apa arti menyangkal diri dan memikul salib?

Hai guys, hari ini hari pertama saya register di forum ini. Salam kenal semua nya :slight_smile:

Saya mau coba sharing beberapa hal dengan teman" tentang “Mengikut YESUS” dimana dalam matius 16:24 diceritakan point “menyangkal diri, memikul salib, dan mengikut YESUS”

yang tau arti dan penerapannya dalam hidup boleh di share ya, thanks :slight_smile:

Ini sejauh yang saya tahu ya…
Menyangkal diri, artinya, diri kita memiliki banyak keinginan pribadi, banyak diantara keinginan itu adalah dosa atau tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, nah dalah hal ini, Tuhan meminta kita untuk bisa menyangkal keinginan dan karakter kita sendiri untuk mengikuti kehendak Tuhan.
Memikul salib. Salib adalah sebuah karya Tuhan bagi manusia. Jadi saya memahami bahwa memikul salib adalah kesediaan untuk mengalami sesuatu yang tidak sesuai kehendak kita untuk terjadi oleh karena “nama Yesus”. Misal, anda dikerjaan diminta pindah agama, atau anda dipecat, anda bisa pura2 pindah agama. Dengan alasan harus makan dan toh iman tetap pada Yesus. Tapi Yesus gak mau itu. Dia mau kita tegas menyatakan, “mending dipecat daripada meninggalkan Yesus”.

Sejauh saya pahami, kalau dinyatakan secara sederhana seperti itu.
Shalom.

thanks brother Jonathan :slight_smile:

Menurut aku menyangkal diri orang yang memiliki iman lemah seperti yang dialamai beberapa artis kristen, yang mudah tergoda, oleh karena takut kehilangan job dan takut berkurangnya penghasilan.
Memikul salib yaitu dalam menjalani kehidupan ini kita harus siap dan selalu siap menghadapi tantangan, rintangan bahkan cobaan hidup.
Mengikut Yesus. Ya… itu adalah wujud kesetiaan bagi orang beriman.

Demikian . . . Syaloom. . .

Selamat bergabung bro tumpal2012,
yg anda tanyakan itu dari Matius 16:24, sebenarnya kl dibaca dr ayat 21 - 26 ada tersirat disana.

Matius 16:21 Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.
16:22 Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.”
16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”
16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
16:25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.
16:26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Ayat 21 : Yesus menyatakan bahwa Dia harus menderita, mati dan dibangkitkan.
Ayat 22 : Petrus menegur Tuhan Yesus, seolah2 dia katakan jangan berkata begitu, Petrus berpikir cara manusia biasa.
Ayat 23 : Tuhan Yesus menegur Petrus krn pikirannya itu bkn cara berpikir Allah.
Ayat 24 : intinya Tuhan Yesus katakan bahwa kalau kita mau mengikut Tuhan, maka harus berpikir seperti apa yg Allah pikirkan, walau kadang2 itu menyakitkan dan tdk sesuai dgn keinginan kita. Mengikuti keinginan Tuhan itu akan sangat bertentangan dengan keinginan kita. Ini yg dimaksudkan dgn memikul salib dan menyangkal diri.
Ayat 25 : kadang kita harus mempertaruhkan nyawa demi untuk iman kita kpd Kristus, tp gak masalah Tuhan gantikan dgn kehidupan kekal (spt para rasul dan martir2 > spt yg dikatakan oleh R.Paulus jelang kematiannya : II Timotius 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman, 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.)., akan tetapi kalau kita menyangkal dia pd saat kita dihadapkan pd pilihan yg sulit maka kita kan kehilangan nyawa/akan binasa se-lama2nya/kehilangan keselamatan.
Ayat 26 : Tuhan tahu bahwa banyak org lbh memilih harta dan hal2 duniawi dp Tuhan Yesus, bukankah ini banyak terjadi?demi jabatan, pasangan hidup, kekayaan dll org rela melepaskan Yesus?, Tuhan katakan apa gunanya semua itu kalau olehnya kita kehilangan nyawa/binasa/kehilangan keselamatan.

Mudah2an dpt memberikan sedikit pencerahan bro tumpal2012, GBU

Desire bro…

Desire…

semua desire yg tidak tertuju pada YESUS mesti dihilangkan.

SUSAH memang…

wah penjelasannya sederhana dan mudah dicerna, terima kasih JLu

menyangkal diri = menolak keinginan kita sendiri menggantikan dengan keinginan Tuhan
misal : keinginan kita adalah membalas orang yang menyakiti hati kita sangkal dirinya keinginan itu hrs kita tolak diganti dengan mengampuni dan memberkati orang yang membuat kita sakit hati / jengkel .

keinginan hati sekolah di sekolah A ttp Tuhan ingin sekolah B sangkal dirinya harus melepaskan sekolah A dan menggantikan dg keinginan Tuhan.

keinginan kita sangat berlawanan keinginan Tuhan bagai bumi dan langit bedan dan jauhnya
sangat bertolak belakang dan sangkal diri harus dilakukan stp saat setiap waktu …

[email protected]_ul…

Penjelasan yang baik dan memberkati kita / SAYA / semua …Amin…

Salam GBU,

Menyangkal diri berarti apa yang kita kerjakan dalam berbagai aspek hidup kita harus sesuai dengan apa yang diajarkan Yesus. Kalau pikul salib, berarti kita harus rela kehilangan sesuatu demi mempertahankan iman kita.

Contoh : Sebagai akuntan, terkadang kita menemui perusahaan yang dobel pembukuan demi menghindari pajak yang banyak. Gajinya besar lagi. Di satu sisi kita butuh uang, cari pekerjaan tidak semudah itu. Disisi lain, hal tersebut sudah bertentangan dengan Firman Tuhan. Maka saya lebih baik keluar, lalu cari pekerjaaan di perusahaan lain.

Demikian, semoga bermanfaat. GBU.