Apa Alasan Gak Mau Gereja?Atau Faktor Malas Gereja

Ok…dibilang fenomena sih enaggak…tapi gak atau bagi sebagian orang…

Ane hampir 15 tahun lebih bisa dikatakan tak pernah gereja…lebh realnya lagi…sejak menginjak Bangku SMP…
paling waktu natal…itu juga klo gak nyasar…dan klo gak silap…

Tahun 2004…Di malam natal ane pernah berasama2 kawan2 yg biasa mabuk2kan mencoba untuk gereja…tapi sepertinya kami gk beruntung…Karena Gerejanya Penuh…bahkan banyak jemaat2nya yg diluaran duduk2…ada yg gosip2 ada yg merokok2…Alhasil melihat itu kami jd ILFIL…
Dan malah berniat…cabut dari tuh tempat…dan beli minuman…dan menghabiskan malam natal dengan Mabuk…sampai Gempa dengan kekuatan 6,koma sekian di aceh membangunkan kami…

Nah saat itu…ane belum tau apa alasan ane tak mau gereja atau pun malas gereja…

Bahkan sampai saat pernah diterima bekerja di salah satu Bank Swasta…ane berjanji…Untuk masuk dan mulai ibadah gereja…Tapi apa???
sekali pun tidak sama sekali…sampai akhirnya…ane kehilangan pekerjaan itu.!!Suram dan asem!!!

Dan sekarang…akhrinya ane dapat 2 alasan…

-Ane malas gereja karena ane mempertanyakan pentingkah bergereja itu??
-Di gereja ane gak nyaman liat jemaat2 yg sepertinya gk bs terima stile fisik ane yg berjenggot di cocang…kayak gitaris system of a down…dan ane merasa mereka anggap ane sesat…dan akhirnya ane muak dengan tingkah2 begitu.

Nah untuk kawan2 mungkin ada yg punya pengalaman lain…atau fakta lain soal ini…
yuk kita sharing2 disini…

Tidak apa-apa, kalau anda memang mau memilih menunggu ditegur sama Tuhan.

Semoga sapaan dan teguran Tuhan datangnya tidak menyakitkan.

Jiah…malah dapat nada ancaman neh …zzzz…

kirain ada pengalaman lain dari anda…
atau ada solusi lain??
ane gk takut klo ditegur,klo emang itu bisa membuat ane lebih baik…

tapi ane ingin tau apa aja alasan orang2 gk mau gereja…itu aja…

Sorry, saya tidak mengancam, atau menakut-nakuti.

Hal ini saya alami sendiri,
Saya masih muda juga bandel, tidak gereja-gerejaan.
Setelah menikah juga tidak pernah ke gereja, sampai saya punya 2 anak, umur 4 th dan 1 th.
Saya ditegur oleh Tuhan, isteri saya hampir mati,
Dan sejak itu saya mulai mengenal siapa Yesus itu, hingga sekarang saya sangat bahagia hidup dengan isteri dan 3 anak, didalam Yesus, iman saya semakin tumbuh.

Kalau mengenai alasan, mengapa orang tidak mau ke gereja,
Yah, tentunya alasannya bermacam-macam, seribu satu macam.

Jangan takut, berdoa saja mohon petunjuknya.
Sebab pada waktu saya meninggalkan gereja, saya tetap masih berdoa kepada Tuhan Yesus.

numpang crita dikit…kemarin ada kabar dr teman satu jemaat, ada teman sy,yg kerjanya di kapal kebetulan ia sbg mekanik kapal,konon ktnya ia sdh lama tdk ke greja,saat ia bekerja di kapal di hr minggu ia terjatuh dr mesin dan hampir sj nyawanya melayang,cuman luka parah dialami,dan ironis saat terjatuh dia teriak mengatakan dia bertobat,dia akn rajin lg ke gereja,puji Tuhan dia mengangap itu adalah suatu teguran…!

Ane pake logika matematika aza yach.

Untuk ibadah 1 kali dalam seminggu, misalkan waktu yg dihabiskan paling lama 1,5 jam.
Jadi total bagian per 1 minggu yg ente abisin buat Tuhan HANYA 1,5/(24*7) X 100% = 0,89%.
Jadi sisanya yang 100% - 0,89% = 99.11%, masih bisa ente anggurin sekehendak ente.

Masih perlu alasan lagi?

ATAU jika ente masih “eneg” sama sikap orang-orang gereja yg suka antipati, masih ada solusi lain, yaitu GETT alias Gereja Tanpa Tembok tapi ini kalo ente berdomisili di jakarta (ga tau masih ada apa tidak). Dulu pernah sekali diajak temen ibadah di situ. Gila, orang-orangnya “serem-serem” (kalo cuma berjenggot dicocang, kagak ada apa-apanya) karena banyak komunitas anak motor atau anak jalanan bahkan mungkin gang atau preman yg ikut gabung buat beribadah. Selama ibadah, entah berapa kali tangan ane ngeraba saku celana buat mastiin kalo dompet dan hp masih ada. Hehehehe. Forgive me, Lord!

Kalo ente ga berdomisili di jakarta, coba cari-cari info tentang cabang gereja ini atau gereja yg sejenis dengan ini.

Nah itu dia bang,Ternyata ente sudah berkeluarga ya?trus ane harus panggil apa dunk neh?boleh panggil abang aja gak?
Yang saya mau tau kira2 alasan abang dulunya gak mau gereja atau malas gereja apaan bang?

cerita yang menginspirasi,bro.
Tapi sulit dipahami itu yang kena tegur teman ente atau temannya si teman ente satu jemaat?
Rancu soalnya jadinya ane mahaminya…hehehehe
Tau gak alasan dia apa gak mau gereja?

Wah matematika yang bagus tuh.
Sarannya saya terima,tapi soal matematikanya aja.

Sebab saya hanya ingin tau beberapa alasan2 orang2 yang malas gereja dan gak mau gereja.

Sama seperti saya yang punya sebagian alasan.

Tentu alasan semua orang tidak sama kan?

Itulah sebabnya saya ingin tahu.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat bertanya langsung dengan beberapa kenalan yang senasib dengan saya,

Jawabannya aneh2 berikut beberapa jawabannya.

-Gereja?ah sudah pernah dulu.
-Justru kalau gereja saya jadi berbuat dosa.
-Gerejanya kejauhan,jadi repot.
-Ah bapak saya aja gak pernah gereja,
-Mau tau aja,.ente mau gereja ya itu terserah ente,gk usah campurin dunk.
-Sibuk kerja,karena minggu pun wajib masuk kerja.

Nah yang lebih parah ada yang jawab
-Yang Mau Masuk Surga Ente atau Saya?

Khusus yang ane BOLD neh,suram amat kan jawabannya,padahal ane bukan menyuruh dia untuk gereja,sane hanya ingin tau alasannya.tapi jawabannya suram amat begitu.Untung ane gak balik bertanya ama dia…"emang surga dan neraka tuh ada?tapi demi menjaga keharmonisan ya gk jadi dah saya tanya begitu :ashamed0004:

Khusus yang ane warnai biru, ini jawaban yang lebih parah lagi, entah maksudnya becanda atau apa atau ada maksud terpendam di balik kata2 itu ane gak tau.

Panggil abang saja.

Saya dahulu malas ke gereja, sebab saya belum menemukan arti cinta terhadap Yesus, yang telah menderita untuk kita.
Jadi ke gereja hanya sebatas keinginan kedagingan, ramai-ramai, bertemu teman, waktu di gereja sudah memikirkan mau jajan soto, dsb., dengan kata lain tidak ada hubungan batin dengan Yesus sama sekali.

Lain dengan sekarang, saat sekarang saya merasa ada kerinduan kalau saya tidak menghadiri misa kudus.
Nah, cinta ini yang harus kita cari dan kita sirami terus.
Maka tidak heran kalau ada orang yang bersedia menderita dan mati demi Yesus.
Tidak heran kalau Paulus berkata: Hidup adalah Kristus, mati adalah keuntungan.

Shalom.

Yo wes deh. Ane cuma bisa berdoa supaya ente dapat pencerahan secepet mungkin. Sedikit saran, sering-sering aza maen ke forum ini, siapa tau ente tercerahkan di sini. Amin.

Ok ane panggil abang aja ya.
Jujur saja saya juga ada rasa kerinduan sosok Tuhan Yesus, entah kenapa jauh dalam hati kecil saya ada keinginan ingin bercerita dengannya,ingin cerita ke Dia kalau saya sering meragukannya.

Ane pernah berdoa tengah malam,ingin mengaku dosa sekaligus cerita2 dengan Tuhan meski terdengar konyol, tapi apa yang terjadi?belum amen ane sudah tertidur sendiri.

saya suka sikap alami yang anda miliki ini, seolah meledek sih kalau saya fikir…
kalau saya fanatis tentu saya akan sedikit dongkol terhadap anda,

Tapi perlu diketahui, bahwa tingkat intelegensi Tuhan jauh lebih tinggi dari manusia, jika berkata, pintaran siapakah?

jadi bila kita buat suatu pernyataan bahwa: mungkin saja Tuhan tertawa melihat anda, dan mengerti sikap anda, sambil berkata: “hadeeh… si pemalas ini, belum apa2 udah tidur duluan”

Tapi Tuhan itu tidak hanya di gereja, Kita ke gereja hanya melakukan Ibadah bersama2 dengan teman se iman lainnya, dalam tata cara yang telah ditentukan…

Tapi Tuhan itu adalah sekeliling anda, lingkungan anda, dan dunia anda…

Saat anda memberi sedekah tanpa pamrih, tanpa punya rasa ingin dipuji, Roh Tuhan telah ada pada anda…
saat anda membantu orang yang kecelakaan di jalan raya, dan hanya anda seorang yang ada disana, dan anda pamrih untuk membantu, jadi benar Roh Tuhan telah ada pada anda…

Roh Tuhan itu adalah Kasih, kesabaran, kelembah lembutan dan penguasaan diri, itu yang paling awam terjadi pada manusia umumnya…

Jadi yang anda lakukan diatas, adalah atas dasar kasih. Jika anda mau bertanya, bahwa banyak sekali, bahkan yang atheist juga pernah melakukan itu…

maka dari itu saya percaya: “Bahwa manusia diciptakan sesuai dengan Pencitraan Tuhan itu sendiri”

dan hal2 tersebut sudah ada sama sperti yang disebut Yesus pada ayat ini:

Yoh 4:21
Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.

kapan2 saya jelaskan pengertiannya…

salam…

Ke gereja untuk bertemu Tuhan, maka sejelek apapun orang yang ada didalamnya tidak akan kita pedulikan

KAlo saya alasan nya karna sy di negri org, misa ny agak berbeda ,trs org2 ny juga gak bersahabat, trs pernah ikut pertemuan doa wkt ajang perkenalan diri,wkt sy blg sy org indo tatapan mereka krg bersahabat.ya jd nya malas mau ke misa lg. Sampe akhir nya baru2 ini ke gereja Kristen,byk yg sy dapati dan pelajari di sana, sehingga saya memutuskan untuk mempelajari lbh dalam tentang kristen seblm memastikan untuk masuk ke denom Kristen

Dari salah satu trit yg saya liat, anda skrg tinggal di negara M
Mungkin di gereja yg anda kunjungi, kebanyakan org melayu,
Sebaiknya anda cari gereja yg banyak Chinese nya aja
Soalnya disana diskriminasi antar ras masih tinggi…

Justru yg gak bersahabat nya itu yg chinese, pernah wkt pertama x di sini,ada ibu2 yg nawarin brg jualan trs sy tolak pki bhs inggris justru di marahin ,wkt sodara jelasin kl sy gak bs bahasa mandarin makin kesel tuh ibu,kt ny kok org Chinese gak bisa bhs mandarin,sy blg aja sy org indo,tuh ibu makin bingung kt ny di indo ada Chinese ya, sampe skrg aja sy masih sering dapat pertanyaan kyk gitu, kmrn di gereja kristen aja msh ada yg tanya apakah nyokap n bokap sy Chinese?

Maaf jadi OOT,…

Jelasin secara detail…
most of chinese indonesian cannot speak chinese dialect such as hokkien khek teochew etc and mandarin…

Kecuali kalo anda tinggal di sabah atau serawak, nah bahasa khek anda kepakai…