Antara Adat dan Cinta

Dears All

Syalom buat kita Semua…

Saya newbe td baru dapat linknya pas brosing n ketemu kebetulan saya dala masalah mohon masukan2 dari Forum Kristen Lovers semu, akan sangat membantu buat saya, yang benar2 butuh saran dan masukan.

Saya orang batak dan saya katolik dan pada suku Batak masih menjunjung tinggi adat istiadat dari leluhur.
2 tahun yang lalu saya menjalin hubungan dengan seorang dari suku Btaka dan kebetulan semarga dengan saya
kemudaian baru2ini kami memberanikan diri untuk memberitakukan kepada keluarga tentang hubungan kami sebelumnya kami telah bertanya kepada beberapa Pastor dan orang2 tua dipersekutuan Gereja. secara hukum gereja Katolik hubungan cinta kami tidak masalah dan itu sah dan masukan2 dari orang tua dalam komunitas gereja juga mendukung. (orang tuanya kebanyakan bukan orang Batak) bahkan kami juga sudah bertanya kepada Pastor yang kebetulan semarga dengan kami. pastor tersebut menanggapi dengan kalimat berikut :“Jikalau kalian sudah siap untuk hidup diluar adat istiadat dan hidup hanya dengan cara katolik silahkan saja, tapi ada konsekuensi yaitu dikucilkan dikeluarga dan suku batak”.

kemudian kami pergi ke orang tua kami, kebetulan pertama kami tuju adalah keluarga dari kekasih saya (keluarga pihak laki-laki) tetapi apa yang terjadi, keadaan menjadi kacau, timbul kebencian dari pihak keluarga laki2 kepada saya, banyak terror dari semua pihak keluarganya kesaya bahakn ke keluarga saya. mereka berusaha memisahkan kami dengan segala cara. kemudia dari pada berpisah akhirnya kami memutuskan untuk berbohong kepada keluarga, bahwa kami sudah berpisah.

tetapi ada keinginan untuk mendapatkan restu lagi dan hendak meminta izin kembali ke keluarga besar kami. walaupun itu mustahil tapi karena kami benar2 saling mencintai kami pikir kami patut mencobanya lagi.

ada rasa khawatir terlebih saya sendiri, kadang juga takut mungkin trauma kalau2 saja kejadian seperti semula bakal terjadi, atau mungkin kekhawatiran apa kami akan benar2 berpisah atau mungkin ada kemungkinan yang lain yg lebih menakutkan.
kami benar2 saling mencintai didalam kasih KRISTUS …

teman2 semua berilah aku masukan yang bijaksana.

atas masukannya saya ucappkan banyak Terimakasih dan Tuhan YESUS Memberkati

JIka seorang laki-laki menikahi seorang perempuan itu berarti laki-laki itu juga harus menerima seluruh keluarga dan kerabat dari perempuan itu dan sebaliknya jika seorang perenpuan menikahi seorang laki-laki maka perempuan itu harus mau menerima seluruh keluarga dan seluruh kerabat dari laki-laki yang dinikahinya.

Jadi sudah satu paket, tidak bisa hanya berdua saja.

Jadi sebuah perkawinan harus diterima oleh kedua pihak keluarga, tidak bisa hanya oleh satu, apalagi jika kedua pihak keluarga baik dari pihak lelaki dan perempuan tidak setuju.

Mengapa tidak boleh menikah satu marga? supaya tidak terjadi cacat bawaan pada keturunan berikutnya atau con genital. Perkawinan sedarah bisa menghasiilkan keturunan yang cacat.

Sepertinya ini double post dengan yang ini :

Antara Cinta dan Adat - Love, Dating and Relationships - ForumKristen.com :slight_smile:

Antara Adat dan Cinta?

Cinta

Siapa mendapat isteri, mendapat sesuatu yang baik, dan ia dikenan TUHAN. (Amsal 18:22)

Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. (Kejadian 2:24)

Yesus pun tidak suka orang yang dilekatkan pada adat:

Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu? (Matius 15:3)

Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri. (Markus 7:9)

kawin dengan orang yang punya hubungan sedarah itu bisa menghasilkan keturunan yang cacat…itu makanya tidak boleh kawin dengan yang semarga.

klo gw dukung kamu apabila kamu memang jadi lebih dekat kepada TUHAN setelah bersamanya,
karena aku juga mencintai ito ku sendiri ( satu marga ), tp apabila dikatakan dari segi gen saya tidak ada kendala, yang menjadi kendala kita sama yaitu orang tua dan keluarga besar, tapi jgn pernah menyerah untuk mencoba kembali.
karena aku juga telah banyak di hujat keluarga, tapi semakin aku di hujat aku semakin mencitainya dan aku semakin ingin berusaha dekat kepada TUHAN, dan kita akan menyadari mengapa TUHAN itu awalnya menciptakan hanya 2 manusia yg sepasang. krn kita hanya akan merasa kita hidup bertiga yaitu kamu dan pasanganmu dan Tuhanmu, dan anak2 adalah berkah yg diberi TUHAN karena kamu hidup bersama pasanganmu.

tapi aku mau memberi pertanyaan buat para batak mania yg tidak suka dengan kawin semarga.

manakah yg kamupilih ?
1.bukan 1 marga tetapi selalu bertengkar dan tidak bisa damai dalam rumah tangga
2.mencintai karena paksaan orang tua
3.mencintai 1 marga tapi bahagia dan hidup dalam kasih TUHAN tetapi menderita dalam segi material
4.terpaksa mencintai karena material
tolong di bantu ya.

Maksudnya satu marga? Misal Pria marga Sihombing dan wanita marga Sihombing? Kalau seperti itu bukannya di adat Batak tidak boleh? Bukannya masih ada hubungan saudara? Masuk kategori inses (incest) kan?

Wah sis, susah gimana yah. Kalo dilanjutin, itu berakibat buruk sama keturunan anda. Bukannya gimana2, dari segi genetika sis, biasanya kalo semarga itu ada ikatan darah yang sama. Kalo ikatan darah sama bisa menghasilkan keturunan yang kurang bagus. Lebih baik sis kawin sama orang luar sumatera misal Jawa gitu. Jawanya jawa tulen. Kasihan nanti kalo diteruskan anak anda menjadi kekurangan anggota tubuhnya atau lahir tidak normal.