, berselubungkan jubah." Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel, lalu berlututlah ia dengan mukanya sampai ke tanah dan sujud menyembah.

Sebenarnya Saul tidak melihat roh itu sendiri, sebab yg meihat hanya medium seorang diri dan memberikan gambaran roh tsb.

Namun demikian Saul mengklaim bahwa itu adalah roh Samuel.

Bandingkan dengan roh Elia dan Musa yang muncul bukan dari tanah yang menjumpai Yesus.

  1. Tidak semua ‘nubuatan’ roh Samuel palsu tergenapi : ada keturunan Saul yang selamat!
Lev 20:6-7 (6) Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah dengan bertanya kepada mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya. (7) Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

Siapapun yang berhubungan dengan roh orang yang sudah mati adalah kenajisan.

Why?

Perkaranya bukan pada orang yang telah mati tersebut orang kudus atau orang tidak kudus, namun kepada roh-roh yang menyamar sebagai roh orang mati tersebut adalah sesungguhnya iblis yaitu roh-roh kenajisan.

Betapa kudusnya seseorang hidup, bila dia bersinggungan dg arwah oran mati, maka dia bersinggungan dengan roh najis yang menyawar sbg roh orang mati tsb : inilah kenajisan.

Lev 20:7

(7) Maka kamu harus menguduskan dirimu, dan kuduslah kamu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu.

That’s it

Salam

Di jaman PB, tidak ada yang namanya arwah orang mati bergentayangan.
Itu hanya ada di film-film dan adalah penyesatan.
Sebenarnya itu adalah roh jahat yang menyamar.

Tapi, di jaman PL, arwah orang mati bisa dipanggil oleh kuasa gelap.

Kenapa begitu,
Karena kunci maut dan kerajaan maut masih dipegang oleh Iblis.

Why. 1:18
dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut

Ingat,
Iblis berkuasa atas maut karena dosa.
Demikian juga ia memiliki kunci atas maut termasuk siapapun yang berada di dalamnya.

Kis. 2:24
Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.

Rm. 5:12, 14
Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.
Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.

1Tim. 6:16
Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.

Ibr. 2:14
Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;

Jadi, Iblis berkuasa atas maut dan semua orang yang pernah berbuat dosa akan berada di dalam kuasa maut. Dengan kata lain, Iblis berkuasa atas mereka.

Nah, mengenai roh Samuel, itu memang adalah roh Samuel.
Kenapa, karena Alkitab mengatakan bahwa itu adalah Samuel.

1 Sam 28:12-16
Ketika perempuan itu melihat Samuel, berteriaklah ia dengan suara nyaring. Lalu perempuan itu berkata kepada Saul, demikian: “Mengapa engkau menipu aku? Engkau sendirilah Saul!”
Maka berbicaralah raja kepadanya: “Janganlah takut; tetapi apakah yang kaulihat?” Perempuan itu menjawab Saul: “Aku melihat sesuatu yang ilahi muncul dari dalam bumi.”
Kemudian bertanyalah ia kepada perempuan itu: “Bagaimana rupanya?” Jawabnya: “Ada seorang tua muncul, berselubungkan jubah.” Maka tahulah Saul, bahwa itulah Samuel, lalu berlututlah ia dengan mukanya sampai ke tanah dan sujud menyembah.
Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: “Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?” Kata Saul: “Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat.”
Lalu berbicaralah Samuel: "Mengapa engkau bertanya kepadaku, padahal TUHAN telah undur dari padamu dan telah menjadi musuhmu?

Alkitab menulis hitam di atas putih bahwa itu adalah Samuel. Maka kita harus percaya bahwa itu adalah Samuel dan mencari tau kenapa Samuel bisa dipanggil muncul.

Apabila itu bukan Samuel, Alkitab akan menulis :
‘berbicaralah roh itu kepada Saul.’

Sekarang bila Alkitab menulis bahwa Musa dan Elia datang berjumpa dengan Yesus ketika Yesus dimuliakan, bukankah kita percaya bahwa itu adalah Musa dan Elia?

Akan salah bila saya katakan bahwa itu sebenarnya adalah malaikat yang menyamar sebagai Musa dan Elia karena dunia orang mati sudah terpisah dari dunia orang hidup.

Alkitab tulis bahwa itu Musa dan Elia, maka kita percaya itu adalah Musa dan Elia.
Alkitab tulis bahwa itu Samuel, maka kita percaya bahwa itu adalah Samuel.

Nah, apakah nubuatan Samuel tergenapi?
Iya. Karena keturunan Saul memang mati.
Keturunan Saul yang mana aja?
Pada saat nubuat diucapkan, hal ini belum dapat diprediksi.
Karena Samuel mengatakan anak-anakmu, bukan semua anakmu.

1Sa. 31:2
Orang Filistin terus mengejar Saul dan anak-anaknya dan menewaskan Yonatan, Abinadab dan Malkisua, anak-anak Saul.

Lanjut,

1Sa. 14:49
Anak-anak lelaki Saul ialah Yonatan, Yiswi dan Malkisua. Nama kedua anaknya yang perempuan: yang tertua bernama Merab, yang termuda bernama Mikhal.

Di manakah nama Isybaal?
Kenapa ga tercantum di 1Sa 14:49?
Ternyata di sana tidak tercantum semua anak-anak Saul, melainkan yang populer saja.

Sejak kunci maut dan kerajaan maut dipegang Yesus, maka Iblis tidak lagi bisa memanggil arwah orang mati.

Nah, biar penasaran,
Kenapa Samuel muncul dari bawah, tetapi Musa dan Elia muncul dari atas???

Good idea

Namun ada satu pertanyaan yang cukup kritis menurut saya :

Bila demikian, maka roh Samuel, Musa, Elia dan nabi-nabi Allah masa PL misalnya, berada dibawah otoritas iblis.

Benarkah demikan?

Pertanyaan diatas akan gugur bila ada statement alkitab ynag menyatakan [implicit/expicit] bahwa semua roh orang mati masuk kedalam alam maut yangmerupakan teritorialnya iblis.

Sedangkan, sebelum Yesus merebut kunci ini pun , Lazarus terpisah dg orang kaya.

Salam

Namun ada satu pertanyaan yang cukup kritis menurut saya :

Bila demikian, maka roh Samuel, Musa, Elia dan nabi-nabi Allah masa PL misalnya, berada dibawah otoritas iblis.

Benarkah demikan?

Pertanyaan diatas akan gugur bila ada statement alkitab ynag menyatakan [implicit/expicit] bahwa semua roh orang mati masuk kedalam alam maut yangmerupakan teritorialnya iblis.

Sedangkan, sebelum Yesus merebut kunci ini pun , Lazarus terpisah dg orang kaya.

Salam

Saya juga menanyakan hal yang sama…

Lazarus dan orang kaya terpisah oleh jurang, tapi masih terjangkau dalam pandangan mata dan suara.

Sekarang gini,
Orang yang mati di sebelah Yesus dikatakan :

Luk. 23:43
Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Pertanyaan yang muncul,
Pada hari itu Yesus ada di mana?
Di alam maut atau di sorga?
Kalo Dia turun ke alam maut, maka kenapa hari itu juga si penjahat akan ada bersama-sama Yesus di Firdaus?
Apakah Firdaus pada saat itu masih tetanggaan dengan alam maut?
Apakah ini sebabnya Lazarus dan orang kaya masih bisa saling pandang memandang (bahkan Abraham juga ada di situ).

Trus, apakah Abraham menyangkal bahwa orang mati tidak bisa datang ke dunia orang hidup?
Menurut saya tidak. Ia hanya katakan : ‘Tidak ada gunanya sekalipun orang mati datang ke dunia orang hidup jika ia tidak meyakini kitab Taurat dan para nabi.’ (saya sederhanakan kata-katanya)

Nah, bila Iblis berkuasa atas maut, maka logikanya semua orang mati (bahkan yang tergolong nabi) pun akan berada dalam kekuasaan Iblis.

Gimana dengan Musa dan Elia?

Elia ga mati kan?
Kalo Musa?
Musa memang mati dan dikuburkan Allah.
Tapi ada kelanjutannya ternyata…

Yud 1 : 9 (NKJV)
Yet Michael the archangel, in contending with the devil, when he disputed about the body of Moses, dared not bring against him a reviling accusation, but said, “The Lord rebuke you!”

Mikhael bertengkar dengan Lucifer mengenai ‘the body of Moses’.

Body di situ diambil dari kata ‘soma’,
Bisa berarti mayat, bisa juga berarti tubuh yang masih hidup.
Bila artinya mayat, maka mayat Musa diperebutkan.
Bila artinya tubuh hidup, maka roh Musa-lah yang diperebutkan.

Kenapa harus dipertengkarkan?
Dan kemana akhirnya Musa pergi?
Bisa beberapa tafsiran sih,
Tapi pada akhirnya kita tau bahwa Musa muncul dari atas.

Well, Alkitab tidak banyak menjelaskan hal-hal semacam ini terang-terangan sehingga semua yang tertulis di sini adalah tafsiran saja.

Mohon masukan dari semua pihak…

Efek penekanan tanda baca akan memberikan hasil yang berbeda

  1. Luk. 23:43
    Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Yang pertama berarti : hari ini juga engkau dan aku akan ada di Firdaus

  1. [KJV]Luk 23:43 And Jesus said unto him Verily I say unto thee To day shalt thou be with me in paradise.

Yang kedua berarti : aku berkata kepadamu hari ini [berjatanya saat ini, bukan nanti], bahwa engkau akan [shalt be]ada di Firdaus bersama aku nanti.

Salam

Tafsiran yang kedua itu biasanya dipake ama golongan Saksi Yehowa…

Ini thread yang bagus, ada buah pemikiran yang mungkin kontroversial tapi masih bisa dipertanggung jawabkan

maka saya ijin sundul setelah tidur 7 tahun hahaha

om Siip, kira2 apa jawabannya?
jadi penasaran :rolleye0014:

Heiiii,
Kenapa nanya ke saya???

habisnya MBS sudah tak aktif lagi…
Moe juga…

padahal saya senang melihat post2 mereka :happy0062:

Topik yang menarik untuk didiskusikan. Saya berpendapat sebaliknya dan juga paham tentang pendapat yang menyatakan itu benar-benar roh Samuel. Sebab paham itulah maka saya percaya roh manusia tidak dapat dipanggil oleh dukun manapun.

σωμα [soma] artinya “tubuh”, baik tubuh yang masih hidup maupun tubuh yang sudah mati, tetapi yang dimaksudkan adalah tubuh itu sendiri, bukan yang masih hidup atau sudah jadi mayat.

Selain tubuh, ada juga roh dan nyawa (jiwa), yang ditulis Alkitab tentang manusia.

Jadi sangat tidak tepat jika anda menafsirkan “Bila artinya tubuh hidup, maka roh Musa-lah yang diperebutkan.

Dalam tafsiran lain, disebutkan tentang kebangkitan tubuh, bahwa Allah membangkitkan manusia melalui sisa tubuh jasmaninya. Karena itulah maka pada saat kamatian Kristus, banyak orang kudus bangkit dari kuburnya ditulis dalam Injil. Demikian tubuh Musa diperebutkan sebab Allah hendak membangkitkan Musa. Ini juga tafsiran. Mereka yang berpegang pada tafsiran ini melarang orang untuk kremasi sebab pengharan akan kebangkitan tubuh. Kebangkitan tubuh memang ada, tentang proses dan caranya, tidak perlu kita tahu. Itulah iman kata Roma 10:6-7.

Hmmmm…
Blog nya Moe juga sudah lama tidak aktif.
Kenapa ya?

lha nanya saya
waktu itu sya mungkin lom “lahir”

bukannya ente hopengnya?
tarohannya masih inget gak? saya saksinya tar ya ;D

MBS mnuliskan mengenai ‘perbedaan masa’.

Di masa PB (yaitu sejak kebangkitan Kristus), tidak ada roh manusia manapun yg dapat dpanggil dukun, tidak ada juga roh manusia yg gentayangan tidak jelas.

Kjadian Samuel ini ada di masa PL,
Yaitu sebelum kematian dan kebangkitan Kristus.

Pd masa PL,
Tuhan melarang praktek pemanggilan arwah dan melarang komunikasi dengan arwah.
Mngapa dilarang?
Mngapa tidak dikatakan saja ‘praktek pemanggilan roh jahat’?

IMHO, karena praktek tsb benar terjadi.

Roh-roh orang mati di jaman PL brada dalam penguasaan si jahat yg menguasai alam maut.

Ibr 2:14
Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;

Tuhan Yesus datang utk memusnahkan pekerjaan Iblis ini, termasuk penguasaan atas maut.
Maka sejak kebangkitanNya, Ia sepenuhnya memegang kunci maut dan kerajaan maut.

Nah, ini alasan sekundernya.


Alasan utama dari argumen MBS adalah:
Karena Alkitab scr hurufiah menuliskan bhw itu adalah SAMUEL.

1 Sam 28:15-16,20
Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: “Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?” Kata Saul: “Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat.”
Lalu berbicaralah Samuel: "Mengapa engkau bertanya kepadaku, padahal TUHAN telah undur dari padamu dan telah menjadi musuhmu?
Pada saat itu juga rebahlah Saul memanjang ke tanah sebab ia sangat ketakutan oleh karena perkataan Samuel itu. Juga tidak ada lagi kekuatannya, karena sehari semalam itu ia tidak makan apa-apa.

Penulis kitab 1 Samuel dalam inspirasi Roh Kudus menuliskan kpd kita bhw yg dilihat Saul adalah SAMUEL.
Jika itu bukan Samuel, maka penulis kitab 1 Samuel dengan hikmat Roh akan menulis kpd kita ‘sebuah roh yg mengaku sbg Samuel’.

Mngapa kita coba-coba mngabaikan yg hurufiah dan menafsirkannya sdemikian rupa shg jadi beda dg hurufiahnya (agar sesuai konsep yg kita yakini)?


Jika Alkitab menulis bhw yg datang kpd Yesus saat transfigurasi adalah Musa dan Elia,
Maka kita pcaya bhw itu memang benar-benar Musa (arwah Musa) dan Elia, BUKAN roh yg nyamar jd Musa atau roh yg nyamar jd Elia.

Jika Tuhan sanggup mmanggil keluar Musa (Musa adalah arwah krn ia sudah mati) dan Elia,
Mngapa Tuhan tidak bisa mmanggil keluar Samuel utk btemu Saul?

Hukum Taurat tidak berlaku utk Tuhan sendiri karena Ia tidak melarang diriNya sendiri dan di mata Tuhan itu semua arwah adalah hidup.