Antikris dan roh antikris

Antikris dan roh antikris, siapakah itu ?

Dari diskusi dengan Bro Ibmagi di topik: Satu masa, dua masa dan setengah masa, ada penjelasan Ibmagi sbb:
saya sendiri sihhh masih menjadikan masukan sambil mengikuti bukti2 kejadian di dunia… memang kecenderungan kearah sana semakin dekat yaitu ke benua eropa+amerika yg merupakan binatang yg disebut di wahyu… tinggal 1 momen yang akan menguatkan ke arah vatikan…

Kelihatannya ada beberapa rekan Kristen yang menganggap Antikris adalah Paus (Bapa Gereja) yang ada di Vatikan, benarkah itu ???

Nanti saya akan membahasnya berdasarkan Alkitab, siapa sebenarnya Antikris dan roh antikris itu ???

Silakan teman Katolik memberikan juga pendapatnya, menurut Katolik: siapakah Antikris itu dan siapakah roh antikris itu ?

Bro Ibmagi mengatakan:
Waduhhhh ternyata dari perkiraan saya ada yang salahhh … mengenai 1260 tahunnya sih benar cuma start penghitungannya yg salah… baru aja baca site tentang akhir zaman … nah ini lebih bisa dipahami menurut saya… bagai mana menurut anda…??

Linknya:
http://www.akhirzaman.org/index.php/artikel/1707-sebuah-tatanan-dunia-baru-hampir-terbentuk-sudah-siapkah-anda-bagian-kesatu

Dari link yang disampaikan, kecenderungan pendapat adalah Vatikan, benarkah ???

Mari kita mempelajari Alkitab, AntiKris dan roh antikris, siapakah itu ?

kalo antikris kemungkinan besar bukan Paus… ga tau kalo nabi palsu deh… :ashamed0004:
kalo roh antikris ada ayatnya fren… :happy0062:
Wahyu 16:13-14 Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak. Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa.

Thanks Bro Don Silver atas responsenya, menurut anda siapakah antikris ? dan siapah roh antikris ?

Sudah dapat dikenalikah atau masih menunggu masa yang akan datang ?

Kalau anda Katolik, minta tolong pendapat Gereja Katolik, siapakah antikris dan roh antikris ?

1 Yohanes 2:18-27
ANTIKRISTUS
18Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
19Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
20Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.
21Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.
22Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
23Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.
24Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.
25Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.
26Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu.
27Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

1 Yohanes 4:1-6
ROH ELOHIM dan roh antikristus
1Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Elohim; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

2Demikianlah kita mengenal Roh Elohim: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Elohim,
3dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Elohim. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
4Kamu berasal dari Elohim, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
5Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
6Kami berasal dari Elohim: barangsiapa mengenal Elohim, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Elohim, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.

Itu diatas adalah ayat-ayat tentang Antikristus dan roh antikristus.
Bagaimana sudah bisa menangkap maksudnya ???

Untuk menguji Antikristus atau bukan, dibawah ini adalah pertanyaan diagnostiknya:

  1. Seorang Antikris akan datang, berarti tokoh yang terkenal, siapakah dia ?
  2. Berasal dari lingkungan kristen, tetapi sesungguhnya dia bukan kristen, dan tidak sejalan dengan kekristenan, siapakah dia ?
  3. Bukankah dia menyangkal Yesus sebagai Kristus, siapakah pendusta itu ?
  4. Bukankah dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak, siapakah dia ?

Untuk menguji roh antikristus atau bukan, dibawah ini pertanyaan diagnostiknya:

  1. Apakah roh tersebut mengaku Yesus sebagai Kristus ?
  2. Apakah roh tersebut mengajarkan hal-hal yang duniawi ?
  3. Apakah roh tersebut menyesatkan ?
  4. Apakah roh tersebut mengajarkan kasih dan keadilan berjalan bersama, namun kasih lah yang terbesar ?

Saya sampaikan definisi Kristus menurut Kamus Alkitab LAI.
Kristus: Terjemahan Yunani dari kata Ibrani Masyiakh atau Mesias (Almasih), artinya “yang diurapi oleh Tuhan”. Yesus disebut Kristus karena Dialah yang dipilih Elohim menjadi Penyelamat dan Tuhan. Akhirnya Kristus juga menjadi nama diri untuk Yesus.

Dari pertanyaan diagnostik tersebut diatas, mari kita uji apakah nama dibawah ini adalah Antikristus dan/atau roh antikristus:

  1. Paus/Bapa Gereja Katolik ?
  2. Budha Maitreya ?
  3. Mr. M yang berasal dari Arab ?
  4. Lie Hong Che (Tokoh Fallun Gong)

Gak usah bingung, lakukan Hukum Cinta Kasih dalam Iman akan KRISTUS TUHAN, maka kamu akan selamat :slight_smile:

Bro Yopi, thanks responsenya.

Menurut anda mungkinkah Paus/Bapa Gereja di masa mendatang menyangkal Yesus adalah Kristus ?
Apakah mungkin dikemudian hari Vatikan, menyangkal Bapa maupun Anak ?
Mungkinkah di Vatikan muncul roh penyesat ?

Mohon pendapatnya Bro dari anda yang mengenal Katolik lebih dalam.

:smiley:

Thanks Bro Yopi penjelasannya, bisakah diambil kesimpulan bahwa Paus yang lampau, sekarang dan yang akan datang bukanlah seorang antikristus ?

Kalau begitu menurut pendapat Katolik, siapakah seorang antikristus itu ?

Menyangkal baik BAPA maupun ANAK

Berarti Paus/Bapa Gereja yang dulu, sekarang, yang akan datang bisa dikesampingkan menjadi seorang antikristus.

Kita lanjutkan Budha Maitreya, Lie Hong Che (Tokoh Fallun Gong), Mr. M dari Arab.

Untuk menguji Antikristus atau bukan, dibawah ini adalah pertanyaan diagnostiknya:

  1. Seorang Antikris akan datang, berarti tokoh yang terkenal, siapakah dia ?
  2. Berasal dari lingkungan Kristen, tetapi sesungguhnya dia bukan Kristen, dan tidak sejalan dengan Kekristenan, siapakah dia ?
  3. Bukankah dia menyangkal YESUS sebagai KRISTUS, siapakah pendusta itu ?
  4. Bukankah dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak, siapakah dia ?

Budha Maitreya, Lie Hong Che (tokoh Falun Gong) bukan berasal dari lingkungan Kristen, berarti bukan seorang antikristus.

Jadi tinggal Mr. M dari Arab; benarkah Mr. M seorang antikristus ?
Nantikan sambungannya…

Hi Hi Hi…

Meski teman Muslim menolak ke-Tuhanan/ ke-Allahan YESUS KRISTUS
Al-Qur’an mengakui [b]Isa adalah Almasih (KRISTUS), jadi “Anti-KRISTUS” bukan kalangan Islam

Thanks bro Sarapan pagi atas responsenya.

Mari kita uji Mr. M dari Arab ini dengan pertanyaan diagnostik !

Untuk menguji Antikristus atau bukan, dibawah ini adalah pertanyaan diagnostiknya:

  1. Seorang Antikris akan datang, berarti tokoh yang terkenal, siapakah dia ?
  2. Berasal dari lingkungan Kristen, tetapi sesungguhnya dia bukan Kristen, dan tidak sejalan dengan Kekristenan, siapakah dia ?
  3. Bukankah dia menyangkal YESUS sebagai KRISTUS, siapakah pendusta itu ?
  4. Bukankah dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak, siapakah dia ?

Pertanyaan No. 1

  1. Seorang Antikris akan datang, berarti tokoh yang terkenal, siapakah dia ?
    Mr. M adalah tokoh terkenal didunia, dia muncul sekitar abad ke-7; berarti beberapa abad sejak nubuatan dalam kitab 1 Yohanes 2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
    Berarti pertanyaan diagnostik no. 1 dengan Mr. M dari Arab : MATCH.

Pertanyaan No. 2
2. Berasal dari lingkungan Kristen, tetapi sesungguhnya dia bukan Kristen, dan tidak sejalan dengan Kekristenan, siapakah dia ?
1 Yohanes 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Mr. M dari Arab mendapat pelajaran agama Nasrani & Yahudi dari paman istrinya yaitu Waraqah dimana pamannya adalah pedagang dan mendapat ajaran nasrani (berasal dari lingkungan Kristen, tetapi sesungguhnya dia bukan Kristen).
Perhatikan kitab yang dituliskan berdasarkan penuturan Mr. M, ada pengakuan terhadap Alkitab, Injil, Taurat, Zabur, juga nabi-nabi Israel bahkan Isa binti Maryam yang diperkuat dengan Ruh ulqudus.

Apakah Mr. M dan ajarannya termasuk pada kita ? Dan apakah sejalan dengan ajaran kita ? Jawabnya: TIDAK. Bahkan menentang Kekristenan dan ada perintah berjihad di medan perang membunuh Yahudi dan Nasrani serta siapapun yang tidak mau mengakui tuhannya sebagai sesembahan Nasrani dan Yahudi.

Berarti pertanyaan diagnostik ke 2 dengan Mr. M adalah Match.

Pertanyaan diagnostik no. 3, wait moment please …

Pertanyaan No. 3
3. Bukankah dia menyangkal YESUS sebagai KRISTUS, siapakah pendusta itu ?
1 Yohanes 2:22a Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa YESUS adalah KRISTUS? Dia itu adalah antikristus

Mari kita lihat definisi KRISTUS, apakah arti KRISTUS itu ?
Saya sampaikan definisi KRISTUS menurut Kamus Alkitab LAI.
KRISTUS: Terjemahan Yunani dari kata Ibrani Masyiakh atau Mesias (Almasih), artinya “yang diurapi oleh Tuhan”. YESUS disebut KRISTUS karena Dialah yang dipilih ELOHIM menjadi Penyelamat dan Tuhan. Akhirnya KRISTUS juga menjadi nama diri untuk YESUS.

Apakah Mr M. tidak menyangkal YESUS sebagai KRISTUS ? Apakah Mr. M. dapat menerima YESUS sebagai Penyelamatnya dan sebagai Tuhannya ? Anda pasti tahu jawabannya !

Dan siapakah pendusta itu ? LIhat ajarannya mengakui YESUS/Isa adalah Almasih/KRISTUS tetapi menolak ke-Tuhanan/ke-Elohiman YESUS ? Padahal definisi KRISTUS adalah sebagai penyelamat/penebus dosanya dan sebagai Elohimnya.
Disatu sisi statementnya: Isa/YESUS adalah Almasih/KRISTUS tetapi disisi lain statementnya bahwa YESUS/Isa bukanlah Tuhan dan bukan penyelamat. Jadi siapakah pendusta itu.

Berarti pertanyaan diagnostik ke-3 dengan Mr M adalah : MATCH.

Selanjutnya kita uji Mr. M ini dengan pertanyaan diagnostik ke-4.

  1. Bukankah dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak, siapakah dia ?
    1 Yohanes 2:22b Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
    1 Yohanes 2:23 Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.

Ajarannya mengatakan bahwa Allah itu tidak beranak dan tidak diperanakkan; juga ajarannya menolak konsep Trinitas/Tritunggal.

Ajarannya: Siapakah nama Tuhannya : ALLAH.
Ajaran Kekristenan: Dalam konsep Trinitas: Siapakah nama Bapa ? YHWH.; Siapakah nama Anak? YESUS (Yahshua).

Apakah Mr. M dapat menerima YHWH dan YESUS dalam konteks Bapa dan Anak ? Jawab : TIDAK

Berarti pertanyaan diagnostik No. 4 dengan Mr. M adalah: MATCH

Sampai uji pertanyaan diagnostik ke-4 ini adakah teman-teman Kristen/Katolik yang ingin menyanggah hipotesis ini ???

Mari kita uji lagi Mr. M dengan pernyataan dari 1 Yohanes 2:25.

1 Yohanes 2:25 Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.

Apakah ajaran Mr. M menyatakan bahwa pengikutnya bahkan dirinya sendiri pasti selamat masuk sorga dan menerima hidup yang kekal ? Silakan anda jawab sendiri.
Setahu saya jawabannya adalah mudah-mudahan/insya allah, berarti jaminan masuk sorga dan hidup yang kekal belum pasti.

Nah silakan menilai sendiri dan silakan kalau ingin menyanggah berikut ayat alkitabnya.

Selanjutnya, saya akan menjelaskan siapakah roh antikristus itu ?

Syalom

wah penjelasan yg bagus sekali :afro: :afro: :afro:
Lanjut gan :afro: :afro: :afro:

TUHAN Memberkati :angel:

Nats Alkitab yang menjelaskan tentang roh antikristus adalah sbb:
1 Yohanes 4:1-6
ROH ELOHIM dan roh antikristus
1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari ELOHIM; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
2 Demikianlah kita mengenal Roh ELOHIM: setiap roh yang mengaku, bahwa YESUS KRISTUS telah datang sebagai manusia, berasal dari ELOHIM,
3 dan setiap roh, yang tidak mengaku YESUS, tidak berasal dari ELOHIM. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
4 Kamu berasal dari ELOHIM, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
6 Kami berasal dari ELOHIM: barangsiapa mengenal ELOHIM, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari ELOHIM, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.

Roh antikristus dan seorang antikristus adalah adanya suatu hubungan yang erat, roh antikristus adalah berbentuk roh sedangkan seorang antikristus adalah berwujud manusia dan mempunyai daging.

Mari kita telaah.
Seorang antikristus berdasarkan pertanyaan diagnostik sebelumnya adalah Mr. M dari Arab dan tentunya roh antikristus pasti ada hubungannya dengan Mr. M ini.

Sejarah ajarannya menceritakan bahwa Mr M. ini dalam mendapat pewahyuannya bertapa di Gua Hira dan ditemui oleh Malaikat Jibril, dan pewahyuan ajarannya diberikan oleh Malaikat Jibril.

Siapakah Malaikat Jibril ini ? Apakah dia adalah Malaikat Gabriel seperti yang tercantum dalam Alkitab kita ?
Kalau Malaikat Jibril = Malaikat Gabriel, mengapakah mewahyukan pengajaran yang berbeda ?

Apakah malaikat Jibril ini adalah roh antikristus ?

Wait a moment please…

Adakah hubungan malaikat Jibril dengan roh ?
Henokh 15:4 Dan meskipun kalian suci (awalnya), roh, hidup abadi, kalian telah mencemari diri kalian sendiri dengan darah wanita-wanita, dan telah menghasilkan (anak-anak) dengan darah dari daging, dan, seperti anak-anak manusia telah bernafsu akan daging dan darah seperti mereka yang akan mati dan lenyap.

Dari penjelasan Henokh didapat penjelasan bahwa malaikat itu adalah roh.

Saya mengajukan hipotesis bahwa roh antikristus adalah malaikat yang bernama Gadreel atau Gadriel atau Gidrael atau Jidril.

Siapakah Gadreel, Gadriel, Gidrael, atau Jidril itu ?
Kitab Henokh menjelaskan dalam Henokh 69:6-8
6 Dan yang ketiga adalah Gadreel: dialah yang menunjukkan kepada anak-anak manusia segala pukulan maut, dan ia menyesatkan Eve (Hawa), dan menunjukkan [senjata kematian kepada anak-anak manusia] perisai dan baju zirah, dan pedang untuk bertempur, dan segala senjata
7 maut kepada anak-anak manusia. Dan dari tangannya mereka telah pergi melawan mereka yang tinggal
8 diatas bumi sejak hari itu dan selamanya. Dan yang keempat adalah …

Menurut hipotesis saya, Mr. M salah mendengar atau pengikutnya yang salah mencatat dari penuturan Mr. M ini bahwa malaikat yang mewahyukan ajarannya kepada Mr. M adalah Jidril (Gadreel) bukanlah Jibril (Gabriel).

Perhatikan bahwa malaikat Gadreel inilah yang telah menghasut Hawa untuk memakan buah pengetahuan baik & jahat di Taman Eden, dan malakat Gadreel inilah yang mengajarkan manusia untuk berperang, bertempur dan membunuh sesamanya manusia.

Kita lihat ajaran Mr. M ini apakah dia mengajarkan untuk berperang, bertempur, berjihad bila tidak sepaham dengan ajarannya ? Silakan anda menilai sendiri.

Kalau saya tidak salah denger di TV, saya denger sekilas karena saya sedang baca di FK, bahwa kitab Mr.M ini jumlah ayatnya ada 666 apa betul ?

Tuhan Yesus memberkati
Han