Antikris

Hanya empat ayat dalam Alkitab yang merujuk “antikristus”, dengan nama itu orang harus bertanya mengapa hanya rasul Yohanes yang menyebut dia. Kitab-kitab Yohanes ditulis sekitar tahun 100 M. Rasul-rasul yang lain sudah menjadi martir dan hanya Yohanes yang masih hidup. Pada waktu itu banyak penyesatan yang telah masuk ke dalam gereja.

Surat Yohanes ditulis dengan tujuan utama untuk memberantas penyesatan itu. Misalnya, Yohanes 1:1-18 secara langsung pandangan Gnostik mengenai hakekat YESUS sementara bagian yang lain dari Injil Yohanes secara mentah-mentah menyatakan keilahian YESUS dan kesatuan-Nya Allah Bapa. Keempat ayat dalam 1 dan 2 Yohanes yang merujuk kepada antikristus ditulis untuk tujuan yang sama: untuk memberantas pandangan sesat itu. Frasa “telah kamu dengar” menunjukkan bahwa ide mengenai suatu karakter super jahat yang akan datang, yang disebut “Antikristus” itu, telah ada dalam Gereja.

1 Yohanes 2:18, “Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.”
1 Yohanes 2:22, "Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa YESUS adalah KRISTUS? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.”
1 Yohanes 4:3, "dan setiap roh, yang tidak mengaku YESUS, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.”
2 Yohanes 7, "Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa YESUS KRISTUS datang sebagai manusia. Itu adalah SI penyesat dan antikristus.”

Roh Antikristus telah ada pada zaman Yohanes dan ia tidak menyebutkan roh lain yang akan datang. Yohanes berkata bahwa gereja telah “mendengar” antikristus akan datang, namun kemudian juga mendengar penyesatan yang lain bahwa YESUS tidak datang sebagai manusia, yang diluruskannya dalam 1 Yohanes 4:1-3. Ide abad pertama mengenai kedatangan antikristus hanyalah penyesatan lain yang dimaksudkan oleh Yohanes.

2 Tesalonika 2 kita membaca mengenai seorang “manusia [durhaka]” yang “duduk di Bait Allah, menyatakan diri sebagai Allah.” Banyak orang yang percaya bahwa “manusia” itulah “SI Antikristus” dan sudah pasti ia menentang Tuhan, namun apakah ia adalah Antikristus yang dipercaya secara popular itu? Mari kita lihat Bait Allah itu. Bait di Yerusalem telah dihancurkan oleh bangsa Roma tahun 70 M. Banyak orang percaya bahwa 1 Tesalonika ditulis sebelum penghancuran itu, namun Alkitab menunjukkan lain.
1 Tesalonika 2:16 " karena mereka mau menghalang-halangi kami memberitakan firman kepada bangsa-bangsa lain untuk keselamatan mereka. Demikianlah mereka terus-menerus menambah dosa mereka sampai genap jumlahnya dan sekarang murka telah menimpa mereka sepenuh-penuhnya.” Lihatlah tense (bentuk waktu) dari kata kerjanya – past tense (bentuk lampau), jadi terhadap ‘murka” yang manakah yang Paulus bisa rujuk jika itu bukan kejatuhan Yerusalem? Konsekwensinya, Paulus menulis 2 Tesalonika sesudah kehancuran Bait itu. Sekarang marilah kita melihat dimanakah Bait Allah terletak sesudah bait fisik di Yerusalem dihancurkan:

1 Korintus 3:16 "Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?”
2 Korintus 6:16 "Apakah hubungan bait Allah dengan berhala? Karena kita adalah bait dari Allah yang hidup menurut firman Allah ini: "Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka, dan mereka akan menjadi umat-Ku.”
Efesus 2:21,22 " Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.”

Begitu kita mengetahui dimana bait suci itu berada, kita bisa memandang 2 Tesalonika 2 dalam terang yang baru.

2 Tesalonika 2:3-6 “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu? Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.”

Sekarang kita mengerti dimanakah bait suci Allah selama Era Kristen, “dia” ini yang mengambil kedudukan di hati manusia jelas sama sekali bukan seorang manusia, melainkan suatu roh, “roh antikristus” yang sama yang disebutkan dalam 1 dan 2 Yohanes, dan siapa lagikah manusia durhaka itu jika bukan Iblis?

Mat 24:15 "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel — para pembaca hendaklah memperhatikannya —
Mrk 13:14 "Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatutnya — para pembaca hendaklah memperhatikannya — maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.

Dan 9 : 27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

1 Kor. 3:16Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu.

2 Tes. 2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah.
Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Alkitab menubuatkan bahwa pada akhir zaman, orang-orang Yahudi akan membangun Bait Allah, lain, yang ketiga, Bait Allah ini mengacu sebagai Bait Allah masa kesusahan.

Mari kita selidiki ayat diatas mengenai perbedaanya.

Kita langsung saja, perbedaanya kata “bait Allah” dalam 1Kor. 3:16 dengan “Bait Allah” dalam 2 Tes.2:4, perhatikan huruf awalan “b” kecil dengan “B” besar…

Dihari-hari terakhir antikristus akan mengambil alih YERUSALEM, dia akan duduk di tempat Allah di tempat Mahakudus di Bait Allah menyatakan kepada dunia bahwa dia adalah Allah. Lima pasal kunci di Alkitab dibawa ini.

  1. Dan. 9:27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu.

  2. Dan. 12:11 Sejak dihentikan korban sehari-hari dan ditegakkan dewa-dewa kekejian yang membinasakan itu ada seribu dua ratus dan sembilan puluh hari.

  3. Matius 24:15"Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel–para pembaca hendaklah memperhatikannya–24:16maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.

  4. 2 Tes. 2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah

  5. Wahyu 11:1-2 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: “Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya. Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya.”

Mat. 24 : 15 bait Allah adalah benar bait Allah secara phisik akan sedang di bangun di bekas reruntuhan bait suci Salomo.

5. Wahyu 11:1-2 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya. Tetapi [u][b]kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar,[/b][/u] janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

ini adalah bukan arti hurufiah, tetapi adalah mengenai “gereja Tuhan” apakah berada di “halaman” atau dalam “bait suci” - bait suci terdiri : ruang suci dan ruang maha suci. halaman berada di luar bait suci.

bila berada di “halaman” mereka ini yang akan mengalami siksaan antikris selama 42 bulan lamanya.
kalau yang berada di “bait suci” - mereka ini akan terangkat ketika antikris berkuasa.

Antikristus, dalam pengertian bebas arti kata Antikristus bahasa Yunani adalah tandingan atau penentang Kristus, bukan alergi dengan Kristen atau pembenci Kristen artinya.

Antikristus adalah Istilah yang dipakai Yohanes, Markus dan Matius menggunakan istilah Mesias Palsu. Mengapa lebih populer sebab Yohanes menuliskan kitab Wahyu.

Antikristus atau Mesias Palsu adalah sosok yang menjadi tandingan dari Mesias atau Kristus. Menjadi penentangNya, menjadi lawan tandingNya.

Didalam Alkitab istilah Antikristus menunjuk kepada tiga hal, pertama adalah orang banyak yang memposisikan dirinya sebagai oposisi Kristus (bukan Kristen), kedua adalah seseorang yang menjadi Mesias Palsu dan ketiga adalah roh antikristus yang akan menandingi Roh Kristus.

Hengkycandra menuliskan tentang roh antikristus, yang menjadi sama seperti Roh Kudus yang memeteraikan roh manusia menjadi milik kepunyaan dan yang membuat manusia terdorong untuk melakukan kehendak roh tersebut.

jannet dan scout menuliskan tentang Antikristus yang kelak akan muncul sebagai sosok manusia yang akan mengaku dirinya sebagai Mesias (Al-Masih) dan akan memimpin dunia dalam perubahan besar selama 7 tahun. Setengah waktunya terakhir adalah saat dimana aniaya besar itu terjadi dimana pengikut Kristus akan dibinasakan sampai nol dari milyaran umat Allah.

Jangan lupa antikristus-antikristus lainnya sebagai sosok ketiga masih ada didunia ini dan sering kita abaikan, ia ada disekeliling kita, mereka menganiaya umat Allah, mereka menjauhkan kita dari kasih karunia Kristus dan menarik kita kedalam jalan lain sebagai tandingan jalan Kristus. Demikian diingatkan oleh Yohanes dalam suratnya pertama pasal dua ayat delapan belas.

mengenai antikris :

  • adalah orang yang anti kepada KRISTUS DAN PENGIKUT PENGIKUTNYA
  • adalah kaki tangan iblis. iblislah bapa dari semua yang anti dan benci kepada KRISTUS.

antikris adalah oknum
= dulu membunuh KRISTUS → judas
= sekarang mau membunuh dan membinasakan TUBUH KRISTUS
Usaha ini akan mencapai puncaknya pada 3,5 tahun sebelum pengangkatan, naum gagal. tubuh KRISTUS ikut terangkat.
tetapi semua yang sisa tertinggal, ditangkap, dianiaya dan dibunuh oleh antikris yang berkuasa pada waktu itu, yaitu antikris yang sesungguhnya. memerintah seluruh dunia

Bro. Scout…

Terus terang Alkitab terjemahan LAI kurang jelas menterjemahkan beberapa bagian kitab suci. Bahkan beberapa point telah tidak tepat diterjemahkan. Semua kalangan Kristen, khususnya yang konservatif mengakui Alkitab versi King james marupakan terjemahan yang paling mendekati aslinya, dibanding terjemahan-terjemahan yang lain. Termasuk dalam bagian “bait Allah” atau “Bait Allah”.

Bila kita mencheck ke dalam versi King James, kedua frase dalam Korintus dan Tesalonika diatas menggunakan kata yang sama, yaitu “naos” dan tentu mereka memiliki makna yang sama.

Mari kita simak:

1Co 3:16 Know ye not that ye are the temple of God, and that the Spirit of God dwelleth in you?
1Co 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

Kata “bait” berdasar kamus Strong: G3485 ναός naos nah-os’
From a primary word ναίω naiō (to dwell); a fane, shrine, temple: - shrine, temple. Compare G2411.

sedangkan…

2Th 2:4 Who opposeth and exalteth himself above all that is called God, or that is worshipped; so that he as God sitteth in the temple of God, shewing himself that he is God.
2Th 2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Kata “bait” berdasar kamus Strong: G3485 ναός naos nah-os’
From a primary word ναίω naiō (to dwell); a fane, shrine, temple: - shrine, temple. Compare G2411.

Kata “bait” dalam dua ayat tersebut memiliki definisi yang sama dan ditulis oleh penulis yang sama. Artinya jika rasul Paulus memaksudkan bait dalam 1 Kor 3:16 sebagai bait rohani yaitu gereja Tuhan, maka ia juga memaksudkan tulisannya dalam 2 Tes 2:4, yaitu “bait suci” juga sebagai bait suci rohani/gereja. Oleh sebab itu kita harus memperhatikan konteks dan latar belakangnya baik-baik.

Saya tidak dapat memahami mengapa LAI membedakan “bait” dengan “b” dan “B”. Bahkan LAI menerjemahkan “temple” dalam King james version dengan bait suci, bait Allah dan rumah Allah. Namun jika kita ingin lebih obyektif, kita harus mengembalikan acuan penafsiran kepada versi King James. Di dalam terjemahan King James, Kedua kata “bait” tidak memiliki perbedaan arti / definisi sama sekali. Sehingga terlalu berlebihan jika kita menafsirkan kedua “bait” ini sebagai hal yang benar-benar berbeda. Kedua kata “bait” ini haruslah memiliki makna yang sama, yaitu gereja Tuhan. Well, di dalam Perjanjian Baru definisi “bait suci” adalah gereja Tuhan/tubuh Kristus dan di dalam perjanjian lama adalah bait suci fisik di Yerusalem.

Bukankah terlalu berlebihan jika kita menafsirkan kata “bait suci” di dalam perjanjian lama sebagai bait suci rohani/gereja Tuhan padahal dalam konteks perjanjian lama memaksudkannya sebagai bait suci fisik di Yerusalem? Dan bukankah tidak tepat jika kita menafsirkan bait suci di perjanjian baru sebagai bait suci fisik di Yerusalem sedangkan perjanjian baru memaksudkannya sebagai bait suci rohani / gereja ?

Kata “bait suci” harus ditafsirkan sesuai konteksnya. Jika di Perjanjian baru kematian Kristus telah menggenapi tuntutan-tuntutan hukum Taurat atas orang percaya, sehingga praktis makna “bait suci” dalam perjanjian baru telah berubah sama sekali. Meskipun demikian, jika kita membahas bait suci di perjanjian lama, kita pasti tahu bahwa hal itu memiliki penggenapan atau penafsiran yang ganda. Penafsiran pertama yaitu sebagai konteks waktu pada saat itu yang harus dimengerti dan diterima sebagai bait suci fisik di Yerusalem. Lalu penafsiran kedua adalah konteks masa Perjanjian Baru kata “bait suci” bermakna gereja Tuhan (kecuali tentu saja Perjanjian Lama hanyalah pola / gambaran / bayangan dari apa yang sesungguhnya akan terjadi di perjanjian baru. Dan Perjanjian baru merupakan perluasan dari pola / gambaran tersebut.

Bro. Scout kembali mengatakan:

Dihari-hari terakhir antikristus akan mengambil alih YERUSALEM, dia akan duduk di tempat Allah di tempat Mahakudus di Bait Allah menyatakan kepada dunia bahwa dia adalah Allah. Lima pasal kunci di Alkitab dibawa ini.

Maaf, pernyataan Sdr tidak sejalan dengan Alkitab. Masihkah kita tetap akan memahami “bait suci” yang jelas-jelas dinyatakan rasul Paulus di dalam Korintus dan Tesalonika sebagai bait suci harfiah / fisik sedangkan Alkitab king james menyatakan sebagai bait suci rohani / gereja Tuhan ? Sekalipun dalam teks Alkitab LAI kata “bait” menggunakan huruf “B” maka tetap saja mereka sesungguhnya mempunyai makna yang sama, yaitu bait suci rohani / gereja.

Namun untuk sementara biarlah kita anggap saja bait suci yang dimaksud rasul Paulus adalah bait suci fisik yang ke 3 di Yerusalem - sesuai pernyataan Sdr. Scout. Lalu Antikris akan mengambil alih Yerusalem, duduk di bait suci dan menyatakan diri sebagai Allah?? Wah…wah…wah…Tahukah Sdr bahwa di akhir zaman seperti ini penyesatan yang paling hebat bukanlah mengenai sesuatu yang bersifat fisik?? Namun sesuatu yang lebih bersifat rohani dan tidak kelihatan.

Jikalau “sang antikris” rekaan Sdr ini benar-benar menyatakan diri sebagai Allah di Yerusalem, maka pasti tidak akan ada yang mau menyembahnya karena itu akan terlihat konyol. Apakah ada manusia yang mau menyembah “orang” yang secara terang-terangan menyatakan dirinya sebagai Allah - artinya Tuhan pencipta langit dan bumi ? Sebaliknya, menganggapnya gila dan sinting malah iya !

Dan bukankah Yesus selama 3,5 tahun melayani di bumi tidak pernah secara terang-terangan atau eksplisit menyatakan bahwa Dia-lah Tuhan yang harus disembah? Namun dari Injil, kita mengetahui secara jelas bahwa jika Ia menyamakan diri-Nya dengan BAPA dan Ia menyatakan diriNya sanggup mengampuni dosa manusia, maka hal ini (secara implisit) sama dengan Ia menyatakan diri sebagai Allah atau sama dengan Allah. Tak heran para ahli taurat dan orang farisi demikian ingin membunuh-Nya karena di dalam pandangan mereka,
Yesus adalah suatu kesesatan yang luar biasa! Yesus memanggil Allah sebagai Bapa-Nya saja merupakan penghujatan yang luar biasa di mata ahli agama Yahudi. Apalagi Yesus menyatakan berkuasa mengampuni dosa. WOW… Namun Yesus pun tidak pernah menuntut penyembahan dari manusia karena Ia tahu bahwa Ia harus bersabar menantikan saatnya dimuliakan oleh Bapa.

Yesus tidak pernah menyombongkan / meninggikan diri-Nya sendiri sebagai Allah sebelum melewati jalan Salib yang direncanakan Bapa-Nya. Setelah bangkit dari kematian dan naik ke Surga, Ia duduk di sebelah kanan Allah, Ia “disahkan”, “diumumkan” dan “ditinggikan” oleh Allah Bapa bahwa Yesus, Anak-Nya, adalah Raja diatas segala raja dan Tuhan diatas segala Tuhan, Juru selamat manusia.

Sebagai contoh lain, apakah frase “duduk di sebelah kanan Allah Bapa” juga akan Sdr tafsirkan bahwa terdapat tahta di Sorga dimana Allah Bapa duduk di tengah, Yesus Anak Allah duduk di kanan?? dan siapa yang duduk di kiri tahta? Roh Kuduskah? Ah, jangan konyol … Hal ini harus dimengerti dengan satu-satunya cara, bahwa Yesus menerima segala kuasa dan otoritas dari Bapa-Nya untuk memerintah seisi Surga dan bumi, termasuk kuasa untuk menjalankan fungsi penghakiman di akhir zaman nanti. Di dalam beberapa kejadian, Yesus pun tidak pernah menolak penyembahan dari para murid-Nya. Bandingkan dengan Paulus dan Barnabas mengkoyakkan bajunya dalam rangka menolak penyembahan dari orang-orang yang mengalami mujizat karena pelayanan mereka. Paulus dan Barnabas pun menjelaskan bahwa Yesus yang telah mati disalib dan bangkit dari mautlah yang menyebabkan semua mujizat-mujizat ini terjadi.

Kita harus benar-benar dapat membedakan mana yang harus dimengerti secara fisik/harfiah dan mana yang harus dimengerti secara figuratif / kiasan. Bila kita memahami apa yang seharusnya ditafsirkan figuratif namun justru kita cerna sebagai harfiah, maka kita akan mengalami banyak salah kaprah dalam memahami Alkitab. Sebaliknya, jika kita menafsirkan sebagai figuratif/kiasan padahal yang dimaksudkan Alkitab adalah sesuatu yang harfiah/fisik maka kita juga tidak akan menjadi lebih baik.

Lalu mengenai Antikris…

1Jn_2:18 Little children, it is the last time: and as ye have heard that antichrist shall come, even now are there many antichrists; whereby we know that it is the last time.
1Jn_2:18 Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.

1Jn_2:22 Who is a liar but he that denieth that Jesus is the Christ? He is antichrist, that denieth the Father and the Son.
1Jn_2:22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

1Jn_4:3 And every spirit that confesseth not that Jesus Christ is come in the flesh is not of God: and this is that spirit of antichrist, whereof ye have heard that it should come; and even now already is it in the world.
1Jn_4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

2Jn_1:7 For many deceivers are entered into the world, who confess not that Jesus Christ is come in the flesh. This is a deceiver and an antichrist.
2Jn_1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

“Antikristus” dalam kamus Strong: G500 ἀντίχριστος antichristos an-tee’-khris-tos
From G473 and G5547; an opponent of the Messiah: - antichrist.
“Anti” dalam kamus strong: G473 ἀντί anti an-tee’
A primary particle; opposite, that is, instead or because of (rarely in addition to): - for, in the room of. Often used in composition to denote contrast, requital, substitution, correspondence, etc.
“Kristus” dalam kamus strong: G5547 Χριστός Christos khris-tos’
From G5548; anointed, that is, the Messiah, an epithet of Jesus: - Christ.

Kita dapat melihat dengan jelas bahwa kata “Anti” tidak identik dengan “melawan secara negatif” namun lebih kepada fungsi ‘menggantikan’/ substitusi atau opponen / oposisi. Antikristus adalah “an opponent of the Messiah” atau pengganti Kristus. Sebagai ilustrasi, kita tentu tahu fungsi partai oposisi di negara kita. Partai oposisi mencari-cari kelemahan partai pemenang untuk menjatuhkannya dan bersaing habis-habisan dengannya untuk merebut perhatian masyarakat luas supaya dapat mengalahkannya pada pemilu mendatang.

Jadi siapakah Antikristus itu? Iblis dengan segala antek-anteknya. Siapakah yang menggantikan posisi Kristus di akhir zaman di dalam hati orang percaya ? Hal itu tidak dapat dihindari lagi, pasti Iblis yang menyamar dan memanifestasikan dirinya di dalam semua berhala yang dapat disebut: Materi, harta, wanita, pekerjaan, jabatan, hobi, kesenangan duniawi, seks, kekuasaan, gila hormat, pesta pora, agama palsu, kekerasan, bahkan “pelayanan” sekalipun dapat menjadi berhala! Bukankah jikalau kita tidak hati-hati dan waspada, kesibukan “pekerjaan pelayanan” dapat menggantikan tahta Kristus di hati kita??

Bukankah hal ini merupakan realita yang nyata-nyata mengancam kehidupan rohani umat Tuhan saat ini? Tidak sanggupkah kita melihatnya? Berapa banyak umat Tuhan yang menggadaikan iman kepada Kristus hanya demi jabatan, kekasih atau…“yang lain” ? (meskipun saya juga tahu banyak para petobat baru asli yang sungguh-sungguh lahir baru, yang hidup di China, Rusia, Timur tengah dan Afrika - kebanyakan di negara dunia ketiga). Berapa banyak gereja yang tutup dan pendeta yang mengundurkan diri, khususnya di barat? Terus terang ancaman jenis ini jauh lebih serius dan lihai dalam menyesatkan umat Tuhan daripada ancaman “dongeng” sosok manusia Antikris yang kata Sdr akan menduduki bait suci/menyatakan diri sebagai Allah. Terus terang melihat pola keduniawian dan materialisme yang menggerogoti gereja Tuhan, saya meyakini bahwa anak Tuhan lebih mudah dihasut/ditipu melalui berhala-berhala palsu tersebut daripada oleh sosok manusia Iblis-Antikris tersebut.

Tapi…mengapa disebut penyesatan atau penipuan ?? Jelas karena kelihaian trik-nya dalam menyamar menjadi malaikat terang. Jelas karena “mereka” sangat menyerupai yang asli, yaitu Kristus, sehingga dengan lihai dan mudahnya mereka menyesatkan banyak umat Tuhan.

Mat_24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

Sis Janet…

Mat. 24 : 15 bait Allah adalah benar bait Allah secara phisik akan sedang di bangun di bekas reruntuhan bait suci Salomo.

Well, apakah Sis Janet bermaksud mengatakan bahwa karya Kristus tidak sempurna menggenapi tuntutan hukum Taurat ?? Semoga tidak.

Robeknya tirai bait suci pada waktu kematian Yesus menggenapi semua tuntutan hukum Taurat atas orang yang percaya kepada-Nya. Boleh-boleh saja pada zaman ini orang-orang Yahudi di Israel ingin mendirikan bait suci yang ketiga…tetapi maafkan saya jikalau terpaksa saya menyatakan bahwa Alkitab tidak pernah berbicara atau mendukung gagasan ini. Yesus menubuatkan keruntuhan bait suci ke 2 kira-kira 40 tahun sebelum hal itu menjadi kenyataan. Kita tahu dari sejarah bahwa pada tahun 70 M Jenderal Titus menghancurkan bait suci, meratakannya dengan tanah dengan tidak membiarkan sisa sedikitpun yang tertumpuk satu dengan lainnya.

Implikasi nubuat Yesus adalah bahwa Ia akan meruntuhkan atau menghancurkan bait suci fisik di Yerusalem dan mendirikan bait suci yang baru hanya di dalam 3 hari (bagi orang Farisi, Yesus adalah orang gila dan stress!) Dan percayalah pada saya bahwa Ia tidak akan pernah membangun bait suci yang ketiga. Jika Ia masih melakukannya berarti Yesus melawan dan memungkiri semua karyaNya diatas kayu salib! Artinya jelas sekali: bahwa Gereja Tuhan / bait suci “dilahirkan” setelah melalui “pergumulan” di dalam “rahim” kematian Yesus Kristus selama 3 hari!

Joh 2:19 Jesus answered and said unto them, Destroy this temple, and in three days I will raise it up.
Joh 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.”

Terjemahan King james memiliki arti yang lebih tepat, destroy = menghancurkan.
Kamus Strong menjelaskan: G3089, λύω, luō, loo’-o, A primary verb; to “loosen” (literally or figuratively): - break (up),

destroy, dissolve, (un-) loose, melt, put off. Compare G4486.

Bait suci yang lama akan dihancurkan dan digantikan dengan bait suci yang baru. Bait suci yang lama dibuat dengan tangan manusia, sedangkan bait suci yang baru dibuat bukan dengan tangan manusia:

Mar 14:58 We heard him say, I will destroy this temple that is made with hands, and within three days I will build another made without hands.
Mar 14:58 “Kami sudah mendengar orang ini berkata: Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini dan dalam tiga hari akan Kudirikan yang lain, yang bukan buatan tangan manusia.”

Kembali Markus menyebutkan “destroy” setelah sebelumnya Yohanes juga menyebutkan kata yang sama, “destroy”. Sadarkah kita akan implikasi dari perkataan Yesus yang jelas dan tegas ini?? Jika bait suci yang baru ini bukan buatan manusia lalu buatan siapa?

Tentu buatan tangan Tuhan Yesus Kristus sendiri bukan? Implikasinya sangat jelas, bait suci ketiga adalah buatan tangan ilahi Tuhan Yesus dan bait suci “ketiga” ini bersifat KEKAL dan ABADI! WOW…, Do we miss something here…?

Lalu kapan tangan ilahi Yesus Kristus membuatnya? dan berapa lama proses pembuatannya? Bait suci yang baru ini dibuat saat Yesus mati di kayu Salib dan memerlukan waktu tiga hari untuk membangunnya! Mengapa tiga hari? Ho ho ho…jelas karena kebangkitan Yesus adalah pembuktian dari pembenaran kita oleh darah Kristus. Jadi begini, kita dibenarkan oleh apa? Oleh iman kepada darah Kristus. Lalu kita dihisapkan ke dalam predikat bait suci yang baru ini melalui apa? tentu melalui iman kepada darah Kristus. Namun apa buktinya? Surga dan bumi membutuhkan bukti bahwa persembahan korban Kristus “benar-benar bekerja”. Kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati dan kemudian hidup selama-lamanya menjadi satu-satunya bukti bahwa karya penebusan Kristus diterima dan menyukakan Allah Bapa. Well, Lazarus mati dan dibangkitkan Yesus, namun beberapa waktu kemudian mati lagi. Anak muda janda Nain juga demikian. Namun kebangkitan Yesus berbeda. Yesus tidak bangkit untuk mati lagi namun Ia bangkit untuk hidup selama-lamanya. WOW KEREEEN!!! Yesus Kepala Gereja, Yesus Kepala Bait Suci, Yesus adalah “yang sulung”. Siapakah kepala bait suci fisik dalam perjanjian lama? Tentu imam besar. Demikianlah bait suci perjanjian lama hanyalah gambaran akan datangnya bait suci baru yang dikepalai Yesus Kristus Sang Imam Besar Agung, yang memasuki tempat kudus menghadap Allah, sekali untuk selama-lamanya!!!

Jadi tentu saja dengan sangat mudah kita dapat menyimpulkan definisi Bait suci “ketiga” ini sebagai bait suci rohani dan bersifat kekal. Bait suci ini disebut juga gereja Tuhan, mempelai Kristus, bangsa pilihan Allah, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri (1 Petrus 2:9).

GBU

Maksud broo sy tidak sejalan dengan alkitab maksudnya gimana tu…? kemudian penjelasan sy huruf b besar dan kecil dasarnya dari mana? Apakah dasar bukan dari alkitab.

Bro sudah menjelaskan dengan bagus bahwa dalam Alkitab terjemahan LAI kurang jelas dibanding dengan Alkitab versi King james yang bro mengakui lebih jelas dan merupakan terjemahan yang paling mendekati aslinya…berarti bro juga mengakui ada perbedaan, benar ngak Bro?

Namun untuk sementara biarlah kita anggap saja bait suci yang dimaksud rasul Paulus adalah bait suci fisik yang ke 3 di Yerusalem - sesuai pernyataan Sdr. Scout. Lalu Antikris akan mengambil alih Yerusalem, duduk di bait suci dan menyatakan diri sebagai Allah?? Wah..wah..wah...Tahukah Sdr bahwa di akhir zaman seperti ini penyesatan yang paling hebat bukanlah mengenai sesuatu yang bersifat fisik?? Namun sesuatu yang lebih bersifat rohani dan tidak kelihatan.

Memang benar kalau bro ambil ayat 1 Kor. 3 dibawa ini senagai acuan bro jelas sekalai penyesatan yang paling hebat adalah bersifat ROHANI

1 Kor. 3:16Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu.

Tetapi kalau broo memakai tafsiran dengan acuan 2 Tes. 2 dibawah ini maka tafsiran ini menerangkan peristiwa yang akan terjadi masa akan datang secara fisik.

Paulus menjelasakan nubuat ini akan terjadi pada zaman Antikristus yang akan datang secara fisik, bukan secara rohani…

Bait Allah dengan memakai huruf “B” besar dalam 2 Tes.2 ini sama seperti peribadatan umat Yahudi yang telah dihancurkan pasukan Romawi thn 70 M.

Seorang yang duduk di Bait Allah dan menyatakan diri sebagai Allah. Hal ini pernah terjadi hampir dua abad sebelumnya pada thn 168 SM ketika Antiokhus IV Epifanes dari dinasti Aeleukid mendirikan patung dirinya dalam Bait Allah. (banding Yeh. 28:2 dan Daniel 11:36).

(2 Tes. 2:4) yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah.

Jikalau "sang antikris" rekaan Sdr ini benar-benar menyatakan diri sebagai Allah di Yerusalem, maka pasti tidak akan ada yang mau menyembahnya karena itu akan terlihat konyol. Apakah ada manusia yang mau menyembah "orang" yang secara terang-terangan menyatakan dirinya sebagai Allah - artinya Tuhan pencipta langit dan bumi ? Sebaliknya, menganggapnya gila dan sinting malah iya !

Memang benar utk umat Kristen masa zaman gereja-gereja tidak mungkin mau menyembah. Tetapi ingat nubuat ini akan terjadi bahwa semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya. Namun ada terkecualiannya…(lihat Wahyu 13:8).

Begitu juga semua orang yang tidak menyembah patungnya yang dapat berbicara itu akan dibunuh (Wahyu 13:14-15).

Inilah suatu ketetapan si Penguasa antkritus masa akan datang akan diumumkan utk membunuh semua orang yang menolak utk menyembah penguasa dunia dan patungnya.
Banyak orang akan melawan antikristus dan tinggal setia kepada Yesus Kristus akan membayar harganya dengan nyawa mereka sendiri (bnading Wahyu 6:9; 14:12-13).Amin.

Dan bukankah YESUS selama 3,5 tahun melayani di bumi tidak pernah secara terang-terangan atau eksplisit menyatakan bahwa Dia-lah Tuhan yang harus disembah? Namun dari Injil, kita mengetahui secara jelas bahwa jika Ia menyamakan diri-Nya dengan BAPA dan Ia menyatakan diriNya sanggup mengampuni dosa manusia, maka hal ini (secara implisit) sama dengan Ia menyatakan diri sebagai Allah atau sama dengan Allah.

Penjelasan sy adalah tokoh yang akan datang yang sebagai penguasa dunia juga, bukan Yesus yang say maksud.

Dalam hal ini antikristus pada dasarnya akan datang menentang Kristus, ia juga dapat mengantikan atau meniru pekerjaan Kristus atau disebut menjadi mesias tiruan lih. Dalam Yohanes 5:43) Yesus berkata, :Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia."

Perkataan Tuhan Yesus ini adalah nubuat akhir zaman utk kaum Yahudi yang sampai saat ini belum mau juga menerima Yesus sebagai Tuhan dan ketika antikristus datang dan meniru sebagai mesias tiruan mereka akan percaya dan mereka akan menyembah dia.

Dan nubuat ini pada waktu yang sudah ditentukan maka antikristus memperkenalkan dirinya sebagai allah dan memiliki kuasa adikodrati atas dunia roh-roh jahat (2 tes.2:4,9). Karena itu, ia akan disembah (Wahyu 13:4,8,12; 14:9; 16:2) ia memberitakan kebohongan bahwa didalam dirinya sendiri sifat manusia telah atau bisa berubah menjadi Allah (2Tes.2:4), Ajaran –ajaran zaman baru (ajaran antikristus). Amin…

Antikristus bukan orang yang anti terhadap Kristus dan pengikutNya dalam pengertian bahasa Indonesia. Antikristus menterjemahkan kata Yunani yang tidak dipisahkan dari dua kata yang terkandung didalamnya. Anti dalam bahasa Indonesia berbeda pemahamannya dengan Anti dalam bahasa Yunani. Anti adalah oposisi, lawan tanding, penentang bukan orang yang tidak suka atau “alergi” dengan Kristus dan pengikutNya.

Mencuplik dari Wikipedia untuk membantu memahami bahasanya, Antikristus diterjemahkan dari bahasa Yunani, ἀντίχριστος (bunyinya [anˈtikʰristos]). Terdiri dari dua kata: αντί + Χριστός (anti + Christos). “Αντί” dapat diartikan bukan saja “against” dan “opposite of”, tetapi juga “in place of”, sedangkan kata “Χριστός”, artinya “Christ” atau Kristus. Jadi secara bahasa arti anti itu bukan tidak suka atau alergi sama Yesus dan pengikutNya, tetapi sesuatu yang berusaha untuk menggantikan posisi Mesias sebagai tandingan dari Mesias yang dari Allah. Dalam kitab Markus dan Matius sosok yang sama disebut dengan sebutan Mesias Palsu. Ini bukan saja bicara tentang perkara rohani tetapi juga jasmani. Nubuat ditulis memiliki dampak dan penggenapan secara jasmani dan juga rohani. Bukan juga secara jasmani saja tetapi juga secara rohani.

simbol simbol, lambang dalam alkitab, mempunyai arti ganda.
bila anda hanya membaca sepintas akan sulit menafsirkannya.
sebagai contoh :

singa

singa dari Yehuda
singa yang mengaum ngaum siap menerkam

burung
seperti burung merpati
burung datang dan memakannya sampai habis.

dan masih banyak lagi.

bait suci

  • gedung / tempat untuk beribadah
  • kita adalah bait suci

menurut bro, antikris itu siapa?
manusia?
atau iblis - setan?

Bro. Scout, Bro Krispus dan Sis Jannet…untuk memahami pandangan Antikris yang Alkitabiah dan relevan dapat Saudara semua unduh disini : http://www.fishhouseministries.com/pdf/IslamEndTimeBahasaIndonesia.pdf
Maaf saya sengaja tidak mengupas secara lebih jauh dan mendetail mengenai manifestasi fisik pekerjaan Antikris, karena akan sangat riskan untuk dibanned, karena isinya sangat kontroversial namun itulah kebenaran. Saya terguncang setelah menyelesaikan membacanya. Dan hal itu mengubah secara radikal pandangan saya mengenai akhir zaman, antikris, kedatangan Tuhan, dlsb. Ternyata apa yang saya pahami dan pertahankan secara mati-matian adalah keliru menurut Alkitab.
Saya mengundang Sdr semua untuk membacanya, dan setelah itu berdiskusi dengan saya. Namun apabila berdiskusi di FK tidak memungkinkan maka saya undang untuk berdiskusi dengan mengunjungi blog saya di link berikut: http://mdc-semarang.blogspot.com/2012/03/catatan-penerjemah-buku-islam-in-end-of.html atau pm saya.
GBU

Pertama kita harus memahami, Kejadian 3:15, “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” Iblis bukan musuh Allah, tetapi manusia. Permusuhan antara manusia dengan iblis ditetapkan Allah lewat FirmanNya.

Rencana Allah telah ditetapkan sejak saat itu, bahwa manusialah yang dapat meremukan kepala ular dan akan menjadi lawannya sampai kepada Akhir Jaman. Keturunan (kata tunggal) yang dimaksudkan adalah Kristus, Allah menjelma menjadi manusia dan sebagai Anak Manusia, Yesuslah yang akan meremukan kepala ular dimana dalam kitab Wahyu disebut Ular Tua. Peperangan Kristus melawan Iblis dan seluruh “keturunannya” dituliskan bersama dengan beribu-ribu orang kudusNya, bukan bersama beribu-ribu malaikat Allah. Sebab Firman Allah telah menetapkan permusuhan antara manusia dengan iblis.

Ular Tua, yang dimaksud adalah ular yang berada di Taman Eden pada masa yang tua sekali tersebut, didalam Wahyu juga diterjemahkan dengan istilah Naga. Ia adalah Iblis dan keturunannya adalah orang-orang yang disebut anak-anak Iblis. Saat Allah membuka jalan lewat Mesias agar manusia diselamatkan dari kebinasaan, maka Iblis yang adalah Pembunuh dan Pendusta sejak dari semula tidak akan tinggal diam melihat milyaran manusia diselamatkan lewat iman kepada Mesias. Maka dari pada itu, Iblsi akan menghadirkan Mesias tandingan, untuk mengalihkan iman dari Tuhan Yesus Kristus kepada Mesias Palsu sehingga banyak orang akan disesatkan dan kehilangan kesempatan untuk menerima anugrah keselamatan.

Mesias Palsu adalah sosok manusia yang akan memiliki kuasa untuk mengadakan perbuatan ajaib sama seperti dukun-dukun Mesir meniru tanda-tanda yang dibuat Allah lewat Musa. Mesias Palsu atau Antikristus inilah yang akan diakui oleh dunia sebagai Juruselamat Dunia, pembawa pembaharuan atas dunia dan membidatkan pengikut Kristus dan kemudian sesuai nubuat Allah akan dianiaya sampai mati.

Kuasa yang dimiliki oleh Mesias Palsu atau Antikristus adalah kuasa yang diterima dari Iblis, dimana roh-roh setan akan merasukinya dan menjadikan ajiab dirinya. Sama seperti Tuhan Yesus Kristus, kedatangannya dibuka oleh Nabi besar Yohanes Pembabtis, demiikian Mesias Palsu jalannya akan dibukakan oleh Nabi Palsu yang akan bersaksi tentang Antikristus sebagai Penyelamat Dunia. Semua orang yang percaya akan menerima roh setan yang keji seperti Roh Kudus yang akan memeteraikan sebagai tanda milik Iblis. Inilah tentang Antikristus atau Mesias Palsu yang kedatangannya oleh Yesus dikatakan akan tiba saatnya. Secara jasmani akan digenapkan.

Secara rohani, sejak Kristus mati dan bangkit untuk membuka jalan bagi kita, roh keji antikristus telah disebarkan oleh Iblis dimuka bumi ini. Karena itu dikatakan oleh Yohanes banyak antikristus-antikristus dan sekarang sudah ada, yang dimaksudkan adalah roh antikristus yang akan merasuki hati dan jiwa mereka yang menolak Kristus dan menerima pesan dari nabi-nabi palsu. Secara rohanni pula, roh antikristus itu akan menjadi tuan dalam hidup manusia, seperti yang disampaikan oleh id hengkycandra antikristus akan berdiri diatas bait Allah yaitu tubuh manusia sebagai allah, itulah roh antikristus.

Tentang ayat-ayatnya maafkan saya tidak disertakan,sebab bisa terlalu panjang. Tetapi menurut saya jika anda saya lihat disini paham tentang antikristus setidaknya anda tahu ayat-ayat pendukung apa yang saya tuliskan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan.

kalau iblis bukan musuh Allah, lantas iblis sahabat Allah ??

Siapakah Anti Kristus itu?

Dari semua ayat Kitab Suci di atas bisa disimpulkan bahwa:

• Anti Kristus itu sudah ada pada jaman Paulus & Yohanes.
• Anti Kristus itu mencapai kekuatan puncaknya pada saat2 mendekati akhir jaman.
• Daniel - dunia politik, Paulus - dunia Gereja, Yohanes - keduanya.
• Kekuatan Anti Kristus itu akhirnya akan terkonsentrasi dalam seorang pribadi, perwujudan dari semua kejahatan.

  •   penggambaran Anti Kristus dalam kitab Daniel itu kelihatannya menunjuk kepada satu pribadi.
    
  • Paulus, dalam 2Tes 2:3, menyebut sang Anti Kristus itu dengan sebutan ‘the man of sin’ (= manusia dosa / durhaka) dan ‘the son of perdition’ (= anak kebinasaan / neraka), dan seluruh kontext menunjukkan bahwa sang Anti Kristus itu adalah seorang pribadi.

2Tes 2:3 –
“Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa”.

KJV: ‘and that man of sin be revealed, the son of perdition’
dan bahwa manusia dosa atau durhaka dinyatakan, anak kebinasaan atau neraka.

  • Sekalipun Yohanes berbicara tentang banyak Anti Kristus yang sudah muncul pada jamannya, ia tetap berbicara tentang akan datangnya ‘seorang Anti Kristus’ (1Yoh 2:18).

  • Dalam kitab Wahyu, binatang yang dibicarakan oleh Yohanes dalam Wah 13 itu, terlihat sebagai seorang pribadi, yang akhirnya dimasukkan ke neraka.

Wah 19:20 -
“Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama2 dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda2 di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup2 ke dalam lautan api yang menyala2 oleh belerang”.

Wah 20:10 -
“dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama2nya”.

  • Karena Kristus adalah seorang pribadi, maka adalah sesuatu yang wajar kalau sang Anti Kristus itu juga adalah seorang pribadi.

William E. Cox:
Anti Kristus bisa didefinisikan sebagai musuh Kristus yang merupakan manusia-setan, yang akan muncul sebelum kedatangan yang kedua kalinya sebagai penindas dan penganiaya terakhir dari orang2 kristen.

Banyak pandangan tentang siapa sang Anti Kristus itu.

¨ seorang Yahudi, yang berpura-pura menjadi Mesias / Kristus, dan memerintah di Yerusalem.
¨ seorang kaisar Romawi.
¨ kaisar Nero.
¨ Stalin atau Hitler.

Hoekema:
Pada waktu orang2 di masa lampau mengidentifikasi orang2 tertentu sebagai sang Anti Kristus, mereka tidak sepenuhnya salah, karena memang sudah ada manifestasi2 dari pemikiran dan tindakan anti Kristen dalam sepanjang sejarah Gereja.

Sebelumnya, kita telah memperhatikan bahwa sudah ada pelopor2 dan pendahulu2 dari sang Anti Kristus, dan akan terus ada orang2 seperti itu. …

Setiap jaman akan menyediakan bentuk khusus dari aktivitas anti Kristennya sendiri.

Tetapi kita mencari suatu penguatan atau peningkatan dari tanda ini dalam pemunculan dari sang Anti Kristus sebelum kembalinya Kristus.

Hoekema:
Tanda ini, juga, tidak memampukan kita untuk menentukan kembalinya Kristus dengan tepat.
Kita tidak tahu bagaimana sang Anti Kristus yang terahir akan muncul atau apa bentuk pemunculannya.

Mesias Palsu adalah sosok manusia yang akan memiliki kuasa untuk mengadakan perbuatan ajaib sama seperti dukun-dukun Mesir meniru tanda-tanda yang dibuat Allah lewat Musa. Mesias Palsu atau Antikristus inilah yang akan diakui oleh dunia sebagai Juruselamat Dunia, pembawa pembaharuan atas dunia dan membidatkan pengikut KRISTUS dan kemudian sesuai nubuat Allah akan dianiaya sampai mati.

mesias palsu itu siapa ?

adalah manusia yang bapanya iblis.
antikris adalah manusia yang anti Kristus dan orang orangnya.
antikris adalah kaki tangan iblis.

Ular Tua, yang dimaksud adalah ular yang berada di Taman Eden pada masa yang tua sekali tersebut, didalam Wahyu juga diterjemahkan dengan istilah Naga. Ia adalah Iblis dan keturunannya adalah orang-orang yang disebut anak-anak Iblis. Saat Allah membuka jalan lewat Mesias agar manusia diselamatkan dari kebinasaan, maka Iblis yang adalah Pembunuh dan Pendusta sejak dari semula tidak akan tinggal diam melihat milyaran manusia diselamatkan lewat iman kepada Mesias. Maka dari pada itu, Iblsi akan menghadirkan Mesias tandingan, untuk mengalihkan iman dari Tuhan YESUS KRISTUS kepada Mesias Palsu sehingga banyak orang akan disesatkan dan kehilangan kesempatan untuk menerima anugrah keselamatan.

sudah sangat jelas sekali oleh PERKATAAN TUHAN YESUS : MENGENAI MESIAS PALSU, AJARAN SESAT

Mat 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
Mrk 13:22 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.

menjelang akhir zaman ini, mereka tidak malu malu, mereka akan muncul secara terang terangan