Antara Free will manusia dan Free will TUHAN

Salam Damai Sejahtera sebelumnnya ;D

Saya agak kurang mengerti tentang hal-hal berikut:

*Keluaran 14:4 Aku akan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia mengejar mereka. Dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku, sehingga orang Mesir mengetahui, bahwa Akulah TUHAN." Lalu mereka berbuat demikian.

*Hakim Hakim 14:4 Tetapi ayahnya dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari pada TUHAN asalnya: sebab memang Simson harus mencari gara-gara terhadap orang Filistin. Karena pada masa itu orang Filistin menguasai orang Israel.

*2 Samuel 17:14 Lalu berkatalah Absalom dan setiap orang Israel: “Nasihat Husai, orang Arki itu, lebih baik dari pada nasihat Ahitofel.” Sebab TUHAN telah memutuskan, bahwa nasihat Ahitofel yang baik itu digagalkan, dengan maksud supaya TUHAN mendatangkan celaka kepada Absalom.

*Kisah Para Rasul 1:16 Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan ROH KUDUS dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap YESUS itu.

NB: Tebak sendiri dulu apa pertanyan saya ;D
Dan jangan lupa di jawab :afro:

Ini pertanyaanya
*Kenapa saya melihat semua ini sebagai pembunuhan berencana yang bermotifkan untuk kemulianNYA?
Bukan sebagai sesuatu yang akan menguntungkan semua pihak
GBU :wink:

Di ayat ini memang Tuhan tdk menghalangi Fiaraun mengejar B.Israel, spt dikatakan ayat itu : “sehingga orang Mesir mengetahui, bahwa Akulah TUHAN.” Tuhan kemudian membela B.Israel krn memang Tuhan harus memegang janji-Nya kpd Abraham (Kejadian 12).

sdh baca ayat ini? Hakim-hakim 13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."
jadi Simson memang lahir utk membela B.Israel yg ditindas oleh B. Filistin, ini juga berkenaan dgn janji-nya kpd Abraham, shg B.Israel mrpk bangsa pilihan Tuhan.

Amsalom itu adalah anak yg durhana kpd Daud ayahnya, Daud adalah org yg diurapi Tuhan dan dipilih Tuhan utk menjadi raja, jadi jelas bahwa perlindungan dan pembelaan Tuhan ada pd Daud.
Ayat itu menerangkan bahwa org yg tdk takut Tuhan akan menjadi bodoh shg tdk melihat apa yg baik, dan itu Tuhan ijinkan terjadi krn ia memang bermaksud jahat kpd ayahnya sendiri.
Hal yg sama bisa terjadi kpd siapa saja bahwa Tuhan membela semua org yg takut dan berserah kpd-Nya.

ayat itu menunjuk ke ayat Mazmur 41:10 Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku.
ayat itu bkn berarti bahwa Yudas dipilih utk binasa, tetapi Tuhan dgn ke-Maha-tahuan-Nya sdh melihat jauh kedepan bahwa seorg murid-Nya akan mengkhianati Dia. Tuhan tdk pernah menetapkan orgnya, tapi setiap org diberikan kehendak bebas utk bertindak. Yudas tergiur dgn uang yg ditawarkan, dan itu bisa saja terjadi pd siapa saja yg mengkhianati Yesus demi uang, kedudukan, kemudahan, dsb. Ada topi tt Yudas yg sdg dibahas "APAKAH YUDAS DIPILIH UTK TIDAK SELAMAT?" - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Anda melihatnya dgn kaca mata anda sbg manusia yg terbatas, coba anda renungkan kemampuan Tuhan utk dpt melihat jauh kedepan, siapa2 org yg takut kpd-nya yg hrs dilindungi, siapa org2 yg akan mengkhianati Dia.
Memang sulit utk mengerti pikiran/rancangan Tuhan, kecuali anda bisa menyerah kpd-Nya dgn iman dan mulai belajar utk megerti kepikiran Tuhan melalui Firman-Nya yg tdk mungkin salah.
Mudah2an dpt memberikan sedikit pecerahan.
GBU

@pa_ul trims ya atas pencerahannya :afro:

OK. GBU

Shalom, saya Elvador mau bertanya, apa ya maksud dari ayat ini.
*Hakim Hakim 14:4 Tetapi ayahnya dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari pada TUHAN asalnya: sebab memang Simson harus mencari gara-gara terhadap orang Filistin. Karena pada masa itu orang Filistin menguasai orang Israel.
trima kasih.
GBU[/b] :afro: :azn: :azn: :tongue: :wink: :wink: :slight_smile:

Maksud pertanyaannya apa? apa perlu ditranslate atau gimana nih? hehe

Artinya manusia berusaha tuhan yang menentukan , tapi kalau tuhan menentukan lebih dulu maka sia sia manusia berusaha

Gbu

@hanhalim2 trims atas jawabnnya :slight_smile:

coba di perjelas lebih spesifik lg bray…
terutama poin ke 2 : “…tapi kalau tuhan…” :slight_smile:

Ini pertanyaanya *Kenapa saya melihat semua ini sebagai pembunuhan berencana yang bermotifkan untuk kemulianNYA? Bukan sebagai sesuatu yang akan menguntungkan semua pihak
Pendapat ini muncul, krn kita belum mengerti tentang apa sebenarnya yg Allah mau ajarkan dg firmanNya itu. FirmanNya diberikan unt kita tahu bahwa berkat yg Allah berikan itu titik beratnya pada berkat rohani, yaitu hidup dari mati (manusia telah menjadi mati secara rohani setelah memberontak sbb ada ancamannya Kej2:17). Bila hidup manusia diberkati seperti apapun indahnya menjadi tdk berarti sama sekali bila berkat rohani itu (dihidupkan dr mati ) tdk Allah anugerahkan, sbb ketika ajal menjemput tdklah mungkin manusia bersama dg Allah di kekekalan. Lalau siapakah yg akan dihidupkanNya itu?: Di Alkitab jelas dikatakan adl hanya milikNya : Ef1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Yoh1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah

Jadi si Y yg menjadi milikNya ( lahir dr Allah ) adl bayi domba dan bayi ini haruslah diprosesNya shg menjadi domba dewasa ( selamat/menang, ketika masih bayi domba=belum dinyatakan menang Gal4:1-4, Mzm51:7), unt itu Y butuh unt melihat, mengalami, belajar dan semua itu Allah sendiri yg melakukannya di dlm suatu proses (spt Simson, bgs Isrl dll).
Kemudian apakah bgs Mesir(kiasan) yg direpresentasikan oleh Firaun adl X ( kambing2 yg dilahirkan sbg bayi kambing= org2 yg niscaya binasa)?, jawabnya adl ya.
X ini pasti jadi kambing, mau apapun yg dia lakukan selama ada didunia ini , jd mau dikeraskan atau tdk , tdk ada pengaruhnya.

Kel11:4 Berkatalah Musa: "Beginilah firman TUHAN: Pada waktu tengah malam Aku akan berjalan dari tengah-tengah Mesir.
11:5 Maka tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir akan mati, dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak sulung budak perempuan yang menghadapi batu kilangan, juga segala anak sulung hewan.
11:6 Dan seruan yang hebat akan terjadi di seluruh tanah Mesir, seperti yang belum pernah terjadi dan seperti yang tidak akan ada lagi.
11:7 Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjing pun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel.
Semoga ini cukup menjawabnya .Gby