Apa arti nilai kejujuran bagi orang kristen?Berhargakah?Atau apa itu berbohong?

Pertanyaan ini saya ambil dari kehidupan saya sehari-hari.

Gara-gara mikirin orang yang suka berbohong jadi tidak bisa tidur.

Dibidang kerja yang saya geluti sekarang ini sebagai seorang pemasar / menjajakan jualan, Bahkan sebelumnya hampir 5 tahun sebagai seorang sopir. Sudah cukup banyak saya temui berbagai sifat seseorang. ada yang baik, jahat, pendiam, lucu, pemarah, pemalu, sampai orang yang setengah waras pernah jadi teman saya. dan sangat sedikit sekali yang jujur. 1 banding 100. itu pun kalau ada.

Yang namanya berdagang tentunya penuh siasat serta ketrampilan yang sama sekali jauh dari yang namanya arti kejujuran. Saya seringkali tergoda untuk berkata tidak jujur. Jikalau pun ada ayat, kalau saya tidak salah juga

[b]Jadilah tulus seperti merpati tapi cerdik seperti ular.[/b]
Sungguh sangat sulit sekali rasanya. Saya bisa jujur tapi untuk mejandi cerdik susah. mungkin membutuhkan talenta juga. :ashamed0004:

Saya sangat suka sekali dengan apa yang dinamakan keterusterangan, mengatakan apa adanya. memenggang kebenaran meskipun kebenaran itu sangat merugikan tidak menguntungkan sama sekali.
Keterbukaan adalah awal dari sebuah kejujuran setidaknya itu menurut saya.
(Tahu kapan waktu dan kondisinya)

Seringkali kita tidak bisa jujur kalau kita dalam keadaan kesulitan. Apakah itu ditengah keadaan krisis ekonomi yang mulai morat-marit. atau ada alasan lain.
Kurasa sangat sulit sekali untuk cari orang jujur sekarang ini.

Dalam kehidupan kristen, seberapa pentingkah arti sebuah kejujuran?

Apabila kita berbohong, apakah diperbolehkan dengan tujuan agar orang itu tidak mengetahuinya?
Berbohong dengan maksud menjaga hati dan perasaan seseorang?
Contoh ketika orang itu mengidap penyakit yang sudah dikatakan oleh dokter tidak bisa disembuhkan. ( agar keadaannya tidak semakin memburuk maka lebih baik berbohong ) Apakah itu sudah bisa dianggap benar?

Kadang-kadang timbul pertentangan dalam diri. berujung perasaan serba salah karena apa yang telah diperbuat.

[i][b](Rm. 12:9)[/b][/i][b]“Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.”[/b]

Maaf jika perkataan saya ini tidak tidak saya perhalus. saya bukanlah orang yang fasih berbahasa indonesia, menggunakan istilah-istilah. atau ada topik sebelumnya. silahkan dikunci saja atau dihapus.
Sambil mencoba meyakin diri. apakah saya sekarang ini seseorang bisa berkata jujur kepada diri sendiri, orang lain, Tuhan yang tentunya tidak bisa dibohongi.

Mohon tanggapannya.

hmmm… kapasitas saya masih kurang sebenernya untuk menanggapi, tapi saya coba menanggapi berdasarkan apa yang saya ketahui benar saja ya (padahal belum benar2 mengalaminya. karena terkadang tau teori yang benar saja tidak cukup, harus teruji dulu, baru bisa dibenarkan):

menurut saya tergantung orientasi berbohongnya: untuk diri sendiri atau untuk orang lain?
berbohong untuk menjaga hati dan perasaan seseorang. yakin kah itu yang terbaik?
dokter yang menyembunyikan penyakit pasiennya (yang akan membawanya kepada kematian), yakinkah itu yang terbaik?
saya pribadi, kalo ada yang memvonis hidup saya tinggal ‘sekian’ lama nya lagi, iya benar saya pasti akan sedih. tapi setelah itu saya jadi tau dan terpacu, untuk hal2 apa yang mesti saya lakukan sebelum berpulang.

menurut saya pribadi, kalo konteksnya general, usahakanlah yang benar, yang jujur. tapi yang terpenting adalah menggunakan hikmat.

Salam

Minta hikmat dari Tuhan, Lomeru.

Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya. (Yak. 1:5)

Maaf jika perkataan saya ini tidak tidak saya perhalus. saya bukanlah orang yang fasih berbahasa indonesia, menggunakan istilah-istilah. atau ada topik sebelumnya. silahkan dikunci saja atau dihapus. Sambil mencoba meyakin diri. apakah saya sekarang ini seseorang bisa berkata jujur kepada diri sendiri, orang lain, Tuhan yang tentunya tidak bisa dibohongi.

Mohon tanggapannya.

Pertanyaan anda pas dengan FT yang saya bawakan minggu lalu di PD “Cinta YESUS” saya.

Ini Ayat yang saya bahas :

Kejadian
12:10. Ketika kelaparan timbul di negeri itu, pergilah Abram ke Mesir untuk tinggal di situ sebagai orang asing, sebab hebat kelaparan di negeri itu.
12:11 Pada waktu ia akan masuk ke Mesir, berkatalah ia kepada Sarai, isterinya: “Memang aku tahu, bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya.
12:12 Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup.
12:13 Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau.”

Apakah Abraham jujur ? Tidak khan ???
Tetapi Abraham melakukan kebohongan demi melindungi diri sendiri agar tidak dibunuh.
Maka dalam hal pekerjaan (dunia Bisnis) , bolehlah melakukan sedikit kebohongan agar bisa sukses. Dalam hal marketing terutama … Contoh marketing MLM. pasti ada kebohongan disana …

MAKA YESUS juga berkata : cerdik seperti ular, tulus seperti merpati.

maka kalau anda merasa itu berdosa , maka mengaku dosalah setiap berdoa , maka Tuhan pasti mengampuni. kalau merasa kebohongan dalam bisnis itu dosa…

Berbohong pada anak kita , apakah itu dosa ? Bukan khan ?

(Rm. 12:9)“Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.”

ini bukan digunakan untuk bisnis. lalu dengan Kasih buka TOKO , semua barang dijual harga pokok.

1 bulan langsung TUTUP. tidak khan ?

Kasih dalam hal menolong sesama, membantu sesama, pelayanan bersama dengan KASIH.

Bisnis tdk dapat di hubungkan dengan semua yang di perintah kan TUHAN.

Tetapi jangan lah membuat Bisnis yang menghancurkan / merugikan sesama .
Contoh : bisnis Narkoba, Debt Collector , Mafia .

Emang ada ayatnya kalo TUHAN setuju waktu Abraham bohong? :mad0261: :mad0261:

Lalu apa tujuan Tuhan memberikan Firman Tuhan supaya kita jujur?
Amsal 2
2:6 Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.
2:7 Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya,
2:8 sambil menjaga jalan keadilan, dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia.
2:9 Maka engkau akan mengerti h tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.
2:10 Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu;
2:11 kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau
2:12 supaya engkau terlepas dari jalan yang jahat, dari orang yang mengucapkan tipu muslihat,
2:13 dari mereka yang meninggalkan jalan yang lurus dan menempuh jalan yang gelap;
2:14 yang bersukacita melakukan kejahatan, bersorak-sorak karena tipu muslihat yang jahat

Emang cerdik = bohong?
:mad0261: :mad0261:

Emang ambil profit wk buka toko itu bohong? ya ga usah buka toko klo gitu ;D
Bro, jangan ambil ayat lalu kita terjemahkan seenaknya ndiri utk keuntungan kita… :mad0261:
ckckckc…

@Tjoa

yang dilakukan Abraham DOSA atau TIDAK DOSA …mengatakan Sara itu adiknya ?

@bd,
jawab dulu pertanyaan saya…
Kan saya yang tanya duluan, kok dijawab dengan pertanyaan…?

Tunjukkan ayatnya klo TUHAN setuju waktu si Abraham bohong.

anda kurang mengerti Alkitab …

Ya tidak ada …

Tunjukkan tgl 25 Desember hari Kelahiran Yesus ? Wakakakkakakkaa …

Sudah mengerti anda…

Jujur adalah modal utama untuk dipercaya orang (diberi kepercayaan lebih) dibanding orang lain…

@bd
Nah, tidak ada kan?

Menjawab pertanyaan Anda yang acak kadut… nih, kukasi juga pertanyaan:
Kalo gitu boleh ambil istri sampe 1000 orang kayak Salomo?
;D ;D ;D

Anda tidak mengerti esensi…
parah :smiley: :smiley:

Oh ya jawab tuh, pertanyaan sebelumnya…

Apakah CERDIK = BOHONG?

menyimpan rahasia # tidak jujur
kadang orang merasa dalm keadaan tidak jujur krn menyimpan rahasia

Apa arti nilai kejujuran bagi orang Kristen ? Berhargakah ?

SANGAT BERHARGA.

Berbohong = berkata tidak jujur / yang sesungguhnya.

btul tuh kata Piepieq Tjhoa , dlm berbisnis Tuhan harus juga dilibatkan ga ada tuh kata2 “bisnis tdk dapat di hubungkan dengan semua yang di perintah kan TUHAN.”

ketika ditanya oleh customer : harga belinya berapa … ngga usah dijawan dan ngga usah dikasih… ini rahasia dapur orang … ( menurut saya … customernya aja yang ngga sopan / ngga tau kode etik dlm bisnis)

kalo sitanya … salarynya berapa ngga perlu dijawab … krn sangat privacy bagi seseorang…

Ini contoh2 kecil spy bisa bedakan antara tidak jujur dan menyimpan hal2 yang harus disimpan

Tidak boleh kata PB, Anda sudah baca tuntas PB > ? ? ?? ?? ? …

cari sendiri ayatnya… kalau anda sudah tuntas baca dan MENGERTI PL dan PB , baru anda bisa mengerti…

… Anda SY atau Mormon atau apa ?

BACA INI BAIK BAIK KALAU ANDA PATUH PADA TUHAN YESUS :
1 Timotius
2:11 Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh.
2:12 Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.

DOSA atau TIDAK BERDOSA berbohong itu, bro?

tul tuh sis alice, lagian klo konsumen menawar terlalu rendah , penjual biasanya berkata dgn jujur " modalnya aj ga dapat segitu!".